Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Mau Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Cek Dulu Cara Pendaftarannya Disini!

2022-09-28

Daftar isi

    Kuliah merupakan salah satu tahapan penting dalam kehidupan pendidikan. Memilih jurusan dan universitas yang tepat dan sesuai tentunya merupakan keputusan yang harus dipikirkan matang-matang.

    Persiapan merupakan tahapan penting untuk segala hal. Kurangnya persiapan dapat berdampak buruk bagi hasilnya di kemudian hari. Apalagi jika menyangkut pemilihan jurusan dan universitas. Tentunya kamu tidak mau kalau kuliah di tempat dan di jurusan yang tidak disukai.

    Selain pilihan kampus negeri, Yogyakarta menawarkan banyak sekali perguruan tinggi swasta berkualitas, salah satunya Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

    Apa saja informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Simak informasinya berikut ini.

    Profil Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Sebelum mengikuti proses PMB Universitas Mercu Buana Yogyakarta, ada baiknya kamu berkenalan dulu dengan universitasnya. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB Yogya) dahulu berdiri dengan nama IPW (Institut Pertanian Wangsa Manggala) pada tahun 1984, kemudian berubah nama menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) di tahun 1986 dan berganti nama lagi menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada tahun 2008.

    Pada saat didirikan, kampus ini memiliki 3 fakultas dengan 4 jurusan. Rektor awalnya adalah Prof. Ir. Gembong Tjitrorosoepomo (alm.) Guru Besar Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Sebagai seorang akademisi yang berpengalaman, beliau telah meletakkan landasan yang kuat bagi berkembangnya UNWAMA.

    Saat berusia 7 tahun pada tahun 1993, di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Soelisty MBA (Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM), UNWAMA melakukan pengembangan dengan menambah fakultas dan program studi baru, yaitu membuka Fakultas Psikologi dan membuka Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi (keduanya di bawah Fakultas Ekonomi). Dengan perkembangan IPTEK yang pesat, Universitas Mercu Buana Yogyakarta membuka Fakultas Teknik jurusan Teknik Elektro.

    Visi yang ingin dicapai Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah menjadi universitas yang berkomitmen untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita yang tertanam dalam semboyan angudi mulyaning bangsa. Ditambah memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat baik tingkat nasional maupun internasional. Sedangkan misi Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mencerdaskan bangsa sehingga membantu masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraannya.

    Secara institusi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta saat ini telah terakreditasi “B” berdasarkan Surat Keputusan Nomor 3002/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

    Baca juga: Kenali Sistem Informasi Akademik (SIA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Keunggulan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Hal yang tak kalah penting untuk diketahui sebelum membahas PMB UMBY adalah keunggulannya. Ada banyak alasan kenapa kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta menjadi kampus yang layak dipilih untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi. Pertama, karena kualitas pendidikan di UMBY sudah terjamin. Sebab, hampir semua program studi sudah terakreditasi melalui BAN-PT.

    Selanjutnya, biaya kuliah di kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta terbilang terjangkau dan pembayarannya pun bisa diangsur. Kampus ini juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, lho.

    Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta membuat kamu mendapatkan sistem informasi akademik yang terintegrasi. Tidak hanya itu, tetapi proses pembelajaran menggunakan student center learning serta e-learning. Untuk proses pembelajaran setiap jurusan juga akan mendapatkan staf pengajar profesional. Dengan menggunakan staf pengajar profesional setiap mahasiswa bisa merasakan kenyamanan saat proses pembelajaran.

    Kurikulum yang digunakan UMBY berbasis kompetensi, sehingga lulusan bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Menariknya lagi, kampus ini membantu lulusan untuk mencari kerja melalui UMBY-CC. Jadi setelah lulus dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, kamu bisa mencari informasi terkait lapangan pekerjaan di UMBY-CC.

    Fasilitas Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Fasilitas yang diberikan pihak kampus UMBY kepada setiap mahasiswa sangat memadai. Dengan fasilitas terbaik kamu bisa menikmati proses pembelajaran perkuliahan semakin mudah dan menyenangkan. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan:

    1. Perpustakaan

    Perguruan tinggi swasta terkemuka yang berlokasi di Yogyakarta memiliki fasilitas perpustakaan yang telah terakreditasi “A” setelah melaksanakan akreditasi online. Akreditasi perpustakaan diputuskan melalui Sertifikat Akreditasi Nomor 0209/LAP/PT/XI.2020 yang diterbitkan pada 30 November 2020. Fasilitas perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta menghadirkan berbagai layanan untuk civitas academica.

    2. Laboratorium

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta menghadirkan fasilitas berupa laboratorium yang dapat menunjang kemampuan mahasiswa dalam proses belajar-mengajar. Fasilitas ini telah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Fasilitas laboratorium disediakan untuk berbagai fakultas, seperti Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi. Berikut ini daftar laboratorium yang disediakan oleh Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

    • Laboratorium Komputer
    • Laboratorium Bahasa
    • Laboratorium PHP
    • Laboratorium Kimia
    • Laboratorium Fisika dan Klimatologi
    • Laboratorium Sensoris
    • Laboratorium Nutrisi Ternak
    • Laboratorium Mikrobiologi
    • Laboratorium Biologi
    • Laboratorium Produksi Ternak
    • Laboratorium Tanah
    • Laboratorium Psikodiagnostika
    • Laboratorium Kognitif
    • Laboratorium Akuntansi
    • Laboratorium Elektronika Analog
    • Laboratorium Elektronika Dasar
    • Laboratorium Instalasi Listrik
    • Laboratorium Dasar Elektro
    • Laboratorium Sistem Mikroprosesor
    • Laboratorium Perancangan Sistem Digital
    • Laboratorium Elektronika Digital
    • Laboratorium Sistem Instrumentasi dan Kendali
    • Laboratorium Telekomunikasi

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. Gedung Kampus

    Setiap fakultas dan program studi memiliki gedung perkuliahan masing-masing yang terpadu pada satu lokasi yang cukup luas. Universitas Mercu Buana Yogyakarta sendiri memiliki 3 kampus dengan lokasi yang berbeda di berbagai daerah. Kampus I hadir dengan suasana alami yang berlokasi di Jalan Wates Km 10. Kampus II hadir di lokasi yang strategis, yakni Jalan Gejayan, Yogyakarta. Sementara Kampus III berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Sleman, Yogyakarta. Ketiga kampus yang tersebar di berbagai wilayah ini sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi hotspot.

    Kampus I diisi dengan Gedung Rektorat sebagai gedung pusat Mercu Buana Yogyakarta. Gedung tersebut ditempati oleh bagian Tata Usaha Universitas, Biro Administrasi, Biro Akademik, Registrasi, Keuangan, Direktorat ICT, Direktorat Marketing, Aula, Jaminan Mutu, LP3M, Laboratorium Komputer, dan Laboratorium Bahasa.

    Selain itu, Fakultas Agroindustri, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Masjid, dan Perpustakaan menempati Kampus I yang berlokasi di Jalan Wates. Sementara Kampus II yang berlokasi di Jalan Gejayan dihuni oleh Program Studi Teknik Informasi, Program Studi Akuntansi, Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Manajemen, Program Studi Ilmu Komunikasi, dan Program Studi Psikologi.

    4. Sarana Beribadah

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga menghadirkan sarana beribadah berupa masjid yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas academica. Masjid yang diberi nama “Hikmah Tawakal” ini berdiri tepat di depan Kampus I Mercu Buana Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Wates. Masjid ini kerap digunakan sebagai pusat kegiatan islami warga kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

    5. Sarana Olahraga

    Selain sarana beribadah, Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga turut menghadirkan sarana pendukung olahraga bagi mahasiswa. Sarana olahraga yang disediakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta ialah lapangan futsal, lapangan voli, dan lapangan basket.

    6. Wi-Fi Gratis

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta memfasilitasi mahasiswanya dengan teknologi Wi-Fi gratis yang bebas diakses dengan nyaman. Sejak 2009, Mercu Buana Yogyakarta memperluas cakupan area Wifi agar dapat digunakan di berbagai tempat, seperti Rektorat Kampus, Gedung LPPM, dan seluruh fakultas yang ada di kampus tersebut.

    Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Setiap tahun ajaran baru, PMB Universitas Mercu Buana Yogyakarta membuka beberapa jalur pendaftaran, di antaranya:

    1. Jalur Prestasi Rapor Tanpa Tes Masuk

    Jalur seleksi ini tanpa tes masuk dan menggunakan nilai raport serta rata-rata nilai UNAS. Rata-rata nilai raport, yaitu 7.0 Untuk mata kuliah yang relevan pada semester 4 atau 5 atau rata-rata nilai UNAS=6.0

    Berkas yang harus disiapkan, yaitu:

    • Bukti Pendaftaran Rp. 200.000,
    • Scan / Foto Copy Ijazah SMA/SMK Sederajat atau
    • Scan / foto Copy Raport Semester IV atau V

    2. Beasiswa Prestasi Bakat/Minat

    Jalur seleksi beasiswa prestasi ini diberikan kepada calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi bakat minat. Calon mahasiswa harus memiliki sertifikat kejuaraan baik tingkat lokal, regional, maupun internasional.

    3. Beasiswa Prestasi Akademik

    Jalur seleksi ini diberikan kepada calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dengan dibuktikannya nilai raport semester 1-5 di atas 70.

    Simulasi Cicilan Universitas Mercu Buana Yogyakarta Dengan Danacita

    Untuk kamu yang ingin berkuliah di UMBY tetapi terkendala dengan biaya, kamu gak usah khawatir. Danacita siap mewujudkan impian kamu untuk berkuliah di jurusan dan kampus favoritmu.

    Berikut simulasi cicilan bayar kuliah dengan Danacita.

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 1 (Kampus I)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Psikologi Rp 20.410.000 Rp 3.769.040 per bulan Rp 2.058.000 per bulan Rp 1.222.890 per bulan
    Akuntansi Rp 17.530.000 Rp 3.237.200 per bulan Rp 1.767.600 per bulan Rp 1.050.330 per bulan
    Manajemen Rp 17.910.000 Rp 3.307.380 per bulan Rp 1.805.920 per bulan Rp 1.073.100 per bulan
    Agroteknologi, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian Rp 16.370.000 Rp 3.022.990 per bulan Rp 1.650.640 per bulan Rp 980.830 per bulan
    Ilmu Keolahragaan Rp 16.070.000 Rp 2.967.590 per bulan Rp 1.620.390 per bulan Rp 962.860 per bulan
    Pend. Matematika, Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling Rp 10.000.000 Rp 1.846.660 per bulan Rp 1.008.330 per bulan Rp 599.160 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 2 (Kampus I)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Psikologi Rp 23.410.000 Rp 3.075.000 per bulan Rp 2.360.500 per bulan Rp 1.402.640 per bulan
    Akuntansi Rp 18.830.000 Rp 2.495.000 per bulan Rp 1.898.690 per bulan Rp 1.128.230 per bulan
    Manajemen Rp 19.160.000 Rp 2.545.000 per bulan Rp 1.931.960 per bulan Rp 1.148.000 per bulan
    Agroteknologi, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian Rp 17.670.000 Rp 2.335.000 per bulan Rp 1.781.720 per bulan Rp 1.058.720 per bulan
    Ilmu Keolahragaan Rp 17.070.000 Rp 2.260.000 per bulan Rp 1.721.220 per bulan Rp 1.022.770 per bulan
    Pend. Matematika, Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling Rp 13.200.000 Rp 1.765.000 per bulan Rp 1.331.000 per bulan Rp 790.900 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 3 (Kampus I)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Psikologi Rp 26.410.000 Rp 3.450.000 per bulan Rp 2.663.000 per bulan Rp 1.582.390 per bulan
    Akuntansi Rp 20.130.000 Rp 2.660.000 per bulan Rp 2.029.770 per bulan Rp 1.206.120 per bulan
    Manajemen Rp 20.410.000 Rp 2.700.000 per bulan Rp 2.058.000 per bulan Rp 1.222.890 per bulan
    Agroteknologi, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian Rp 18.970.000 Rp 2.500.000 per bulan Rp 1.912.800 per bulan Rp 1.136.610 per bulan
    Ilmu Keolahragaan Rp 18.070.000 Rp 2.385.000 per bulan Rp 1.822.050 per bulan Rp 1.082.690 per bulan
    Pend. Matematika, Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling Rp 13.700.000 Rp 1.825.000 per bulan Rp 1.381.410 per bulan Rp 820.850 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 1 (Kampus II)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Agroteknologi, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian Rp 18.570.000 Rp 3.429.260 per bulan Rp 1.872.470 per bulan Rp 1.112.650 per bulan
    Ilmu Keolahragaan Rp 18.070.000 Rp 3.336.920 per bulan Rp 1.822.050 per bulan Rp 1.082.690 per bulan
    Pend. Matematika, Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling Rp 14.700.000 Rp 2.714.600 per bulan Rp 1.482.250 per bulan Rp 880.770 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 2 (Kampus II)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Agroteknologi, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian Rp 20.070.000 Rp 2.635.000 per bulan Rp 2.023.720 per bulan Rp 1.202.520 per bulan
    Ilmu Keolahragaan, Informatika Rp 20.070.000 Rp 2.635.000 per bulan Rp 2.023.720 per bulan Rp 1.202.520 per bulan
    Sistem Informasi, Pend. Matematika, Pend. Bahasa, Pend. Bimbingan Konseling Rp 15.700.000 Rp 2.075.000 per bulan Rp 1.583.080 per bulan Rp 940.690 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 3 (Kampus II)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Agroteknologi, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian Rp 21.570.000 Rp 2.500.000 per bulan Rp 2.174.970 per bulan Rp 1.292.400 per bulan
    Ilmu Keolahragaan Rp 21.570.000 Rp 2.385.000 per bulan Rp 2.174.970 per bulan Rp 1.292.400 per bulan
    Sistem Informasi, Pend. Matematika, Pend. Bahasa, Pend. Bimbingan Konseling Rp 16.700.000 Rp 1.825.000 per bulan Rp 1.683.910 per bulan Rp 1.000.600 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 1 (Kampus III)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Psikologi Rp 25.410.000 Rp 4.692.380 per bulan Rp 2.562.170 per bulan Rp 1.522.480 per bulan
    Akuntansi Rp 22.430.000 Rp 4.142.070 per bulan Rp 2.261.690 per bulan Rp 1.343.930 per bulan
    Manajemen Rp 22.310.000 Rp 4.119.910 per bulan Rp 2.249.590 per bulan Rp 1.336.740 per bulan
    Broadcasting, Visual Communication Rp 23.320.000 Rp 4.306.420 per bulan Rp 2.351.430 per bulan Rp 1.397.250 per bulan
    Public Relation, Marketing Communication Rp 21.420.000 Rp 3.955.560 per bulan Rp 2.159.850 per bulan Rp 1.283.410 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 2 (Kampus III)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Psikologi Rp 29.410.000 Rp 3.700.000 per bulan Rp 2.965.500 per bulan Rp 1.762.140 per bulan
    Akuntansi Rp 23.930.000 Rp 3.135.000 per bulan Rp 2.412.940 per bulan Rp 1.433.800 per bulan
    Manajemen Rp 24.910.000 Rp 3.265.000 per bulan Rp 2.511.750 per bulan Rp 1.492.520 per bulan
    Broadcasting. Visual Communication Rp 24.820.000 Rp 3.250.000 per bulan Rp 2.502.680 per bulan Rp 1.487.130 per bulan
    Public Relation, Marketing Communication Rp 24.020.000 Rp 3.150.000 per bulan Rp 2.422.010 per bulan Rp 1.439.190 per bulan

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 Gelombang 3 (Kampus III)

    Dengan rincian: SPA, SPP Per-SKS (18 kredit), Sumbangan Tridharma, dan Biaya Lain-Lain (KKN, Wisuda, LSP)**

    Program Studi Total Biaya (Cash) Cicilan Internal 8x Cicilan Reguler 12 bulan Cicilan Reguler 24 bulan
    Psikologi Rp 31.410.000 Rp 4.075.000 per bulan Rp 3.167.170 per bulan Rp 1.881.980 per bulan
    Akuntansi Rp 25.430.000 Rp 3.320.000 per bulan Rp 2.564.190 per bulan Rp 1.523.680 per bulan
    Manajemen Rp 26.410.000 Rp 3.450.000 per bulan Rp 2.663.000 per bulan Rp 1.582.390 per bulan
    Broadcasting, VIsual Communication Rp 26.320.000 Rp 3.435.000 per bulan Rp 2.653.930 per bulan Rp 1.577.000 per bulan
    Public Relation, Marketing Communication Rp 25.520.000 Rp 3.335.000 per bulan Rp 2.573.260 per bulan Rp 1.529.070 per bulan

    Note:

    *Cicilan bulanan bebas biaya platform

    **Cicilan bulanan termasuk biaya platform (biaya platform bulanan 1.5%, ,1.75% dan 2 % serta 3% biaya pengajuan)

    Informasi lebih lanjut dapat menghubungi CS kami di 081122811212 & jadwalkan sesi konsultasi gratis melalui link berikut danacita.co.id/s/umby_danacita

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Itu dia informasi seputar PMB Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Mudahkan masa kuliahmu dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!