Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Ikut Binar Bootcamp Mobile Development Bisa Jadi Android Developer

2022-10-13

Penggunaan smartphone kini sudah meluas hampir di segala penjuru dunia dan semakin tahun semakin meningkat. Bahkan, melansir statista.com, 59% dari traffic yang masuk di dunia maya diakses melalui platform mobile, yaitu menggunakan smartphone, tablet, dan perangkat mobile lainnya. Tentunya, perubahan dari penggunaan utama dengan desktop menjadi utamanya di mobile membutuhkan banyak penyesuaian

Penggunaannya smartphone memiliki sisi positif dan negative dan salah satu hal positifnya adalah terciptanya sebuah pekerjaan baru, yakni profesi mobile development. Sebagai peluang pekerjaan baru, banyak orang yang mulai mempelajari bidang ini dengan mengikuti bootcamp mobile development, salah satunya di Binar Academy.

Nah, bagi kamu yang juga tertarik mengikuti bootcamp mobile development di bootcamp Binar Academy, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Mobile Development

Sebelum mengenal bootcamp mobile development di bootcamp Binar Academy, penting bagi kamu untuk tahu terlebih dahulu bidang ini agar memiliki gambaran.

Mobile developer adalah profesi yang bertanggung jawab mengembangkan aplikasi untuk perangkat mobile, baik perangkat yang sistem operasinya berbasis Android maupun iOS. Spesialisasi yang dimiliki oleh mobile developer adalah pemrograman khusus teknologi mobile untuk merekayasa perangkat lunak bagi ponsel pintar dengan platform seperti Android Google, iOS Apple, dan Microsoft Windows phone. Merekalah yang mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan seluruh mobile app yang biasa kamu gunakan setiap harinya.

Nah, karena memiliki tugas yang cukup berlimpah, mobile developer harus menguasai berbagai macam bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan software. Saat ini, masing-masing platform mobile utama memiliki bahasa pemrogramannya sendiri, seperti Java untuk Android dan Blackberry, Objective-C untuk iOS, C# untuk Windows, dan C++ untuk Symbian. Namun, semua ini sejatinya terus berubah dan disesuaikan berdasarkan perkembangan teknologi yang terus berlaku.

Baca juga: Mau Berkarir UI/UX Tapi Belum Pernah Belajar? Saatnya Belajar di Binar Academy

Kenapa Kamu Harus Belajar Mobile Development

Di bagian ini akan dijelaskan alasan kenapa kamu harus belajar mobile development dan di bagian selanjutnya baru akan dijelaskan lebih lanjut tentang bootcamp mobile development di bootcamp Binar Academy.

1. Besarnya Kebutuhan Pasar

Alasan harus belajar mobile development yang pertama yaitu karena besarnya kebutuhan pasar. Menjadi seorang mobile development memiliki konsumen yang tidak terhingga. Karena sasaran mereka tidak hanya di Indonesia saja, melainkan hingga ke seluruh dunia.

Beragamnya kebutuhan di masyarakat tentunya menjadi peluang besar bagi mobile development untuk menciptakan aplikasi yang beragam pula untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan mayoritas masyarakat dunia yang menggunakan smartphone, tentunya hal tersebut akan meningkatkan produktivitas penggunaan aplikasi dari waktu ke waktu.

Dengan begitu, ini menjadikan sebuah potensi besar bagi seorang mobile development yang mampu memaksimalkan skill dan keinginan untuk menciptakan aplikasi sebaik mungkin.

2. Prospek Karir

Alasan belajar mobile development berikutnya adalah karena prospek karirnya. Perkembangan arah perekonomian yang awalnya tradisional ke perekonomian berbasis digital dan kreativitas menjadikan prospek karir yang bagus bagi mereka yang menekuni mobile development.

Bahkan bidang karir ini tumbuh cepat dan menjadi profesi yang paling banyak dibutuhkan dalam 10 tahun terakhir dan diproyeksikan akan terus berkembang hingga 10 tahun ke depan. Terlebih saat ini, profesi pengembang aplikasi mobile dan game masih terbatas, yang menyebabkan permintaan besar bagi mereka lulusan jurusan ini.

3. Penghasilan yang Besar

Penghasilan yang besar tentunya menjadi target yang harus dicapai bila ingin hidup serba ada. Dengan menjadi seorang mobile development, penghasilan yang didapat akan sangat bervariasi tergantung pada apa yang kamu ciptakan dan bagaimana kamu bekerja selama ini.

Bila menjadi pegawai sebuah perusahaan tentunya hanya akan diubah sesuai standar perusahaan. Tapi dengan menjadi mobile development mandiri, penghasilanmu bisa saja melebih gaji dari perusahaan. Hal ini dikarenakan penghasilanmu tergantung minat konsumen terhadap aplikasi buatanmu dan seberapa banyak aplikasi yang sudah kamu pasarkan.

Semakin banyak aplikasi yang dipasarkan, semakin besar pula pendapatan yang akan didapatkan. Hal ini juga bisa dijadikan alasan kenapa kamu harus belajar mobile development.

4. Kerja Fleksibel

Alasan lain yang tak kalah penting agar kamu tertarik belajar mobile development adalah kerjanya yang fleksibel. Menjadi seorang mobile development tentunya sangat menyenangkan karena kamu tidak akan terikat oleh waktu.

Selain bisa menjadi pegawai di sebuah perusahaan, kamu bisa menjadi seorang mobile development yang bekerja mandiri. Bilamana sudah menjadi pegawai tetap, tentu hanya akan mendapat upah yang tetap juga perbulannya. Bagi sebagian orang hal ini sangat menguntungkan, namun bila kamu juga memiliki usaha lain menjadi mobile development mandiri, penghasilanmu pastinya juga akan berkali lipat.

Menjadi mobile development mandiri pada dasarnya tidak mengikat waktu dan bisa kamu kerjakan kapan saja sesuka hati. Hal ini akan sangat menguntungkan terutama untuk mengatur jatah liburmu sendiri. Kamu hanya perlu memasarkan produkmu secara masif agar banyak peminatnya, sehingga seiring dengan besarnya minat konsumen, pemasukanmu pun akan meningkat.

Apa Itu Android Mobile Development

Android App Developer adalah IT Talent yang bertanggung jawab untuk mengembangkan, merancang, dan memelihara aplikasi mobile untuk perangkat dengan sistem operasi Android. Sebagian besar proyek app development yang dikerjakan oleh IT Developer dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan tujuan membantu aktivitas user menjadi lebih mudah.

Karena aplikasi Android terus menghubungkan orang-orang di seluruh dunia dan memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan cara yang lebih inovatif dan menarik, karir IT Developer dalam proyek android mobile app development semakin berkualitas, memuaskan, dan diminati. Untuk menjadi android app developer yang sukses, Anda perlu mengembangkan beberapa keterampilan dan menerapkannya di tempat dan waktu yang tepat untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.

Sejarah Singkat Binar Academy

Sebelum membahas salah satu programnya yaitu bootcamp mobile development, berikut akan dijelaskan tentang sejarah singkat Binar Academy sebagai lembaga pendidikan terlebih dahulu. Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang memiliki tujuan untuk menghasilkan talenta digital yang berkompetensi. Lembaga ini berdiri pada tahun 2016 di Jakarta oleh Dita Aisyah, Alamanda Shantika dan Seto Loreno. Kini Binar Academy berlokasi di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang.

Ketiga pendiri Binar Academy melihat bahwa talenta digital Indonesia masih kalah bersaing jika dibandingkan dengan tenaga kerja digital dari luar negeri. Sehingga banyak perusahaan digital Indonesia harus merekrut talenta digital dari luar negeri. Kenyataan ini membuat mereka bertiga berinisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan dengan tujuan untuk mencetak talenta digital berkompeten yang mampu memberikan kontribusi tidak hanya di dalam negeri tapi juga di dunia internasional. Kini Binar Academy memiliki lokasi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang.

Apa itu Bootcamp Mobile Development di Bootcamp Binar Academy

Penggunaan gadget beberapa tahun ke belakang mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Sehingga kebutuhan tenaga kerja Android Engineering semakin banyak. Namun sayangnya, sama seperti Business Intelligence Engineering, lembaga pendidikan yang memberikan materi Android Engineering masih sangat sedikit. Oleh karena itu, bootcamp Binar Academy menyediakan wadah untuk kamu yang ingin mempelajari ilmu Android Engineering lebih dalam.

Menariknya, di Binar Academy orang-orang yang ahli di bidang tersebut sudah banyak sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mengikuti bootcamp Binar Academy.

Kenapa Kita Ikut Bootcamp Mobile Development Binar Academy

Ada beberapa alasan untuk ikut bootcamp mobile development di bootcamp Binar Academy, berikut penjelasannya.

  • Jadwal yang fleksibel. Selama masa pandemi, Bootcamp Binar Academy dilakukan secara online. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu tetap bisa berinteraksi langsung dengan mentor yang profesional.
  • Mendapatkan fasilitas Job Connect untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu sukai.
  • Mengerjakan project yang nantinya bisa menjadi portofolio kamu untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan.
  • Bebas mengakses materi belajar yang tersedia di aplikasi Binar Academy.
  • Binar Academy akan mengajarkan kamu mulai dari tingkat dasar sampai tingkat profesional. Sehingga latar belakang tidak diperlukan.

Materi yang Dipelajari Bootcamp Mobile Development di Bootcamp Binar Academy

Ada beberapa materi atau kurikulum dari bootcamp mobile development di bootcamp Binar Academy yang akan diajarkan, yaitu:

1. Pengantar Dunia Pemrograman

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Sejarah Aplikasi
  • Mengenal Konsep Produk
  • Konsep Back-end, Front-ent, and REST API
  • Mengenal SDLC
  • SCRUM
  • MVP
  • Mengenal Tech Stack
  • Mengenal Bahasa Pemrograman
  • Memilih dan Memahami Tech Stack

2. Menerapkan Pemrograman Berorientasi Objek

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Menggunakan Class dan Object
  • Menggunakan Function dan Method
  • Menggunakan Data Structure
  • Menerapkan Konsep OOP
  • Menggunakan Algoritma
  • Menggunakan Operator dan Expression

3. Pengantar Android Developer

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Memahami Android Developer
  • Menggunakan Git
  • Struktur Data di Kotlin
  • Algoritma di Kotlin
  • Konsep OOP di Kotlin

4. Pengantar Android Studio

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Menggunakan Android Studio sebagai IDE
  • Code Convention pada Android Studio
  • Android UI Layouting
  • Menerapkan Desain pada Layout

5. Android Fundamentals

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Menggunakan Permission
  • Activity & Activity Life Cycle
  • Fragment & Fragment Life Cycle
  • Menggunakan Intent, Bundle, Serializable, dan Parcelable
  • Menggunakan Toast dan Snackbar
  • Menggunakan Dialog di Android

6. Data Storage

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Menggunakan RecyclerView
  • Menggunakan Shared Preference
  • Menerapkan Konsep ORM menggunakan Room

7. Design Pattern

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Design Pattern
  • Architecture Pattern
  • MVP (Model, View, Presenter)
  • MVVM (Model View ViewModel)
  • Architecture Component
  • Implementasi MVVM

8. SoundPool dan MediaPlayer

Dalam materi ini kamu akan mempelajari :

  • Audio
  • SoundPool
  • Video dan Media Player

‍9. Networking

Cicil Biaya Bootcamp Mobile Development di Bootcamp Binar Academy dengan Danacita

Itulah penjelasan lengkap mengenai bootcamp mobile development di bootcamp Binar Academy. Buat kamu yang masih ragu-ragu untuk ikut bootcamp mobile development karena perkara biaya, eits tenang aja. Ada Danacita yang siap backup pendanaan kamu dengan cicilan 0%.

Binar Academy dan Danacita telah bekerjasama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau di Binar Academy yang bisa dicicil mulai dari 6 hingga 24 bulan. Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau dan sudah resmi berizin serta diawasi oleh OJK.

Bersama Danacita, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di bootcamp Binar Academy tanpa khawatir dengan kendala biaya. Informasi selengkapnya bisa kunjungi website Danacita.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!