Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan di UGM: Sepi Peminat dan Persaingan Tertinggi

2023-05-23

Daftar isi

    Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menjadi impian bagi banyak calon mahasiswa baru.

    Dalam proses penerimaan mahasiswa baru di UGM, terdapat beberapa jalur yang dapat dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa untuk dapat diterima di universitas ini.

    Sebagai calon mahasiswa, kamu perlu memilih jalur yang paling tepat dan juga memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

    Tentunya, memilih jurusan yang tepat juga menjadi faktor penting dalam menentukan kesuksesan kamu di UGM.

    Calon mahasiswa juga perlu mengetahui tentang jurusan di UGM yang sepi peminat dan jurusan yang memiliki persaingan tertinggi, sehingga dapat mempertimbangkan peluang untuk diterima pada jurusan tersebut.

    15 Jurusan di UGM yang Sepi Peminat

    Apabila kamu sejak awal mengincar masuk dan berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), maka pastinya informasi jurusan UGM sepi peminat di sana bakal sangat berguna untuk kamu jadikan bahan pertimbangan.

    1. Geofisika

    Jurusan Geofisika UGM merupakan jurusan yang mempelajari sifat dan perilaku bumi secara fisik, dengan fokus pada pengukuran dan analisis fenomena geologi dan geofisika untuk mendapatkan pemahaman tentang struktur dan dinamika bumi serta sumber daya alam yang terkait.

    • Peminat 2022: 97
    • Daya Tampung 2023: 21

    2. Akuakultur (Budidaya Perikanan)

    Jurusan di UGM berikutnya yaitu Akuakultur atau Budidaya Perikanan yang mempelajari cara beternak ikan dan hewan air lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan produksi perikanan secara berkelanjutan dan efisien.

    • Peminat 2022: 83
    • Daya Tampung 2023: 23

    3. Teknologi Hasil Perikanan

    Jurusan Teknologi Hasil Perikanan UGM adalah sebuah program studi di Universitas Gadjah Mada yang fokus pada pengolahan hasil perikanan menjadi produk yang bernilai tambah melalui penerapan teknologi.

    • Peminat 2022: 80
    • Daya Tampung 2023: 23

    4. Manajemen Sumberdaya Akuatik

    Jurusan di UGM berikutnya yaitu Manajemen Sumberdaya Akuatik UGM merupakan program studi di Universitas Gadjah Mada yang fokus pada manajemen sumber daya perairan seperti perikanan, budidaya ikan, dan pengelolaan ekosistem perairan untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dan kepentingan sosial-ekonomi.

    • Peminat 2022: 65
    • Daya Tampung 2023: 23

    5. Mikrobiologi Pertanian

    Mikrobiologi Pertanian di UGM adalah jurusan yang mempelajari mikroorganisme dalam hubungannya dengan pertanian, seperti pemuliaan mikroorganisme untuk meningkatkan produktivitas tanaman, pengendalian hama dan penyakit, pengolahan limbah pertanian, dan pengembangan produk agroindustri.

    • Peminat 2022: 46
    • Daya Tampung 2023: 11

    6. Teknik Fisika

    Teknik Fisika di Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah program studi yang mengkombinasikan prinsip-prinsip fisika dengan penerapannya pada teknologi dan sistem-sistem teknik.

    • Peminat 2022: 82
    • Daya Tampung 2023: 42

    7. Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa

    Jurusan di UGM ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami, mengembangkan, serta melestarikan budaya Jawa dalam konteks global. Mata kuliah yang diajarkan mencakup literatur, linguistik, sejarah, dan kebudayaan Jawa.

    • Peminat 2022: 55
    • Daya Tampung 2023: 14

    8. Bahasa dan Sastra Prancis

    Jurusan di UGM yang satu ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menguasai bahasa Prancis secara lisan dan tulisan, serta memahami berbagai karya sastra dan budaya Prancis.

    • Peminat 2022: 90
    • Daya Tampung 2023: 14

    9. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (D4)

    Jurusan di UGM ini mempelajari tentang perancangan, pengembangan, dan penerapan sistem pengukuran, pengendalian, dan monitoring dalam berbagai bidang industri dan teknologi.

    Mahasiswa akan mempelajari tentang sensor, sistem kendali, dan instrumentasi yang digunakan dalam pemantauan dan pengendalian proses produksi.

    • Peminat 2022: 93
    • Daya Tampung 2023: 22

    10. Pengelolaan Hutan (D4)

    Jurusan Pengelolaan Hutan di UGM merupakan program studi yang mempelajari cara-cara mengelola hutan secara lestari dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti ekologi, sosial, dan ekonomi.

    • Peminat 2022: 95
    • Daya Tampung 2023: 27

    11. Teknologi Veteriner (D4)

    Jurusan Teknologi Veteriner (D4) UGM adalah program studi di Universitas Gadjah Mada yang fokus pada pengembangan teknologi untuk mendukung kegiatan medis dan kesehatan hewan.

    • Peminat 2022: 95
    • Daya Tampung 2023: 27

    12. Pengembangan Produk Agroindustri (D4)

    Jurusan di UGM ini merupakan program pendidikan tinggi vokasi yang fokus pada pengembangan dan inovasi produk agroindustri, yang meliputi pemrosesan, analisis, dan pengujian bahan baku, serta pengolahan produk menjadi produk jadi yang berkualitas tinggi.

    • Peminat 2022: 95
    • Daya Tampung 2023: 27

    13. Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar (D4)

    Jurusan Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar (D4) di UGM merupakan program studi yang fokus pada penggunaan teknologi dalam pengumpulan, analisis, dan interpretasi data geospasial.

    • Peminat 2022: 61
    • Daya Tampung 2023: 20

    14. Sistem Informasi Geografis (D4)

    Jurusan di UGM ini membahas tentang penggunaan teknologi informasi untuk memetakan, menganalisis, dan mengelola data geografis.

    • Peminat 2022: 72
    • Daya Tampung 2023: 20

    15. Bahasa Inggris (D4)

    Jurusan Bahasa Inggris (D4) di Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan program pendidikan vokasi yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusannya dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam industri bahasa Inggris, seperti penerjemahan, interpretasi, pengajaran bahasa Inggris, dan lain-lain.

    • Peminat 2022: 87
    • Daya Tampung 2023: 29
    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    11 Jurusan di UGM dengan Persaingan Tertinggi

    Adapun jurusan di UGM yang memiliki persaingan tertinggi setiap tahunnya.

    1. Jurusan Kedokteran (1:85)

    Jurusan di UGM ini memiliki durasi pendidikan selama 3,5 tahun di tahap S1 dan 2 tahun di tahap profesi.

    Kurikulum pembelajaran terbagi atas 4 fase, yaitu Foundation in Medicine and Transition to Practice selama 18 bulan, Complaint and Diseases selama 18 bulan, Enhancing Personal Competencies selama 6 bulan, dan Clinical Rotation selama 24 bulan.

    2. Jurusan Ilmu Komunikasi (1:77)

    Kurikulum pembelajaran mencakup studi jurnalisme, humas, periklanan, media hiburan, perkembangan komunikasi, dan media digital.

    Terdapat tiga pilihan bidang konsentrasi, yaitu Konsentrasi Media, Konsentrasi Sistem Penunjang Media dan Konsentrasi Perspektif Media.

    3. Jurusan Manajemen (1:60)

    Kompetensi utama yang dipelajari mencakup pengembangan proses bisnis dan inovasi, penemuan, penciptaan dan penghantaran nilai pelanggan, pengelolaan keuangan berbasis nilai, dan memimpin perubahan.

    4. Jurusan Ilmu Komputer (1:53)

    Lulusan dari jurusan di UGM yang satu ini akan dibekali kemampuan untuk membuat dan memperbaiki perangkat lunak sistem serta melakukan dan mengawasi kegiatan instalasi dan pelayanan peralatan yang terkait dengan jaringan.

    Mahasiswa juga mempelajari langkah merancang, mengimplementasikan, dan memonitor basis data dalam suatu organisasi, serta menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam mendesain, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi perangkat lunak.

    5. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (1:52)

    Terdapat tiga pilihan konsentrasi, yaitu Konsentrasi Politik dan Keamanan Global, Konsentrasi Studi-studi Perdamaian dan Konflik, dan Konsentrasi Ekonomi Politik dan Pembangunan Internasional.

    6. Jurusan Teknologi Informasi (1:47)

    Terdapat tiga pilihan konsentrasi, yaitu Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak, Konsentrasi Rekayasa Sistem Informasi, dan Konsentrasi Rekayasa Sistem Komputer.

    7. Jurusan Manajemen Informasi Kesehatan (1:46)

    Lulusan jurusan di UGM yang satu ini akan disiapkan menjadi sarjana terapan bidang rekam medis dan informasi kesehatan dengan kompetensi unggulan kodefikasi penyakit terkait klaim asuransi kesehatan, analisis data kesehatan, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang pelayanan, dan manajemen informasi kesehatan.

    8. Statistika (1:43)

    Lulusan jurusan di UGM ini siap bekerja di bidang akademik hingga praktisi seperti data scientist maupun manajer pengendalian kualitas yang menerapkan metode statistik.

    9. Manajemen dan Kebijakan Publik (1:42)

    Mahasiswa jurusan di UGM ini diharapkan mampu mengadvokasi kebijakan publik, reformasi sektor publik, serta terlibat dalam perumusan solusi masalah dan resolusi konflik di organisasi publik dan nonpublik.

    Mahasiswa MKP FISIP UGM dapat mengikuti e-lecture yang diajarkan dari luar negeri.

    10. Psikologi (1:41)

    Jurusan Psikologi UGM mempelajari perilaku manusia lewat perspektif perkembangan manusia, interaksi sosial, dan komposisi biologis, psikologis, dan lingkungan.

    Hasil studi digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan berbagai hal di dunia pendidikan, klinis, industri, organisasi, dan kemasyarakatan.

    Lulusan jurusan di UGM yang satu ini akan dibekali ilmu bidang asesmen, pengukuran psikologis, pemecahan masalah psikologis, intervensi psikologis, hubungan profesional dan interpersonal, komunikasi, riset, dan publikasi ilmiah.

    11. Gizi Kesehatan (1:41)

    Jurusan di UGM ini siap menjadi pemberi asuhan gizi, manajer penyelenggaraan makanan, dan manajer program gizi masyarakat, peneliti, pendidik, dan wirausaha di bidang gizi dan kesehatan yang profesional.

    Mahasiswa Gizi Kesehatan UGM belajar dengan sistem Student Center Learning (SCL) melalui diskusi, tutorial, laboratorium keterampilan, praktik, presentasi kasus, dan praktik lapangan.

    Berkuliah di Jurusan Pilihan di UGM dengan Bayar Pakai Danacita

    Demikian informasi jurusan di UGM. Kamu mulai tertarik kuliah di sini? Kesempatan untuk kamu berkuliah di salah satu kampus islam terbaik di Indonesia terbuka sangat terbuka lebar. Kamu bisa berkuliah di jurusan di UGM dengan menggunakan Danacita.

    Danacita menyediakan pembiayaan pendidikan terjangkau untuk calon mahasiswa dengan pembayaran bulanan mulai dari 6 hingga 12 bulan. Untuk keamanannya, Danacita telah resmi berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

    Prosesnya juga mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya.

    Danacita sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu lembaga pendidikan formal maupun non formal.

    Tertarik untuk meraih mimpimu di UGM? Gunakan Danacita sekarang juga! Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    ugm jurusan ugm jurusan di ugm
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri