Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Informasi Biaya Kuliah ITPLN Terlengkap

2023-03-31

info-lengkap-biaya-kuliah-di-it-pln

Daftar isi

    Tahukah kamu, perkembangan dunia energi yang semakin dinamis kedepannya, khususnya ketenagalistrikan menjadi salah satu penopang pembangunan Indonesia menjadi negara maju. Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya yang ahli di bidang energi dan kelistrikan. Untuk kamu yang ingin berkontribusi terhadap pertumbuhan energi di Indonesia, kamu bisa memulainya dengan memilih ITPLN sebagai kampus kamu.

    Seperti apa ITPLN dan apa saja program studi yang ada di dalamnya? Simak selengkapnya di artikel berikut sampai biaya kuliah ITPLN.

    Mengenal ITPLN

    Sebelum membahas tentang biaya kuliah ITPLN, tentunya kamu juga harus kenalan dulu dengan kampus ini.

    ITPLN atau Institut Teknologi PLN adalah salah satu perguruan tinggi yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN dan Berlokasi di Cengkareng. ITPLN lahir pada tahun 1998 dan merupakan salah satu dari 4 (empat) Pilar PT PLN (Persero) dengan harapan ITPLN dapat berkontribusi nyata bagi kelistrikan Indonesia.

    Tujuan utama didirikannya ITPLN adalah sebagai wadah bagi para pakar PLN untuk mentransfer ilmunya kepada generasi penerus. Selain itu IPTL juga hadir dengan solusi tenaga atau man power untuk masa depan dengan keterampilan para mahasiswa maupun lulusan yang dimiliki di bidang energi dan teknologi.

    Visi dari ITPLN adalah menjadi perguruan tinggi yang berkelas internasional, modern, mandiri dan unggul di bidang energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan.

    Sementara untuk misinya, yaitu:

    1. Menyelenggarakan Program Pendidikan Akademik dan Vokasi yang modern, mandiri, dan unggul, dengan tata kelola yang baik berstandar internasional.
    2. Menyelenggarakan penelitian terapan yang berfokus pada energi dan teknologi berwawasan lingkungan untuk kesejahteraan umat manusia.
    3. Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk pembinaan, pelatihan, konsultasi, dan pemberdayaan masyarakat.
    4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam skala nasional maupun internasional, dalam rangka memastikan continuous improvement dan keberlangsungan kualitas output/ produk dan layanan.
    5. Berkontribusi bagi Negeri dalam menciptakan sumber daya manusia yang berakhlak dan berdaya saing tinggi.

    Fakultas dan Program Studi yang Ada di ITPLN

    Di bagian ini akan dijabarkan mengenai program yang tersedia dan di bagian berikutnya akan dibahas mengenai biaya kuliah ITPLN.

    1. Fakultas Ketenagalistrikan Dan Terbarukan

    Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan adalah salah satu fakultas di lingkup ITPLN yang memiliki 1 Program Studi Magister, 2 Program Studi Sarjana dan 1 Program Studi Diploma.

    Fakultas ini memiliki Visi "Menjadi fakultas yang berkelas internasional, modern, mandiri dan unggul di bidang Energi dan Ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan".

    Berikut program studi fakultas ini:

    1. D3 Teknologi Listrik

    Program Studi ini mengembangkan disiplin ilmu Teknik Elektro yang mempelajari energi dan ketenagalistrikan sebagai ciri khususnya, dengan menerapkan kompetensi di bidang Distribusi Tenaga Listrik, pemanfaatan Tenaga listrik, Keselamatan Ketenagalistrikan, Instalasi Teknik Tenaga Listrik, Menggambar Listrik, Instrumentasi & Pengukuran dan Proteksi Tenaga Listrik.

    2. S1 Teknik Elektro

    Program studi ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi di bidang Teknik Elektro berbasis instrumentasi dan kendali yang mampu berkontribusi pada industri ketenagalistrikan dan energi terbarukan.

    Hal ini agar setiap lulusan dapat mengembangkan kompetensi yang berorientasi pada problem solving, dengan kemampuan penguasaan piranti simulasi design dan teknik analisis berbasis Instrumentation and Control Technology (ICT) di bidang industri, ketenagalistrikan dan energi terbarukan.

    3. S1 Teknik Sistem Energi

    Program Studi Teknik Sistem Energi adalah prodi yang berorientasi pada bidang ilmu multidisiplin di sektor energi khususnya energi baru dan terbarukan dan pengelolaannya.

    Prodi ini bisa dibilang merupakan keilmuan baru yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu seperti matematika, teknik, ekonomi dan wawasan lingkungan sebagai dasar dalam merencanakan, mendesain, dan mengelola energi serta menganalisis kebijakan sektor energi.

    4. S1 Teknik Tenaga Listrik

    Program Studi S1 Teknik Tenaga Listrik merupakan prodi yang memiliki visi untuk bisa Mewujudkan prodi S1 TTL yang mempunyai kompetensi, problem solving, dan unggul dalam bidang ketenagalistrikan.

    5. Magister Teknik Elektro

    Program studi ini menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang unggul pada research terapan di bidang teknologi, ekonomi, dan kebijakan energi serta ketenagalistrikan.

    Program ini memiliki tujuan agar lulusannya menjadi pemimpin di bidang energi dan ketenagalistrikan dan menerapkan strategi untuk mengatasi permasalahan pada transisi energi serta mengembangkan kemampuan praktis dalam menghadapi permasalahan manajerial dan sumber daya pada industri energi dan ketenagalistrikan.

    2. Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi

    Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi ITPLN merupakan fakultas yang memiliki visi Menjadi fakultas yang berkelas internasional, modern, mandiri dan unggul di bidang Teknik Mesin, Kewirausahaan, Teknik Industri dan vokasi Teknik Mesin yang berorientasi terhadap perkembangan revolusi industri 4.0 dan berwawasan lingkungan.

    Fakultas ini menawarkan warna menarik dalam setiap program studi, seperti diantaranya adalah adopsi kekhasan pengkajian di bidang energi dan ketenagalistrikan, kurikulum kekinian mengacu Industri. Berikut program studi yang ada di fakultas ini:

    1. D3 Teknik Mesin

    Program Studi 3 Teknik Mesin adalah program studi diploma yang mempelajari ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika, yang konsentrasi dalam meluluskan ahli dalam bidang pengoperasian dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik seperti mesin pembangkit.

    2. S1 Teknik Mesin

    Program Studi S1 Teknik Mesin merupakan program studi menawarkan ilmu mengenai mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya. Dalam kurikulumnya dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok mata kuliah yaitu: Matematika dan Ilmu Dasar, Dasar Teknik Mesin dan Perancangan Teknik dan Proyek. Sehingga kamu juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, Teknik produksi, juga material teknik.

    3. S1 Teknik Industri

    Program studi S1 Teknik Industri merupakan rumpun prodi yang mempelajari bagaimana merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengendalikan suatu sistem terintegrasi termasuk sistem rantai suplai melalui optimasi dari berbagai faktor produksi dengan mengkolaborasikan keahlian dibidang keilmuan eksakta (seperti matematika, fisika, biologi) maupun ilmu sosial (seperti ekonomi, sosiologi, psikologi).

    4. S1 Bisnis Energi

    Program Studi Bisnis Energi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu mengenai daur perkembangan usaha, mulai dari identifikasi peluang, pencarian gagasan kreatif, perencanaan usaha, usaha mula, sampai pengembangan usaha yang inovatif, dengan risiko yang terukur. Program studi Kewirausahaan pada Institut Teknologi PLN memiliki kekhususan kajian di bidang Bisnis Energi.

    3. Fakultas Infrastruktur dan Teknologi Regional

    Visi dari Fakultas Infrastruktur dan Teknologi Regional adalah Menjadi Fakultas yang Berkelas Internasional, Modern, Mandiri dan Unggul di Bidang Teknik Sipil, Infrastruktur, dan Kewilayahan yang Berwawasan Lingkungan. Fakultas ini memiliki tiga program studi, yaitu:

    1. S1 Geografi
    2. S1 Teknik Sipil
    3. S1 Teknik Lingkungan

    4. Fakultas Telematika Energi

    Fakultas Telematika Energi ITPLN merupakan fakultas yang memiliki visi untuk Menjadi Fakultas yang berstandar Internasional, modern, mandiri dan unggul di bidang telematika untuk mendukung energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan. Terdapat dua program studi di fakultas ini, yaitu:

    1. S1 Informatika

    Program Studi S1 Teknik Informatika ITPLN merupakan prodi dimana kamu akan banyak mempelajari berbagai prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak, sistem cerdas dan bagaimana mengolah data menjadi sangat bernilai dengan pendekatan data science.

    2. S1 Sistem Informasi

    Di prodi ini kamu akan mempelajari dan menerapkan berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam aspek bisnis dan pengelolaan sistem berbasis teknologi informasi pada sebuah organisasi, terutama pada proses pembuatan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/pengetahuan di seluruh ruang lingkup organisasi.

    Kenapa Kamu Harus Kuliah di ITPLN

    Satu hal yang juga tidak kalah penting sebelum membahas biaya kuliah ITPLN adalah alasan masuk ke kampus ini.

    ITPLN hadir untuk menyiapkan sumber daya manusia yang terampil dalam mengelola sistem energi. Berikut keunggulan dan alasan kenapa kamu harus kuliah di ITPLN:

    1. KURIKULUM di ITPN disesuaikan dengan kebutuhan industri yang membuat lulusan ITPLN sangat dibutuhkan di dunia industri baik Indonesia maupun Dunia.
    2. ITPLN memiliki LABORATORIUM yang unggul dalam bidang ketenagalistrikan dan menjadi tempat untuk para Mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mereka.
    3. ITPLN menyediakan SERTIFIKASI KOMPETENSI yang dapat mengimprovisasi kompetensi para Mahasiswa dan meningkatkan "nilai jual" di dunia industri dengan adanya sertifikasi berstandar Internasional maupun Nasional.

    Biaya Kuliah ITPLN Kelas Reguler

    Berikut ini adalah rincian biaya pendidikan untuk jadi #ksatriapetir di Institut Teknologi PLN.

    • Uang pangkal, adalah uang tanda jadi untuk menjadi #ksatriapetir
    • Uang BP3 yang merupakan singkatan dari Biaya Pengembangan dan Pembangunan Pendidikan.
    • Uang Semester, adalah biaya yang dikeluarkan mahasiswa setiap semesternya dengan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan sudah termasuk biaya praktikum.
    Program Studi Uang Pangkal BP3 Semester
    S2 Teknik Elektro None 12.500.000
    S1 Teknik Elektro 5.000.000 10.000.000 10.000.000
    S1 Teknik Mesin 3.000.000 10.000.000 10.000.000
    S1 Teknik Sipil 4.000.000 10.000.000 10.000.000
    S1 Informatika 5.000.000 10.000.000 10.000.000
    D3 Teknologi Listrik 5.000.000 10.000.000 9.950.000
    D3 Teknik Mesin 3.000.000 10.000.000 9.950.000
    S1 Teknik Tenaga Listrik 3.000.000 8.000.000 9.187.500
    S1 Teknik Industri 3.000.000 8.000.000 9.187.500
    S1 Sistem Informasi 3.000.000 8.000.000 9.187.500
    S1 Bisnis Energi 3.000.000 8.000.000 9.187.500
    S1 Teknik Sistem Energi 3.000.000 8.000.000 9.187.500
    S1 Geografi 3.000.000 8.000.000 9.187.500

    Biaya Kuliah ITPLN Kelas Karyawan

    Berikut ini adalah rincian biaya pendidikan untuk jadi #ksatriapetir di Institut Teknologi PLN.

    • Uang pangkal, adalah uang tanda jadi untuk menjadi #ksatriapetir
    • Uang Semester, adalah biaya yang dikeluarkan mahasiswa setiap semesternya dengan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan sudah termasuk biaya praktikum.
    Program Studi Uang Pangkal Semester 1 Semester 2 Semester 3 Semester 4 Semester 5 Semester 6 Semester 7 Semester 8
    S2 Teknik Elektro Reguler None 12.500.000 12.500.000 12.500.000 12.500.000 None None None None
    S2 Teknik Elektro Eksekutif None 24.000.000 22.000.000 22.000.000 None None None None
    S2 Teknik Elektro Karyawan PLN* None 11.250.000 11.250.000 11.250.000 11.250.000 None None None None
    S2 Teknik Elektro ALUMNI ITPLN None 9.375.000 9.375.000 9.375.000 9.375.000 None None None None
    Ekstensi D3 ke S1 Umum (Semua Prodi) 9.000.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000 None None None None
    Ekstensi D3 ke S1 Alumni ITPLN (Semua Prodi) 5.500.000 9.000.000 9.000.000 9.000.000 9.000.000 None None None None
    Ekstensi SMA ke S1 (Semua Prodi) 9.000.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000 11.760.000

    Kuliah di ITPLN Menggunakan Cicilan Danacita

    Itulah penjelasan tentang biaya kuliah ITPLN untuk kamu calon maba yang masih bingung memilih kampus. Sudah yakin mau masuk ITPLN tapi masih terkendala karena biayanya? Tenang saja karena Danacita sudah bekerjasama dengan ITPLN dalam memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau.

    Lewat Danacita, kamu bisa masuk di prodi impianmu di ITPLN tanpa terkendala biaya. Danacita menghadirkan solusi biaya pendidikan melalui program multi cicilan yang sangat terjangkau. Jika kamu mengajukan ini, maka biaya kuliahmu bisa terbayarkan langsung beberapa semester sekaligus dan kamu bisa mencicilnya mulai 6 hingga 12 bulan.

    Simulasi Cicilan Program Dana Talangan Mahasiswa Aktif IT-PLN (Existing)

    Pembayaran mahasiswa semester 2-8

    Program Studi Cash Installment 6 Bulan Installment 12 Bulan
    S1 Teknik Informatika Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.846.667 per bulan Estimasi 1.008.333 per bulan
    S1 Teknik Elektro Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.846.667 per bulan Estimasi 1.008.333 per bulan
    S1 Teknik Sipil Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.846.667 per bulan Estimasi 1.008.333 per bulan
    S1 Teknik Mesin Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.846.667 per bulan Estimasi 1.008.333 per bulan
    D3 Teknologi Listrik Estimasi 9.950.000 Estimasi 1.837.430 per bulan Estimasi 1.003.290 per bulan
    D3 Teknik Mesin Estimasi 9.950.000 Estimasi 1.837.430 per bulan Estimasi 1.003.290 per bulan
    S1 Teknik Tenaga Listrik Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.696.620 per bulan Estimasi 926.400 per bulan
    S1 Teknik Industri Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.696.620 per bulan Estimasi 926.400 per bulan
    S1 Sistem Informasi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.696.620 per bulan Estimasi 926.400 per bulan
    S1 Bisnis Energi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.696.620 per bulan Estimasi 926.400 per bulan
    S1 Teknik Sistem Energi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.696.620 per bulan Estimasi 926.400 per bulan
    S1 Geografi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.696.620 per bulan Estimasi 926.400 per bulan

    Note:

    • * Sudah termasuk biaya platform bulanan 1,3 %, 1.5% dan biaya pengajuan 3% dikenakan sekali di awal
    • ** Biaya yang diajukan dapat menyesuaikan tagihan dari Kampus ITPLN
    • Simulasi cicilan hanya estimasi, dan dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan Danacita

    Simulasi Cicilan Program Dana Talangan Mahasiswa Aktif IT-PLN (Pengguna Baru)

    Pembayaran mahasiswa semester 2-8

    Program Studi Cash Installment 6 Bulan Installment 12 Bulan
    S1 Teknik Informatika Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.866.667 per bulan Estimasi 1.033.333 per bulan
    S1 Teknik Elektro Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.866.667 per bulan Estimasi 1.033.333 per bulan
    S1 Teknik Sipil Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.866.667 per bulan Estimasi 1.033.333 per bulan
    S1 Teknik Mesin Estimasi 10.000.000 Estimasi 1.866.667 per bulan Estimasi 1.033.333 per bulan
    D3 Teknologi Listrik Estimasi 9.950.000 Estimasi 1.857.333 per bulan Estimasi 1.028.167 per bulan
    D3 Teknik Mesin Estimasi 9.950.000 Estimasi 1.857.333 per bulan Estimasi 1.028.167 per bulan
    S1 Teknik Tenaga Listrik Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.715.000 per bulan Estimasi 949.375 per bulan
    S1 Teknik Industri Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.715.000 per bulan Estimasi 949.375 per bulan
    S1 Sistem Informasi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.715.000 per bulan Estimasi 949.375 per bulan
    S1 Bisnis Energi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.715.000 per bulan Estimasi 949.375 per bulan
    S1 Teknik Sistem Energi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.715.000 per bulan Estimasi 949.375 per bulan
    S1 Geografi Estimasi 9.187.500 Estimasi 1.715.000 per bulan Estimasi 949.375 per bulan

    Note:

    • * Sudah termasuk biaya platform bulanan 1,5 %, 1.75% dan biaya pengajuan 3% dikenakan sekali di awal
    • ** Biaya yang diajukan dapat menyesuaikan tagihan dari Kampus ITPLN
    • Simulasi cicilan hanya estimasi, dan dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan Danacita

    Pengajuan ke Danacita sangat mudah karena tidak memerlukan DP atau Jaminan. Kamu hanya perlu beberapa dokumen pendukung seperti KTP, Bukti Tagihan, dan Bukti Penghasilan 1 bulan terakhir. Namun jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara.

    Selain itu, kamu tidak perlu data pribadi kamu akan disalah gunakan. Danacita sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu, jadi dijamin aman dan nyaman.

    Tertarik untuk kuliah di IT PLN dengan metode cicilan Danacita? Yuk, isi data dirimu dengan cara klik banner di bawah ini, dan nantinya Tim Danacita akan segera membantu proses pengajuan cicilanmu!

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    danacita biaya kuliah di it pln IT PLN cicilan pendidikan
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran