Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi PMB Politeknik Harapan Bersama Lengkap

2023-05-31

Daftar isi

    Ingin berkuliah di daerah Jawa Tengah tapi masih bingung memilih kampus? Politeknik Harapan Bersama bisa menjadi pilihan. Terlebih jika kamu ingin berkuliah agar setelah lulus nanti mudah dan mendapatkan pekerjaan.

    Sebab Politeknik Harapan Bersama menawarkan berbagai program studi jenjang sarjana terapan dan vokasi, sehingga kuliah kamu akan berorientasi pada kebutuhan industri.

    Apa saja program studi dan bagaimana proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Barunya? Simak PMB Politeknik Harapan Bersama selengkapnya di artikel berikut.

    Profil Politeknik Harapan Bersama

    Sebelum mengetahui informasi PMB Politeknik Harapan Bersama, yuk kenalan dulu dengan kampus yang satu ini.

    Politeknik Harapan Bersama Tegal adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Tegal dan berdiri sejak tahun 2002 melalui SK. Mendiknas RI Nomor : 128/D/O/2002.

    Lahirnya kampus ini didasari atas keinginan masyarakat kota Tegal untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusianya yang saat itu terkenal dengan julukan Jepangnya Indonesia.

    Atas dasar ini, lahirlah pelopor pendidikan swasta pada tanggal 22 September Yayasan Pendidikan "HARAPAN BERSAMA" dengan akta Notaris No. 26-05/BH/yy/2002/ PBH PN.

    Selanjutnya pada tanggal 12 Desember 2001 timbul gagasan untuk merintis pendirian POLITEKNIK di Kota Tegal dengan dikeluarkan Rekomendasi Walikota Tegal No. 421.4/00024.

    Dengan adanya surat rekomendasi tersebut makan dijadikan dasar motivasi untuk membangun Perguruan Tinggi yang diberi nama dengan POLITEKNIK “HARAPAN BERSAMA” Kota Tegal yang dikenal hingga saat ini.

    Visi

    Menjadi Politeknik Unggul, Berjiwa Kewirausahaan, Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Global Tahun 2035.

    Misi

    • Akreditasi unggul seluruh program studi dan institusi.
    • Mengembangkan budaya wirausaha yang kreatif dan inovatif.
    • Berinovasi dalam menghasilkan produk dan jasa terapan dengan memanfaatkan kearifan lokal dan berdaya saing tinggi.

    Program Studi yang Terdapat di Politeknik Harapan Bersama

    Saat ini, Politeknik Harapan Bersama menyelenggarakan 11 prodi yang terdiri dari program sarjana dan terapan. Berikut penjelasannya:

    1. Sarjana Terapan Teknik Informatika

    Prodi Sarjana Terapan Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama memiliki tujuan untuk membekali kamu pengetahuan agar mampu memanfaatkan perangkat lunak dan perangkat keras di berbagai bidang kehidupan serta mampu melaksanakan pekerjaan yang kompleks berdasarkan kemampuan profesional di bidang informatika.

    2. Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

    Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Politeknik Harapan Bersama merupakan program studi berbasis pendidikan vokasi yang menghasilkan Sarjana Terapan professional yang dipersiapkan berkarir di sektor publik maupun sektor private, yaitu pada kantor-kantor Pemerintah sebagai ASN maupun organisasi lainnya.

    3. D3 Teknik Elektro

    Prodi D3 Teknik Elektronika merupakan prodi yang lahir atas keinginan untuk memfokuskan diri pada kemajuan dan perkembangan Teknologi di bidang otomasi industri. Di prodi ini kamu akan banyak belajar terkait kelistrikan yang akan menjadi bekal kamu menghadapi dunia kerja.

    4. D3 Teknik Mesin

    Prodi D3 Teknik Mesin berdiri pada tanggal 8 Juli tahun 2002 atas dasar SK Mendiknas RI No. 128/D/O/2002. Prodi ini memiliki kurikulum yang berbasis KKNI dengan persentase Praktik sebesar 70%.

    5. D3 Teknik Komputer

    Prodi D3 Teknik Komputer merupakan Program Studi yang berbasis pendidikan vokasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar kerja (demand driven) serta bertujuan membangun dan mencetak SDM (Mahasiswa) yang siap untuk bekerja.

    6. D3 Akuntansi

    Prodi D3 Akuntansi merupakan prodi yang mencetak lulusan akuntan yang handal dan siap kerja. Kurikulum di prodi ini telah disusun bersama dengan industri, sehingga kemampuan lulusan selaras dengan permintaan.

    7. D3 Kebidanan

    Prodi D3 Kebidanan merupakan prodi yang mempelajari tentang asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan, dan bayi baru lahir, nifas, keluarga berencana, dan lain sebagainya.

    8. D3 Farmasi

    Prodi D3 Farmasi merupakan prodi yang membekali mahasiswanya dengan kompetensi dibidang pelayanan farmasi, industry farmasi, traditional, kosmetika, penelitian dan laboratorium, serta bidang kesehatan lainnya.

    9. D3 Perhotelan

    Prodi D3 Perhotelah merupakan prodi yang memiliki visi menjadi Program Studi perhotelan yang berstandar nasional dan internasional yang kreatif, unggul, berbudaya dan religius serta mendukung Pengembangan Kepariwisataan Indonesia yang berbasis pendidikan vokasional, entrepreneurship dan kearifan lokal.

    10. D3 Desain Komunikasi Visual

    Prodi D3 Desain Komunikasi Visual merupakan prodi yang menyiapkan mahasiswa menjadi profesional dengan keterampilan atau kemampuan kerja tinggi di bidang desain komunikasi visual.

    11. D3 Keperawatan

    Prodi D3 Keperawatan akan memberikan kamu bekal pengetahuan dan kemampuan menjadi seorang perawat yang bisa diandalkan di tengah masyarakat.

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Fasilitas yang Disediakan di Politeknik Harapan Bersama

    Untuk mendukung aktivitas di lingkup kampus, Politeknik Harapan Bersama menyediakan sejumlah fasilitas, baik fasilitas akademik maupun non akademik untuk kamu. Berikut beberapa fasilitas yang akan kamu temui di Politeknik Harapan Bersama:

    1. Laboratorium Kampus

    Laboratorium merupakan salah satu fasilitas pendukung yang wajib hadir demi kelancaran kegiatan perkuliahan. Tak terkecuali bagi Politeknik Harapan Bersama yang mempunyai beberapa prodi yang dalam perkuliahannya banyak menggunakan laboratorium.

    Berikut beberapa laboratorium yang ada di Politeknik Harapan Bersama:

    • Laboratorium kebidanan
    • Laboratorium farmasi
    • Laboratorium komputer
    • Laboratorium elektro
    • Bengkel teknik mesin

    2. Perpustakaan

    Sebagai sumber mencari referensi, perpustakaan juga menjadi hal wajib yang harus ada dalam lingkup kampus. Untuk itu, Politeknik Harapan Bersama menyediakan fasilitas perpustakaan dengan tujuan sebagai tempat untuk mahasiswa mencari referensi penunjang perkuliahan.

    Perpustakaan Politeknik Harapan Bersama menyediakan berbagai macam buku referensi untuk semua prodi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Selain buku–buku ilmiah, terdapat juga buku non ilmiah yang dapat menjadi referensi kamu untuk menghadapi dunia kerja.

    3. Hotspot Area

    Di Politeknik Harapan Bersama, kamu dapat dengan leluasa mengakses informasi internet menggunakan komputer Cyber dan fasilitas Hot Spot di area kampus secara gratis yang didukung oleh provider dengan bandwidth 100Mbps.

    PMB Politeknik Harapan Bersama

    Untuk kamu yang tertarik mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau PMB Politeknik Harapan Bersama, berikut syarat umum yang harus kamu penuhi.

    Syarat umum pendaftaran:

    1. WNI/ WNA
    2. Laki – laki/ Perempuan
    3. Lulus SMU/ SMK/ MA/ Kejar Paket C
    4. Fotocopy Ijazah/ SKL (Surat Keterangan Lulus)
    5. Membayar biaya pendaftaran Rp 300.000,-
    6. Bagi pendaftar yang belum lulus dapat melampirkan fotocopy raport semester terakhir
    7. Bagi calon mahasiswa Prodi Farmasi Kelas Reguler Malam/ Ekstensi, dikhususkan bagi calon mahasiswa lulusan dari SMK Farmasi. Bagi yang bukan merupakan lulusan SMK Farmasi, wajib melampirkan fotocopy Surat Keterangan Kerja di Bidang Kefarmasian (Cap Basah)
    8. Tidak buta warna (khusus bagi pendaftar prodi kesehatan dan DKV)
    9. Lulus tes seleksi

    Lalu bagaimana alur pendaftarannya:

    1. Melakukan pendaftaran online di poltekharber.ac.id
    2. Melengkapi data diri dengan mengklik menu lengkap diri
    3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran (Step 1 pada dashboard)
    4. Verifikasi data yang dilakukan oleh admin
    5. Melakukan konfirmasi ke customer service Politeknik Harapan Bersama dengan nomor 087722112002
    6. Melakukan pembayaran daftar ulang (step pada dashboard)
    7. Mengikuti tes online (step 4 ujian CBT pada dashboard).

    Berkuliah di Politeknik Harapan Bersama Dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap seputar profil hingga PMB Politeknik Harapan Bersama. Jika kamu tertarik untuk masuk jurusan ini tapi terkendala karena biaya, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan Danacita sebagai alternatif.

    Danacita merupakan penyedia pembiayaan pendidikan terjangkau untuk para pelajar yang mengejar perguruan tinggi dan pelatihan vokasi di Indonesia yang dijamin aman karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    Simulasi Pembiayaan Bulanan dengan Danacita untuk Mahasiswa Baru Reguler (Semester 1)

    Gelombang 1 (Pagi)

    Sudah termasuk: Biaya Registrasi Awal, SPP 1 Semester, dan Sumbangan Pengembangan Institusi

    Program Studi Total Biaya Pendidikan Semester 1 Cicilan Danacita 6 Bulan Reguler** Cicilan Danacita 12 Bulan Reguler**
    D3 - Teknik Elektronika Rp 6,000,000 1,126,000 Per bulan 620,000 Per bulan
    D3 - Teknik Mesin Rp 6,000,000 1,126,000 Per bulan 620,000 Per bulan
    D3 - Teknik Komputer Rp 6,000,000 1,126,000 Per bulan 620,000 Per bulan
    D3 - Akuntansi Rp 6,000,000 1,126,000 Per bulan 620,000 Per bulan
    D3 - Kebidanan Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Farmasi Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Keperawatan Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Perhotelan Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Desain Komunikasi Visual Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D4 - Akuntansi Sektor Publik Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D4 - Teknik Informatika Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan

    Gelombang 2 (Pagi)

    Sudah termasuk: Biaya Registrasi Awal, SPP 1 Semester, dan Sumbangan Pengembangan Institusi

    Program Studi Total Biaya Pendidikan Semester 1 Cicilan Danacita 6 Bulan Reguler** Cicilan Danacita 12 Bulan Reguler**
    D3 - Teknik Elektronika Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Teknik Mesin Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Teknik Komputer Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Akuntansi Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Kebidanan Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D3 - Farmasi Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D3 - Keperawatan Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D3 - Perhotelan Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Desain Komunikasi Visual Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D4 - Akuntansi Sektor Publik Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D4 - Teknik Informatika Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan

    Gelombang 3 (Pagi)

    Sudah termasuk: Biaya Registrasi Awal, SPP 1 Semester, dan Sumbangan Pengembangan Institusi

    Program Studi Total Biaya Pendidikan Semester 1 Cicilan Danacita 6 Bulan Reguler** Cicilan Danacita 12 Bulan Reguler**
    D3 - Teknik Elektronika Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Teknik Mesin Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Teknik Komputer Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Akuntansi Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Kebidanan Rp 10,000,000 1,876,660 Per bulan 1,033,330 Per bulan
    D3 - Farmasi Rp 10,000,000 1,876,660 Per bulan 1,033,330 Per bulan
    D3 - Keperawatan Rp 10,000,000 1,876,660 Per bulan 1,033,330 Per bulan
    D3 - Perhotelan Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D3 - Desain Komunikasi Visual Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D4 - Akuntansi Sektor Publik Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D4 - Teknik Informatika Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan

    Note:

    *Cicilan bulanan termasuk biaya platform (biaya platform bulanan 1.6% untuk 6 bulan dan 1.75% untuk 12 bulan, serta 3% biaya persetujuan selama 1x di awal)

    **Besar pengajuan dapat menyesuaikan nominal yang diajukan mahasiswa (sesuai tagihan kampus yang tersedia)

    Informasi lebih lanjut dapat menghubungi CS kami di 081122811212 & jadwalkan sesi konsultasi gratis melalui link berikut: https://danacita.co.id/s/jadwalkansesi.

    Simulasi Pembiayaan Bulanan dengan Danacita untuk Mahasiswa Baru Reguler (Semester 1)

    Gelombang 1 (Malam)

    Sudah termasuk: Biaya Registrasi Awal, SPP 1 Semester, dan Sumbangan Pengembangan Institusi

    Program Studi Total Biaya Pendidikan Semester 1 Cicilan Danacita 6 Bulan Reguler** Cicilan Danacita 12 Bulan Reguler**
    D3 - Teknik Elektronika Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Teknik Mesin Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Teknik Komputer Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Akuntansi Rp 7,000,000 1,313,660 Per bulan 723,330 Per bulan
    D3 - Farmasi Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D3 - Perhotelan Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Desain Komunikasi Visual Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D4 - Akuntansi Sektor Publik Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan

    Gelombang 2 (Malam)

    Sudah termasuk: Biaya Registrasi Awal, SPP 1 Semester, dan Sumbangan Pengembangan Institusi

    Program Studi Total Biaya Pendidikan Semester 1 Cicilan Danacita 6 Bulan Reguler** Cicilan Danacita 12 Bulan Reguler**
    D3 - Teknik Elektronika Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Teknik Mesin Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Teknik Komputer Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Akuntansi Rp 8,000,000 1,501,330 Per bulan 826,660 Per bulan
    D3 - Farmasi Rp 10,000,000 1,876,660 Per bulan 1,033,330 Per bulan
    D3 - Perhotelan Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D3 - Desain Komunikasi Visual Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan
    D4 - Akuntansi Sektor Publik Rp 9,000,000 1,689,000 Per bulan 930,000 Per bulan

    Note:

    *Cicilan bulanan termasuk biaya platform (biaya platform bulanan 1.6% untuk 6 bulan dan 1.75% untuk 12 bulan, serta 3% biaya persetujuan selama 1x di awal)

    **Besar pengajuan dapat menyesuaikan nominal yang diajukan mahasiswa (sesuai tagihan kampus yang tersedia)

    Informasi lebih lanjut dapat menghubungi CS kami di 081122811212 & jadwalkan sesi konsultasi gratis melalui link berikut: https://danacita.co.id/s/jadwalkansesi.

    Saat ini, Danacita telah menjalin kerjasama dengan Politeknik Harapan Bersama serta lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya untuk menyediakan akses pendidikan yang terjangkau dan meningkatkan kapasitas diri mahasiswa melalui bantuan biaya kuliah.

    Lewat bantuan ini kamu bisa memilih tenor cicilan yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 6 hingga 24 bulan. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Proses pengajuan pembiayaan pendidikan di Danacita sangat mudah, dan tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit. Bahkan, kamu tidak perlu melakukan pembayaran (DP) atau uang muka untuk mendapatkan pinjaman di platform ini.

    Untuk keamanannya kamu tidak perlu khawatir karena Danacita sudah berizin dan diawasi OJK sehingga sudah terjamin.

    Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Politeknik Harapan Bersama PMB Politeknik Harapan Bersama
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri