Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Informasi Pendaftaran & Biaya Kuliah Universitas Komputer Indonesia Bandung (PMB UNIKOM), Tersedia Cicilan 0% lho!

2022-08-04

BlogBanner-UNIKOM-1-DanacitaUNIKOM.jpg

Daftar isi

    Tentang Universitas Komputer Indonesia Bandung (UNIKOM)

    Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jl. Dipati Ukur No.112-116, Lebakgede, Coblong, Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. UNIKOM memiliki enam fakultas dan tiga program pascasarjana. Saat ini program jurusan teknik informatika menjadi program unggulan yang mampu menarik setidaknya lebih dari 2000+ siswa per tahun. Jurusan teknik informatika UNIKOM memang diarahkan untuk menghasilkan seorang analis dengan pengetahuan informatika teoretik sehingga dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi online.

    Perguruan tinggi yang resmi berdiri sejak 8 Agustus 2000 ini juga dikenal lewat pengalaman riset yang mendalam oleh mahasiswa dari jurusan teknik elektro, jurusan teknik komputer dan jurusan teknik Informatika. Tidak heran pada tahun 2018, mahasiswa UNIKOM berhasil mendapat empat medali emas, satu perak dan dua perunggu dari tujuh kategori kompetisi robot skala internasional. Hal ini menjadikan UNIKOM sebagai salah satu perguruan tinggi swasta pilihan terbaik para mahasiswa baru.

    Fakultas, Program Studi Universitas Komputer Indonesia Bandung (UNIKOM)

    UNIKOM memiliki enam fakultas dan 1 program magister dengan beberapa jurusan didalamnya. Berikut daftar lengkap fakultas, program jurusan, prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru serta simulasi cicilan biaya kuliah semester di UNIKOM:

    Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

    UNIKOM terkenal sebagai salah satu universitas swasta yang menyediakan jurusan teknik informatika di Bandung karena memang spesialisasi UNIKOM di bidang teknologi dan informasi. Jurusan teknik informatika ini berada di dalam Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Selain itu, fakultas ini juga memiliki banyak jurusan yang menarik, seperti S1 Sistem Informasi, S1 Sistem Komputer, dan S1 Teknik Industri. Beberapa jurusan tersebut memiliki prospek karir yang cemerlang di era digital ini karena serapan tenaga kerjanya yang cukup banyak di berbagai macam industri. Karir yang dapat dipilih juga cukup beragam, seperti application/software engineer, game creator/developer/programmer, data scientist, product manager, dan lain sebagainya. Tersedia berbagai pilihan program studi di fakultas ini:

    • S1 Teknik Informatika
    • S1 Sistem Informasi
    • S1 Sistem Komputer
    • S1 Teknik Industri
    • S1 Teknik Elektro
    • S1 Teknik Arsitektur
    • S1 Teknik Sipil
    • S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
    • D3 Komputerisasi Akuntansi
    • D3 Manajemen Informatika
    • D3 Teknik Komputer

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Fakultas ini merupakan salah satu fakultas favorit dalam bidang keilmuan sosial humaniora. Terdapat dua jurusan yang memiliki akreditasi A, yaitu S1 Akuntansi dan S1 Manajemen. Kedua jurusan ini juga memiliki banyak peminat karena prospek karirnya yang dibutuhkan di setiap perusahaan. Lulusan kedua jurusan ini bisa bekerja sebagai pengusaha, konsultan, akuntan, auditor, dan lainnya. Tersedia berbagai pilihan program studi di fakultas ini:

    • S1 Akuntansi
    • S1 Manajemen
    • D3 Akuntansi
    • D3 Keuangan dan Perbankan
    • D3 Manajemen Pemasaran

    Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum di UNIKOM hanya memiliki satu jurusan, yaitu S1 Ilmu Hukum dengan akreditasi B. Jurusan ini merupakan jurusan yang memiliki bidang pekerjaan dengan gaji yang cukup fantastis. Beberapa pekerjaan yang populer dari Ilmu Hukum adalah sebagai notaris, politisi, hakim, dan jaksa.

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Fakultas ini memiliki tiga jurusan yang tidak pernah sepi peminat, yaitu S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Pemerintahan, dan S1 Ilmu Komunikasi. Jurusan S1 Ilmu Hubungan Internasional menjadi jurusan paling top di fakultas ini karena memiliki akreditasi A. Bidang pekerjaan dari ketiga jurusan di fakultas ini beragam, seperti dalam ranah jurnalistik, kehumasan, dan kediplomatan.

    Baca juga: Informasi Program Unggulan dan PMB UNIKOM Bandung

    Fakultas Desain

    Fakultas Desain di UNIKOM memiliki tiga jurusan, yaitu S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Desain Interior, dan D3 Desain Grafis. Jurusan S1 Desain Interior menonjol di fakultas ini karena memiliki akreditasi A. Prospek kerja pada keilmuan sangat luas mencakup ranah desain grafis, animasi, ilustrasi, konsultasi properti, dan lainnya.

    Fakultas Ilmu Budaya

    Fakultas Ilmu Budaya UNIKOM memiliki jurusan S1 Sastra Jepang yang terkenal dengan akreditasinya yang A. Selain itu, ada juga jurusan S1 Sastra Inggris dengan akreditasi yang sama bagusnya. Beberapa contoh pekerjaan untuk bidang ilmu budaya yaitu sebagai jurnalis, humas, interpreter, translator, dan tour guide.

    Program Magister

    UNIKOM juga memiliki program Magister dengan jurusan Sistem Informasi, Desain, dan Manajemen. Untuk prospek kerja dari program magister biasanya lebih mengarah ke tenaga pengajar seperti dosen atau konsultan pendidikan.

    Setiap fakultas, jurusan maupun program studi tentunya memiliki akreditasi dan biaya kuliah masing-masing. Biaya kuliah di UNIKOM Bandung cukup terjangkau dan juga memiliki banyak program beasiswa untuk mahasiswa aktif. Informasi lebih detail terkait akreditasi, kurikulum, dan biaya kuliah bisa langsung diakses di https://pmb.unikom.ac.id/join-us.

    Selain itu, UNIKOM Bandung juga membuka Kelas Karyawan untuk jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen, Ilmu Komunikasİ, dan Desain Komunikasi Visual. Khusus Kelas Karyawan, biaya kuliah UNIKOM memiliki tambahan sebesar Rp 1.000.000 per semester. Simak juga prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru serta simulasi cicilan biaya kuliah semester di UNIKOM;

    Prosedur & Informasi Pendaftaran dan Persyaratan Mahasiswa Baru Universitas Komputer Indonesia (PMB UNIKOM) 2022 - 2023

    Kampus UNIKOM Bandung memiliki tiga jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB), yaitu jalur USMBK (Uji Saringan Masuk Berbasis Komputer), rapor, dan prestasi. Simak jadwal pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang 3 dibawah ini. Untuk informasi lengkap mengenai kegiatan penerimaan mahasiswa baru kampus UNIKOM, kunjungi portal PMB UNIKOM pada link berikut: https://pmb.unikom.ac.id/join-us.

    Gelombang 1 Senin , 17 Januari 2022 - Jumat, 25 Maret 2022
    Tes Masuk Online Term 1 Sabtu, 29 Januari 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Test Masuk OnlineTerm 2 Sabtu, 26 Februari 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Tes Masuk Online Term 3 Sabtu, 26 Maret 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Registrasi Ulang Senin, 31 Januari 2022 - Selasa, 31 Mei 2022
    Materi Test Pengetahuan Umum + IPA / IPS, Matematika & Bahasa Inggris
    Alamat Website Test Online https://lms.unikom.ac.id
    Lihat Panduan Ujian Online https://pmb.unikom.ac.id/Panduan_Test_USM_Menggunakan_LMS_UNIKOM.pdf
    Gelombang 2 Senin, 28 Maret 2022 - Jumat, 17 Juni 2022
    Tes Masuk Online Term 1 Sabtu, 23 April 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Tes Masuk Online Term 2 Sabtu, 21 Mei 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Tes Masuk Online Term 3 Sabtu, 18 Juni 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Registrasi Ulang Senin, 25 April 2022 - Sabtu, 23 Juli 2022
    Materi Test Pengetahuan Umum + IPA / IPS, Matematika & Bahasa Inggris
    Alamat Website Test Online https://lms.unikom.ac.id
    Lihat Panduan Ujian Online https://pmb.unikom.ac.id/Panduan_Test_USM_Menggunakan_LMS_UNIKOM.pdf
    Gelombang 3 Senin, 20 Juni 2022 - Jumat, 16 September 2022
    Tes Masuk Online Term 1 Sabtu, 16 Juli 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Tes Masuk Online Term 2 Sabtu, 20 Agustus 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Tes Masuk Online Term 3 Sabtu, 17 Sepetember 2022 - Jam : 00.01 - 10.00 WIB
    Registrasi Ulang Senin, 18 Juli 2022 - Sabtu, 24 September 2022
    Materi Test Pengetahuan Umum + IPA / IPS, Matematika & Bahasa Inggris
    Alamat Website Test Online https://lms.unikom.ac.id
    Lihat Panduan Ujian Online https://pmb.unikom.ac.id/Panduan_Test_USM_Menggunakan_LMS_UNIKOM.pdf

    Persyaratan Reguler Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Komputer Indonesia (PMB UNIKOM)

    BlogBanner-UNIKOM-2-DanacitaUNIKOM.jpg
    1. Merupakan Lulusan SMU/SMK/MA/Paket C/Sederajat
    2. Melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran untuk Jenjang D3 & S1 sebesar Rp. 350.000,-
    3. Melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran untuk Jenjang S2 sebesar Rp. 500.000.-
    4. Melakukan Pendaftaran secara Online di https://pmb.unikom.ac.id
    5. Melampirkan fotocopy KTP sebanyak 1 buah. Apabila belum memiliki KTP, maka bisa menggunakan tanda pengenal lain seperti Kartu Pelajar, Kartu Peserta UAN, atau kartu Keluarga.
    6. Mengikuti Ujian Saringan Masuk PMB UNIKOM sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh UNIKOM
    7. Lulus Ujian Saringan Masuk UNIKOM
    8. Khusus untuk Jurusan Teknik Elektro, Desain Interior, dan DKV, wajib melampirkan Surat Keterangan tidak buta warna yang dikeluarkan oleh puskesmas, rumah sakit, atau dokter spesialis.
    9. Setiap calon mahasiswa baru diwajibkan untuk memilih 2 pilihan jurusan yang ada. Pada pilihan pertama adalah pilihan prioritas atau pilihan utama. Sedangkan pilihan kedua adalah pilihan jurusan cadangan.

    Untuk informasi lebih lengkapnya bisa langsung mengunjungi https://pmb.unikom.ac.id/join-us

    Persyaratan Jalur Ekstensi Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Komputer Indonesia (PMB UNIKOM)

    Pendaftaran mahasiswa baru UNIKOM jalur ekstensi disediakan bagi yang ingin melanjutkan studi dari jenjang D3 ke jenjang S1 sehingga calon mahasiswa tidak perlu memulai kuliah dari awal lagi. Bagi calon mahasiswa dari jalur ekstensi, tidak dilakukan pendaftaran secara online. Semua peserta wajib melakukan konversi nilai dengan datang langsung ke Kampus UNIKOM Bandung. Calon mahasiswa baru jalur ekstensi atau mahasiswa pindahan ini tidak akan mengikuti ujian seleksi masuk. Proses kualifikasi didasarkan pada hasil konversi nilai.

    Persyaratan dan Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Komputer Indonesia (PMB UNIKOM) untuk Program Pascasarjana

    Program ini diperuntukkan bagi yang telah lulus jenjang S1 dan ingin meneruskan pendidikan ke jenjang S2. Beberapa persyaratan untuk PMB program pascasarjana, yaitu:

    1. Telah lulus pendidikan S1 dari berbagai disiplin ilmu
    2. Score TOEFL minimal 475
    3. Melampirkan 2 lembar fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    4. Melampirkan 2 buah foto berwarna, masing-masing berukuran 2×3 dan 3×4
    5. Melampirkan fotocopy identitas diri, meliputi KTP, Paspor, atau SIM
    6. Melampirkan 2 lembar surat rekomendasi yang telah disediakan oleh UNIKOM.

    Portal mahasiswa aktif my.unikom.ac.id (my unikom)

    Bagi kamu calon mahasiswa yang ingin melakukan pendaftaran mahasiswa baru (PMB UNIKOM) kamu bisa langsung mengunjungi portal pendaftaran di https://pmb.unikom.ac.id.

    Dan setelah kamu menjadi mahasiswa aktif di UNIKOM, kamu juga dapat langsung mengecek portal mahasiswa di My Unikom (my.unikom.ac.id) untuk melihat jadwal kuliah, kalender akademik hingga tagihan biaya kuliah kamu saat ini.

    Informasi Detail Biaya Kuliah Mahasiswa Baru Universitas Komputer Indonesia (Biaya PMB UNIKOM) 2022/2023

    Biaya kuliah UNIKOM per semester terdiri dari beberapa unsur yang sudah terakumulasi untuk dibayarkan tiap mahasiswa. Mahasiswa UNIKOM dibebaskan dari empat tipe biaya kuliah: Biaya per SKS, Biaya Praktikum, Biaya UTS, Biaya UAS. Setiap fakultas memiliki nominal biaya kuliah semester yang berbeda.

    Terdapat 2 elemen biaya kuliah bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) yaitu:

    Biaya BPP & BPA yang dibayarkan 1 kali selama masa kuliah, biaya ini dibayarkan saat menjadi mahasiswa baru, untuk biaya BPP sendiri dimaksudkan untuk biaya pengembangan pendidikan, dan BPA adalah biaya penunjang awal yang terdiri atas biaya jas almamater, buku wajib, anggota perpustakaan dan KTM/ATM. Berikut tabel detail biaya BPP & BPA berdasarkan jurusan:

    Fakultas Program Studi Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) Biaya Penunjang Awal (BPA)
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Informatika (S1) 7,500,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Sistem Informasi (S1) 7,500,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Sistem Komputer (S1) 7,000,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Industri (S1) 7,000,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Eleketro (S1) 7,000,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Arsitektur (S1) 7,000,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Perencanaan Walikota (S1) 7,000,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Sipil (S1) 6,500,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Mgt. Informatika (D3) 6,500,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Komputer (D3) 6,500,000 2,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Komp. Akuntansi (D3) 4,000,000 2,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) Biaya Penunjang Awal (BPA)
    Ekonomi dan Bisnis Manajemen (S1) 7,000,000 2,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Akuntansi (S1) 7,000,000 2,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Akuntansi (D3) 6,000,000 2,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Mgt. Pemasaran (D3) 4,000,000 2,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Keuangan dan Perbankan (D3) 6,000,000 2,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) Biaya Penunjang Awal (BPA)
    Hukum Ilmu Hukum (S1) 6,000,000 2,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) Biaya Penunjang Awal (BPA)
    Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Pemerintahan (S1) 6,000,000 2,000,000
    Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Komunikasi (S1) 7,000,000 2,000,000
    Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Hub. Internasional (S1) 7,000,000 2,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) Biaya Penunjang Awal (BPA)
    Desain Desain Kom. Visual (S1) 7,000,000 2,000,000
    Desain Desain Interior (S1) 7,000,000 2,000,000
    Desain Desain Grafis (D3) 7,000,000 2,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) Biaya Penunjang Awal (BPA)
    Ilmu Budaya Sastra Inggris (S1) 6,000,000 2,000,000
    Ilmu Budaya Sastra Jepang (S1) 6,000,000 2,000,000
    • Biaya Pendaftaran
      • Sarjana & Diploma III sebesar Rp 350.000
      • Pasca sarjana sebesar Rp 500.000
    • Biaya tambahan untuk mahasiswa luar negeri dan Internasional Program
      • Mahasiswa luar negeri sebesar Rp 42.500.000
      • International Program sebesar Rp 62.500.000
    • Biaya Penunjang
      • Khusus kelas karyawan, biaya kuliah ditambah sebesar Rp 1.000.000 per semester (dibayar pada angsuran pertama dan ketiga)
      • Biaya buku wajib universitas dan jurusan sebesar Rp 500.000 (saat diterima)
      • Biaya anggota perpustakaan sebesar Rp 300.000 (dibayar satu kali sampai lulus)
      • Jaket almamater sebesar Rp 350.000
      • Registrasi sebesar Rp 350.000 per semester
      • Kemahasiswaan sebesar Rp 150.000 per tahun
      • Tabungan BNI Mahasiswa sebesar Rp 200.000
      • Asuransi kesehatan mahasiswa sebesar Rp 150.000 per semester

    Biaya kuliah UNIKOM per semester yang dibayarkan setiap semesternya, yang dibayarkan mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif. Berikut tabel detail biaya kuliah per semester berdasarkan jurusan:

    Fakultas Program Studi Biaya Kuliah Semester 1 (Diberikan Potongan Rp500,000 bila di bayar lunas/semester)
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Informatika (S1) 7,500,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Sistem Informasi (S1) 7,500,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Sistem Komputer (S1) 7,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Industri (S1) 7,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Elektro (S1) 7,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Arsitektur (S1) 7,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Perencanaan Walikota (S1) 7,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Sipil (S1) 6,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Manajemen Informatika (D3) 6,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Komputer (D3) 6,000,000
    Teknik dan Ilmu Komputer Komputer Akuntansi (D3) 4,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Kuliah Semester 1 (Diberikan Potongan Rp500,000 bila di bayar lunas/semester)
    Ekonomi dan Bisnis Manajemen (S1) 7,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Akuntansi (S1) 7,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Akuntansi (D3) 6,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Manajemen Pemasaran (D3) 4,000,000
    Ekonomi dan Bisnis Keuangan Dan Perbankan (D3) 6,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Kuliah Semester 1 (Diberikan Potongan Rp500,000 bila di bayar lunas/semester)
    Hukum Ilmu Hukum (S1) 6,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Kuliah Semester 1 (Diberikan Potongan Rp500,000 bila di bayar lunas/semester)
    Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Pemerintahan (S1) 6,000,000
    Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Komunikasi (S1) 7,000,000
    Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Hubungan Internasional (S1) 7,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Kuliah Semester 1 (Diberikan Potongan Rp500,000 bila di bayar lunas/semester)
    Desain Desain Komunikasi Visual (S1) 7,000,000
    Desain Desain Interior (S1) 7,000,000
    Desain Desain Grafis (D3) 6,500,000
    Fakultas Program Studi Biaya Kuliah Semester 1 (Diberikan Potongan Rp500,000 bila di bayar lunas/semester)
    Ilmu Budaya Sastra Inggris (S1) 6,000,000
    Ilmu Budaya Sastra Jepang (S1) 6,000,000
    Fakultas Program Studi Biaya Kuliah Semester 1 (Diberikan Potongan Rp500,000 bila di bayar lunas/semester)
    Ilmu Budaya Sastra Inggris (S1) 6,000,000
    Ilmu Budaya Sastra Jepang (S1) 6,000,000

    Cicilan Biaya Kuliah 0% Bagi Mahasiswa Baru Universitas Komputer Indonesia (Cicilan PMB UNIKOM) 2022/2023

    BlogBanner-UNIKOM-3-DanacitaUNIKOM.jpg

    Untuk kamu mahasiswa baru yang ingin atau sudah mendaftar di UNIKOM Bandung, tidak usah khawatir mengenai biayanya, sebagai komitmen untuk meningkatkan akses pendidikan di Indonesia, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) telah bekerjasama resmi dengan Danacita untuk menghadirkan solusi pembiayaan kuliah melalui program cicilan 0%. Program ini tersedia untuk seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023, untuk pembayaran biaya kuliah semester, dari tahun pertama sampai lulus.

    "Kami berharap agar Danacita bisa menjadi salah satu alternatif pembiayaan bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk pembayaran uang kuliah. Kemudahan pengajuan dan waktu proses yang singkat dapat membantu mahasiswa UNIKOM untuk mengatasi masalah pembayaran uang kuliahnya," ucap Assoc. Prof. Dr Agus Riyanto, S.T.,M.T, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerja Sama saat penandatanganan kerjasama april 2022 lalu.

    Untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023, calon mahasiswa mendapatkan 2 fasilitas cicilan dari UNIKOM berupa:

    1. Fasilitas program cicilan 0% selama 3 bulan untuk biaya semester. Program cicilan 0% ini dapat dimanfaatkan bukan hanya di jenjang pendidikan Sarjana tetapi juga untuk Diploma, Kelas Karyawan maupun Magister di setiap fakultas program studi yang ada. Program cicilan 0% ini berlaku untuk pembayaran biaya semester, yang dapat dicicil selama 3x (tiga kali).
    2. Cicilan selama 6, 12, atau 24 bulan untuk Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) dan Biaya Penunjang Awal (BPA) yang dibayarkan sekali saat masuk pendaftaran kuliah.

    Berikut contoh simulasi biaya kuliah untuk Program Sarjana Teknik Informatika dan Sistem Informasi:

    SimulasiBiayaKuliahUNIKOMdenganDanacita.png

    Cara Pengajuan Program Cicilan Biaya Kuliah Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Dengan Danacita

    1. Kunjungi website Danacita: https://danacita.co.id/s/ajukan-unikom
    2. Klik ‘Ajukan’ dan siapkan dokumen yang diperlukan seperti:
      1. Surat Penerimaan Mahasiswa Baru
      2. Slip Gaji/Mutasi rekening wali (orang tua/saudara kandung) 1 bulan terakhir
    3. Pastikan nomor handphone yang didaftarkan (calon mahasiswa & wali) dapat dihubungi oleh tim verifikasi Danacita.
    4. Cek status pengajuan di akun Danacita kamu

    Semoga ulasan ini bisa menjadi salah satu referensi lengkap teman-teman mahasiswa yang bisa menjadikan UNIKOM sebagai pilihan perguruan tinggi swasta. Yuk mulai aplikasi pendaftaran kamu, untuk urusan biaya tinggal ajukan langsung ke Danacita.

    Jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita: (https://danacita.co.id/s/sesi-unikom)

    Atau hubungi kami via 📲 Whatsapp : 0812-1858-8700

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!