Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Jurusan Manajemen Pemasaran: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-11-24

jurusan-manajemen-pemasaran

Daftar isi

    Bidang ekonomi merupakan salah satu bidang keilmuan yang menjadi favorit para calon mahasiswa untuk melanjutkan perkuliahan. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan industri dan banyaknya lapangan kerja untuk lulusan bidang ekonomi. Bidang ekonomi sendiri memiliki beberapa konsentrasi jurusan. Salah satu yang paling banyak diminati adalah jurusan Manajemen Pemasaran.

    Apa itu jurusan Manajemen Pemasaran? Kenapa kamu harus memilih jurusan ini dan bagaimana prospek kerjanya? Selengkapnya di artikel berikut!

    Mengenal Jurusan Manajemen Pemasaran

    Jurusan Manajemen Pemasaran adalah suatu bidang studi yang mempelajari segala kegiatan pemasaran, mulai dari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi proses untuk memenuhi tujuan dari perusahaan atau organisasi tertentu.

    Jurusan ini dirancang untuk membangun kompetensi mendalam tentang bagaimana membangun, mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan market dengan pelanggan yang tepat. Sehingga di jurusan ini kamu akan mendapatkan kemahiran dalam metode dan konsep terbaru untuk memahami perilaku pelanggan dan untuk merancang strategi pemasaran yang efektif.

    Apa Saja yang Dipelajari Pada Jurusan Manajemen Pemasaran?

    Sebagai mahasiswa jurusan Manajemen Pemasaran, kamu akan belajar tentang aspek kunci pemasaran dan fungsi vital bisnis. Topik yang kamu pelajari mencakup sangat beragam. Di jurusan ini kamu juga akan dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi.

    Setiap kampus memiliki standar kurikulum sendiri dalam menyelenggarakan jurusan Manajemen Pemasaran. Namun beberapa mata kuliah dan topik yang umumnya akan dijumpai, antara lain perilaku konsumen, riset pemasaran, penjualan profesional, strategi pemasaran, manajemen pemasaran, komunikasi bisnis, hingga e-commerce.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran?

    1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Negosiasi

    Keterampilan komunikasi dan negosiasi adalah bagian penting dari setiap fungsi bisnis. Setiap bisnis membutuhkan profesional yang dapat berkomunikasi secara efektif dengan manajemen, audiens, pemangku kepentingan, dan pelanggan.

    Mempelajari pemasaran dapat membantu kamu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan negosiasi yang berharga yang dapat kamu gunakan tidak hanya dalam dunia profesional saja, tetapi juga dalam kehidupan pribadi.

    2. Melatih Kemampuan Analisis Data

    Pemasaran melibatkan interpretasi data untuk memahami dan menargetkan segmen pelanggan yang tepat. Dengan belajar di jurusan Manajemen Pemasaran akan mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dalam analisis dan interpretasi data. Kamu dapat menerapkan keterampilan ini pada pekerjaan yang mengandalkan feedback, data, atau metrik pelanggan untuk menghasilkan keuntungan. Kemampuan untuk membaca dan memahami data memainkan peran penting dalam membuat keputusan strategis di setiap bidang dan industri.

    3. Mengembangkan Wawasan Tentang Bisnis

    Harus diingat jika Pemasaran lebih dari sekadar produk, layanan, promosi, dan penjualan. Ini adalah area penting untuk bisnis apa pun yang membantunya mencapai tujuannya dan mendatangkan keuntungan. Mempelajari Manajemen Pemasaran akan membantu kamu memahami mengapa pelanggan berpikir atau berperilaku dengan cara tertentu saat membeli sesuatu. Kamu juga akan memahami kebutuhan mereka, cara membujuk mereka, dan bagaimana tindakan pelanggan dapat menguntungkan bisnis.

    4. Kebutuhan Pasar yang Sangat Tinggi

    Manajemen Pemasaran adalah ujung tombak dari perusahaan. Hal ini karena pemasaran adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam pengembangan perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh calon pelanggan.

    Selain itu Manajemen Pemasaran atau marketer juga merupakan representasi dari perusahaan atau produk yang dipasarkannya, sehingga penting kebutuhan perusahaan akan adanya seorang Manajemen Pemasaran sangatlah tinggi.

    5. Pilihan Karir yang Beragam

    Saat ini, hampir setiap perusahaan dan bisnis di setiap industri mengandalkan pemasaran untuk menampilkan merek mereka dengan cara terbaik. Inilah sebabnya mengapa peluang karir bagi para profesional dengan keterampilan pemasaran sangat beragam dan tidak terbatas. Selain itu, mempelajari Manajemen Pemasaran juga memberikan kamu kesempatan untuk menemukan jenis peran pekerjaan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan kamu. Berikut rekomendasi pilihan karir untuk jurusan Manajemen Pemasaran

    Prospek Karir Jurusan Manajemen Pemasaran

    1. Asisten Pemasaran

    Pilihan karir pertama untuk kamu yang baru lulus dari jurusan Manajemen Pemasaran adalah dengan menjadi Asisten Pemasaran. Asisten pemasaran ini biasanya adalah lulusan pemasaran baru yang ingin mendapatkan pengalaman berharga terkait lapangan. Profesi ini biasanya dipekerjakan oleh profesional pemasaran senior dan ditugaskan dengan berbagai tugas pendukung dan tugas rutin. Keterlibatan mereka dalam sebagian besar aspek yang berhubungan dengan pemasaran dari suatu organisasi memberimu pengalaman dan pengetahuan yang berharga untuk berkarir di bidang pemasaran kedepannya.

    2. Sales

    Seorang sales bertanggung jawab untuk menjual barang dan jasa kepada pelanggan potensial. Dalam pekerjaannya, Sales menggunakan keterampilan pemasaran mereka untuk mengiklankan produk dan layanan yang dijual oleh organisasi, mengidentifikasi pelanggan potensial dan membujuk mereka untuk membeli dengan menggunakan berbagai teknik penjualan.

    3. Digital Marketing Specialist

    Berbeda dengan Marketing dan Sales yang umumnya turun ke lapangan bertemu dengan klien dan pelanggan, Digital Marketing Specialist bertugas di depan laptop. Seorang Digital Marketing Specialist bertanggungjawab untuk menjalankan aktivitas pemasaran dan penjualan melalui berbagai media online, mulai dari Social Media, Email Marketing, Paid Ads, SEO, dan media online lainnya.

    Profesi satu ini belakangan menjadi sangat populer karena tren dunia digital yang sangat signifikan. Sehingga Digital Marketing Specialist menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

    4. Peneliti Pemasaran

    Untuk kamu yang senang dengan dunia penelitian, bisa memilih profesi sebagai Peneliti Pemasaran. Dalam menjalankan tugasnya, Peneliti Pemasaran biasanya menggunakan alat dan strategi khusus untuk menilai pendapat konsumen pada setiap aspek yang terkait dengan barang dan jasa organisasi perekrutan yang tersedia untuk dijual. Mereka mengumpulkan sejumlah besar data, mengaturnya, dan menggunakannya untuk menarik kesimpulan yang relevan mengenai umpan balik pelanggan, yang kemudian digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di masa mendatang.

    5. Ecommerce Manager

    Ecommerce Manajer merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengawasi departemen penjualan online organisasi. Mereka perlu mempertahankan citra perusahaan online yang positif dan keberadaan online yang kuat, dengan tujuan menghasilkan penjualan melalui Internet. Mereka biasanya mengawasi tim profesional pemasaran dan pengembang perangkat lunak.

    Rekomendasi Kampus Dengan Jurusan Manajemen Terbaik

    1. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

    Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) merupakan program studi D3 yang telah terakreditasi dengan peringkat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

    Program Studi Manajemen Pemasaran bertujuan untuk mempersiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang mampu menganalisis, merancang dan mengimplementasikan ilmu pada bidang ekonomi untuk mencari solusi dan menyelesaikan masalah yang ada pada masyarakat.

    Di sini kamu akan menempuh pendidikan hingga 6 semester dengan beban SKS sekitar 115 SKS.

    2. Universitas Tarumanegara (UNTAR)

    Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis Universitas Tarumanegara (UNTAR) terakreditasi A, dengan bidang keahlian Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kewirausahaan, dapat diselesaikan dalam 7 semester.

    Kurikulumnya didesain untuk memperkuat basis kompetensi mahasiswa dalam bidang manajemen yang menerapkan sistem blended learning dengan berkesempatan belajar lintas prodi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Prodi ini juga menyediakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi mahasiswa kelas sore yang telah memiliki pengalaman kerja sebagai karyawan dan/atau berwirausaha.

    Berkuliah Di Jurusan Manajemen Pemasaran Dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai jurusan Manajemen Pemasaran beserta rekomendasi kampusnya. Sekarang saatnya kamu mewujudkan mimpimi untuk berkuliah di jurusan dan kampus favorit bersama Danacita.

    Danacita merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pembiayaan pendidikan secara bertahap untuk kamu yang ingin berkuliah di UNIKOM dan UNTAR. Danacita hadir sebagai solusi untuk membantu kamu menurunkan kendala biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan pembiayaan pendidikan dan menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia .

    Danacita memberikan solusi bayar kuliah secara cicilan bagi mahasiswa dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan untuk mahasiswa aktif dan hingga 24 bulan.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    untar unikom jurusan manajemen pemasaran
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran