Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Jurusan di Institut Teknologi Indonesia Terlengkap!

2023-06-30

Daftar isi

    Sebagai ibu kota negara Indonesia, kota Jakarta menyediakan berbagai pilihan untuk kamu melanjutkan pendidikan dengan beragam kampus berkualitas, baik negeri maupun swasta. Salah satu kampus terbaik yang ada di Jakarta adalah Institut Teknologi Indonesia.

    Kehadiran Institut Teknologi Indonesia menjawab kebutuhan insinyur di Indonesia melalui berbagai program studi yang ditawarkan.

    Apa saja itu? Berikut penjelasan lengkap jurusan di Institut Teknologi Indonesia beserta biayanya.

    Tentang Institut Teknologi Indonesia

    Sebelum lebih jauh membahas jurusan di Institut Teknologi Indonesia, yuk kenalan dulu dengan kampus yang satu ini!

    Institut Teknologi Indonesia (ITI) merupakan sebuah perguruan tinggi yang berlokasi di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan dan didirikan pada 1 Oktober 1984.

    Kampus ini hadir atas prakarsa Almarhum Prof. B.J Habibie untuk melengkapi Kawasan Puspiptek dengan fasilitas pendidikan dan diawali dengan pendirian Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) pada tanggal 24 Februari 1984.

    Kemudian pada tanggal 17-19 Mei 1984 dilaksanakan Kongres Nasional ke XI PII di Palembang yang mana salah satu amanatnya ialah pendirian perguruan tinggi teknik yang ditindaklanjuti dengan diterbitkannya surat keputusan dari YPTI No.01/Kept-YPTI/1984.

    Sejak berdiri, ITI memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi Keteknikan/Teknologi yang efisien – berkualitas dan terjangkau oleh sebanyak mungkin anak bangsa. Komitmen ini kemudian dituangkan ke dalam visi dan misinya.

    Visi

    Visi Institut Teknologi Indonesia adalah sebagai Technology-based Entrepreneur University, ITI pengembang keswadayaan Iptek tepat-guna masyarakat untuk menjawab tantangan pembangunan daerah dan nasional.

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, berkarakter dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • Melakukan Penelitian yang bermutu tinggi, terutama penelitian yang bersifat terapan guna memberikan nilai tambah secara nyata terhadap kualitas kehidupan bangsa dan umat
    • Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan kemartabatan masyarakat, Bangsa dan Negara melalui upaya kerjasama kelembagaan dan/atau perorangan dengan berbagai pihak berdasarkan azas kesetaraan dan manfaat
    • Melakukan upaya pembentukan nilai secara terus menerus melalui pembinaan kelembagaan dan tata laksana kehidupan Institut yang berorientasi pada pengembangan kompetensi dan penguatan integritas
    • Mengembangkan bisnis berbasis intelektualitas secara profesional dengan berpegang teguh pada etika akademik dalam rangka menjamin keberlangsungan peningkatan kualitas kehidupan melalui peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan secara berkelanjutan

    Jurusan Di Institut Teknologi Indonesia

    Saat ini, terdapat 10 jurusan di Institut Teknologi Indonesia, yaitu:

    1. Teknik Elektro

    Jurusan di Institut Teknologi Indonesia yaitu Teknik Elektro. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menjawab tantangan dunia kerja, berkemampuan dalam bidang Teknik Elektro dengan wawasan entrepreneur, sanggup untuk terus menerus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru, serta memiliki kepribadian yang tangguh.

    Di jurusan ini, kamu akan menempuh pendidikan selama kurang lebih 8 semester dengan beban SKS minimal 144 sks. Kamu akan belajar banyak mengenai teori dan praktik elektronik.

    2. Teknik Mesin

    Teknik Mesin ITI adalah salah satu jurusan di ITI yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik mesin yang mendapat pengakuan nasional dan internasional.

    Selain itu, jurusan di Institut Teknologi Indonesia yang satu ini juga diharapkan dapat memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di industri dan membangun bangsa menjadi bangsa yang mandiri di bidang teknologi.

    Agar tujuan tersebut dapat tercapai, Teknik Mesin ITI menyelenggarakan kurikulum berbasis KKNI yang mendukung program MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM).

    Terdapat tiga peminatan yang ditawarkan kepada mahasiswa, yaitu Mesin Konstruksi, Mesin Konversi Energi dan Manufaktur dimana total SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa sampai dengan kelulusannya adalah 144 SKS.

    3. Teknik Industri

    Jurusan Teknik Industri ITI merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan dan analisis keuangan serta kajian manajerial menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi industri.

    Kurikulum jurusan di Institut Teknologi Indonesia ini disusun untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dalam melakukan analisis komprehensif terhadap permasalahan di dunia industri manufaktur maupun jasa dan perdagangan serta mampu memberikan kajian yang bersifat adaptif, aplikatif dan memiliki nilai tambah.

    Terdapat dua konsentrasi yang ditawarkan pada jurusan ini, yaitu Sistem Manajemen dan Sistem Manufaktur.

    4. Teknik Kimia

    Jurusan Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan yang paling pertama di ITI. Jurusan inni didirikan dengan No. SK 01/Kep/ITI/YPTI/1984 tanggal 2 Juni 1984 dengan Pejabat Penandatangan SK Pendirian program studi oleh Prof. Ir. Soedarsono Hadisaputro. Kemudian penyelenggaraan perkuliahannya pertama kali dilaksanakan pada Agustus 1984.

    Jurusan di Institut Teknologi Indonesia memiliki visi menjadi suatu pusat pendidikan Teknik Kimia berbasis technopreneurship yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan lingkungan.

    Baca juga: ITI, Tempat lahirnya para insinyur teknik terbaik

    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    5. Teknik Informatika

    Jurusan di Institut Teknologi Indonesia berikutnya yaitu teknik informatika yang merupakan program pendidikan berjenjang Sarjana atau Strata 1 (S1) yang sesuai dengan Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) level 6.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, jurusan ini menyusun dan melaksanakan kurikulum yang memungkinkan peserta didik mendapatkan dasar keilmuan yang kuat sekaligus kemampuan untuk beradaptasi dan belajar terus menerus di masa-masa yang akan datang (lifelong learning).

    6. Teknik Sipil

    Jurusan Teknik Sipil ITI adalah jurusan yang telah berdiri sejak tahun 1984 dan merupakan salah satu perguruan tinggi teknik yang tertua di Banten, dibawah Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI).

    Jurusan di Institut Teknologi Indonesia ini menjadi tempat pendidikan yang unggul dalam menghasilkan Sarjana Teknik Sipil yang modern, tangguh dan handal dalam penguasaan keahlian di bidang Teknik Sipil, berwawasan lingkungan, dan memiliki nilai budaya, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam pembangunan Indonesia.

    7. Arsitektur

    Jurusan Teknik Arsitektur ITI adalah jurusan yang mendidik mahasiswa menjadi Sarjana Arsitektur (S.Ars), dengan menyelenggarakan pendidikan arsitektur yang mengacu pada paradigma ilmu pengetahuan dan teknologi rancang bangun berbasis arsitektur tropis dengan senantiasa mengedepankan kondisi dan potensi nilai - nilai budaya lokal dalam membangun kreativitas desain sesuai perkembangan arsitektur yang semakin pesat.

    Untuk menjalankan program pendidikan tersebut, kurikulum yang dipakai mengacu pada standar KKNI, serta acuan pendidikan arsitektur dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI ).

    8. Perencanaan Wilayah dan Kota

    Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota adalah salah satu jurusan yang ada di ITI yang memiliki visi menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas, profesional, mandiri, berwawasan wirausaha dan mampu berkompetisi secara global serta mempunyai keahlian sebagai perencana ruang yang berasaskan lingkungan – teknologi – kewirausahaan (eco technopreneur), dan mampu menjawab tantangan zaman hingga tahun 2026.

    9. Teknologi Industri Pertanian

    Jurusan Teknologi Industri (Agroindustri) merupakan jurusan yang bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang tangguh dalam menyongsong era globalisasi dan menghasilkan sarjana strata 1 (S-1) yang menguasai teknik – teknik proses perubahan komoditas hasil pertanian menjadi suatu produk, baik produk pangan maupun non pangan.

    Di jurusan ini, kamu juga akan dibekali pengetahuan manajemen, ekonomi dan entrepreneurship, sehingga diharapkan mereka nantinya mampu dan handal untuk melakukan analisis ekonomi dan finansial, serta mampu menjadi wiraswastawan.

    10. Manajemen

    Jurusan Manajemen ITI merupakan jurusan yang dirancang untuk menjawab tantangan akan semakin kompleksnya kebutuhan tenaga kerja manajemen di dunia bisnis, industri dan pemerintahan.

    Untuk itu, jurusan di Institut Teknologi Indonesia yang satu ini mempunyai manfaat yang khusus yaitu sebagai basis pengelolaan dan pengembangan sumber daya entrepreneurship, yang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Technology based Entrepreneur University yang telah ditetapkan dalam visi misi ITI.

    Selain itu, jurusan ini menyediakan program pengembangan pribadi dan pengembangan karir yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan manajemen dan bisnis.

    Biaya Kuliah Tiap Jurusan Institut Teknologi Indonesia

    Berikut rincian biaya kuliah untuk masing-masing jurusan di Institut Teknologi Indonesia.

    Jurusan Rincian Biaya Kuliah Reguler (Semester 1)
    Uang Pangkal Pendidikan (UPP) Uang Kuliah Tunggal (UKT) PKKMB Total
    Teknik Elektro Rp14.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp17.550.000
    Teknik Mesin Rp14.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp22.050.000
    Teknik Industri Rp15.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp23.050.000
    Teknik Kimia Rp14.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp22.050.000
    Teknik Informatika Rp15.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp23.050.000
    Teknik Sipil Rp14.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp22.050.000
    Arsitektur Rp14.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp22.050.000
    Perencanaan Wilayah & Kota Rp14.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp22.050.000
    Teknologi Industri Pertanian Rp14.200.000 Rp7.000.000 Rp850.000 Rp22.050.000
    Manajemen Rp10.200.000 Rp6.500.000 Rp850.000 Rp17.550.000

    Saatnya Berkuliah Di Institut Teknologi Indonesia dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai jurusan di Institut Teknologi Indonesia beserta biayanya.

    Untuk kamu yang ingin mewujudkan mimpi berkuliah di salah satu jurusan di atas tapi terkendala biaya, tidak usah khawatir. Sebab Danacita siap membantu kamu mewujudkan mimpi kamu melalui bantuan pendanaan pendidikan.

    Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan.

    Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia, termasuk di ITI.

    Dengan mengajukan ke Danacita, biaya kuliahmu bisa dibayar secara bulanan mulai dari 6 hingga 12 bulan.

    Pengajuan bantuan biaya ke Danacita sangat mudah. Kamu tidak memerlukan DP atau Jaminan. Kamu hanya perlu KTP, Bukti Tagihan, dan Bukti Penghasilan 1 bulan terakhir.

    Selain itu, Danacita juga dijamin aman karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya di Indonesia. Dengan proses yang cepat dan mudah secara online, pengajuanmu akan diproses maksimal 2 hari kerja.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!