Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

FEB UI: Profil, Jurusan, Biaya Selengkapnya

2023-05-30

Daftar isi

    Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya calon mahasiswa baru bersaing untuk bisa masuk ke kampus kuning melalui berbagai seleksi.

    Terdapat 17 fakultas yang ada di UI. Salah satu fakultas yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa baru adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Apakah kamu salah satunya?

    Profil FEB UI

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI resmi berdiri pada tanggal 18 September 1950 dan merupakan lembaga pendidikan tinggi ekonomi tertua di Indonesia.

    Awalnya fakultas ini, tepatnya program studi Pendidikan Ekonomi masih bergabung dengan jurusan sosial Ekonomi pada Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat.

    Namun tidak lama setelah UI didirikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan membuka Fakultas Ekonomi untuk memberi jawaban akan kebutuhan sendiri.

    Visi dari fakultas ini ialah menjadi pusat pembelajaran ekonomi dan bisnis terkemuka di Indonesia yang berperan dalam pembangunan nasional dan diakui secara internasional.

    Misinya yaitu Memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis dan Menyiapkan pemimpin yang memiliki tanggung jawab sosial dan mampu menghadapi tantangan global.

    Program Pendidikan Di FEB UI

    FEB UI menyelenggarakan sejumlah program pendidikan, salah satunya ialah program sarjana.

    Program Sarjana ini merupakan program pendidikan Jenjang Strata 1 (S1) yang dapat dijadikan pilihan awal bagi kamu yang telah menyelesaikan studi di sekolah menengah atas.

    Pada jenjang ini, kamu akan menempuh studi dalam waktu minimal 7 semester atau 3,5 tahun dengan beban sks sebanyak 144 sks.

    Terdapat 3 pilihan program sarjana pada fakultas ini yaitu: Sarjana Reguler, Sarjana Ekstensi, dan Sarjana Internasional yang terbagi ke delapan program studi (prodi), yaitu

    1. Manajemen

    Prodi S1 Manajemen FEB UI adalah prodi berdiri pada tahun 1951 dan merupakan program sarjana manajemen yang pertama di Indonesia.

    Saat ini prodi Manajemen FEB UI telah mendapatkan akreditasi A (sangat baik) dari BAN-PT. Program ini memiliki jumlah mahasiswa aktif setiap tahun berkisar 800 orang.

    Prodi ini menawarkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) bidang Manajemen dengan empat peminatan, yaitu:

    1. Manajemen Keuangan

    Cocok bagi mahasiswa yang berminat menempati posisi yang menangani analisis pasar, arus kas dan investasi, penganggaran dan pasar modal

    2. Manajemen Pemasaran

    Cocok bagi mahasiswa yang berminat menduduki posisi yang menangani riset pemasaran, iklan dan promosi, perencanaan merek, sales dan distribusi dan sebagai konsultan pemasaran

    3. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi

    Cocok bagi mahasiswa yang berminat menempati posisi yang bertanggung jawab atas pengaturan rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, jenjang karir dan pengembangan karir, hubungan dengan serikat pekerja dan sebagai konsultan SDM

    4. Manajemen Operasi

    Cocok bagi mahasiswa yang berminat menduduki posisi yang bertanggung jawab atas supply chain, manajemen proyek, proses produksi, penjaminan kualitas serta sebagai konsultan manajemen operasi

    2. Akuntansi

    Prodi S1 Akuntansi FEB UI didirikan pada tahun 1953/1954 dengan Nomor SK pendirian Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 360/BPT/1951, 215/DIKTI/Kep/1996 dan Nomor SK Izin Operasional: 2492/SK/R/UI/2011 pada tanggal 23 Desember 2011.

    Sebagai program sarjana akuntansi pertama di Indonesia, prodi ini menawarkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E) di bidang akuntansi dengan menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi teknis dan keterampilan profesional serta nilai, etika dan perilaku yang sesuai dengan standar pendidikan akuntansi internasional

    3. Ilmu Ekonomi

    Prodi S1 Ilmu Ekonomi FEB UI didirikan dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemerintah dan swasta akan tenaga analis ekonomi baik untuk kajian makroekonomi maupun mikroekonomi.

    Lulusan Prodi ini dapat bekerja sebagai analis ekonomi di perusahaan ataupun institusi penelitian, bankir, pegawai pemerintahan, tenaga advokasi lembaga swadaya masyarakat (LSM), ataupun melanjutkan studi untuk menjadi akademisi.

    Prodi ini juga menawarkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) bidang Ilmu Ekonomi dengan menghasilkan Sarjana ILMU EKONOMI yang memiliki kompetensi Critical Thinking, keterampilan Problem Solving dan menjunjung tinggi nilai, etika dan perilaku, yang sesuai dengan standar pendidikan internasional ilmu ekonomi,

    4. Bisnis Islam

    Podi S1 Bisnis Islam FEB UI merupakan program sarjana yang didirikan oleh FEB UI untuk menjawab tantangan perubahan sektor ekonomi-bisnis global yang berbasiskan nilai-nilai Islam sebagai sektor yang paling pesat mengalami perkembangan di dunia.

    Program ini menyediakan kesempatan jalur fast-track S1-S2 untuk mendapatkan gelar SE-MSM (Magister Sains Ilmu Manajemen) maupun SE-MM (Magister Manajemen) FE BUI.

    Lulusan prodi ini diharapkan dapat memiliki landasan pengetahuan dasar Bisnis Islam disertai dengan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, etika dan tanggung jawab sosial yang tinggi serta kemampuan riset yang baik, sehingga mampu berkompetisi dalam industri halal global sesuai dengan nilai-nilai Islam.

    Baca juga: Biaya Kuliah UI: Rincian dan Informasi Selengkapnya

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    5. Ilmu Ekonomi Islam

    Program Studi S1 Ilmu Ekonomi Islam didirikan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan swasta akan tenaga analis ekonomi, baik untuk kajian makro ekonomi maupun mikro ekonomi, terkhusus dalam bidang Ekonomi Syariah.

    Lulusannya dapat bekerja sebagai analis ekonomi di perusahaan maupun institusi penelitian, bankir, pegawai pemerintahan, tenaga advokasi lembaga swadaya masyarakat (LSM), ataupun melanjutkan studi untuk menjadi akademisi.

    6. Ekstensi Akuntansi

    Prodi S1 Ekstensi FEB UI jurusan Akuntansi didirikan berdasarkan SK No. 281/DIKTI/Kep/1993 pada 10 Mei 1993.

    Syarat menjadi mahasiswa Prodi S1 Ekstensi Akuntansi FEB UI adalah minimal lulusan Program Vokasi/Diploma III bidang studi Akuntansi dan lolos ujian seleksi masuk (SIMAK UI).

    Kurikulum yang saat ini diterapkan oleh Prodi S1 Ekstensi Akuntansi FEB UI merupakan kurikulum 2020 yang mengacu pada kurikulum yang diterapkan di Prodi S1 Reguler Akuntansi FEB UI.

    Total SKS yang diperoleh setelah menyelesaikan masa studi di Prodi S1 Ekstensi Akuntansi FEB UI sebanyak 144 SKS, terdiri 72 SKS blok transfer dari Program Vokasi/Diploma sebelumnya dan 72 SKS yang harus ditempuh di Program Ekstensi Akuntansi FEB UI.

    Baca juga: 7 Jalur Masuk UI 2023 untuk Mahasiswa Baru

    7. Ekstensi Manajemen

    Program Ekstensi FEB UI didirikan pada tahun 1956. Hadirnya program ini sangat diperlukan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka pendidikan berkelanjutan (lifetime education), terutama bagi kalangan profesional dan eksekutif muda yang penuh dedikasi menyempurnakan studinya pada jenjang strata 1 (S1) bidang Manajemen.

    Saat ini penyelenggaraan Program Ekstensi Manajemen telah diintegrasikan dengan S1 Reguler Manajemen FEB UI baik berupa standarisasi kurikulum, maupun akademik. Sehingga peminatan di program ekstensi manajemen juga sama dengan yang ada di manajemen reguler.

    8. Kelas Khusus Internasional (Gelar Tunggal)

    Program Kelas Khusus Internasional (KKI) FEB UI didirikan pada tahun 2004 sebagai bentuk kesepakatan antara FEB UI dan Faculty of Economics and Commerce, University of Melbourne, Australia, dalam program dual bachelor degree.

    Program Kelas Khusus Internasional FEB UI memiliki beberapa program unggulan dengan program utama Sarjana Strata 1 (S1), Single Degree Track, dan Dual Degree Track, serta program fast-track ke jenjang Strata 2 (S2) serta Strata 3 (S3) di dalam FEB UI.

    Baca juga: 15 Jurusan Baru di UI untuk Mahasiswa Baru SNBP dan SNBT

    Biaya Kuliah Di FEB UI

    Biaya kuliah di UI dikenal dengan istilah Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang diperuntukan bagi mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru.

    Berikut biaya kuliah di FEB UI

    1. Program Sarjana (S1) Reguler
    • WNA: BOP/ TF = Rp25.000.000. DP/ AF = Rp25.000.000
    • Program Sarjana (S1) Ekstensi

    2. Reguler: BOP/ TF = Rp10.000.000, DP/ AF = Rp12.500.000

    • WNA: BOP/ TF = Rp25.000.000. DP/ AF = Rp25.000.000
    • Program Sarjana (S1) Paralel

    3. Program Sarjana (S1) Ekstensi

    • Reguler: BOP/ TF = Rp10.500.000, DP/ AF = Rp25.000.000
    • WNA: BOP/ TF = Rp25.000.000. DP/ AF = Rp25.000.000

    4. Program Sarjana (S1) Kelas Khusus Internasional (KKI

    • Reguler: BOP/ TF = Rp30.000.000, DP/ AF = Rp33.000.000
    • WNA: BOP/ TF = Rp30.000.000. DP/ AF = Rp35.000.000

    Berkuliah di FEB UI Dengan Danacita

    Itu dia pembahasan seputar FEB UI mulai dari profil hingga biaya kuliahnya. Kini, kesempatan untuk kamu berkuliah di FEB UI sangat terbuka lebar.

    Untuk kamu yang masih bingung untuk urusan biayanya, tidak perlu khawatir karena biaya kuliahmu di FEB UI kini bisa dibayar dengan menggunakan Danacita.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di FEB UI tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya.

    Dengan mengajukan ke Danacita, biaya kuliahmu di FEB UI bisa lebih terjangkau dengan sistem pembayaran bulanan mulai 6 hingga 12 bulan. Ditambah Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    ui fakultas ekonomi dan bisnis ui feb ui
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri