Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Teknologi dan Informasi UNM: Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-09

Fakultas

Daftar isi

    Jika berbicara dengan kebutuhan industri saat ini, bidang ilmu digital dan teknologi tentu menjadi salah satu primadona. Perusahan saat ini berlomba-lomba untuk merekrut lulusan dari bidang ilmu ini. Hal ini membuat banyak kampus yang akhirnya membuka fakultas yang berhubungan dengan dunia digital dan teknologi. Salah satunya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM). Penasaran apa saja program studi (prodi) di fakultas ini? Lalu bagaimana prospek kerja lulusannya? Selengkapnya pada artikel berikut!

    Mengenal Fakultas Teknologi dan Informasi UNM

    Fakultas Teknologi dan Informasi (FTI) adalah sebuah adalah lembaga akademik di lingkup UNM yang mengedepankan pengetahuan, keterampilan, dan inovasi di bidang teknologi informasi. Fakultas ini menawarkan berbagai program studi yang berkaitan dengan dunia digital dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

    Di fakultas ini, kamu akan mendalami beragam aspek teknologi, termasuk pemrograman, pengembangan perangkat lunak, keamanan siber, jaringan komputer, dan sistem basis data. Kurikulumnya disusun dengan mengkombinasikan antara teori dan praktik, dengan penekanan pada proyek-proyek yang mengasah keterampilan praktis dalam mengatasi tantangan dunia teknologi.

    Visi

    Menjadi Fakultas Teknologi Informasi yang berkualitas dan berinovasi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi informasi di tahun 2035.

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang teknologi informasi yang berkualitas, berinovasi dan berbasis teknologi informasi dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.
    • Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang teknologi informasi yang berkualitas, berinovasi dan bermanfaat bagi masyarakat dalam mendukung kegiatan inovatif serta industri kreatif melalui penerapan teknologi informasi.
    • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan berinovasi di bidang teknologi informasi serta berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan teknologi informasi.
    • Melaksanakan kegiatan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan perusahaan dan instansi pemerintah yang berkualitas di bidang teknologi informasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

    Apa saja Prodi Di Fakultas Teknologi dan Informasi UNM

    1. Teknik Informatika (S1)

    Prodi pertama yang ada di FTI UNM adalah Teknik Informatika dengan jenjang S1. Prodi ini merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip komputer dan analisa matematis yang nantinya dapat digunakan untuk pengembangan, desain, pengujian, sistem operasi dan lain sebagainya.

    Bidang studi utama dalam prodi ini meliputi kecerdasan buatan (artificial intelligence), sistem basis data, jaringan komputer, bahasa pemrograman, rekayasa perangkat lunak, interaksi manusia komputer.

    2. Sistem Informasi (S1)

    Selanjutnya ada prodi S1 Sistem Informasi FTI UNM. Prodi ini menggabungkan antara bidang ilmu teknologi informasi, manajemen, ekonomi, dan bisnis. Secara garis besar, prodi ini mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi dalam suatu organisasi. Sementara fokus pembelajarannya adalah software (Programming). Meski begitu, di prodi ini kamu tidak hanya mempelajari mengenai Ilmu komputer saja, namun juga mempelajari mengenai bisnis dan ekonomi manajemen.

    3. Sains Data (S1)

    Masih dari jenjang S1, FTI UNM juga menyelenggarakan prodi Sains Data. Bidang ilmu satu ini juga menjadi salah satu bidang ilmu yang banyak dicari. Ini merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menginterpretasi data menggunakan bahasa pemrograman dan tools yang tepat dalam pengolahannya.

    Prodi ini bisa dibilang sebagai ilmu yang menggabungkan peminatan dalam berbagai prodi lainnya seperti Teknik Informatika, Statistik, Sistem Informasi, maupun Program studi Matematika. Tak heran jika mata kuliahnya juga sangat beragam, mulai dari Statistika, Analisis Big Data, hingga Cloud Computing, dan masih banyak lagi.

    4. Ilmu Komputer (S2)

    Selanin jenjang Sq, FTI UNM juga menyelenggarakan jenjang S2 untuk prodi Ilmu Komputer. Singkatnya, prodi ini merupakan studi tentang komputasi dan perangkat komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Dibanding jenjang S1, pada jenjang magister ini, kamu akan lebih dalam mempelajari mengenai algoritma, matematika,logika, pemrograman, pembuatan software, database jaringan dan lain sebagainya.

    Tidak hanya mengetahui berbagai bahasa pemrograman terbaru, di sini kamu juga dibekali untuk bisa mengasah kemampuan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya yang bisa digunakan sebagai nilai tambah saat mencari pekerjaan.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Teknologi dan Informasi UNM

    Meskipun mungkin banyak yang bilang jika prodi atau jurusan yang berhubungan dengan dunia IT cukup sulit, tapi hal ini setimpal dengan peluang kerja yang begitu luas dan dibutuhkan. Banyak perusahaan yang saat ini sangat membutuhkan para FTI. Seiring dengan perkembangan dunia digital dan informasi tentunya itu sangat berpengaruh dengan lulusan FTI yang semakin dibutuhkan. Lalu, apa saja prospek kerja FTI UNM yang bisa kamu pilih? Berikut pilihannya sesuai dengan prodinya

    1. Teknik Informatika (S1)

    • Software Engineer Software Developer
    • Konsultan IT
    • System Analyst
    • Programmer
    • Intelligent System Developer
    • Database Engineer
    • Web Engineer

    2. Sistem Informasi (S1)

    • Web Developer
    • Database Administrator
    • System Analyst
    • IT Planner
    • Network Security

    3. Sains Data (S1)

    • Arsitek Big Data
    • Analisis Data
    • Ilmuwan Data
    • Data Engineer
    • Marketing Data Expert

    4. Ilmu Komputer (S2)

    • Teknisi Jaringan
    • Analis Sistem Komputer
    • Arsitek IT
    • Konsultan IT
    • Software Engineer
    • Dosen atau Tenaga Pengajar di Bidang IT

    Bayar Biaya Kuliah Fakultas Teknologi dan Informasi UNM Mudah Dengan Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin kuliah di FTI UNM sekarang kamu bisa belajar dengan biaya yang terjangkau lewat Danacita. Saat ini, Danacita dan UNM telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi dengan metode cicilan hingga 12 bulan loh!

    Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan biaya kuliah kamu di UNM bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!