Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Fakultas Psikologi UNTAR dan Biayanya

2023-06-16

Daftar isi

    Pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi seringkali menjadi tahap yang penting dan menentukan dalam kehidupan seseorang.

    Salah satu bidang studi yang menarik perhatian banyak calon mahasiswa adalah psikologi. Fakultas Psikologi menawarkan peluang untuk memahami kompleksitas pikiran, perilaku, dan jiwa manusia secara mendalam.

    Buat kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, Fakultas Psikologi UNTAR bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, FSPI UNTAR menawarkan beberapa keunggulan untuk mahasiswa. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.

    Penjelasan Tentang UNTAR

    Sebelum mengetahui Fakultas Psikologi UNTAR secara mendalam, kamu juga harus paham universitas ini.

    Universitas Tarumanagara (UNTAR) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Jakarta, Indonesia.

    Didirikan pada tanggal 18 November 1959 oleh Yayasan Tarumanagara dengan nama Universitas Katolik Parahyangan. Pada awal berdirinya, UNTAR didedikasikan untuk mengembangkan pendidikan tinggi dalam bidang ekonomi dan bisnis.

    Pada tahun 1961, UNTAR membuka Fakultas Ekonomi yang kemudian berkembang menjadi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial.

    Selama beberapa tahun berikutnya, UNTAR terus berkembang dengan membuka fakultas-fakultas baru, seperti Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

    Pada tahun 1982, Universitas Katolik Parahyangan diubah namanya menjadi Universitas Tarumanagara. Perubahan ini dilakukan untuk menggambarkan visi universitas yang lebih

    inklusif dan merangkul berbagai disiplin ilmu.

    Seiring berjalannya waktu, UNTAR terus mengalami perkembangan dan pengembangan program studi baru. Universitas ini juga memiliki berbagai pusat penelitian dan laboratorium yang berfokus pada bidang-bidang seperti teknologi, seni dan desain, sains, dan bisnis.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Psikologi UNTAR dan Program Studinya

    Program Studi Psikologi mulai dikembangkan sejak tahun 1981. Pada awalnya, ilmu Psikologi diterapkan di beberapa fakultas, seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, dan Fakultas Kedokteran melalui mata kuliah Pengantar Psikologi. Pada tahun yang sama, Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi didirikan oleh Yayasan Tarumanagara.

    Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara didirikan berkat upaya Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa, dengan bantuan Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH., Dr. Seto Mulyadi, dr. Tom Suryadi, MPH, Ir. Jap Tji Beng, MMSI, Ph.D., dan Dr. Erry Dewayanti, MMSI.

    Setelah melakukan studi perbandingan ke berbagai universitas swasta di Indonesia, pada tanggal 7 Juli 1994, Fakultas Psikologi secara resmi menjadi bagian dari Universitas Tarumanagara berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 048/D/O/1994.

    Fakultas Psikologi hanya memiliki satu program studi, yaitu Psikologi, akreditasi A.

    Visi Fakultas Psikologi UNTAR

    Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi psikologi yang berkualitas dalam pengajaran, pengembangan dan penerapan ilmu psikologi di Asia Tenggara, berlandaskan nilai-nilai Entrepreneurship, Professionalism, Integrity, Caring Community (EPIC)”.

    Misi Fakultas Psikologi UNTAR

    1. Menyelenggarakan proses pendidikan psikologi mencakup tingkat sarjana dan magister, berlandaskan nilai-nilai EPIC dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan beretika.
    2. Mengembangkan psikologi melalui penelitian/kajian ilmiah yang berlandaskan nilai-nilai EPIC serta mempublikasikannya secara nasional dan internasional.
    3. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui penerapan konsep-konsep Psikologi Positif yang pelaksanaannya melibatkan sivitas akademika secara berkesinambungan.
    4. Menjalin jejaring kerja dan menyelenggarakan kolaborasi dengan institusi baik pemerintah maupun swasta, dalam dan luar negeri untuk menunjang pengembangan fakultas.
    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas Psikologi

    Setelah lulus dari Fakultas Psikologi UNTAR, kamu tidak hanya dapat bekerja di rumah sakit jiwa. Nyatanya, tidak sesempit itu lapangan pekerjaannya.

    Berikut prospek kerja Fakultas Psikologi UNTAR:

    1. HRD (Human Resource Development)

    Bekerja di departemen SDM perusahaan. Bertanggung jawab dalam rekrutmen, seleksi, dan pengembangan karyawan.

    2. Guru BK (Bimbingan Konseling)

    Bekerja di sekolah sebagai guru BK. Mengarahkan minat dan bakat siswa, membantu pemilihan jurusan kuliah, melakukan tes dan menangani gangguan belajar.

    3. Psikolog

    Menjadi psikolog dengan mengambil program S2 Profesi Psikolog. Menangani kasus-kasus kejiwaan melalui observasi, analisis, diagnosis, dan penanganan.

    4. Head Hunter

    Mencari dan merekrut individu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mengandalkan koneksi dan jaringan pribadi untuk mencari kandidat yang tepat.

    5. Konsultan SDM

    Bekerja sebagai konsultan SDM di perusahaan. Membantu pengembangan kinerja karyawan dengan mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi yang efektif.

    Biaya Kuliah Fakultas Psikologi UNTAR

    Berikut biaya kuliah Fakultas Psikologi UNTAR yang bisa kamu simak:

    • Total Biaya Kuliah semester 1: Rp. 17,000,000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp. 120,600,000

    Pembayaran Kuliah Fakultas Psikologi UNTAR Menggunakan Danacita

    Kamu mulai tertarik kuliah di Fakultas Psikologi UNTAR, tetapi terkendala biaya? Tenang saja, UNTAR telah bekerja sama dengan Danacita sebagai solusi pembayaran jika kamu memiliki kendala biaya.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau.

    Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 140+ institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, salah satunya adalah UNTAR.

    Bersama Danacita, kamu dapat melanjutkan pendidikanmu untuk mengambil Fakultas Psikologi UNTAR tanpa harus khawatir dengan kendala biaya. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus mengajukan dana talangan kuliah di UNTAR dengan Danacita:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan

    Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.

    • Persyaratan mudah

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    • Proses pengajuan mudah berbasis online

    Kamu bisa mulai melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.

    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu dia sederet kemudahan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan Danacita. Tunggu apa lagi? Segera daftar kuliah bersama Danacita dengan mengunjungi website Danacita atau aplikasi Danacita.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    untar Fakultas Psikologi UNTAR Universitas Tarumanegara
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri