Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Jurusan Kewirausahaan: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-11-24

jurusan-kewirausahaan

Daftar isi

    Apakah kamu merasa punya jiwa kewirausahaan? Atau ingin belajar lebih dalam tentang dunia kewirausahaan? Jurusan Kewirausahaan bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Jurusan ini akan mempersiapkan kamu untuk melakukan fungsi pengembangan, pemasaran dan manajemen yang terkait dengan memiliki dan mengoperasikan bisnis. Menarik bukan?

    Lalu apa sih sebenarnya jurusan Kewirausahaan itu? Kenapa kamu harus memilih jurusan ini, dan bagaimana prospek karir kedepannya? Temukan jawabannya di artikel ini!

    Apa itu Jurusan Kewirausahaan?

    Jurusan Kewirausahaan adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengidentifikasi peluang, konsep, serta strategi yang baik dalam mendirikan dan mengembangkan usaha. Jurusan ini akan membantu kamu mengembangkan pemahaman tentang faktor-faktor unik yang mempengaruhi usaha kewirausahaan dan usaha kecil.

    Jurusan satu ini berfokus pada banyak aspek dari bidang bisnis. Sehingga ketika kamu memutuskan untuk masuk di jurusan ini, kamu diharapkan memiliki penekanan yang kuat pada bisnis. Selain itu, kamu juga harus siap untuk perubahan konstan dan dapat beradaptasi. Sebab, bidang kewirausahaan merupakan bidang yang sangat bergantung pada kemampuan untuk mengubah dan mengeksploitasi pasar dan peluang baru.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Kewirausahaan?

    Secara umum, di jurusan Kewirausahaan ini kamu akan mempelajari banyak keterampilan bisnis dan usaha, termasuk akuntansi, ekonomi, dan manajemen. Ini akan membantu kamu mengembangkan penalaran yang efektif. Sebab, kamu akan belaja bagaimana mengidentifikasi tujuan saat sebuah usaha tumbuh secara alami dan mempelajari strategi untuk memfasilitasi tujuan tersebut.

    Kamu akan belajar tentang konsep-konsep seperti bootstrap dan teknik pemasaran yang berbeda, serta cara memulai bisnis dari awal. Selain itu, kamu jug akan akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan pendukung, mulai dari studi kasus hingga proyek tim, prinsip penggunaan Internet dan desain web, dan latihan simulasi dalam aplikasi komputer dan integrasi sistem.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Kewirausahaan?

    1. Meningkatkan Kreativitas

    Disadari atau tidak, manusia semua dilahirkan dengan kreativitas yang dapat digunakan untuk memecahkan banyak masalah kehidupan yang kompleks. Namun untuk dapat menggunakannya dibutuhkan tingkat keahlian tertentu.

    Dengan mengambil jurusan Kewirausahaan akan membantu kamu belajar banyak tentang menggunakan kreativitas untuk menyederhanakan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, dalam berwirausaha, kreativitas dan pemikiran out-of-box sangat dibutuhkan agar dapat berkembang dan bertumbuh.

    2. Belajar Memecahkan Masalah Sehari-hari

    Mempelajari tentang inovasi dan kewirausahaan dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan untuk menjalani kehidupan yang luar biasa di dunia yang serba cepat dan cepat berubah ini. Kewirausahaan dan inovasi membantu kamu menjadi pribadi yang mandiri dan memecahkan masalah dengan kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Sesuatu ini dapat berupa produk atau layanan yang inovatif.

    3. Mendapatkan Kemampuan untuk Melihat Peluang

    Manfaat lainnya mempelajari kewirausahaan adalah kemampuan yang diperoleh untuk mengenali dan melihat peluang, di sekeliling. Jurusan Kewirausahaan berfokus pada penerapan pengetahuan dan keterampilan seseorang untuk peluang komersial. Mampu menentukan nilai perusahaan melalui analisis strategi, praktik, dll. Hal ini dapat menjadi hal penting bagi kamu yang ingin berinvestasi. Mampu menggambarkan visi sendiri kemudian menjadi tak ternilai ketika seseorang siap terjun mengembangkan usaha dan bisnis.

    4. Mengembangkan Kemampuan Entrepreneur

    Ini bisa dibilang menjadi salah satu alasan utama kenapa kamu harus memilih jurusan Kewirausahaan. Dengan pola pikir wirausaha yang lebih gesit dan inovatif yang kamu dapatkan di jurusan ini, kamu dapat membawa bisnis kamu ke tingkat yang lebih tinggi, berkembang, beradaptasi, dan mengungguli orang lain dalam persaingan.

    Di jurusan ini kamu akan mendapatkan pelajaran seputar dunia usaha dan bagaimana mengembangkannya. Termasuk keuangan, pemasaran, kepemimpinan, manajemen produk, negosiasi, pemikiran strategis, keterampilan lunak, dan banyak lagi.

    5. Ilmunya Dapat Diterapkan di Berbagai Bidang

    Perlu diingat jika kebutuhan di lapangan kerja terus berubah, dan kebanyakan perusahaan akan selalu membutuhkan seseorang yang mampu beradaptasi dan memberikan solusi inovatif agar tetap kompetitif. Itu sebabnya seorang profesional yang mempelajari kewirausahaan dan inovasi akan selalu dibutuhkan.

    Selain tiu, nilai tambah besar dari memegang gelar ini adalah kamu akan dapat mengejar karir di berbagai industri dan bidang, di perusahaan besar dan juga startup. Bahkan, jika kamu tertarik untuk memulai usaha sendiri, kamu akan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tepat untuk melakukannya dengan sukses.

    Prospek Karir Jurusan Kewirausahaan

    Selain dapat membangun usaha sendiri, lulusan Kewirausahaan juga dapat berkarir di berbagai industri dan posisi. Berikut beberapa prospek karir untuk lulusan kewirausahaan:

    1. Marketing & Sales

    Prospek karir pertama untuk lulusan Kewirausahaan adalah Marketing & Sales. Posisi ini bisa dibilang menjadi ujung tombak sebuah perusahaan sehingga kehadirannya sangatlah penting.

    Marketing melakukan berbagai pekerjaan, mulai dari desain digital hingga copywriting. Mereka biasanya adalah orang-orang yang memiliki latar belakang campuran dalam peran kreatif dan bisnis. Sementara Sales mewakili perusahaan, mengelola akun, dan menindaklanjuti prospek.

    2. Konsultan Bisnis

    Konsultan Bisnis merupakan penasihat profesional yang bekerja dengan bisnis untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi. Konsultan bisnis biasanya dapat mengidentifikasi area masalah apa pun dalam perusahaan dan menawarkan solusi yang dapat membantu bisnis kembali beroperasi.

    3. Research and Development

    Untuk menjadi seorang Research & Development, kamu perlu memahami konsep, prosedur, dan praktik bisnis. Dengan semua pelatihan dan pendidikan yang kamu dapatkan di jurusan Kewirausahaan, kamu secara tidak langsung telah dipersiapkan dengan baik untuk jenis posisi ini.

    4. Recruiter

    Recruiter adalah orang yang bekerja untuk mencari orang yang akan mengisi posisi kosong di perusahaan. Di jurusan Kewirausahaan kamu mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang mencakup manajemen operasi, kepemimpinan, dan berbagai pelajaran lainnya. Sehingga kamu memiliki pemahaman yang tajam tentang tipe orang seperti apa yang dibutuhkan untuk memenuhi suatu posisi. Sebagai recruiters, kamu akan menjangkau calon karyawan dan melakukan wawancara untuk menentukan apakah mereka cocok untuk peran terbuka apa pun.

    5. Tenaga Pendidik

    Setelah lulusan dari jurusan Kewirausahaan, kamu memiliki pilihan karir yang sangat luas. Mulai dari membangun usaha sendiri atau bekerja untuk perusahaan. Bahkan jika kamu memiliki kemampuan mengajar juga dapat menjadi tenaga pendidik seperti dosen atau guru. Kamu dapat menjadi dosen atau guru di bidang ekonomi, kewirausahaan, dan lainnya.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Kewirausahaan Terbaik

    1. Universitas Sains dan Teknologi Komputer (STEKOM)

    Jurusan Kewirausahaan Universitas STEKOM merupakan jurusan yang memiliki visi menjadi program studi yang tangguh dalam bidang kewirausahaan guna menghasilkan lulusan unggul, berwawasan kebangsaan, dan berjiwa wirausaha di tingkat nasional dan internasional. Jurusan ini memiliki keunggulan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memiliki perusahaan sendiri.

    2. Universitas Pelita Bangsa (UPB)

    Jurusan Kewirausahaan merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Bisnis dan Ekonomi UPB. Visi dari jurusan ini adalah menjadi pusat pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan kewirausahaan berskala internasional pada tahun 2045.

    Di jurusan ini kamu akan menempuh pendidikan selama 8 semester dengan 5 pilihan konsentrasi,\. Yaitu Manajemen Kewirausahan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional.

    Wujudkan Mimpi Kamu Berkuliah Di Jurusan Kewirausahaan dengan Danacita

    Ingin berkuliah di jurusan Kewirausahaan? Sekarang saatnya wujudkan mimpi kamu bersama Danacita. Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan banyak lembaga pendidikan, termasuk dengan Universitas STEKOM dan Universitas Pelita Bangsa. Kerjasama yang dilakukan adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa.. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya.

    Terlebih syarat untuk mengajukan juga sangat mudah. kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan kewirausahaan universitas pelita bangsa stekom semarang
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran