Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Teknik UNS: Penjelasan Program Studi, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-16

Fakultas

Daftar isi

    Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat dan kompleksitas tantangan global, kehadiran profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang ilmu teknik menjadi semakin penting. Fakultas Teknik menjawab tantangan tersebut dengan mempersiapkan lulusannya berbagai pengetahuan teknis, keterampilan analitis, dan kemampuan pemecahan masalah yang luar biasa.

    Tertarik untuk masuk di Fakultas Teknik? Universitas Sebelas Maret (UNS) menawarkan berbagai program studi (prodi) yang banyak dibutuhkan di industri saat ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

    Mengenal Fakultas Teknik UNS

    Fakultas Teknik (FT) UNS adalah fakultas yang berdiri pada 11 Maret 1976, bersamaan dengan berdirinya UNS. Fakultas ini hadir sebagai wahana pengembangan bidang rekayasa dengan melakukan kegiatan penelitian yang berdaya dan berhasil guna melalui diseminasi agar terjadi transformasi teknologi berkelanjutan. Selain itu, tujuan fakultas ini juga sebagai wahana penerapan bidang rekayasa dengan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik.

    Visi

    Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan bidang rekayasa berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang rekayasa dengan selalu mendorong pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
    • Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan penemuan baru di bidang rekayasa.
    • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang rekayasa yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

    Prodi yang Ada Di FT UNS

    1. Teknik Sipil

    Prodi Teknik Sipil FT UNS merupakan prodi yang menawarkan gelar sarjana untuk kamu yang ingin menjadi insinyur sipil yang kompeten. Sejak awal berdirinya, program ini berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan berkualitas tinggi dalam spektrum yang luas di bidang teknik sipil - analisis, desain, konstruksi, pengawasan, dan pemeliharaan infrastruktur - dengan kesadaran akan dampak lingkungan.

    Prodi ini berfokus pada perencanaan, desain, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur fisik seperti jembatan, jalan, bangunan, dam, dan lainnya. Kamu akan mempelajari berbagai aspek teknis termasuk perhitungan struktur, teknik konstruksi, manajemen proyek, dan teknik sipil lainnya

    2. Arsitektur

    Prodi Arsitektur UNS adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari seni bangunan, mulai dari proses perancangan, pembangunan, pengelolaan dan evaluasi suatu lingkungan binaan untuk memenuhi kebutuhan ruang bagi aktivitas manusia. Selain membahas aspek fisik dari bangunan dan lingkungan, prod ini juga mengedepankan aspek sosial budaya manusia dengan segala dinamikanya.

    Prodi ini menawarkan dan menyelenggarakan pendidikan yang siap mengantarkan kamu menjadi tenaga profesional dalam dunia rancang bangun dengan mengkombinasikan studi akademik dan pengalaman praktik sebagai bentuk pengalaman belajar yang beragam. Kreatifitas dalam pemahaman dan penyelesaian masalah juga akan dikembangkan sejalan dengan jiwa kemandirian dalam usaha.

    3. Teknik Mesin

    Prodi Teknik Mesin FT UNS hadir sejak tahun 1996 dengan pendirian Program Pendidikan Keahlian Teknik (PPKT) yang bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) Surakarta. Prodi ini berfokus pada ilmu dan teknologi yang terkait dengan perancangan, produksi, dan pemeliharaan mesin dan sistem mekanik.

    Selain mempelajari berbagai aspek teknis, termasuk perancangan mesin, material teknik, otomasi, dan manufaktur, di prodi ini kamu juga akan mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah teknik, analisis sistem, serta penggunaan perangkat lunak dan peralatan teknik.

    4. Teknik Industri

    Prodi Teknik Industri adalah sebuah prodi di FT UNS yang didirikan berdasarkan Keputusan Dirjen DIKTI Depdikbud No.53/DIKTI/Kep/1998, tertanggal 23 Februari 1998. Di prodi ini, kamu akan mempelajari berbagai aspek teknis, termasuk manajemen operasi, optimasi proses, analisis biaya, ergonomi, dan manajemen rantai pasokan. Selain itu, kamu juga akan dibekali berbagai keterampilan dalam pemecahan masalah industri, penggunaan perangkat lunak simulasi, dan analisis data.

    5. Teknik Kimia

    Prodi Teknik Kimia FT UNS merupakan prodi yang dipersiapkan untuk menghadapi berbagai persoalan di industri kimia dengan membiasakan diri dengan pengoperasian berbagai fasilitas canggih yang menyerupai yang digunakan di industri. Dengan menerapkan konsep Contextual Learning, kamu akan diajar oleh tenaga pendidik berkualitas lulusan dalam dan luar negeri, dalam lingkungan belajar yang nyaman untuk mempersiapkan mereka menjadi tenaga terdidik berkualitas dunia industri.

    6. Perencanaan Wilayah dan Kota

    Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota FT UNS berdiri sejak tahun 2006 sebagai institusi pendidikan perencanaan yang bertujuan menghasilkan perencana-perencana profesional untuk menjawab kebutuhan dan tantangan pembangunan lokal, nasional dan global.

    Lewat prodi ini, kamu akan mempelajari perencanaan tata ruang, pengembangan kota, analisis sosial-ekonomi, dan isu-isu keberlanjutan lingkungan. Selain itu, kamu juga akan dibekali pemahaman tentang bagaimana merencanakan penggunaan lahan, infrastruktur, dan fasilitas publik dalam kota dan wilayah yang berkembang.

    7. Teknik Elektro

    Prodi Teknik Elektro adalah prodi termuda yang ada di FT UNS. Berdiri sejak 2014, prodi ini berpegang pada kurikulum pedoman FORTEI (Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia). Ini merupakan ringkasan yang disusun bersama tim asesor BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) tahun 2011, yang akan digunakan sebagai acuan BAN PT dalam menjaga kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

    Terdapat 4 bidang peminatan/ bidang studi/ konsentrasi pada prodi ini yang disesuaikan dengan potensi yang telah tersedia, yaitu Sistem Energi Listrik, Sistem Isyarat Elektronik, Sistem Mekatronika, Sistem Informatika

    Prospek Kerja Lulusan FT UNS

    Lulusan FT UNS bisa dibilang memiliki prospek karir yang sangat baik. Hal ini karena setiap lulusannya dibekali dengan berbagai pengetahuan teknis dan keterampilan yang sangat relevan dalam berbagai sektor. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang umum untuk lulusan FT UNS:

    1. Industri Manufaktur

    Prospek karir pertama untuk lulusan FT UNS adalah bekerja di insutri manufaktur. Inustri ini berlaku untuk berbagai lulusan prodi di FT UNS. Kamu dapat berkerja mulai dari otomotif, elektronik, makanan dan minuman, hingga tekstil dan produk kimia. Di industri ini kamu dapat mengambil peran sebagai insinyur produksi, perancang produk, ataupun manajer operasi.

    2. Konstruksi

    Berikutnya, kamu dapat bekerja dalam industri konstruksi, baik sebagai insinyur sipil yang merancang struktur dan infrastruktur, maupun sebagai manajer proyek yang mengawasi pelaksanaan proyek konstruksi.

    3. Konsultan

    Di bangku kuliah kamu tak hanya dibekali dengan berbagai keterampilan teknis, tetapi juga kemampuan untuk berkomunikasi, sehingga kamu dapat menjadi seorang konsultan di bidang teknik. Hal ini membuka peluang untuk kamu dapat bekerja di perusahaan konsultan teknik, memberikan layanan konsultasi dalam berbagai bidang, termasuk teknik sipil, lingkungan, dan teknik elektro.

    4. Manajemen Proyek

    Profesi manajer proyek biasanya bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan proyek yang terjadi di lapangan. Lulusan FT seringkali memiliki keterampilan manajerial yang dibutuhkan untuk peran ini.

    5. Penelitian dan Pengembangan

    Untuk kamu yang memiliki passion di bidang riset, kamu juga berkesempatan berkarir di bidang penelitian dan pengembangan. Kamu dapat mengejar karir dalam penelitian dan pengembangan, baik di perguruan tinggi, lembaga penelitian, atau perusahaan swasta.

    Bayar Biaya Kuliah di UNS Mudah Dengan Danacita

    Kini, kamu bisa melakukan pembayaran kuliah di UNS menggunakan metode cicilan bersama Danacita! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan kuliah kamu di UNS bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    fakultas teknik uns biaya kuliah uns universitas sebelas maret
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran