Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Fakultas Kedokteran UNTAR dan Biayanya

2023-06-16

Daftar isi

    Jurusan Kedokteran merupakan salah satu pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi setiap tahunnya, terutama di Fakultas Kedokteran Untar.

    Hal ini dikarenakan prospek karir sebagai dokter sangatlah menjanjikan. Apalagi permintaan akan dokter terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk yang pesat.

    Namun sayangnya, masih banyak calon mahasiswa yang kurang memahami secara detail mengenai Fakultas Kedokteran Untar.

    Kedokteran merupakan bidang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang bagaimana menjaga kesehatan dan keselamatan nyawa manusia serta makhluk hidup lainnya. Jurusan ini akan membahas mengenai sistem tubuh manusia, penyakit, metode pengobatan, dan aplikasinya.

    Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan kedokteran di Universitas Tarumanagara, mari kita lihat informasi lengkap mengenai Fakultas Kedokteran Untar dan biayanya berikut ini.

    Penjelasan Tentang Untar

    Sebelum membahas lebih jauh tentang Fakultas Kedokteran Untar, berikut akan dijelaskan secara singkat tentang Universitas Tarumanagara.

    Universitas Tarumanagara (Untar) adalah universitas swasta tertua di Indonesia. Didirikan pada tahun 1959 oleh Yayasan Tarumanagara. Memiliki delapan fakultas dan satu Program Pascasarjana.

    Berawal dari Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara pada tahun 1959, kemudian berkembang menjadi fakultas-fakultas lain seperti Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

    Universitas ini terus berkembang dan memiliki fasilitas modern seperti Gedung Utama, The Executive Lounge, dan Tarumanagara Knowledge Center.

    Penjelasan Tentang FK Untar

    Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar) didirikan pada tanggal 1 Oktober 1965, tetapi ide untuk mendirikan Fakultas Kedokteran ini telah muncul sejak tahun 1954 oleh seorang anggota Perhimpunan Sosial Tjandra Naya yang bernama Bayumi Wahab.

    Ide ini muncul karena keberhasilan pendirian Rumah Sakit Sumber Waras di Jalan Kyai Tapa (sekarang Jalan Tangerang) pada tahun 1954 di atas sebidang tanah seluas 8 hektar.

    "Para Bapak Pendiri" memikirkan bahwa rumah sakit ini kelak akan membutuhkan dokter-dokter muda yang berkualitas untuk menggantikan dokter-dokter senior, serta menjadi kader yang kuat untuk melanjutkan upaya sosial Perhimpunan Sosial "Tjandra Naya" dalam bidang kesehatan.

    Langkah awal dilakukan melalui pembentukan Panitia Persiapan Pembentukan Fakultas Kedokteran Untar yang terdiri dari, Prof. Dr. Slamet Muljana (Rektor Untar pada saat itu), Bajumi Wahab, Dr. Lie Ging Tjwan (Dr. L. Gito Husodo), Drs. Kwee Hwat Djien, Khoe Woen Sioe, Tan Kwie Seng, R. Budi Setiawan, dan Sidik Salamun.

    Program studi FK Untar hanya ada satu, yaitu kedokteran dan sudah terakreditasi A.

    Visi Fakultas Kedokteran Untar

    Menjadi Fakultas Kedokteran yang unggul di Asia Tenggara, memiliki jiwa integritas, profesionalisme, dan entrepreneurial pada tahun 2025

    Misi Fakultas Kedokteran Untar

    1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship (IPE) dengan keunggulan pada manajemen lanjut usia
    2. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan tridharma dalam bidang kedokteran bagi seluruh sivitas akademika yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurship dengan keunggulan pada manajemen lanjut usia
    3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang kedokteran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan ilmu, teknologi, dan seni secara berkesinambungan dengan keunggulan pada manajemen lanjut usia
    4. Menyelenggarakan kerja sama pendidikan kedokteran yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka memperluas jejaring

    Tujuan Fakultas Kedokteran Untar

    1. Membentuk dan menghasilkan lulusan kedokteran yang berwawasan kebangsaan, menghargai pluralitas serta menjunjung tinggi moralitas bangsa dan berbudi luhur;
    2. Menghasilkan lulusan kedokteran yang berkompeten dan mempunyai integritas tinggi, profesionalisme dan kemampuan entrepreneurship yang unggul
    3. Menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara;
    4. Menghasilkan kerjasama pendidikan kedokteran dan jejaring di dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan dengan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurship.
    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan FK

    Setelah mengetahui apa saja sejarah, di bagian ini akan dijabarkan prospek kerja Fakultas Kedokteran Untar Peluang atau prospek kerja kedokteran memang dikenal cukup menjanjikan.

    Jurusan yang satu ini banyak difavoritkan karena peluang karir di masa depan yang cerah. Untuk itu, saat kamu lulus dari FK Untar, kamu tidak perlu khawatir.

    Pendidikan dalam ilmu kedokteran mengarah pada profesi sebagai dokter. Seorang dokter dapat bekerja di berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Setelah mendapatkan izin praktek, seorang dokter dapat membuka praktek sendiri. Dokter juga dapat terlibat dalam riset di universitas atau perusahaan lain. Ada juga opsi untuk menjadi ahli gizi atau ahli diet.

    Lulusan S1 Kedokteran juga dapat melanjutkan pendidikan menjadi spesialis, dengan fokus pada manajemen rumah sakit, atau menjadi dosen. Jika kamu tidak terlalu tertarik dengan bidang klinis, lulusan kedokteran juga dapat bekerja di lembaga-lembaga struktural.

    Misalnya, kamu dapat bekerja di Kementerian Kesehatan, BPJS, BNN, dan banyak lagi. Kamu juga dapat berpartisipasi dalam penelitian pengobatan untuk penyakit tertentu yang dapat membantu kemajuan dalam bidang kedokteran.

    Biaya Kuliah FK Untar

    Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil Fakultas Kedokteran Untar, berikut rincian biaya yang perlu diketahui:

    • Total Biaya Kuliah Semester 1: Rp40.500.000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp283.500.000

    Pembayaran Kuliah Fakultas Kedokteran Untar Menggunakan Danacita

    Itu dia penjelasan tentang Fakultas Kedokteran Untar. Tertarik untuk masuk jurusan ini tetapi merasa keberatan dengan biaya pendidikan? Selamat, kamu beruntung karena lembaga kursus tersebut sudah bekerja sama Danacita sebagai salah satu metode pembayaran yang memudahkan.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Hingga saat ini, Danacita tercatat memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 140 mitra pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan

    Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.

    • Persyaratan mudah

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    • Proses pengajuan mudah berbasis online

    Kamu bisa mulai melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.

    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu dia alasan kenapa kamu harus menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran. Tertarik untuk menggunakan Danacita? Segera lakukan simulasi pinjaman di website Danacita atau aplikasi Danacita.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    untar Fakultas Kedokteran Untar universitas tarumanagara
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri