Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Ingin Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Simak Profil Lengkapnya di Sini!

2022-10-02

Daftar isi

    Bagi calon mahasiswa baru yang telah lulus dari sekolah menengah, pada umumnya bingung untuk menentukan kampus tujuan. Masalah ini bukan lagi hal asing dan sudah umum di kalangan pelajar. Mulai dari kampus sampai jurusan, semua harus dipikirkan dengan matang-matang.

    Di Indonesia sendiri, sudah banyak universitas yang tersebar di seluruh daerah, mulai dari universitas negeri maupun swasta. Jika Yogyakarta menjadi tujuanmu untuk menempuh pendidikan tinggi, salah satu kampus yang bisa menjadi pilihan adalah Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

    Tentang Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Untuk mengetahui informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, hal pertama yang perlu diketahui yaitu tentang sejarahnya. Kampus yang biasa disingkat UMBY ini, merupakan salah satu kampus swasta di Yogyakarta yang telah berdiri sejak tahun 80-an. Selama perjalanannya kurang lebih tiga dekade, Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah beberapa kali berganti nama.

    Pada awalnya, kampus ini bernama Institut Pertanian Wangsa Manggala (IPW) di tahun 1984. Dua tahun berselang di tahun 1986, berubah nama menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA). Lalu dii tahun 2008, kampus ini akhirnya berubah nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang kita kenal hingga saat ini.

    Sebagai salah satu kampus swasta yang telah lama berdiri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta selalu berupaya untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal ini bisa dilihat dengan kepercayaan masyarakat yang diberikan kepada UMBY untuk bisa berbenah diri dengan menata kinerjanya agar dapat menyongsong era global pada milenium ketiga ini.

    Untuk mengantisipasi pesatnya perkembangan IPTEK, maka pada tahun 2008 mulai dibuka Program Studi baru seperti : Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Matematika. Program Studi ini semakin melengkapi Program Studi yang sudah ada sebelumnya yaitu : S2 Psikologi, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Agroteknologi (Agronomi), Industri Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian.

    Fakultas dan Program Studi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Setelah mengetahui sejarahnya, informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta lain yang perlu diketahui adalah mengenai fakultas dan program studinya. Berikut penjelasannya.

    1. Agroindustri

    Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang tidak boleh terlewat yaitu adanya Fakultas Agroindustri di kampus ini. Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta membuka kesempatan untuk kamu yang ingin bergabung mengembangkan diri di bidang ilmu Agroteknologi, Industri Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian. Fakultas ini telah ada sejak tahun 1986

    Visi dari fakultas Agroindustri UMBY adalah menjadi Fakultas yang unggul dalam bidang agroindustri di tingkat nasional, berkarakter Agro Sociopreneur dan berwawasan Internasional 2029. Hal ini sejalan dengan realita bahwa perekonomian Indonesia masih bergantung pada sektor pertanian yang bersifat padat modal, padat teknologi dan padat sumber daya manusia. Sehingga hal ini berdampak pada konsekuensi penyiapan kecukupan tenaga ahli di sektor pertanian yang diakui menjadi penyerap tenaga kerja terbesar.

    Prodi di fakultas ini antara lain

    • Agroteknologi (Akreditasi A )
    • Industri Peternakan (Akreditasi A)
    • Teknologi Pangan/ Teknologi Hasil Pertanian (Akreditasi A)

    2. Ekonomi

    Fakultas Ekonomi juga merupakan salah satu fakultas yang telah lama ada, tepatnya di tahun 1986. Hal ini membuat lulusan dari fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah tersebar luas. Fakultas ini menyelenggarakan pendidikan yang diarahkan pada pengembangan soft skill agar seluruh civitas akademika berupaya menjadikan Fakultas Ekonomi UMBY terkemuka di Indonesia dan berwawasan Internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal ini sesuai dengan cita-cita pendiri Universitas Mercu Buana Yogyakarta, yaitu Angudi Mulyaning Bangsa (berusaha meraih kesejahteraan dan kemakmuran bangsa).

    Berikut prodi di fakultas Ekonomi UMBY:

    • Manajemen (Akreditasi A) dengan konsentrasi Manajemen Bisnis, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia
    • Akuntansi (Akreditasi A) dengan konsentrasi Komputer Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Auditing, Akuntansi Manajemen, Perpajakan, Akuntansi Kesehatan, dan Perbankan

    3. Psikologi

    Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta berdiri sejak tahun 1993 dan telah meluluskan ribuan Sarjana Psikologi yang tersebar di berbagai bidang dan industri di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, Fakultas Psikologi UMBY telah tiga kali berturut-turut mendapatkan status Akreditasi A dari BAN PT.

    Adapun visi dari fakultas ini adalah menjadi Fakultas Psikologi yang unggul dan adaptif dalam pengelolaan pengembangan keilmuan psikologi berbasis komunitas melalui lulusan berwatak sociopreneur yang bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis masyarakat serta berkiprah di kancah Internasional pada tahun 2029.

    Fakultas Psikologi UMBY menyelenggarakan program pendidikan Strata 1 Psikologi (S1), Magister Profesi Psikologi (S2), dan Magister Psikologi Sains (S2)

    4. Teknologi Informasi

    Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta menawarkan kesempatan kepada kamu untuk meraih karir menantang, beragam, dan kreatif dalam bidang teknologi informasi dan multimedia. Sudah menjadi rahasia umum jika dalam era teknologi informasi sekarang ini dunia usaha banyak membutuhkan tenaga profesional dibidang teknologi Informasi berbasis multimedia sehingga masih tersedia banyak peluang bagi lulusan Fakultas Teknologi Informasi untuk bekerja di industri manapun.

    Adapun prodi yang ditawarkan Fakultas Teknologi Informasi UMBY, yaitu:

    • Informatika (Akreditasi B) dengan minat studi: Grafis dan Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak Cerdas, Jaringan Komputer dan Multimedia.
    • Sistem Informasi (Akreditasi B) dengan minat studi : Sistem Informasi Medis, Sistem Informasi Mobile Multimedia, Sistem Informasi Akuntansi, dan Sistem Informasi Manajemen.

    5. Keguruan

    Jika kamu punya mimpi untuk menjadi seorang tenaga pendidik dan pengajar, Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga menawarkan Fakultas Keguruan. Fakultas ini bertujuan menyelenggarakan pengajaran bermutu di bidang keguruan dan ilmu pendidikan untuk menghasilkan tenaga kependidikan, seperti Bahasa Inggris dan Matematika, dan yang lainnya yang unggul dan profesional berbasis teknologi multimedia serta kewirausahaan.

    Prodi di Fakultas Keguruan UMBY antara lain:

    • Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Bahasa Inggris
    • Bimbingan Konseling
    • Ilmu Keolahragaan

    6. Ilmu Komunikasi

    Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia merupakan fakultas yang baru dibuka oleh Universitas Mercu Buana Yogyakarta sejak TA 2010/2011. Hadirnya fakultas ini di UMBY tidak lepas dari semakin berkembangnya kemajuan ilmu komunikasi khususnya bidang broadcasting, public relation, marketing communication dan advertising, serta visual communication seiring dengan peningkatan kebutuhan tenaga kerja di bidang tersebut.

    Hal inilah yang akhirnya membuat Fakultas Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta lahir dengan visi menjadikan pusat pendidikan di bidang komunikasi yang menekankan pada teknologi informasi, kemampuan bahasa Inggris, wawasan kewirausahaan dan memiliki etika profesi.

    Untuk itu, Fakultas Komunikasi UMBY menyelenggarakan pendidikan dengan prodi sebagai berikut:

    • Broadcasting
    • Public Relation
    • Marketing Communication & Advertising
    • Visual Communication

    Keunggulan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta selanjutnya yang wajib diketahui calon mahasiswa baru adalah mengenai keunggulan dari kampus ini. Simak penjelasan berikut

    1. Fasilitas Lengkap

    Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang penting yaitu, kampus ini memiliki fasilitas lengkap. Sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Yogyakarta, UMBY menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang perkuliah. Tak hanya fasilitas akademik saja, Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga menyediakan fasilitas umum yang lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang bisa kamu jumpai di lingkup UMBY:

    • Gedung perkuliahan yang sangat memadai dengan fasilitas penunjang seperti LCD dan proyektor
    • Perpustakaan
    • Masjid Hikmah Tawakal
    • Free WiFi Hotspot
    • Kantin
    • Ruang Seminar
    • Laboratorium Komputer
    • Sarana Olahraga
    • Ruang Kegiatan Mahasiswa LK dan UKM

    2. Tersedia Organisasi Kemahasiswaan

    Kelebihan selanjutnya yang menjadi bagian dari informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah tersedia Organisasi Kemahasiswaan. Adanya organisasi ini akan mewadahi kamu untuk menambah ilmu di luar kelas yang akan sangat berguna di kemudian hari. Di organisasi kemahasiswaan, kamu akan belajar banyak hal, seperti time management, berpikir kritis, bekerjasama dalam tim, kreatif, dan yang lainnya. Terdapat berbagai organisasi kemahasiswaan di UMBY, mulai dari tingkat jurusan, fakultas hingga universitas.

    3. Telah Bekerjasama dengan Banyak Pihak

    Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang terakhir, yaitu telah bekerjasama dengan banyak pihak. Selain mengembangkan sumber daya yang ada di dalam kampus, UMBY juga mengembangkan berbagai kerjasama dengan pihak lembaga, institusi pemerintahan, universitas hingga sektor swasta, baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini bertujuan untuk memperluas koneksi UMBY, salah satunnya membuka peluang kerjasama baik dengan perusahaan penyedia lapangan kerja atau lembaga lain terkait dengan career center. Sehingga lulusan Universitas Mercu Buana Yogyakarta dapat dengan mudah bekerja setelah lulus kuliah.

    Beberapa mitra kerjasama UMBY antara lain UGM, Prince Of Songkla University Thailand, Tomsk State University, Singapore Polytechnic International, Deakin University, PT. Midi Utama Indonesia (Alfamidi), BNI Life, Kapal Api, Teleperformance, dan masih banyak lagi.

    Itulah penjelasan lengkap dari informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jadi, kamu ingin berkuliah di program studi apa?

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!