Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Lengkap PMB Politeknik Meta Industri Cikarang

2023-06-02

Daftar isi

    Pilihan kampus yang beragam saat ini terkadang membuat calon mahasiswa bingung. Namun, salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting dalam memilih kampus adalah adanya kompetensi lulusan yang dapat mempermudah kamu dalam menemukan pekerjaan setelah lulus nanti.

    Salah satu kampus yang menawarkannya adalah Politeknik Meta Industri Cikarang. Dengan berbekal pendidikan vokasi dan sejumlah kerjasama yang dilakukan, di sini mahasiswa akan dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk kamu bisa bersaing di industri pekerjaan.

    Apa saja program studi yang ditawarkan kampus ini dan bagaimana proses seleksi PMB Politeknik Meta Industri Cikarang? Berikut penjelasan lengkapnya.

    Profil Politeknik Meta Industri

    Sebelum membahas lebih jauh mengenai PMB Politeknik Meta Industri Cikarang, kenalan dulu yuk dengan kampus yang satu ini.

    Politeknik Meta Industri Cikarang adalah sebuah kampus vokasi yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 2011 oleh oleh pendiri Cikarang Technopark Johan Junus Tamsir dan Bambang Triatmoko S J.

    Kampus ini berada di kawasan Cikarang Technopark, dimana kawasan ini berhubungan dengan Industrial, Academic (Politeknik META Industri), Business & Development (META ATMI Didactic, META Jobs, META Bright Vision) sehingga dapat menunjang kebutuhan industri secara tepat dan efisien.

    Politeknik META Industri Cikarang (MIP – Meta Industrial Polytechnic) menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi DIII dan Sarjana Terapan dengan kurikulum Career Based Educational / Vocational yang unggul dan inovasi riset terapan melalui kemitraan industri lokal yang berkaitan dengan Farmasi, Teknik Industri, serta Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

    Pendidikan vokasi di Politeknik META Industri Cikarang juga sejalan dengan program pemerintah dalam menciptakan sistem kompetitif yang memiliki kecakapan vokasional dasar serta kecakapan vokasional khusus.

    Visi

    Menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasional yang unggul dalam bidang industri dan pengembangan teknologi di Jawa Barat pada tahun 2023.

    Misi

    • Menyusun dan mengembangkan sistem pendidikan career-based educational/vocational yang sinergis dengan kemajuan teknologi di dalam perindustrian lokal.
    • Mempersiapkan sumber daya, dan infrastruktur untuk penyelenggaraan inovasi berbasis penelitian terapan yang menghasilkan nilai ekonomis dan terserap industri lokal.
    • Mengembangkan layanan start-up business berskala lokal berdasarkan hasil dari inovasi berbasis penelitian terapan yang dapat memberikan multiplier-effect untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
    • Mengembangkan MIP sebagai perguruan tinggi yang memprioritaskan aspek-aspek teknologi, ekonomi, dan sumber daya.

    Tujuan

    • Terpenuhinya harapan dari semua stakeholder MIP.
    • Dihasilkannya lulusan yang unggul dan berkarakter, mampu bersaing dan terserap industri lokal.
    • Berkembangnya kemitraan industri dan kerjasama pendidikan untuk membentuk kolaborasi dasar-dasar inovasi berbasis penelitian terapan berskala lokal;
    • Terwujudnya kampus sebagai masyarakat akademik yang profesional dengan budaya ilmiah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, terbuka, kritis, kreatif, inovatif, serta proaktif terhadap dinamika perubahan nasional, regional, maupun internasional.

    Program Studi yang Terdapat di Politeknik Meta Industri

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, Politeknik Meta Industri Cikarang menyelenggarakan tiga program studi (prodi) yang berfokus pada teknologi rekayasa perangkat lunak, teknik industri dan farmasi. Berikut penjelasannya:

    1. S1 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

    S1 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) merupakan salah satu prodi di Politeknik Meta Industri Cikarang yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi rekayasa perangkat lunak yang memiliki daya saing, kemandirian, berakhlak luhur dan mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional dengan menerapkan budaya META.

    Oleh karena itu, setiap lulusan prodi ini diharapkan memiliki kompetensi sebagai:

    • Software Engineering Industri Manufaktur yang mampu mengembangkan perangkat lunak dengan mengikuti proses perekayasaan (software development life cycle) yang sesuai pada perkembangan metodologi dan teknologi terkini, serta pengawasan proses pengembangan perangkat lunak sistem.
    • DevOps Engineering Industri Manufaktur yang mampu dalam melakukan pendekatan budaya, otomatisasi, dan desain platform yang dimaksudkan untuk memberikan peningkatan nilai bisnis dan daya tanggap melalui penyampaian layanan yang cepat dan berkualitas tinggi.

    2. D3 Teknik Industri

    Prodi D3 Teknik Industri Politeknik Meta Industri Cikarang merupakan prodi yang menghasilkan lulusan dengan berbagai kompetensi di bidang industrial, mulai dari mampu membuat sistem mekatronika, mampu menggambar teknik secara manual dan menggunakan komputer, hingga mampu mengolah data dan merancang produk.

    Terdapat 3 konsentrasi pada prodi ini, yaitu:

    • Konsentrasi Manajemen (Teknik Industri)

    Manajemen Industri adalah disiplin ilmu teknik industri yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk menghasilkan peningkatan nilai tambah secara terintegrasi melalui fungsi dan peranan manajemen industri.

    • Konsentrasi Manufaktur (Teknik Industri)

    Manufaktur Industri adalah disiplin ilmu teknik industri dalam aktivitas merancang, merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan, memelihara dan perbaikan aktivitas sistem integral (manusia, mesin, material, energi, dan informasi) dengan memperhatikan sistem manual, semi otomatis dalam aktivitas manufaktur.

    • Konsentrasi Otomasi Industri (Teknik Industri)

    Otomasi Industri adalah disiplin ilmu teknik industri dalam aktivitas merancang, merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan, memelihara dan perbaikan aktivitas sistem integral (manusia, mesin, material, energi, dan informasi) dengan otomatis dalam aktivitas manufaktur.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. D3 Farmasi

    Prodi prodi D3 Farmasi Politeknik Meta Industri Cikarang merupakan prodi yang memiliki visi menjadi program studi D3 farmasi yang menghasilkan ahli madya farmasi unggul di bidang farmasi industri di Jawa Barat pada tahun 2023.

    Terdapat lima kompetensi lulusan prodi ini, yaitu:

    • Pelaksana Pelayanan Kefarmasian

    Ahli Madya Farmasi yang mampu melaksanakan pelayanan kefarmasian sesuai aspek legal yang berlaku sesuai standar operasional di sarana pelayanan kesehatan.

    • Pelaksana Produksi Sediaan Farmasi

    Ahli Madya Farmasi yang mampu melakukan produksi sediaan farmasi yang mengacu pada Cara Pembuatan Obat dan Obat Tradisional yang Baik yang telah ditetapkan sesuai dengan etik dan aspek legal yang berlaku.

    • Pelaksana Distribusi Sediaan Farmasi

    Ahli Madya Farmasi yang mampu melakukan pendistribusian sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai mengacu pada standar yang telah ditetapkan sesuai dengan etik dan aspek legal yang berlaku.

    • Asisten Penelitian

    Ahli Madya Farmasi yang mampu membantu pelaksanaan penelitian di bidang kefarmasian.

    • Pharmapreneur

    Ahli Madya Farmasi yang mampu berwirausaha di bidang farmasi.

    Penerimaan Mahasiswa Baru / PMB Politeknik Meta Industri Cikarang

    Setiap tahunnya, Politeknik Meta Industri Cikarang melaksanakan seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan tiga jalur seleksi, yaitu:

    1. Jalur Umum dengan Beasiswa

    Proses PMB Politeknik Meta Industri Cikarang yang pertama yaitu melalui jalur umum dengan beasiswa. Proses di jalur ini dilakukan dengan seleksi akademik atau non akademik dan tes seleksi.

    Mahasiswa yang lolos seleksi dan mendapatkan nilai sesuai dengan standarisasi akan mendapatkan beasiswa sampai lulus.

    Pemberian beasiswa ini berapa potongan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) antara 5%-100% dari semester 1-7 untuk jenjang S1/D4 dan dari semester 1- untuk jenjang D3.

    Berikut syaratnya:

    • Sehat jasmani dan rohani
    • Mengisi formulir pendaftaran
    • Menyerahkan atau mengunggah berkas pendaftaran yang terdiri dari foto berwarna 4x6, scan kartu keluarga, KTP dan ijazah/ SKL
    • Mengikuti tes tertulis secara online dan realtime
    • Materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA).

    2. Jalur Beasiswa Mitra Industri

    Jalur mitra industri merupakan jalur PMB Politeknik Meta Industri Cikarang yang diperuntukkan bagi karyawan atau keluarga karyawan dari perusahaan yang menjadi mitra industri Politeknik Meta Industri Cikarang.

    Bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur ini akan berhak mendapatkan beasiswa sesuai peraturan penerimaan beasiswa mitra industri.

    Berikut syaratnya:

    • Sehat jasmani dan rohani
    • Mengisi formulir pendaftaran
    • Menyerahkan atau mengunggah berkas pendaftaran yang terdiri dari foto berwarna 4x6, scan kartu keluarga, KTP dan ijazah/ SKL
    • Menyerahkan bukti karyawan perusahaan mitra industri (misalnya surat kontrak, surat pengantar dari HRD, atau kartu tanda karyawan)
    • Mengikuti tes tertulis secara online dan realtime
    • Materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA)

    3. Jalur Konversi Alih Jenjang

    Jalur konversi atau alih jalur merupakan jalur masuk khusus bagi lulusan D3 yang akan melanjutkan pendidikan ke program studi D4 atau lulusan D1 dan D2 yang akan melanjutkan pendidikan ke prodi D3.

    Untuk pendaftaran seleksi PMB Politeknik Meta Industri Cikarang sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu via online maupun offline.

    • Untuk via online, bisa melalui website Politeknik Meta Industri Cikarang di join.politeknikmeta.ac.id
    • Untuk via offline bisa mengunjungi langsung Bagian Pusat Informasi PMB Politeknik Meta Industri Cikarang.

    Berkuliah di Politeknik Meta Industri Cikarang dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap seputar profil hingga PMB Politeknik Meta Industri Cikarang. Ingin melanjutkan berkuliah di kampus ini tapi biayanya dirasa memberatkan? Tenang saja! Kamu bisa menggunakan Danacita.

    Kesempatan untuk kamu berkuliah di Politeknik Meta Industri Cikarang sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan Politeknik Meta Industri Cikarang telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi kamu dengan memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Politeknik Meta Industri Cikarang ini adalah dengan memberikan solusi program cicilan terjangkau secara bulanan mulai 6 hingga 12 bulan.

    Simulasi Cicilan Danacita untuk Mahasiswa Baru

    Program Sarjana (S1) Farmasi TA 2023/2024

    Kelas Pilihan Biaya Pendidikan 1 Semester Cicilan Danacita 6 Bulan* Cicilan Danacita 12 Bulan*
    Regular A Rp 9,275,000 1,740,608 Per bulan 958,417 Per bulan
    Regular B Rp 10,110,000 1,897,310 Per bulan 1,044,700 Per bulan

    Program Sarjana (S1) Teknik Industri TA 2023/2024

    Kelas Pilihan Biaya Pendidikan 1 Semester Cicilan Danacita 6 Bulan* Cicilan Danacita 12 Bulan*
    Regular A Rp 7,975,000 1,496,642 Per bulan 824,083 Per bulan
    Regular B & C Rp 8,375,000 1,571,708 Per bulan 865,417 Per bulan

    Program Sarjana (S1) Teknik Rekayasa Perangkat Lunak TA 2023/2024

    Kelas Pilihan Biaya Pendidikan 1 Semester Cicilan Danacita 6 Bulan* Cicilan Danacita 12 Bulan*
    Regular A Rp 7,550,000 1,416,883 Per bulan 780,167 Per bulan
    Regular B Rp 7,850,000 1,473,183 Per bulan 811,167 Per bulan

    Note:

    *Cicilan bulanan termasuk biaya platform (biaya platform bulanan 1.6% untuk 6 bulan dan 1.75% untuk 12 bulan) serta biaya pengajuan 3% hanya dikenakan sekali pada awal pengajuan.

    **Besar pengajuan dapat menyesuaikan nominal yang diajukan mahasiswa (sesuai tagihan kampus yang tersedia)

    Informasi lebih lanjut dapat menghubungi CS kami di 081122811212 & jadwalkan sesi konsultasi gratis melalui link berikut: https://danacita.co.id/s/jadwalkansesi.

    Selain dengan Politeknik Meta Industri Cikarang, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!