Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan dengan Biaya Kuliah Termurah dan Termahal, Apa Saja?

2023-06-30

kuliah-termurah-kuliah-termahal

Daftar isi

    Kuliah merupakan tahapan penting dalam perjalanan pendidikan seseorang. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa biaya kuliah menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

    Diantara banyaknya jurusan yang ditawarkan, terdapat jurusan kuliah termahal karena membutuhkan biaya studi yang tinggi, sementara ada juga jurusan kuliah termurah yang dianggap lebih terjangkau secara finansial.

    Mengambil keputusan untuk memilih jurusan kuliah membutuhkan persiapan yang matang, terutama jika kamu memiliki pertimbangan finansial.

    Untuk itu, sebelum memilih jurusan, kamu perlu mengetahui jurusan kuliah termurah dan kuliah termahal.

    Jurusan dengan Biaya Kuliah Termurah

    Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah termurah yang dapat dipilih, beserta perguruan tinggi dan biaya kuliahnya:

    1. Jurusan Ilmu Perpustakaan

    Jurusan kuliah termurah ini mempelajari pengelolaan perpustakaan, pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, serta pengelolaan informasi.

    Beberapa perguruan tinggi yang menawarkan jurusan kuliah termurah ini antara lain Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya.

    Uang kuliah untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro mulai dari Rp500.000 per semester.

    2. Jurusan Pendidikan Olahraga

    Jurusan Pendidikan Olahraga menawarkan pengetahuan tentang pendidikan keolahragaan, mulai dari aturan dan fungsi olahraga, strategi, hingga teknik pengajaran.

    Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan kuliah termurah ini adalah Universitas Pendidikan Indonesia, dengan biaya kuliah per semester mulai dari Rp500.000.

    3. Jurusan Ilmu Sejarah

    Mahasiswa jurusan ini mempelajari berbagai aspek sejarah, seperti sejarah sosial, politik, budaya, dan militer.

    Universitas Negeri Semarang adalah salah satu perguruan tinggi yang menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

    4. Jurusan Agribisnis

    Jurusan kuliah termurah ini mempelajari sosial ekonomi pertanian dan menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji dan mengembangkan sumber daya alam dalam pertanian.

    Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan ini dengan biaya kuliah per semester mulai dari Rp500.000.

    5. Jurusan Teknologi Industri Pertanian

    Pada jurusan Teknologi Industri Pertanian menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dan pengembangan dalam pengelolaan kegiatan pertanian.

    Universitas Padjadjaran adalah salah satu perguruan tinggi yang menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

    6. Jurusan Teknik Pengairan

    Jurusan kuliah termurah selanjutnya adalah Teknik Pengairan. Jurusan ini menghasilkan ahli di bidang pengairan, seperti perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik.

    Jurusan termurah ini terdapat di Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung. Biaya kuliah Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000.

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    7. Jurusan Akuakultur

    Jurusan kuliah termurah ini mempelajari budidaya perairan, termasuk budidaya ikan di air tawar dan air laut serta kelestarian lingkungan. Universitas Jenderal Soedirman menawarkan jurusan ini dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

    8. Jurusan Teknologi Bioproses

    Selanjutnya, ada jurusan Teknologi Bioproses yang mempelajari pemanfaatan mikroorganisme dalam skala industri untuk menghasilkan keuntungan ekonomi.

    Universitas Indonesia menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah per semester antara Rp500.000 hingga Rp7.500.000.

    9. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

    Jurusan kuliah termurah ini fokus pada pengolahan ikan dalam skala industri dan pembangunan industri perikanan.

    Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada adalah beberapa perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini. Biaya kuliah per semester untuk jurusan kuliah termurah ini di Universitas Brawijaya dan UGM mulai dari Rp500.000.

    10. Jurusan Akuntansi Keuangan Publik

    Jurusan ini memfokuskan pada akuntansi yang terkait dengan instansi publik, seperti organisasi pemerintahan di tingkat pusat maupun daerah. Universitas Terbuka menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah per semester sekitar Rp1.300.000.

    Jurusan dengan Biaya Kuliah Termahal

    Selain ada jurusan kuliah termurah, tentu ada juga jurusan kuliah termahal. Berikut daftarnya:

    1. Kedokteran

    Kedokteran merupakan salah satu jurusan kuliah termahal. Pasalnya, di jurusan ini, para mahasiswa harus menjalani proses pembelajaran dan praktikum yang memerlukan sumber daya yang signifikan.

    Selain itu, ada pula komponen Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang perlu ditanggung oleh mahasiswa, yang bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

    Sebagai contoh, salah satu kegiatan praktikum dalam jurusan kedokteran adalah bedah anatomi, di mana mahasiswa perlu menggunakan kadaver (mayat) sebagai bahan pembelajaran.

    Kadaver ini memiliki biaya yang cukup tinggi, seringkali mencapai jutaan rupiah. Dengan demikian, wajar jika kedokteran sering dianggap sebagai salah satu jurusan kuliah termahal.

    2. Jurusan Penerbangan

    Jurusan kuliah termahal selanjutnya adalah Penerbangan. Di kampus-kampus penerbangan, seperti perguruan tinggi penerbangan atau aviasi, biaya jurusan kuliah termahal ini biasanya berkisar antara Rp 500 hingga 800 juta.

    Hal ini disebabkan oleh kebutuhan akan sumber daya dan fasilitas yang spesifik dalam proses pembelajaran di bidang ini.

    3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

    Pada jurusan ini, mahasiswa DKV seringkali perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perangkat teknologi yang diperlukan.

    Pembelajaran DKV membutuhkan perangkat-perangkat seperti komputer, tablet grafis, perangkat lunak desain, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran jika DKV menjadi salah satu jurusan kuliah termahal.

    4. Jurusan Broadcasting

    Jurusan Broadcasting juga termasuk dalam jurusan kuliah termahal. Mahasiswa jurusan kuliah termahal ini perlu memiliki peralatan praktikum yang sesuai dengan kegiatan broadcasting, seperti kamera, tripod, laptop dengan spesifikasi tinggi, microphone, dan lainnya.

    5. Jurusan Seni

    Jurusan kuliah termahal selanjutnya adalah Seni. Mahasiswa seni akan menghadapi biaya yang lebih tinggi karena proporsi praktikum dalam kurikulum jurusan kuliah termahal ini cenderung lebih besar, bahkan mencapai rasio 70:30, di mana sebagian besar pembelajaran dilakukan melalui kegiatan praktis.

    Demikian informasi mengenai jurusan kuliah termurah dan kuliah termahal. Ingat, biaya kuliah bukan menjadi salah satu faktor yang menghambat. Namun, apapun pilihan jurusan kuliah yang kita ambil, persiapan tetaplah kunci keberhasilan.

    Dengan perencanaan yang baik, tekad yang kuat, dan dukungan yang tepat, kita dapat mengatasi tantangan keuangan dan mencapai kesuksesan dalam bidang yang kita minati.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    kuliah termurah kuliah termahal
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri