Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Alasan Berkuliah di UNIKA Soegijapranata

2023-06-16

Daftar isi

    Kamu sedang mencari referensi mengenai universitas swasta terbaik? Saat ini, terdapat banyak pilihan universitas swasta yang membuat calon mahasiswa baru menjadi bingung dalam memilih. Namun, ada satu universitas yang bisa menjadi pilihan, yaitu UNIKA Soegijapranata.

    Sebagai universitas swasta, UNIKA Soegijapranata menawarkan berbagai jurusan dan fakultas yang lengkap. Jika tertarik untuk kuliah di universitas ini, tentu kamu membutuhkan informasi yang lebih lengkap agar semakin yakin dalam memutuskan.

    Oleh karena itu, mari kita simak artikel di bawah ini yang menjelaskan alasan berkuliah di UNIKA Soegijapranata.

    Profil UNIKA Soegijapranata

    Sebelum membahas alasan berkuliah di UNIKA Soegijapranata, kamu harus mengenal dulu seperti apa kampus ini.

    UNIKA Soegijapranata didirikan pada 5 Agustus 1982 sebagai penggabungan Universitas Katolik Atma Jaya Semarang dan Institut Teknologi Katolik Semarang (ITKS).

    Universitas ini dinamai sesuai dengan Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ, seorang imam, Uskup Agung pertama dari Indonesia, dan pahlawan nasional. Mgr. Soegijapranata memiliki dedikasi dalam bidang pendidikan dan memperjuangkan kesetaraan perguruan tinggi Katolik.

    UNIKA Soegijapranata awalnya terdiri dari tiga fakultas dan kemudian berkembang menjadi memiliki berbagai program sarjana dan magister.

    Universitas ini juga menjalin kerjasama dengan institusi perguruan tinggi di luar negeri serta aktif dalam kolaborasi penelitian lingkungan.

    Visi UNIKA Soegijapranata

    Menjadi komunitas akademik yang unggul dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan dilandasi nilai-nilai Kristiani: cinta kasih, keadilan dan kejujuran.

    Misi UNIKA Soegijapranata

    1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas secara akademik dengan didukung pengembangan kepribadian yang utuh dan potensi kepemimpinan
    2. Melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi demi meningkatkan kesejahteraan manusia
    3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai penerapan ilmu dan teknologi yang telah dikembangkan dalam penelitian demi kesejahteraan manusia
    4. Memberikan perhatian dan mencari pemecahan terhadap berbagai masalah sosial budaya masyarakat melalui komunitas akademik
    5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, penelitian dan pengabdian lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian
    6. Memperbaiki dan mengembangkan universitas secara terus menerus, sehingga dapat mendukung segala upaya untuk mencapai keunggulan.

    Program Studi UNIKA Soegijapranata yang Berkualitas

    Selain visi dan misinya, program pendidikannya juga menjadi alasan berkuliah di UNIKA Soegijapranata.

    Berikut program studi UNIKA Soegijapranata yang bisa kamu pilih.

    1. Fakultas Arsitektur & Desain

    Fakultas ini memiliki kurikulum yang komprehensif dan bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam merancang dan mengkomunikasikan ide-ide melalui desain arsitektur dan visual.

    Berikut jurusan Fakultas Arsitektur & Desain UNIKA Soegijapranata yang teredia.

    • Arsitektur (S1)
    • Desain Komunikasi Visual (S1)
    • Arsitektur (S2)
    • Arsitektur Digital (S3)

    2. Faculty of Language and Arts

    Fakultas Bahasa dan Seni juga berperan penting dalam mengembangkan kreativitas, pemahaman budaya, dan keterampilan berbahasa bagi mahasiswanya.

    Fakultas ini hanya memiliki satu jurusan, yaitu Sastra Inggris (S1).

    3. Fakultas Ekonomi & Bisnis

    Fakultas Ekonomi & Bisnis UNIKA Soegijapranata memiliki lingkungan akademik yang mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam dunia bisnis dan ekonomi.

    Berikut beberapa jurusan FEB UNIKA Soegijapranata.

    • Akuntansi (S1)
    • Manajemen (S1)
    • Tax Accounting (S1)
    • Akuntansi (S2)
    • Manajemen (S2)

    4. Fakultas Hukum & Komunikasi

    Fakultas Hukum dan Komunikasi UNIKA Soegijapranata bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang kuat dalam bidang hukum dan komunikasi serta memiliki keterampilan yang relevan dalam menghadapi tantangan profesional di masa depan.

    Program studi yang terdapat di Fakultas Hukum dan Komunikasi UNIKA Soegijapranata diantaranya:

    • Ilmu Hukum (S1)
    • Ilmu Komunikasi (S1)
    • Hukum Kesehatan (S2)
    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    5. Fakultas Ilmu & Teknologi Lingkungan

    Fakultas ini menawarkan pendidikan dan penelitian dalam bidang ilmu lingkungan, termasuk pengelolaan sumber daya alam, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, pengendalian polusi, dan pengembangan teknologi ramah lingkungan.

    Berikut ini merupakan program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu & Teknologi Lingkungan UNIKA Soegijapranata diantaranya:

    • Rekayasa Infrastruktur & Lingkungan (S1)
    • Lingkungan & Perkotaan (S2)
    • Program Doktor Ilmu Lingkungan (S3)

    6. Fakultas Ilmu Komputer

    Fakultas Ilmu Komputer memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi, termasuk pemrograman, sistem informasi, jaringan komputer, kecerdasan buatan, dan pengembangan perangkat lunak.

    Berikut ini program studi yang tersedia di Fakultas Ilmu Komputer UNIKA Soegijapranata diantaranya:

    • Sistem Informasi (S1)
    • Teknik Informatika (S1)

    7. Fakultas Kedokteran

    Fakultas ini berfokus pada pendidikan dan pelatihan mahasiswa dalam bidang ilmu kedokteran, dengan tujuan menghasilkan tenaga medis yang berkualitas.

    • Pendidikan Dokter

    8. Fakultas Psikologi

    Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata bertujuan untuk melahirkan lulusan yang kompeten dan memiliki pemahaman yang baik tentang aspek psikologis dalam berbagai konteks kehidupan, serta siap untuk berkontribusi dalam bidang psikologi di masyarakat.

    Dalam Fakultas Psikologi terdapat program studi yang tersedia, yaitu:

    • Psikologi (S1)
    • Magister Profesi Psikologi (S2)
    • Sains Psikologi (S2)

    9. Fakultas Teknik

    Fakultas Teknik UNIKA Soegijapranata memiliki kurikulum yang berfokus pada pengembangan hard skill dan soft skill mahasiswa serta menekankan pada nilai-nilai kebersamaan, keadilan, dan kejujuran.

    Berikut ini program studi yang tersedia di Fakultas Teknik UNIKA Soegijapranata diantaranya:

    • Teknik Elektro (S1)
    • Teknik Sipil (S1)

    10. Fakultas Teknologi Pertanian

    Fakultas Teknologi Pertanian berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan berpengetahuan dalam mengembangkan teknologi dan inovasi di sektor pertanian, khususnya dalam hal pengolahan pangan dan nutrisi.

    Program studi yang terdapat di Fakultas Teknologi Pertanian UNIKA Soegijapranata diantaranya:

    • Teknologi Pangan (S1)
    • Teknologi Pangan (S2)

    11. Program Khusus

    Program Khusus UNIKA Soegijapranata adalah program-program pendidikan yang ditawarkan oleh universitas tersebut dengan fokus pada bidang-bidang tertentu.

    Program khusus studi yang ditawarkan, yaitu:

    • Akuntansi & Sistem Informasi (S1)
    • International Undergraduate Program (S1)
    • Program Profesi Insinyur

    Adanya Student Care di UNIKA Soegijapranata

    Alasan berkuliah di UNIKA Soegijapranata selanjutnya adalah tersedia student care yang membantu mahasiswa.

    Student care di UNIKA Soegijapranata adalah program yang dirancang untuk memberikan perhatian dan dukungan khusus kepada mahasiswa. Program ini bertujuan untuk memastikan kesejahteraan dan keberhasilan akademik mahasiswa selama masa studi mereka.

    Student care di UNIKA Soegijapranata meliputi berbagai aspek, termasuk dukungan akademik, bimbingan karir, dan kesehatan mental. Universitas ini menyediakan fasilitas dan layanan yang mendukung mahasiswa dalam mencapai prestasi akademik terbaik mereka.

    Ini dapat meliputi tutor, mentoring, konseling akademik, serta pelatihan dan workshop untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan studi yang efektif.

    Selain itu, UNIKA Soegijapranata juga memiliki program bimbingan karir yang membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Ini dapat mencakup sesi pelatihan wawancara, penyusunan CV, dan pengembangan keterampilan profesional lainnya.

    Kesehatan mental juga menjadi perhatian penting dalam student care di UNIKA Soegijapranata. Universitas ini menyediakan akses ke konseling dan dukungan psikologis untuk mahasiswa yang membutuhkannya.

    Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa mengatasi stres, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya yang mungkin mereka hadapi selama masa studi.

    Berkuliah di UNIKA dengan Danacita

    Alasan berkuliah di UNIKA Soegijapranata selanjutnya adalah dimudahkan dalam hal keuangan. Sebab, UNIKA Soegijapranata secara resmi bekerja sama dengan Danacita untuk membantu mempermudah biaya perkuliahan calon mahasiswa dan mahasiswa di UNIKA Soegijapranata.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang sudah memiliki lebih dari 130 institusi pendidikan. Melalui program pembiayaan kuliah di Danacita ini, kamu dapat membayar kuliah di UNIKA Soegijapranata secara bulanan mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Dengan begitu, kamu pun bisa terus fokus untuk menempuh pendidikan kamu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi, jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Tunggu apalagi? Yuk, segera daftar ke UNIKA Soegijapranata dengan Danacita sekarang!

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    unika soegijapranata Alasan Berkuliah di UNIKA Soegijapranata
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri