Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan di ITB: Kuota Terbanyak, Sepi Peminat, Peminat Terbanyak

2023-05-23

Daftar isi

    Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang dikenal dengan program studi di bidang teknik, sains, dan seni.

    Ada tiga jalur yang tersedia untuk masuk ITB, yaitu program Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

    Bagi kamu yang berminat masuk ke ITB dengan salah satu ketiga jalur itu, ada baiknya juga mengetahui jurusan di ITB agar lebih gampang menentukan dan menyusun strategi.

    10 Jurusan di ITB dengan Kuota Terbanyak

    Menurut informasi yang dilansir oleh situs snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, terdapat 10 jurusan di ITB yang memiliki kapasitas besar dalam SNBT 2023.

    Dari total 22 program studi Sarjana yang tersedia di ITB, prodi atau jurusan-jurusan tersebut akan menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti SNBT 2023.

    1. Fakultas Senirupa dan Desain (FSRD)

    Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) di ITB adalah sebuah fakultas yang menawarkan program studi yang berkaitan dengan seni, desain, dan arsitektur.

    Program studi yang ditawarkan antara lain seni rupa, desain produk, desain grafis, desain interior, arsitektur, dan perencanaan kota dan regional.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 171.

    2. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

    Untuk mahasiswa FITB ITB akan belajar tentang struktur bumi, sumber daya alam, energi bumi, dan fenomena alam lainnya yang terkait dengan planet kita. Selain itu, FITB ITB juga menawarkan penelitian dan pengembangan teknologi terkait bumi yang berkelanjutan.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 150.

    3. Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan (FTSL) - Kampus Ganesha

    Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan (FTSL) di Kampus Ganesha ITB adalah salah satu fakultas yang fokus pada pengembangan ilmu dan teknologi di bidang teknik sipil dan lingkungan, termasuk dalam perencanaan, perancangan, pembangunan, dan pengelolaan infrastruktur dan lingkungan.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 134.

    4. Fakultas Teknik Pertambangan & Perminyakan (FTTM)

    Program-program studi ini melatih mahasiswa untuk menjadi ahli dalam ekstraksi, pengolahan, dan manajemen sumber daya mineral dan energi secara efisien dan berkelanjutan.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 125.

    5. Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Ganesha

    Program studi di FTI berorientasi pada aplikasi teknologi di dunia industri, dengan penekanan pada aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 122.

    6. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Komputasi

    Jurusan STEI - Komputasi ITB adalah program studi yang mengajarkan tentang teknologi informasi dan komputasi, serta penerapannya dalam berbagai bidang seperti sistem informasi, kecerdasan buatan, jaringan komputer, dan pemrograman.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 110.

    7. Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara (FTMD)

    Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara (FTMD) ITB adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Bandung yang memiliki program studi terkait dengan teknologi mesin dan pesawat terbang.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 107.

    8. Sekolah Ilmu & Tekno Hayati - Prog Rekayasa

    Jurusan Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati - Program Studi Rekayasa ITB adalah program studi di Institut Teknologi Bandung yang mempelajari rekayasa dan teknologi dalam bidang hayati, seperti bioteknologi, bioinformatika, dan bioengineering.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 101.

    9. Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI) - Rekayasa

    Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI) - Rekayasa ITB adalah jurusan di ITB yang fokus pada bidang teknik elektro dan informatika, yang meliputi topik-topik seperti kelistrikan, elektronika, sinyal dan sistem, komputasi, jaringan, keamanan informasi, dan pengolahan data.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 99.

    10. FMIPA - Ilmu Pengetahuan Alam

    FMIPA ITB adalah fakultas di Institut Teknologi Bandung yang menyediakan pendidikan dalam bidang ilmu pengetahuan alam, seperti matematika, fisika, kimia, biologi, dan ilmu komputer.

    Daya Tampung 2023 pada jurusan di ITB ini adalah 91.

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    9 Jurusan di ITB yang Sepi Peminat

    Di ITB ada juga jurusan yang cukup sepi peminatnya. Jurusan yang sepi peminat bisa membuka peluang kamu buat diterima lebih besar. Untuk calon mahasiswa baru, berikut jurusan di ITB yang bisa menjadi pilihanmu.

    1. Sekolah Farmasi

    Jurusan di ITB yang pertama yaitu Farmasi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan, merancang, dan memproduksi obat-obatan serta bahan-bahan farmasi lainnya dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, lingkungan, dan ekonomi.

    • Peminat 2022: 906
    • Daya Tampung 2023: 56

    2. Sekolah Ilmu & Tekno Hayati

    Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati (SITH) ITB adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memfokuskan pada ilmu dan teknologi hayati, seperti bioteknologi, mikrobiologi, biologi molekuler, bioinformatika, dan ilmu-ilmu terkait lainnya.

    • Peminat 2022: 427
    • Daya Tampung 2023: 69

    3. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan

    Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di ITB adalah fakultas yang menawarkan program studi terkait dengan perencanaan, perancangan, dan konstruksi infrastruktur fisik seperti gedung, jalan, jembatan, dan sistem pengolahan air.

    • Peminat 2022: 439
    • Daya Tampung 2023: 40

    4. Fakultas Teknologi Industri

    Jurusan di ITB ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam merancang, mengembangkan, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas industri.

    • Peminat 2022: 547
    • Daya Tampung 2023: 40

    5. Fakultas Teknologi Industri

    Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB merupakan salah satu fakultas di Institut Teknologi Bandung yang fokus pada pendidikan dan penelitian di bidang teknologi industri.

    • Peminat 2022: 353
    • Daya Tampung 2023: 20

    6. Sekolah Arsitektur, Perencanaan & Pengembangan Kebijakan

    Sekolah Arsitektur, Perencanaan & Pengembangan Kebijakan ITB adalah salah satu sekolah di Institut Teknologi Bandung yang fokus pada pendidikan dan penelitian dalam bidang arsitektur, perencanaan, dan pengembangan kebijakan.

    • Peminat 2022: 298
    • Daya Tampung 2023: 20

    7. Fakultas Teknik Pertambangan & Perminyakan

    Jurusan ini fokus pada pengelolaan sumber daya alam dan teknologi pengeboran, produksi, dan pengolahan minyak dan gas bumi, serta pengolahan dan penggunaan mineral.

    • Peminat 2022: 657
    • Daya Tampung 2023: 48

    8. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

    Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB adalah fakultas yang fokus pada studi tentang bumi dan lingkungannya.

    • Peminat 2022: 198
    • Daya Tampung 2023: 20

    9. FMIPA Matematika

    Jurusan Matematika FMIPA ITB adalah program studi yang fokus pada pengembangan kemampuan matematika yang mendalam dan abstrak untuk menyelesaikan masalah secara logis dan kreatif.

    • Peminat 2022: 692
    • Daya Tampung 2023: 56

    11 Jurusan di ITB dengan Peminat Terbanyak

    Dengan mengetahui jurusan di ITB dengan peminat terbanyak, kamu bisa mengatur ulang atau mempersiapkan dengan baik-baik strategi agar berpeluang masuk.

    1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

    Jurusan di ITB dengan peminat terbanyak yaitu Sekolah Teknik Elektro dan Informatika yang mempelajari tentang teknologi elektronika dan komputer, termasuk dalam hal ini adalah sistem informasi, jaringan komputer, perangkat keras dan perangkat lunak, serta teknologi yang digunakan dalam bidang elektronik seperti kelistrikan, elektronika, dan telekomunikasi.

    • Daya tampung 2023: 112
    • Peminat 222: 1.487

    2. Sekolah Bisnis dan Manajemen

    Jurusan Sekolah Bisnis dan Manajemen adalah jurusan di ITB yang fokus pada pembelajaran tentang bagaimana mengelola bisnis dan organisasi secara efektif dan efisien.

    • Daya tampung 2023: 84
    • Peminat 2022: 1.108

    3. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

    Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB adalah fakultas yang berfokus pada pengembangan teknologi dan keahlian di bidang eksplorasi, ekstraksi, dan pengolahan sumber daya alam seperti minyak, gas, dan mineral.

    • Daya tampung 2023: 146
    • Peminat 2022: 907

    4. Fakultas Teknologi Industri

    Fakultas Teknologi Industri ITB adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Bandung yang menawarkan program studi terkait teknologi industri seperti Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Fisika, dan Teknik Material serta program studi terkait manajemen seperti Manajemen Rekayasa dan Manajemen Industri.

    • Daya tampung 2023: 156
    • Peminat 2022: 889

    5. Fakultas Senirupa dan Desain (FSRD)

    Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB adalah fakultas di Institut Teknologi Bandung yang fokus pada pengembangan kreativitas dan desain, dengan program studi yang mencakup seni rupa, desain produk, desain interior, dan desain komunikasi visual.

    • Daya tampung 2023: 111
    • Peminat 2022: 887

    6. Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan

    Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB adalah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang fokus pada pengembangan ilmu dan praktik arsitektur, perencanaan, serta kebijakan pembangunan berkelanjutan.

    • Daya tampung 2023: 81
    • Peminat 2022: 709

    7. Sekolah Farmasi

    Sekolah Farmasi ITB adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi di Institut Teknologi Bandung yang fokus pada bidang farmasi, meliputi penelitian dan pengembangan obat, pemilihan obat, manufaktur, serta pengawasan dan penggunaan obat yang aman dan efektif.

    • Daya tampung 2023: 67
    • Peminat 2022: 670

    8. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan - Kampus Ganesa

    Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di Kampus Ganesa ITB merupakan fakultas yang menyediakan program studi terkait teknik sipil dan lingkungan, meliputi desain dan konstruksi bangunan, infrastruktur, manajemen air, limbah, dan energi terbarukan.

    • Daya tampung 2023: 140
    • Peminat 2022: 600

    9. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

    Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB (ITB FITB) adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Bandung yang menyediakan program pendidikan dan penelitian dalam ilmu dan teknologi kebumian, seperti geologi, geofisika, meteorologi, dan oceanografi.

    • Daya tampung 2023: 166
    • Peminat 2022: 562

    10. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara

    Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Bandung yang fokus pada pendidikan dan penelitian dalam bidang teknik mesin dan dirgantara.

    • Daya tampung 2023: 123
    • Peminat 2022: 548

    11. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika - Rekayasa

    Sekolah Teknik Elektro dan Informatika - Rekayasa ITB adalah salah satu sekolah di Institut Teknologi Bandung yang menawarkan program studi dalam bidang teknik elektro dan informatika dengan fokus pada rekayasa teknologi informasi.

    • Daya tampung 2023: 102
    • Peminat 2022: 545

    Berkuliah di Jurusan Pilihan ITB dengan Bayar Pakai Danacita

    Setelah mengetahui jurusan di ITB dan kamu merasa terhalang biaya, Danacita dapat membantu mewujudkan impianmu untuk kuliah di perguruan tinggi impianmu.

    Danacita didirikan dengan tujuan memberikan akses pendidikan kepada semua kalangan dengan menyediakan pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi pelajar, mahasiswa, dan tenaga profesional yang ingin meningkatkan kemampuan mereka.

    Berikut adalah keuntungan yang ditawarkan oleh Danacita:

    • Tanpa uang muka dan tanpa jaminan
    • Tidak ada limit pengajuan (hingga 100% biaya kursus)
    • Proses pengajuan cepat dan dilakukan secara online
    • Persyaratan mudah dengan proses yang aman
    • Pembayaran biaya kuliah ITB dapat dilakukan setiap bulan selama 6 hingga 12 bulan
    • Sudah pasti aman dan terjamin karena diawasi oleh OJK

    Berikut adalah persyaratan untuk mengajukan pembiayaan kuliah di Danacita:

    • Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan kartu Identitas)
    • Mendaftar secara online

    Untuk mengajukan biaya kuliah di ITB dengan menggunakan Danacita, ikuti langkah-langkah berikut:

    • Buat akun Danacita
    • Lengkapi profil kamu
    • Ajukan pembiayaan

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan di itb jurusan itb itb
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri