Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Jalur Seleksi Mandiri FKG UNPAD 2023

2023-06-14

Daftar isi

    Buat kamu yang belum keterima SNBP dan SNBT untuk masuk Fakultas Kedokteran Gigi UNPAD, jangan bersedih. Karena ada alternatif lain yang bisa kamu ikuti, yaitu jalur mandiri.

    Meskipun bisa menjadi jalur terakhir, jalur mandiri tetaplah jalur yang cukup kompetitif dan kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk bisa diterima. Untuk itu, simak informasi lengkap mengenai jalur mandiri FKG UNPAD 2023 di bawah ini.

    Apa Itu Jalur Mandiri?

    Sebelum membahas mandiri FKG UNPAD 2023, yuk pahami dulu apa itu jalur mandiri!

    Ujian jalur mandiri adalah sebuah tes yang biasanya diadakan oleh perguruan tinggi di Indonesia sebagai salah satu syarat masuk bagi calon mahasiswa baru.

    Tes ini biasanya diselenggarakan secara terpisah dari seleksi nasional yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan diadakan oleh perguruan tinggi secara mandiri.

    Tes jalur mandiri dapat meliputi berbagai jenis tes, seperti tes kemampuan akademik, tes potensi akademik, tes kemampuan kognitif, tes bahasa Inggris, tes wawancara, dan sebagainya.

    Tujuan dari ujian jalur mandiri adalah untuk mengevaluasi kemampuan calon mahasiswa dalam berbagai aspek, dan juga untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang mungkin tidak memenuhi persyaratan seleksi nasional tetapi masih memenuhi persyaratan perguruan tinggi yang bersangkutan.

    Setiap perguruan tinggi memiliki prosedur dan persyaratan yang berbeda-beda untuk ujian jalur mandiri, dan calon mahasiswa disarankan untuk mempelajari informasi tersebut dengan seksama sebelum mendaftar untuk tes tersebut.

    3 Jalur Mandiri FKG UNPAD 2023

    Melansir website resmi UNPAD, beberapa jalur seleksi mandiri Unpad akan membuka pendaftaran pada 1 Februari 2023.

    Pendaftaran jalur mandiri FKG UNPAD terdiri dari empat jalur, yaitu Jalur Sarjana (S1) Nilai Ujian, Jalur Sarjana Terapan (D4) Nilai Ujian, Jalur Prestasi, dan Jalur Kelas Internasional.

    Saat ini, hanya tiga jalur Mandiri FKG UNPAD 2023 yang telah diumumkan untuk jadwal pendaftarannya. Sementara itu, pengumuman resmi untuk jalur kelas internasional masih belum tersedia.

    1. Jalur Sarjana (S1)

    Jalur Sarjana (S1) adalah salah satu jalur Seleksi Mandiri Ujian Perguruan Tinggi (SMUP) yang paling banyak diikuti oleh calon mahasiswa.

    Jalur ini terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus SMA pada tahun 2021, 2022, dan 2023.

    Calon mahasiswa tidak diwajibkan terdaftar sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023.

    Ada dua skema penilaian yang dapat digunakan oleh calon mahasiswa. Pertama, menggunakan nilai UTBK SNBT atau SBMPTN. Kedua, menggunakan nilai ujian SMUP 2023. Persyaratan untuk mengikuti Jalur S1 Nilai Ujian adalah sebagai berikut:

    • Calon mahasiswa harus memiliki nilai SNBT/UTBK 2023 atau nilai SMUP 2023.
    • Calon mahasiswa hanya dapat memilih satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi, yaitu menggunakan nilai SNBT/UTBK 2023 atau menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2021, 2022, 2023).
    • Materi ujian SMUP berupa Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang setara dengan ujian SNBT dan dilaksanakan secara online.
    • Calon mahasiswa dapat memilih maksimal dua program studi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda (satu Saintek dan satu Sosum).

    Daya tampung untuk Seleksi Mandiri Program Sarjana S1 berkisar antara 30-40% dari total daya tampung Program Studi.

    Kriteria kelulusan berdasarkan nilai tertinggi SNBT/UTBK atau nilai SMUP sesuai dengan kuota daya tampung yang ada.

    Ujian SMUP Sarjana akan dilaksanakan secara daring dan dapat diikuti dari rumah masing-masing peserta pada tanggal 8-10 Juli 2023.

    Jadwal Jalur S1 Nilai Ujian UNPAD 2023 adalah sebagai berikut:

    • Pendaftaran: 1 Februari - 26 Juni 2023 (16:00 WIB)
    • Batas Pembayaran Biaya Seleksi dan Unggah Dokumen Persyaratan: 26 Juni 2023 (16:00 WIB)
    • Simulasi Ujian SMUP 2023: 5-6 Juli 2023
    • Pelaksanaan Ujian SMUP 2023: 8-10 Juli 2023
    • Pengumuman: 21 Juli 2023

    2. Jalur Sarjana Terapan (D4)

    Selain Jalur S1, terdapat Jalur Sarjana Terapan (D4) Nilai Ujian yang menggunakan sistem seleksi masuk dari pemerintah sesuai dengan Permendikbud Ristek No. 48 Tahun 2022. Program Sarjana Terapan (D4) dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan SMA sederajat di tahun 2021, 2022 dan 2023, dan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNBP ataupun SNBT.

    Peserta Program Sarjana Terapan Jalur Mandiri FKG UNPAD 2023 dapat mendaftar dengan mengikuti persyaratan sebagai berikut:

    • Memiliki nilai SNBT/ UTBK 2023 atau nilai ujian SMUP 2023.
    • Memilih salah satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi, yaitu menggunakan nilai SNBT/ UTBK 2023 atau menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2021, 2022, 2023).
    • Mengikuti Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) secara online sebagai materi ujian SMUP yang sepadan dengan ujian SNBT.
    • Memilih paling banyak dua program studi program Sarjana Terapan sesuai minatnya dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda.
    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Daya tampung untuk Seleksi Mandiri Program Sarjana Terapan ditetapkan oleh Rektor dan dapat dilihat pada laman UNPAD.

    Kriteria kelulusan di jalur seleksi mandiri UNPAD ini berdasarkan nilai tertinggi SNBT/ UTBK atau nilai SMUP sesuai dengan kuota daya tampung yang ada.

    Jadwal Jalur D4 Nilai Ujian UNPAD 2023:

    • Pendaftaran: 1 Februari – 26 Juni 2023 (16:00 WIB)
    • Batas Pembayaran Biaya Seleksi dan Unggah Dokumen Persyaratan: 26 Juni 2023 (16:00 WIB)
    • Simulasi Ujian SMUP 2023: 5 – 6 Juli 2023
    • Pelaksanaan Ujian SMUP 2023: 8 – 10 Juli 2023
    • Pengumuman: 21 Juli 2023

    3. Jalur Prestasi

    Program Sarjana S1 Jalur Prestasi di Universitas Padjadjaran (UNPAD) membuka seleksi untuk tahun 2023 di bidang Sains, Olahraga, dan Seni. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

    • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2023.
    • Pendaftar Jalur Prestasi untuk jenjang Sarjana harus memiliki nilai SNBT/UTBK 2023 atau nilai SMUP 2023.
    • Pendaftar harus memiliki nilai rapor dari semester 1 hingga 5 bagi SMA/MA/SMK.
    • Bagi pendaftar prestasi SAINS, pendaftar harus merupakan 25 persen siswa terbaik di kelas reguler dari semester 1 hingga 5, yang ditunjukkan dengan Rapor asli.
    • Pendaftar dapat memilih maksimal 2 program studi atau jurusan.
    • Panitia seleksi akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang didapat.
    • Kriteria kelulusan didasarkan pada nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional atau internasional dari semua portofolio calon pendaftar eligible yang ada, dan nilai akademik sesuai dengan kuota yang ada.

    Kuota untuk jalur prestasi maksimal adalah 10 persen dari total keseluruhan kuota jalur mandiri untuk masing-masing program studi atau jurusan. Jadwal untuk Jalur Prestasi UNPAD adalah sebagai berikut:

    • Pendaftaran dan pembayaran biaya seleksi dilakukan mulai tanggal 1 Februari hingga 1 Juni 2023 (pukul 16:00 WIB).
    • Proses verifikasi dilakukan mulai tanggal 2 Juni hingga 14 Juli 2023 (pukul 16:00 WIB).
    • Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 21 Juli 2023.

    Prosedur Pendaftaran SMUP Jalur Mandiri Nilai Ujian FKG UNPAD 2023

    Universitas Padjadjaran (UNPAD) telah mengumumkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Jalur Nilai Ujian.

    SMUP Jalur Nilai Ujian memungkinkan calon mahasiswa untuk menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) atau nilai SMUP sebagai dasar seleksi.

    Seperti yang dilansir di situs web smup.unpad.ac.id, Program Sarjana SMUP UNPAD mengadopsi sistem seleksi masuk dari pemerintah yang diatur oleh Permendikbud Ristek No. 48 Tahun 2022.

    SMUP dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas pada tahun 2021, 2022, dan 2023, tanpa harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN/SNBP ataupun SBMPTN/SNBT.

    Ketentuan Peserta SMUP Jalur Nilai Ujian

    1. Pendaftar hanya dapat memilih salah satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi, yaitu:
    • Skema 1 : Peserta menggunakan nilai SNBT/ UTBK 2023
    • Skema 2 : Peserta menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2021, 2022, 2023).

    2. Materi Ujian SMUP berupa Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang sepadan dengan ujian SNBT dan dilakukan secara online.

    3. Pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi sesuai minatnya dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda (satu Saintek dan satu Sosum).

    4. Daya tampung untuk Seleksi Mandiri Program Sarjana S1 berkisar 30% – 40 % dari total daya tampung Program Studi.

    5. Proses seleksi berdasarkan nilai SNBT/ UTBK atau nilai ujian SMUP.

    6. Kriteria kelulusan berdasarkan nilai tertinggi SNBT/ UTBK atau nilai SMUP sesuai kuota daya tampung yang ada.

    7. Ujian SMUP Sarjana akan dilaksanakan secara daring yang dapat diikuti dari rumah masing-masing peserta pada tanggal 8 – 10 Juli 2023.

    Persyaratan Peserta SMUP Jalur Nilai Ujian

    • Warga Negara Indonesia (WNI).
    • Lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2020, 2021, atau 2022.

    Prosedur Pendaftaran SMUP Jalur Mandiri Nilai Ujian

    1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.
    2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
    • Nama Lengkap
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    • Alamat E-Mail
    • Nomor Ponsel
    • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
    • Data Kewarganegaraan (country of citizenship).

    3. Menginput/ mengupload dokumen asli sebagai berikut:

    • Ijazah SMA/MA/SMK
    • Ijazah SMA bagi peserta yang pilihan prodinya di UNPAD linear dengan jurusan di SMA. Bagi yang pilihan prodinya di UNPAD tidak linear dengan jurusan di SMA (lintas jurusan) dan bagi lulusan SMK, nilai rapor bisa diisi dengan 0 (Nol).
    • Kartu Peserta UTBK Tahun 2023 (bagi yang memilih Skema 1)
    • Menginputkan No. Peserta UTBK 2023 (bagi yang memilih Skema 1)
    • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
    • Kartu Tanda Penduduk
    • Kartu Keluarga

    4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk UNPAD dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online.

    5. Biaya pendaftaran adalah sebagai berikut

    • Skema 1 : Rp 100.000
    • Skema 2 : Rp 200.000

    Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

    Pendaftar SMUP Peserta Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K)

    1. Prosedur pendaftaran:
    • Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/logindengan cara mengisi informasi sebagai berikut:
    • Nama Lengkap
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    • Alamat E-Mail
    • Nomor Ponsel
    • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
    • Data Kewarganegaraan (country of citizenship).
    • Memilih jalur masuk KIP-K pada bagian minat hanya untuk peserta yang telah memiliki KIP semasa SMA.
    • Melengkapi isian pada bagian nomor pendaftaran KIP-K.
    • Mengunggah KIP-K pada bagian unggah dokumen.
    • Pendaftar KIP-K tidak perlu membayar biaya pendaftaran.

    2. Setelah dinyatakan diterima di Universitas Padjadjaran pada Program Sarjana/Sarjana Terapan melalui jalur masuk KIP-K, calon mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagai proses seleksi penerima KIP-K ke Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (waktu pelaksanaan akan diinfokan kemudian).

    3. Bersedia membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kelompok yang telah diverifikasi oleh UNPAD jika tidak diterima sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K).

    Jadwal SMUP Jalur Nilai Ujian

    1. Pendaftaran Februari – 26 Juni 2023 (16.00WIB)
    2. Batas Pembayaran Biaya Seleksi dan Unggah Dokumen Persyaratan 26 Juni 2023 (16.00 WIB)
    3. Simulasi Ujian SMUP 2023 5 – 6 Juli 2023
    4. Pelaksanaan Ujian SMUP 2023 8 – 10 Juli 2023
    5. Pengumuman 21 Juli 2023

    Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri SMUP Jalur Nilai Ujian dapat dilihat di laman smup.unpad.ac.id.

    Berkuliah di FKG UNPAD Lancar dengan Bayar Pakai Danacita

    Gimana, setelah mengetahui jalur mandiri FKG UNPAD 2023 kamu mulai tertarik masuk di sana? Yuk, wujudkan mimpimu bersama Danacita tanpa takut terkendala biaya!

    FKG UNPAD dan Danacita sudah bekerja sama untuk memberikan pembiayaan kuliah terjangkau untuk mahasiswanya lho!

    Selain dengan FKG UNPAD, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada pelajar di seluruh Indonesia.

    Dengan menggunakan Danacita, biaya kuliahmu bisa lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuat Danacita aman dan terpercaya.

    Prosesnya juga mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu juga tidak dibebani biaya DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya.

    Tertarik meraih mimpi bersama? Gunakan Danacita sekarang juga! Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    FKG UNPAD mandiri FKG UNPAD 2023 fkg unpad mandiri 2023
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri