Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Fakultas Teknik Untar dan Biayanya

2023-06-30

Daftar isi

    Dalam era modern yang semakin canggih dan kompleks, kemampuan di bidang teknologi menjadi semakin penting dan dicari. Banyak peluang menjanjikan terbuka bagi mereka yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang ini.

    Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari dunia teknologi yang berkembang pesat, Fakultas Teknik merupakan pilihan yang tepat untuk mengejar karir dan mengembangkan potensimu.

    Salah satu pilihan yang layak untuk menimba ilmu di bidang teknik adalah Fakultas Teknik di Universitas Tarumanagara (Untar).

    Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, Fakultas Teknik Untar menawarkan program studi yang beragam dan berkualitas dalam berbagai disiplin ilmu teknik.

    Penjelasan Tentang Untar

    Sebelum membahas fakultas Teknik Untar lebih dalam, kamu juga harus paham mengenai kampus ini.

    Universitas Tarumanagara (Untar) adalah sebuah perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1959.

    Universitas ini terletak di Jakarta dan memiliki reputasi yang kuat dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

    Untar menawarkan berbagai program studi yang mencakup berbagai bidang, termasuk ilmu sosial dan politik, teknik, ekonomi, komunikasi, hukum, psikologi, kedokteran, dan banyak lagi.

    Fakultas-fakultas di Untar memiliki kurikulum yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja, dengan menggabungkan teori dan praktik yang relevan.

    Sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen terhadap mutu pendidikan, Untar telah meraih akreditasi baik untuk berbagai program studi dan memiliki dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.

    Penjelasan Mengenai FT Untar

    Sejarah Fakultas Teknik Untar dimulai sejak berdirinya universitas tersebut pada tahun 1959. Fakultas Teknik Untar merupakan salah satu fakultas yang pertama kali didirikan di Untar.

    Fakultas Teknik Untar didirikan dengan tujuan untuk menyediakan pendidikan teknik yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman.

    Seiring dengan pertumbuhan Untar sebagai perguruan tinggi yang terkemuka, Fakultas Teknik Untar juga berkembang dan memperluas program studi yang ditawarkan.

    Fakultas Teknik Untar juga memiliki kurikulum yang terus diperbarui dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

    Dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman juga terlibat dalam proses pembelajaran untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan keterampilan praktis kepada mahasiswa.

    Visi FT Untar

    Mewujudkan lembaga pendidikan tinggi teknologi yang berintegritas, profesional dan berjiwa entrepreneur di tingkat Nasional dan Regional.

    Fakultas Teknik Untar memiliki 6 program studi, yaitu:

    1. Arsitektur

    Program studi Arsitektur di Fakultas Teknik Untar memiliki fokus pada desain, perencanaan, dan pembangunan ruang arsitektur. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek desain, teknik konstruksi, perencanaan kota, dan lingkungan binaan.

    2. Teknik Sipil

    Program studi ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan, desain, dan konstruksi infrastruktur fisik seperti jembatan, jalan, gedung, dan sistem drainase.

    Mahasiswa akan belajar mengenai teknik struktural, geoteknik, transportasi, dan manajemen proyek.

    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus masuk UNTAR

    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. Perencanaan Kota dan Real Estate

    Program studi Perencanaan Kota dan Real Estate di Fakultas Teknik Untar fokus pada perencanaan perkotaan yang berkelanjutan dan pengembangan properti.

    Mahasiswa akan mempelajari tentang tata ruang perkotaan, manajemen properti, perencanaan regional, dan aspek sosial-ekonomi dalam pengembangan kota.

    4. Teknik Mesin

    Program studi FT Untar ini mengajarkan mahasiswa mengenai prinsip dan aplikasi teknik mesin dalam perancangan, produksi, dan pemeliharaan mesin dan sistem mekanis. Materi kuliah meliputi desain mesin, teknologi manufaktur, energi terbarukan, dan otomasi.

    5. Teknik Elektro

    Program studi Teknik Elektro di Fakultas Teknik Untar mempersiapkan mahasiswa dalam bidang teknologi dan sistem elektronik.

    Mahasiswa akan belajar tentang elektronika, komunikasi, kontrol, dan energi listrik. Program studi ini juga mencakup bidang seperti teknik telekomunikasi, robotika, dan teknik tenaga listrik.

    6. Teknik Industri

    Program studi ini fokus pada perancangan, pengembangan, dan perbaikan sistem dan proses dalam industri.

    Mahasiswa akan mempelajari manajemen operasi, rekayasa ergonomi, manajemen rantai pasokan, dan analisis kinerja industri.

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan FT

    Lulusan dari fakultas Teknik Untar memiliki peluang karir yang luas dan dapat ditemui dalam berbagai bidang bisnis dan industri.

    Mereka dapat mengejar karir sebagai arsitek, kontraktor, drafter, software engineer, data scientist, website developer, dan tenaga ahli di industri pertambangan, telekomunikasi, perminyakan.

    Selain itu, mereka juga dapat menjadi akademisi dan bekerja di instansi pemerintah, baik di tingkat nasional, multinasional, maupun internasional.

    Sebagai lulusan fakultas Teknik Untar, mereka memiliki keahlian dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan pasar. Ini memberikan mereka kesempatan untuk menciptakan peluang usaha baru sesuai dengan bidang keilmuan yang mereka tekuni.

    Dengan demikian, lulusan fakultas Teknik Untar memiliki fleksibilitas untuk mengembangkan karir mereka di berbagai industri dan berkontribusi dalam kemajuan dan perkembangan di bidang teknik.

    Biaya Kuliah FT Untar

    Adapun biaya kuliah FT Untar, antara lain:

    • Biaya Prodi/jurusan Arsitektur Untar
    • Total Biaya Kuliah Semester 1: Rp. 21,000,000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp. 148,600,000
    • Biaya Prodi/jurusan Teknik Sipil Untar
    • Total Biaya Kuliah semester 1: Rp. 20,500,000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp. 145,100,000
    • Biaya Prodi/jurusan Teknik Industri Untar
    • Total Biaya Kuliah semester 1: Rp. 16,000,000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp. 113,600,000
    • Biaya Prodi/jurusan Perencanaan kota dan real estat Untar
    • Total Biaya Kuliah semester 1: Rp. 15,000,000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp. 106,600,000
    • Biaya Prodi/jurusan Teknik Elektro Untar
    • Total Biaya Kuliah semester 1: Rp. 15,000,000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp. 106,600,000
    • Biaya Prodi/jurusan Teknik Mesin Untar
    • Total Biaya Kuliah semester 1: Rp. 15,000,000
    • Total Biaya Kuliah keseluruhan: Rp. 106,600,000

    Pembayaran Kuliah FT Untar Menggunakan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar Fakultas Teknik Untar. Untuk kamu yang ingin berkuliah di Untar tetapi terkendala dengan biaya, kamu gak usah khawatir.

    Danacita siap mewujudkan impian kamu untuk berkuliah di jurusan dan kampus favoritmu.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan pendanaan pendidikan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Apa saja keuntungan yang ditawarkan Danacita? Berikut daftarnya:

    • Partner resmi Untar
    • Tanpa uang muka dan tanpa jaminan
    • Tidak ada limit pengajuan (hingga 100% biaya kursus)
    • Proses pengajuan cepat dan diproses secara online
    • Persyaratan mudah dengan proses yang aman
    • Pembayaran setiap bulan selama 6 hingga 12 bulan
    • Sudah pasti aman dan terjamin karena diawasi OJK

    Dengan menggunakan Danacita dalam membayar biaya kuliah Untar, maka akan lebih ringan.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    untar fakultas teknik untar universitas tarumanagara
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri