Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Biaya Kuliah IT Telkom Surabaya Terlengkap

2023-06-15

Daftar isi

    Surabaya tidak hanya terkenal sebagai pusat bisnis dan perdagangan, tetapi juga menjadi tujuan utama bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

    Surabaya memiliki banyak kampus berkualitas yang dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru, salah satunya adalah IT Telkom Surabaya.

    Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di ITTS, tentu saja salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah biaya kuliah. Mari simak penjelasan biaya kuliah IT Telkom Surabaya di bawah ini.

    Profil IT Telkom Surabaya

    Sebelum mengetahui biaya kuliah IT Telkom Surabaya, kalian juga harus tahu profil kampus ini.

    Institut Teknologi Surabaya (ITTelkom Surabaya) adalah sebuah perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), dengan fokus pada bidang maritim, transportasi, dan logistik.

    IT Telkom Surabaya didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom dengan tujuan untuk mendukung daya saing bangsa Indonesia di bidang tersebut.

    IT Telkom Surabaya merupakan perguruan tinggi pertama yang menitikberatkan pada tiga bidang tersebut, yang jarang dilirik oleh perguruan tinggi lain, namun sangat diperlukan oleh industri yang sesuai dengan bidang tersebut.

    Kebutuhan akan lulusan dan tenaga kerja khususnya di bidang teknik semakin meningkat, sehingga IT Telkom Surabaya hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

    Selain itu, tiga bidang tersebut juga menjadi fokus nasional yang tercantum dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, baik dalam rencana jangka panjang, jangka pendek, maupun rencana kerja tahunan.

    Visi IT Telkom Surabaya

    Menjadi perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dengan fokus pada aplikasi di bidang industri maritim, transportasi dan logistik untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia.

    Misi IT Telkom Surabaya

    1. Institut Teknologi Telkom Surabaya, Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional di bidang Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan fokus pada aplikasi di bidang industri maritim, transportasi dan logistik.
    2. Institut Teknologi Telkom Surabaya, Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakui secara internasional.
    3. Institut Teknologi Telkom Surabaya, Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembangunan Indonesia terutama penerapannya pada pengembangan industri kemaritiman, logistik, dan transportasi.

    Program Studi yang Terdapat di IT Telkom Surabaya

    Merangkum dari laman ITTS, berikut daftar fakultas dan jurusan yang tersedia di IT Telkom Surabaya.

    1. Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis

    FTIB lahir karena kebutuhan masyarakat akan adanya dunia digital yang terus berkembang mengikuti zaman, dan untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Dalam era digital ini, kebutuhan akan talenta digital menjadi elemen transformasi yang paling vital.

    Untuk menjawab tantangan global dan memenuhi kebutuhan industri, FTIB menyediakan enam program studi yang fokus pada ilmu informatika dan bisnis, dengan penerapan pada bidang maritim, transportasi, dan logistik.

    Dengan kompetensi yang diperlukan, FTIB siap menjawab permasalahan dunia dan memenuhi kebutuhan digital talent.

    Berikut 6 jurusan yang terdapat di FTIB IT Telkom Surabaya.

    • S1 Sistem Informasi
    • S1 Sains Data
    • S1 Teknologi Informasi
    • S1 Rekayasa Perangkat Lunak
    • S1 Informatika
    • S1 Bisnis Digital

    2. Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas

    Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas (FTEIC) adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Telkom Surabaya yang tergolong dalam kelompok 'Fakultas Teknik'. Fakultas ini memiliki tujuan untuk memajukan teknologi yang tepat guna dalam bidang elektronika dan rekayasa industri.

    Kurikulum yang diterapkan oleh Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas didasarkan pada kebutuhan dunia kerja serta aplikasi keilmuan di bidang maritim, transportasi, dan logistik. Hal ini bertujuan untuk menghadapi tantangan global di masa mendatang.

    Terdapat lima program studi yang dapat dipilih oleh mahasiswa agar dapat menjadi lulusan yang disebut sebagai Sarjana Teknik Visioner.

    Adapun jurusan FTEIC, antara lain:

    • S1 Teknik Telekomunikasi
    • S1 Teknik Industri
    • S1 Teknik Komputer
    • S1 Teknik Logistik
    • S1 Teknik Elektro

    Fasilitas Unggulan IT Telkom Surabaya

    IT Telkom Surabaya menyediakan berbagai kelas untuk kegiatan belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa. Fasilitas kelas yang sudah lengkap tersedia mencakup AC, LCD, papan tulis, serta beberapa meja untuk mahasiswa dan dosen.

    Selain fasilitas akademik, kampus ini juga menyediakan sarana dan prasarana penunjang yang mendukung aktivitas mahasiswa, seperti lapangan dan fitness center untuk olahraga, klinik kesehatan, perpustakaan, fasilitas keagamaan, ruang terbuka, dan kantin.

    Kehidupan di Kota Surabaya untuk Mahasiswa IT Telkom Surabaya

    Surabaya tidak hanya terkenal dengan keindahan bunga tabebuyanya, tetapi juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik.

    Wisata sejarah, alam, unik dan Instagramable, wahana permainan, ekowisata, wisata malam, belanja, dan kuliner khas Surabaya bisa Kamu kunjungi di kota pahlawan ini.

    Selain itu, tingkat pendidikan di Surabaya cukup pesat, sehingga banyak pendatang yang memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi favorit di kota ini.

    1. Biaya Hidup Terjangkau

    Jika Kamu membutuhkan akomodasi sebagai mahasiswa tahun pertama di Surabaya, banyak kos-kosan yang bisa dipilih di sekitar kampus seperti Ketintang, Gayungan, dan Wonokromo. Harga kos-kosan di sekitar kampus mulai dari Rp 500.000/bulan dan harga makanan mulai dari Rp 7.000/porsi.

    2. Transportasi Mudah

    Kampus IT Telkom Surabaya memiliki banyak fasilitas publik khususnya kos untuk mahasiswa. Akses transportasi ke kampus juga mudah dijangkau, baik menggunakan transportasi online, bus, bersepeda, kendaraan bermotor, maupun taksi.

    Selain itu, terdapat berbagai tempat perbelanjaan yang dapat dijangkau dengan mudah seperti Tunjungan Plaza, Royal Plaza, Grand City Mall, City of Tomorrow, Pakuwon Mall, dan Galaxy Mall.

    3. Tersedia Berbagai Pusat Perbelanjaan

    Bagi yang suka wisata kuliner, di Surabaya banyak sekali makanan-makanan yang bisa dinikmati bersama teman. Beberapa makanan populer di antaranya Bebek Goreng Purnama, Warung Kongde Mbak May, Lontong Balap Pak Gendut, Lontong Kupang Pak H. Woko, Tahu Campur Kalasan, dan Sate Klopo Ondomohen.

    4. Aneka Kuliner

    Buat Kamu yang suka nongkrong, di Surabaya banyak tempat yang bisa dijadikan tempat nongkrong bersama teman atau gebetan.

    Beberapa tempat yang menarik di antaranya Surabaya North Quay, G-Walk, Klenteng Sanggar Agung, Monumen Kapal Selam, Taman Bungkul, dan Kebun Binatang Surabaya.

    Biaya Kuliah IT Telkom Surabaya

    Adapun biaya kuliah IT Telkom Surabaya yang perlu calon mahasiswa perhatikan.

    1. Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas (FTEIC)
    Teknik Industri Teknik Telekomunikasi Teknik Elektro Teknik Komputer Teknik Logistik
    BPPRp8.000.000 BPPRp7.000.000 BPPRp7.000.000 BPPRp7.000.000 BPPRp7.000.000
    SDP2Rp13.500.000 SDP2Rp12.500.000 SDP2Rp12.500.000 SDP2Rp12.500.000 SDP2Rp12.500.000

    2. Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis (FTIB)

    Sistem Informasi Teknologi Informasi Informatika Digital Business Sains Data Software Engineering
    BPPRp8.000.000 BPPRp8.000.000 BPPRp8.000.000 BPPRp8.000.000 BPPRp7.000.000 BPPRp7.000.000
    SDP2Rp13.500.000 SDP2Rp13.500.000 SDP2Rp12.500.000 SDP2Rp12.500.000 SDP2Rp12.500.000 SDP2Rp12.500.000

    Keterangan:

    • PIN Pendaftaran Rp 300.000 (Satu PIN hanya berlaku untuk satu jalur seleksi dengan maksimal 3 pilihan Prodi)
    • UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan) atau Uang Pangkal Rp 8.000.000
    • SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan) atau Uang Gedung
    • BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan)
    • UP3 dan SDP2 dibayarkan hanya sekali di awal
    • BPP dibayarkan tiap semester

    Berkuliah di IT Telkom Surabaya Menggunakan Danacita

    Nah, itu dia penjelasan mengenai biaya kuliah IT Telkom Surabaya. Jika kamu ingin berkuliah di ITTS namun mengalami kendala terkait biaya, dapat menggunakan layanan pembiayaan pendidikan terjangkau yang disediakan oleh Danacita.

    Dengan menggunakan layanan Danacita, kamu dapat membayar biaya kuliah secara bertahap dalam jangka waktu 6 hingga 12 bulan, sehingga dapat lebih ringan bagimu.

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Aktif

    Program Studi S1 Total Biaya (Cash) Cicilan Regular 6 bulan Cicilan Regular 12 bulan
    Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Industri, Informatika, Bisnis Digital 8,000,000 1,501,333 per bulan 826,667 per bulan
    Rekayasa Perangkat Lunak, Sains Data, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Logistik 7,000,000 1,313,667 per bulan 723,333 per bulan

    Note:

    * Simulasi termasuk biaya platform bulanan (1,60% untuk 6 bulan, 1,75% untuk 12 bulan, dan 2,00% untuk 24 bulan serta biaya pengajuan 3% dikenakan sekali pada setiap tahap pengajuan

    * Untuk informasi selengkapnya, konsultasi langsung dengan team Customer Success Danacita melalui: danacita.co.id/s/jadwalkansesi atau di nomor telepon 0811-2281-1212

    Danacita adalah sebuah platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk meningkatkan akses pendidikan bagi pelajar di seluruh Indonesia.

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK serta bersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data.

    Selain itu, Danacita telah menjalin kerja sama resmi dengan lebih dari 140 institusi pendidikan di seluruh Indonesia, sehingga layanan yang disediakan sangatlah aman dan terpercaya.

    Proses pembayaran juga sangat cepat dan mudah dilakukan secara online, dengan waktu maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar uang muka, jaminan, atau biaya lainnya.

    Untuk informasi selengkapnya kamu bisa kunjungi website Danacita atau jika ingin mengajukan langsung bisa di aplikasi Danacita.

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    ITTS biaya kuliah IT Telkom Surabaya it telkom surabaya
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri