Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Jurusan Teknik Industri: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-11-24

jurusan-teknik-industri

Daftar isi

    Sudah menjadi rahasia umum jika ilmu Teknik merupakan salah satu jurusan populer bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Hal ini tidak lain karena lulusan Teknik memiliki prospek kerja yang cerah. Jurusan teknik menawarkan konsentrasi dalam bidang yang beragam, salah satunya adalah Teknik Industri.

    Apakah kamu salah satu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jurusan Teknik Industri? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

    Mengenal Jurusan Teknik Industri

    Teknik Industri adalah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia, mulai dari produksi, pengelolaan, hingga hasil produksi tersebut menghasilkan nilai ekonomi. Jurusan ini bisa dibilang sebagai gabungan dari ilmu teknik, bisnis, komunikasi yang dibangun di atas pengetahuan ilmu komputer, matematika, manajemen produksi, kontrol proses dan perilaku manusia.

    Dengan kata lainm jurusan Teknik Industri berfokus pada bagaimana membuat segalanya menjadi lebih baik. Mulai dari proses bisnis, hingga desain produk. Tujuannya, untuk mencapai sistem yang efisien dan menghasilkan produk yang berfungsi.

    Selain itu, jurusan ini juga bertugas untuki menemukan solusi yang dapat membantu bisnis dan organisasi membuang lebih sedikit uang dan waktu serta menggunakan bahan mentah dan tenaga kerja dengan bijak sambil mematuhi semua peraturan dan standar yang diberlakukan oleh pemerintah.

    Apa Saja yang Akan Kamu Pelajari di Jurusan Teknik Industri?

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Teknik Industri merupakan jurusan yang menggabungkan beberapa disiplin ilmu lainnya. Hal ini membuat mata kuliah dan kurikulum yang diajarkan sangat bervariasi, mulai dari mata kuliah yang ‘teknik banget’ sampai yang ‘tidak teknik-teknik amat’. Meski begitu, semua mata kuliah akan saling berhubungan satu sama lain.

    Tapi, semua mata kuliah tadi saling berhubungan satu sama lain. Makanya, seorang lulusan Teknik Industri diharapkan dapat menangani serta memandang segala jenis masalah dalam industri melalui kacamata yang berbeda.

    Beberapa materi yang secara umum akan kamu dapatkan di jurusan ini antara lain:

    • Perencanaan Produksi dan Operasi
    • Manajemen produksi dan operasi internasional
    • Penanganan bahan
    • penjadwalan logistik dan operasi

    Kenapa Memilih Jurusan Teknik Industri?

    1. Gabungkan Keterampilan Teknis & Kemampuan Bisnis

    Jurusan Teknik Industri berurusan dengan bagaimana produk dibuat, kualitas produk tersebut, dan biaya pembuatan produk hingga bagaimana produk tersebut dapat dijual dipasaran dan memiliki value bisnis Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan memahami bagaimana menggabungkan keterampilan teknis dengan kemampuan bisnis yang saling melengkapi.

    2. Belajar Berfokus Pada Proses

    Meskipun berada pada disiplin ilmu teknik, tetapi jurusan Teknik Industri sedikit berbeda dengan jurusan teknik lainnya, yang berfokus pada urusan teknis. Dalam artian Teknik Industri lebih fokus pada proses dan menemukan cara untuk memperbaiki proses.

    Teknik industri mencakup analisis, pengembangan, peningkatan, dan penerapan proses terintegrasi dan komponennya. Hal ini termasuk bahan, peralatan, informasi, energi, manusia, uang, dan waktu. Dengan kata lain, Teknik Industri mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik.

    3. Memahami Analisis Data & Big Data

    Saat ini Big Data menjadi sesuatu yang sangat penting. Setiap perusahaan ingin membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan kumpulan data yang semakin banyak dan kompleks. Teknik industri memberikan kamu pengetahuan dasar dalam bidang ini yang nantinya sangat berguna di dunia kerja.

    4. Dapat Bekerja di Berbagai Sektor

    Sebagai seorang lulusan Teknik Industri, akan akan selalu memiliki pilihan untuk mengeksplorasi dan bekerja dalam sektor dan peran pekerjaan yang berbeda. Mulai dari manufaktur, teknologi, perangkat keras, ritel, perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi. Kamu akan menemukan pekerjaan untuk lulusan Teknik Industri di sebagian besar perusahaan dan di banyak sektor.

    Bagaimana Prospek Karir Lulusan Teknik Industri?

    Teknik industri dikenal sebagai salah satu disiplin ilmu yang aplikatif dan dapat bekerja dimana saja. Hal ini karena kamu yang mempelajari banyak hal dan tentu dibekali dengan keterampilan yang sangat mumpuni.. Berikut beberapa prospek karir untuk lulusan Teknik Industri.

    1. Teknisi Manufaktur

    Prospek karir pertama dari jurusan Teknik Industri yang paling umum adalah Teknisi Manufaktur. Sebagai seorang Teknisi Manufaktur memastikan standar kualitas produksi di pabrik manufaktur dan pabrik. Pekerjaan ini juga disebut sebagai teknisi & operator produksi karena memang job desc yang perlu dilakukan adalah untuk mengoperasikan mesin produksi dengan baik.

    2. Quality Assurance Inspector

    Quality Assurance Inspector atau biasa disingkat QA adalah seseorang yang bekerja di pabrik untuk memeriksa kualitas produk sebelum mereka mengirimkan produk ke gudang atau lokasi ritel. Posisi ini dibutuhkan hampir di setiap perusahaan terutama perusahaan di bidang teknologi.

    Dalam pekerjaannya, QA memantau proses produksi dan memilih produk acak untuk diuji. QA juga menyimpan catatan jaminan kualitas untuk menentukan apakah prosedur pembuatan saat ini bekerja dengan benar

    3. Mekanik Industri

    Seorang mekanik industri menggunakan pengetahuan tentang mesin manufaktur dan proses untuk memecahkan masalah mekanis, mengkalibrasi peralatan, dan mengganti mesin yang ada. Mekanik Industri juga bertugas untuk menyelesaikan uji coba setelah pemasangan atau perbaikan.

    4. Supply Chain Analyst

    Supply Chain Analyst merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi setiap tahapan dari supply chain perusahaan. Muulai dari proses mendapatkan bahan mentah dari supplier hingga proses pengiriman produk kepada konsumen.

    Dalam pekerjaannya, Supply Chain Analyst menggunakan laporan dan data pada setiap tahap supply chain, termasuk dari tahap perencanaan hingga pengangkutan barang. Data yang dianalisis ini dapat menentukan apakah standar manufaktur dan transportasi saat ini bekerja sama dengan baik.

    5. Dosen dan Profesor

    Tenaga pendidik seperti Dosen dan Profesor yang berspesialisasi dalam Teknik Industri biasanya memiliki latar belakang profesional yang luas, yang membuat mereka memenuhi syarat untuk mengajar mahasiswa teknik industri. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana pembelajaran, menilai tugas, dan membantu siswa mendapatkan pengalaman profesional melalui magang atau peluang penempatan.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Teknik Industri Kampus Terbaik

    1. President University

    Teknik Industri President University merupakan salah satu jurusan yang memiliki visi menjadi program studi yang unggul menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang teknik industri berlandaskan jiwa kewirausahaan dan profesionalisme yang berwawasan global pada tahun 2030. Jurusan ini memiliki metode pembelajaran terbaik dengan menyeimbangkan teori dan kemampuan pemecahan masalah serta menjadi profesional sebelum lulus melalui program magang jangka panjang.

    Terdapat tiga konsentrasi yang ditawarkan Teknik Industri President University untuk mempersiapkan kamu dalam memasuki profesi, yaitu:

    • Sistem Manufaktur
    • Technopreneurship
    • Logistik dan Supply Chain

    2. Institut Teknologi Indonesia

    Teknik Industri Institut Teknologi Indonesia memiliki visi untuk menjadi program studi Teknik Industri yang menghasilkan lulusan yang profesional di bidang keteknik industrian, memiliki jiwa entrepreneur yang mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2025. Di jurusan ini, kamu akan belajar merancang, mengelola, menerapkan, dan mengembangkan suatu sistem

    Kegiatan perkuliahan di jurusan ini ditujukan agar diperoleh pengetahuan, pola pikir, pendekatan, prinsip, dan keterampilan ilmu teknik. Sehingga perancangan tata letak pabrik, pengembangan aplikasi sistem informasi, hingga pengelolaan organisasi menjadi bagian penting perkuliahan.

    Berkuliah Di Jurusan Teknik Industri dengan Danacita

    Setelah mengetahui tentang apa itu jurusan Teknik Industri hingga bagaimana prospek karirnya, sekarang saatnya kamu mewujudkan impian kamu untuk berkuliah di universitas favoritmu.

    Danacita siap mewujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di jurusan Teknik Industri universitas favoritmu. Danacita merupakan perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Untuk mewujudkan komitmennya, Danacita telah bekerjasama dengan President University dan Institut Teknologi Indonesia. Kerjasama ini adalah dengan memberikan solusi pembiayaan pendidikan terjangkau untuk mahasiswa sehingga kamu bisa membayar mulai 6 hingga 24 bulan.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!