Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Jadi Perawat Berkualitas? Cuma Satu Tempatnya Yaitu Universitas Binawan!

2022-08-31

binawan-jurusan.jpg

Gedung Universitas Binawan. Source: binawan.ac.id

Bingung melanjutkan pendidikan selepas lulus dari bangku sekolah? Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan salah satu langkah yang tepat. Apalagi jika kamu menginginkan pilihan pekerjaan yang lebih luas dan memiliki pengetahuan serta keterampilan yang lebih baik.

Salah satu jurusan yang tersedia di perguruan tinggi adalah Perawat. Jurusan perawat saat ini sedang banyak diminati oleh sebagian besar siswa yang baru lulus dari bangku sekolah. Hal itu membuat semakin banyak perguruan tinggi yang membuka kelas atau jurusan perawat. Penting bagi kamu untuk memilih universitas yang memiliki jurusan perawat berkualitas. Salah satunya Universitas Binawan. Apa itu Universitas Binawan serta apa saja jurusan & fakultas Binawan yang ada? Berikut informasinya.

Apa itu Universitas Binawan

Sebelum kamu masuk ke Universitas Binawan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang kampus ini. Universitas Binawan didirikan dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kapasitas tenaga profesional Indonesia dengan orientasi nasional. Universitas Binawan lahir dari sejarah panjang berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Binawan pada tanggal 5 Juli 2001.

Diawali dengan berdirinya Yayasan Binawan yang selanjutnya mendirikan dan menyelenggarakan pendidikan tinggi rumpun ilmu terapan dan sains. Berikut sekolah-sekolah pendidikan kejuruan dan kursus-kursus keahlian yang berkaitan dengan bidang ilmu tersebut.

Universitas Binawan sejak lama telah menyelenggarakan pendidikan di bidang keperawatan dan berkomitmen untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional. Selain itu, Universitas Binawan berhasil melahirkan banyak lulusan yang sukses bekerja hingga ke luar negeri.

Hal ini dapat dilakukan karena Universitas Binawan menerapkan kurikulum internasional. Binawan berharap orientasi nasional atau perhatian terhadap tenaga kesehatan nasional nantinya dapat bersaing dengan perawat-perawat di seluruh penjuru negeri. Misi ini juga dijalankan untuk mewujudkan cita-cita Binawan untuk menjadi penyelenggara pendidikan keperawatan terbaik di Indonesia.

Penjelasan Jurusan Binawan

Universitas Binawan memang dikenal sebagai perguruan tinggi yang mampu mencetak tenaga kesehatan atau perawat yang berkualitas. Selain itu, Universitas Binawan juga memiliki beragam jurusan & fakultas Binawan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat yang kamu miliki. Berikut daftar dan penjelasan jurusan & fakultas Universitas Binawan.

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan

Sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan bidang kesehatan, Universitas Binawan memiliki fakultas dan jurusan unggulan yaitu jurusan Keperawatan dan Kebidanan. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, Universitas Binawan terus menghasilkan lulusan-lulusan keperawatan dan kebidanan yang berkualitas. Oleh karena itu, jurusan yang satu ini terus menjadi pilihan favorit hingga saat ini.

Pilihan program yang tersedia antara lain S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan, Pendidikan Profesi Bidan, dan Pendidikan Profesi Perawat.

Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas Binawan melebarkan sayapnya dengan menyelenggarakan pendidikan di luar bidang kesehatan yaitu dengan menambah Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial. Fakultas ini mewadahi empat program studi di dalamnya yaitu S1 Manajemen, S1 Bisnis Digital, S1 Kesejahteraan Sosial, dan S1 Psikologi.

Meskipun menambah program studi di bidang sosial, hal tersebut juga masih berkaitan dengan bidang kesehatan. Setiap instansi tentunya memerlukan perancangan dan manajerial operasi yang baik, tak terkecuali instansi kesehatan seperti rumah sakit.

Bisnis Digital juga membantu tenaga kesehatan dalam melakukan pengumpulan data dan juga memusatkan fokus terhadap kebutuhan pasien dan calon pasien.

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi

Sebagai perguruan tinggi yang erat di bidang kesehatan, Universitas Binawan terus melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan pendidikan yang merupakan perpaduan antara kesehatan dengan teknologi yaitu S1 Gizi, S1 Farmasi, D4 Fisioterapi, D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan D4 Teknologi Laboratorium Medis.

Pekerjaan yang bisa diambil Lulusan Binawan

Universitas Binawan menyelenggarakan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja nasional. Oleh karena itu, apapun jurusan yang kamu ambil di Universitas Binawan sudah pasti memiliki prospek kerja yang baik dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Misalnya seorang lulusan program studi manajemen memiliki prospek kerja yang luas di bidang manajerial. Setiap perusahaan dan instansi tentunya memerlukan sistem manajerial yang baik.

Perawat tidak hanya perempuan. Apakah kamu pernah menjenguk orang tua, kakak, adik, saudara, atau teman kamu yang sedang terbaring di rumah sakit? Pasti kamu akan menemukan seorang laki-laki yang bertugas sebagai perawat. Jika kamu adalah seorang laki-laki dan memutuskan ingin menjadi perawat, maka hal tersebut bukanlah hal yang tabu dan sudah lumrah.

Selain itu, kebutuhan tenaga kesehatan semakin meningkat pesat akibat wabah Covid-19 dua tahun silam. Hal tersebut membuat prospek kerja jurusan kesehatan semakin luas dan juga semakin dibutuhkan. Adapun seorang lulusan Teknologi Laboratorium Medis akan bekerja sebagai tenaga pendukung di bidang kesehatan. Hal ini berkaitan dengan teknologi yang digunakan di bidang kesehatan.

Salah seorang alumni Universitas Binawan berhasil menjadi seorang Fisioterapi Tim Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Hal ini membuktikan bahwa tenaga kesehatan dibutuhkan di mana-mana. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir mengenai masa depan pasca lulus dari Universitas Binawan.

Itu dia informasi mengenai jurusan & fakultas Binawan. Apabila kamu memiliki kendala terkait pembiayaan, Danacita menawarkan solusi untuk mempermudah pembayaran biaya pendidikan. Mahasiswa baru Universitas Binawan kini tidak perlu khawatir. Sebab, Danacita telah bekerjasama dengan pihak kampus untuk memberikan kemudahan pembayaran dengan sistem cicilan serta berbagai tenor yang ditawarkan seperti 6, 12, hingga 24 bulan. Dengan demikian pembiayaan menjadi lebih ringan. Informasi selengkapnya klik di sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

universitas binawan jurusan di universitas binawan binawan
Default Avatar

Written By

Esa Tauran