Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Fakultas Ekonomi & Bisnis UNTAR dan Biayanya

2023-06-09

Daftar isi

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu fakultas yang banyak diincar oleh calon mahasiswa.

    Hal ini tidak lepas dari banyaknya lapangan kerja yang dihasilkan oleh lulusan fakultas ini. Jika kamu tertarik untuk masuk ke fakultas ini, Universitas Tarumanegara bisa menjadi pilihan.

    Penasaran seperti apa? Berikut penjelasan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar.

    Tentang Universitas Tarumanegara

    Sebelum mengenal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar, mari kita lihat profil singkat dari Untar itu sendiri.

    Untar atau Universitas Tarumanegara merupakan salah satu universitas tertua, terbesar, dan terbaik di Indonesia yang saat ini telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT. Untar memiliki 30 Program Studi terakreditasi nasional dan internasional.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, Untar memfokuskan diri pada keunggulan Entrepreneurship, merujuk nilai-nilai utama yang kami kembangkan yaitu Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE).

    Kurikulumnya didesain dengan mengutamakan keunggulan entrepreneurship. Kedalaman materi pembelajaran dengan memperbesar bobot SKS mata kuliah keunggulan, studi kasus masalah aktual di dunia bisnis, industri, maupun di masyarakat, serta mengembangkan program berbasis rekognisi pembelajaran atau pengalaman lampau (RPL).

    Mengenal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar dulunya bernama Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanegara dan didirikan pada tanggal 1 Oktober 1959 oleh Yayasan Tarumanagara.

    Pada tanggal 1 Oktober 1962, Universitas Tarumanegara secara resmi berdiri sebagai pengembangan Perguruan Tinggi Ekonomi yang berubah menjadi Fakultas Ekonomi.

    FEB merupakan fakultas tertua dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Universitas Tarumanagara.

    Setiap tahunnya, jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar terus meningkat dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari alokasi ruangan/ bangunan yang disediakan Yayasan Tarumanagara untuk menampung mahasiswa dan menyediakan prasarana.

    Visi

    Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pencetak Entrepreneur & Profesional yang berintegritas di Asia Tenggara.

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan Manajemen dan Akuntansi berlandaskan nilai-nilai Integritas, Profesional, dan Entrepreneurship (IPE).
    • Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan tridharma yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurship.
    • Menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan ilmu Manajemen dan Akuntansi secara berkesinambungan.
    • Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka memperluas jejaring.

    Program Studi

    Terdapat dua program studio (prodi) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar, yaitu:

    1. Manajemen

    Prodi S1 Manajemen Untar berdiri bersamaan dengan pengembangan Perguruan Tinggi Ekonomi yang berubah menjadi Fakultas Ekonomi yaitu pada 1 Oktober 1959. Prodi ini dulunya bernama jurusan Ekonomi Perusahaan. Saat ini prodi S1 Manajemen Untar telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

    2. Akuntansi

    Prodi S1 Akuntansi berdiri sejak tahun 1972 dan mulai menerima angkatan pertama pada tahun 1973. Prodi ini memiliki visi untuk menjadi Program Studi S1 Akuntansi yang melahirkan Akuntan berintegritas, Profesional, dan berjiwa entrepreneur di Asia Tenggara.

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan FEB

    Seperti yang disebutkan di awal, FEB merupakan salah satu fakultas yang memiliki prospek lapangan pekerjaan yang sangat luas. Berikut beberapa alternatif pekerjaan yang bisa kamu ambil setelah lulus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar.

    1. Konsultan Ekonomi

    Prospek pertama dari lulusan FEB adalah menjadi seorang Konsultan Ekonomi. Profesi satu ini merupakan profesi yang bertanggung jawab membantu seseorang atau perusahaan dalam kegiatan ekonomi dengan memberikan pertimbangan, nasehat, solusi bahkan mendampingi saat mengambil keputusan pada masalah finansial dan ekonomi.

    Sebagai seorang Konsultan Ekonomi, kamu akan banyak mempelajari tren yang berkaitan dengan saham, pengeluaran, inflasi, dan pengeluaran. Selain itu, kemampuan analisis juga sangat berguna jika kamu ingin menjadi seorang Konsultan Ekonomi.

    2. Business Development

    Business Development bertanggungjawab untuk menyusun strategi agar perusahaan bisa terus tumbuh dan berkembang.

    Proses ini melibatkan pelanggan, pasar, dan relasi bisnis. Beberapa tugas yang akan kamu kerjakan ketika menjadi seorang Business Development adalah melakukan riset pasar, meneliti produk kompetitor, berkolaborasi dengan divisi lain untuk mengembangkan produk, hingga merencanakan dan mempresentasikan ide pengembangan.

    3. Akuntan

    Prospek kerja lulusan FEB selanjutnya ialah menjadi seorang Akuntan, khususnya untuk kamu yang mengambil prodi akuntansi. Profesi Akuntan memiliki peranan yang besar dalam sebuah perusahaan karena bersinggungan langsung dengan keuangan perusahaan.

    Akuntan bertanggungjawab untuk memonitor dan mencatat aliran keuangan dalam suatu perusahaan. Selain itu, Akuntan juga harus memastikan bahwa seluruh transaksi yang terjadi sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

    4. Tenaga Pendidik

    Untuk kamu yang bercita-cita menjadi seorang tenaga pendidik, kamu juga bisa mewujudkannya setelah lulus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar. Dengan ilmu teori yang kamu dapat selama kuliah, kamu bisa menjadi tenaga pengajar, seperti guru mata pelajaran ekonomi di jenjang SMP maupun SMA/ SMK.

    Jika kamu berminat untuk sekolah lagi dan memperdalam ilmu ekonomi dengan menempuh jenjang S2, menjadi dosen adalah prospek kerja yang tak kalah menarik.

    5. Wirausaha

    Prospek lain yang tidak kalah menarik untuk lulusan FEB adalah menjadi seorang entrepreneur atau berwirausaha. Keahlian yang kamu pelajari semasa kuliah bisa diaplikasikan di bisnis sendiri.

    Kamu bisa memulai dengan melakukan riset produk apa yang sedang trend dan berpeluang laku untuk dijual. Sebagai nilai tambah, kamu bisa mempelajari pemasaran digital untuk menjangkau calon customer.

    Biaya Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar

    Berikut rincian biaya kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar

    Prodi Rincian BPP dan SKS Semester 1 None None
    SPP* BPP Biaya SKS Jumlah SKS Semester 1** Perkiraan Total Biaya Kuliah***
    Manajemen 25.000.000 9.000.000 400.000 20 17.000.000 120.600.000
    Akuntansi 28.000.000 10.500.000 400.000 20 18.500.000 131.100.000

    Keterangan:

    • (*) SPP dibayar satu kali setelah lulus dari seleksi PMB
    • (**) Jumlah total biaya kuliah semester 2 dan selanjutnya, tergantung dari jumlah SKS yang diambil
    • (***) perkiraan total biaya kuliah belum termasuk SPP, serta berdasarkan lama studi dan jumlah semester/ blok
    • SPP: Sumbangan Pengembangan Pendidikan
    • BPP: Biaya Penyelenggaraan Pendidikan
    • SKS: Satuan Kredit Semester
    • PMB: Penerimaan Mahasiswa Baru

    Pembayaran Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar Menggunakan Danacita

    Tertarik berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar? Sekarang kamu bisa mewujudkan mimpi kamu berkuliah di FEB Untar dengan biaya yang terjangkau lewat Danacita. Saat ini, Danacita dan Untar telah bekerja sama untuk mempermudah mahasiswa Untar membiayai studi mereka.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Untar ini adalah dengan memberikan solusi cicilan pendidikan terjangkau. Melalui program cicilan ini, biaya kuliahmu bisa dibayar mulai 6 hingga 12 bulan.

    Selain dengan Untar, Danacita juga sudah bekerjasama dengan 140 institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia.

    Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    untar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri