Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas IT Telkom Surabaya: Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-23

Fakultas

Daftar isi

    Fakultas di bidang Teknologi merupakan salah satu bidang pendidikan yang selalu dihadapkan pada permintaan yang tinggi di dunia kerja. Ini tidak mengherankan mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, yang membuka pintu bagi berbagai peluang karir yang menjanjikan. Dengan berbagai program studi (prodi) terbaik, fakultas ini mempersiapkan setiap mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

    Salah satu fakultas teknologi terbaik yang bisa kamu pilih adalah Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas dari Institut Teknologi Surabaya (FTEIC IT Telkom Surabaya). Berikut penjelasan lengkapnya.

    Mengenal Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas IT Telkom Surabaya

    Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas (FTEIC) adalah sebuah ‘Fakultas Teknik’ di lingkup IT Telkom Surabaya. Hadirnya fakultas ini bertujuan untuk mendorong pengembangan teknologi tepat guna pada rumpun elektronika dan juga rekayasa industri.

    Fakultas ini akan menyiapkan kamu menjadi sarjana Teknik visioner yang siap terjun di dunia kerja. Oleh karena itu, dalam perkuliahannya, FTEIC menerapkan kurikulum yang didasarkan pada kebutuhan dunia kerja serta aplikasi keilmuan di bidang maritim, transportasi, dan logistik yang akan menjawab tantangan global di masa mendatang.

    Visi

    Menjadi fakultas yang unggul, bertaraf internasional dan berperan aktif dalam pengembangan rumpun ilmu elektro dan rekayasa industri berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan fokus pada aplikasi di bidang industri, maritim, transportasi, dan logistik untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan

    Misi

    • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional di bidang Teknologi Elektro dan Industri Cerdas berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
    • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan aplikasi teknologi melalui riset dan publikasi yang direkognisi secara global
    • Memberikan manfaat dari teknologi yang dihasilkan di bidang elektro dan industri cerdas untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, khususnya pada sektor kemaritiman, transportasi, dan logistik

    Apa Saja Prodi yang Ada Di Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas IT Telkom Surabaya?

    Terdapat lima program studi yang bisa dipilih guna menyiapkan lulusan yang kami sebut sebagai Sarjana Teknik Visioner. Apa saja itu? Berikut penjelasannya

    1. S1 Teknik Telekomunikasi

    Prodi Teknik Telekomunikasi merupakan salah satu prodi di lingkup FTEIC IT Telkom Surabaya yang mempelajari ilmu dan rekayasa di bidang telekomunikasi. Program studi ini cocok untuk yang tertarik mendalami seluk beluk rekayasa di bidang teknologi, layanan, protocol dan arsitektur jaringan, proses pembangkitan dan pengiriman sinyal informasi secara efektif dan efisien. Sebab, prodi ini didesain untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang teknologi telekomunikasi, mulai dari dasar hingga aplikasi canggih.

    2. S1 Teknik Industri

    Selanjutya ada prodi Teknik Industri yang akan membekali kamu pemahaman mengenai manajemen produksi, perbaikan proses, dan inovasi dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. DI prodi ini kamu akan mempelajari bidang planning, design, dan integrasi elemen-elemen system (manusia, material, mesin, energi, dan informasi) dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematis, sains, dan sosial secara komprehensif. Prodi ini cocok untuk kamu yang tertarik membuat design dan melakukan improvement untuk sebuah sistem yang sudah ada, baik di bidang industri maupun jasa.

    3. S1 Teknik Komputer

    Prodi Teknik Komputer atau dikenal juga dengan Sistem Komputer merupakan disiplin illmu yang mengintegrasikan keilmuan teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan sebuah sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network). Prodi ini cocok untuk kamu yang tertarik mempelajari robotika, internet of things, dan jaringan komputer yang berbasis sistem cerdas untuk mendukung otomasi industri.

    4. S1 Teknik Logistik

    Prodi selanjutnya yang tak kalah keren adalah Teknik Logistik. Prodi ini mempelajari perancangan dan manajemen untuk memastikan aliran barang, informasi, modal dan uang berada pada tempat dan waktu yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang sesuai kebutuhan. Untuk kamu yang tertarik mempelajari seluk beluk industri/ pabrik khususnya terkait supply chain dan pengelolaan logistik, prodi ini sangat cocok untuk kanmu. Di sini kamu akan mempelajari hal tersebut dengan mengedepankan pemecahan masalah menggunakan prinsip-prinsip keteknikan dan sains.

    5. S1 Teknik Elektro

    Prodi kelima yang ada di FTEIC IT Telkom Surabaya adalah Teknik Elektro. Prodi ini mempelajari listrik dan aplikasinya di kehidupan sehari-hari. Ini mencakup mulai dari penelitian, perancangan, pengembangan, pengoperasian dan manajemen sebuah sistem berbasis listrik dan elektronika yang cerdas dan berkelanjutan. Prodi ini cocok untuk kamu yang tertarik pada manajemen kelistrikan sebuah perusahaan, juga pada pengembangan energi terbarukan.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas IT Telkom Surabaya

    FTEIC IT Telkom Surabaya telah menjadi wadah bagi para pencari ilmu yang ingin meraih kesuksesan di dunia teknologi modern. Dengan kurikulum yang terkini dan fasilitas canggih, fakultas ini akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bisa bersaing di industri saat ini. Berikut beberapa prospek kerja untuk lulusan FTEIC IT Telkom Surabaya.

    1. Insinyur Teknologi Informasi

    Prospek karir pertama untuk lulusan FTEIC IT Telkom Surabaya adalah menjadi seorang insinyur di bidang Teknik. Sebagai insinyur TI, kamu dapat terlibat dalam pengembangan perangkat lunak, administrasi jaringan, atau keamanan siber. Kamu akan bertanggung jawab dalam memastikan sistem teknologi informasi beroperasi dengan lancar dan aman.

    2. Spesialis Robotika

    Profesi selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Spesialis Robotika. Profesi ini memiliki pengetahuan tentang desain, pemrograman, konstruksi, dan penggunaan robot. Kamu akan bertugas untuk merancang sistem robot, mengembangkan perangkat lunak, hingga mengelola robot industri yang canggih.

    3. Manufaktur dan Desain Produk

    FTEIC IT Telkom Surabaya, terutama untuk prodi Teknik Industri dan Teknik Logistik, membekali kamu dengan keterampilan dalam desain produk dan manufaktur. Dengan bekal ini, kamu dapat bekerja di perusahaan manufaktur dalam peran seperti insinyur produksi, perencana produksi, atau desainer produk.

    4. Konsultasn Teknologi

    Untuk kamu yang tertarik untuk membantu dan mendampingi sebuah organisasi, kamu dapat menjadi seorang konsultan teknologi. Sebagai konsultan teknologi, kamu akan bertugas untuk membantu perusahaan mengadopsi solusi teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pertumbuhan bisnis.

    5. Technopreneur

    Tertarik merintis usaha sendiri? Kamu juga bisa memilih berprofesi sebagai Technopreneur. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang kamu peroleh di bangku kuliah, kamu dapat memulai bisnis teknologi sendiri, merancang produk atau layanan inovatif untuk mengatasi masalah dalam masyarakat.

    Bayar Biaya Kuliah Di IT Telkom Surabaya Mudah Dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap seputar FTEIC IT Telkom Surabaya hingga prospek karirnya. Untuk kamu yang ingin berkuliah di salah satu prodi di FTEIC IT Telkom Surabaya, Danacita siap mewujudkan mimpi kamu. Kini, kamu bisa membayar kuliah di IT Telkom Surabaya dengan metode cicilan bersama Danacita loh!

    Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan biaya kuliah kamu di IT Telkom Surabaya bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    teknik elektro itts biaya kuliah itts teknik industri itts
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran