Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Administrasi Perkantoran: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-11-29

jurusan-administrasi-perkantoran

Daftar isi

    Memilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan, karena semua harus disesuaikan dengan minat, bakat, potensi dan lain-lain. Jika tertarik tentang pengelolaan administrasi dalam sebuah kantor atau perusahaan, kamu bisa memilih jurusan Administrasi Perkantoran.

    Jurusan ini dirancang untuk memberikan mahasiswanya pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen bisnis dan proses kantor yang dibutuhkan di tempat kerja yang berbeda seperti kantor bisnis umum, kantor hukum atau medis. Mereka akan melaksanakan tugas-tugas klerikal, administrasi, pengawasan dan manajerial. Selain itu, jurusan

    Administrasi Perkantoran juga melatih mahasiswanya untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam keyboarding, filling, shorthand dan stenografi.

    Tertarik masuk dengan jurusan Administrasi Perkantoran? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

    Apa Itu Jurusan Administrasi Perkantoran?

    Administrasi Perkantoran adalah jurusan yang mempelajari tentang administrasi perusahaan, pengelolaan surat menyurat, hingga pengelolaan keuangan. Tugas Jurusan Administrasi Perkantoran diantaranya korespondensi, teknologi informasi, manajemen kearsipan, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik dengan 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi informasi (komputer) dan lain-lain.

    Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya dibekali perihal pengetahuan saja. Akan tetapi, mereka juga akan dibekali keterampilan dan pengalaman tentang tata kelola administrasi kantor yang baik. Bisa dikatakan bahwa segala yang dipelajari dalam jurusan ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa terkait dengan manajerial, komunikasi, mengelola organisasi, dan cara berpikir yang strategis.

    Walaupun terdengar remeh, tetapi jurusan Administrasi Perkantoran memang tidak boleh disepelekan. Sejauh ini jurusan tersebut masih menjadi salah satu yang terfavorit dengan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Jurusan ini sangat direkomendasikan bagi kamu para calon mahasiswa.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Administrasi Perkantoran

    Sebagai gambaran, berikut mata kuliah jurusan Administrasi Perkantoran yang akan dipelajari:

    1. Azas Manajemen
    2. Mengetik Elektronik
    3. Stenografi
    4. Manajemen Perkantoran
    5. Akuntansi
    6. Praktek Komputer
    7. Pengetahuan Kesekretariatan
    8. Humas dan Protokol
    9. Teknik Penulisan Laporan
    10. Hukum Ketenagakerjaan
    11. Bahasa Inggris
    12. Manajemen Kearsipan
    13. Statistik
    14. Manajemen Personalia
    15. Manajemen Pelayanan Prima
    16. Manajemen Bisnis dan Organisasi
    17. Koresponden Bahasa Inggris
    18. Korespondensi Bahasa Indonesia
    19. Praktik Mengetik dan Simulasi Kantor
    20. Manajemen Komplain
    21. Hukum Perdagangan Sipil
    22. Sistem Perbankan Indonesia

    Alasan Memilih Jurusan Administrasi Perkantoran

    Agar lebih yakin memilih jurusan Administrasi Perkantoran, berikut alasan yang bisa kamu pertimbangkan:

    1. Kerja Kantoran

    Bekerja di kantoran hampir menjadi pekerjaan yang diinginkan semua orang. Kebanyakan orang beranggapan bekerja di kantoran sangat nyaman. Kerja di ruangan ber-AC, tugasnya pun tidak membutuhkan tenaga yang besar, hanya perlu duduk depan komputer dan mendapat gaji yang besar pula.

    2. Mampu Mengetik 10 Jari

    Saat kuliah jurusan Administrasi Perkantoran, mahasiswa akan diajarkan mengetik dengan 10 jari dengan cepat. Karena lulusannya dituntut untuk dapat menyelesaikan sebuah pekerjaan pengetikan dengan cepat, sehingga kemampuan ini saat dibutuhkan.

    3. Dibekali Keterampilan Berbahasa Asing

    Mahasiswa jurusan Administrasi Perkantoran dituntut untuk fasih dalam menggunakan bahasa tertentu, seperti bahasa Inggris. Oleh karena itu, mahasiswa Administrasi Perkantoran juga dibekali dengan keterampilan berbahasa asing sebagai nilai tambah bagi lulusannya.

    4. Prospek Kerja Sangat Luas

    Poin keempat ini pasti menjadi yang paling banyak kamu pertimbangkan. Ketika memilih jurusan tertentu, kamu pasti berpikir, “Nanti lulus jadi apa, ya?” Nah, di jurusan Administrasi Perkantoran, kamu nggak perlu bingung terkait hal tersebut. Prospek kerja lulusan jurusan ini sangat luas. Kamu bisa bekerja di swasta atau negeri. Kamu bisa menjadi PNS, politisi, dosen, peneliti, atau tata usaha.

    5. Mampu Mengoperasikan Komputer

    Mahasiswa jurusan Administrasi Perkantoran tidak hanya sekedar dibekali ilmu teoritis semata, tetapi juga dibekali dengan ilmu praktis yang akan diaplikasikan di dunia kerja nantinya. Skill yang dimaksud disini berupa keterampilan dalam mengoperasikan komputer karena terbiasa menggunakan alat-alat operasional kantor.

    Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran

    1. Staf Administrasi

    Karir jurusan Administrasi Perkantoran tak akan jauh dari yang berhubungan dengan administrasi sehingga, bagi kamu yang berminat untuk berkarier di bidang yang sama, maka staf administrasi adalah pilihan yang tepat dan menjanjikan. Tugas utama dari staf administrasi ini antara lain melakukan bermacam-macam pelayanan kantor yang ada kaitannya dengan administrasi. Hal ini pasti sangat diperlukan oleh setiap perusahaan untuk mendukung keberhasilan operasional perusahaan itu sendiri.

    2. Sekretaris

    Peluang kerja selanjutnya dari jurusan Administrasi Perkantoran adalah menjadi seorang sekretaris. Biasanya tugas utama yang akan dilakukan oleh seorang sekretaris yakni menyaring informasi yang berhubungan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan. Di sini kamu akan menjadi media perekam, penyimpan dan pengingat kegiatan dari pimpinan kamu nantinya. Namun, tak sedikit dari pekerjaan ini lebih sering menunjuk seorang perempuan untuk mengisi posisi ini. Sebab, tingkat keuletan dan ketelitian perempuan yang selalu dinilai baik, khususnya dalam bidang kesekretariatan.

    3. Personal Assistant

    Orang-orang penting dengan tingkat kesibukan yang tinggi biasanya membutuhkan bantuan personal assistant. Dengan keterampilannya sebagai lulusan jurusan Administrasi Perkantoran, seorang personal assistant mampu mengikuti berbagai kegiatan dan membantu segala keperluan atasannya.

    Kampus dengan Jurusan Administrasi Perkantoran Terbaik

    Ada universitas terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan Administrasi Perkantoran, salah satunya Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Program Studi Administrasi Perkantoran (D3) berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta sudah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT: 287/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/VIII/2014.

    Program studi Administrasi Perkantoran di UBSI akan mempelajari keterampilan dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dalam perusahaan, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan.

    Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Administrasi Perkantoran UBSI, antara lain:

    1. Pendidikan Kewarganegaraan
    2. Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3) Perkantoran
    3. Bahasa Indonesia
    4. Kepemimpinan
    5. Etika Profesi dan Profesional Kerja

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Akreditasi UBSI dan Berbagai Program Lainnya

    Berkuliah di Jurusan Administrasi Perkantoran dengan Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin mengambil jurusan Administrasi Perkantoran di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Saat ini, Danacita dan UBSI telah bekerja sama untuk mempermudah kamu menggapai cita-cita. Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Selain dengan UBSI, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!