Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan di UNPAD: Terketat, Daya Tampung Terbanyak, Peminat Sedikit

2023-05-23

Daftar isi

    Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, termasuk Universitas Padjadjaran (UNPAD), merupakan tempat yang sangat diidamkan bagi banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

    Universitas yang terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini memiliki berbagai jurusan terbaik yang bisa menjadi pilihan. Kira-kira apa saja jurusan di UNPAD? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya!

    30 Jurusan di UNPAD yang Terketat

    Perlu kalian ketahui, tidak semua jurusan di UNPAD memiliki tingkat keketatan yang sama dalam persaingan masuknya. Ada beberapa jurusan UNPAD yang terkenal sangat ketat dan sulit untuk diterima.

    Jurusan dengan tingkat keketatan tinggi di UNPAD biasanya membutuhkan nilai ujian yang sangat tinggi dan persaingan yang sangat ketat.

    1. Jurusan Saintek UNPAD Paling Ketat di SNBP 2023

    Diantara jurusan Saintek UNPAD, terdapat beberapa program studi yang tergolong paling ketat dalam Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2023.

    Berikut deretannya:

    • Teknik Informatika (Tingkat keketatan: 1:76)

    Program studi ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam perancangan, pengembangan, dan pengelolaan sistem informasi.

    • Psikologi (Tingkat keketatan: 1:53)

    Program studi psikologi UNPAD memiliki fokus pada pengembangan potensi manusia, pemberdayaan individu dan kelompok, serta penguatan masyarakat.

    • Farmasi (Tingkat keketatan: 1:49)

    Jurusan di UNPAD ini menawarkan pendidikan yang komprehensif dan terintegrasi dalam pengembangan ilmu farmasi, serta dilengkapi dengan praktek di laboratorium dan pusat kesehatan.

    • Ilmu Keperawatan (Tingkat keketatan: 1:48)

    Jurusan UNPAD ini memiliki fokus pada pelayanan kesehatan terutama dalam bidang keperawatan, yang meliputi pengobatan, perawatan, dan rehabilitasi pasien.

    • Pendidikan Dokter (Tingkat keketatan: 1:34)

    Dalam program studi ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai macam ilmu medis, mulai dari anatomi, farmakologi, hingga etika medis.

    • Pendidikan Dokter Gigi (Tingkat keketatan: 1:33)

    Pendidikan Dokter Gigi memiliki kurikulum yang berfokus pada pendidikan klinis dan ilmu dasar kedokteran gigi, serta dilengkapi dengan fasilitas dan praktikum yang memadai.

    • Ilmu Aktuaria (Tingkat keketatan: 1:26)

    Melalui jurusan di UNPAD ini, mahasiswa akan belajar tentang pengelolaan risiko keuangan, pemodelan matematis, dan analisis statistik untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif.

    • Keperawatan PSDKU Pangandaran (Tingkat keketatan: 1:26)

    Program Studi Keperawatan PSDKU Pangandaran UNPAD merupakan salah satu program studi yang memiliki fokus pada pengembangan ilmu keperawatan dan pemahaman tentang perawatan pasien.

    • Kedokteran Hewan (Tingkat keketatan: 1:24)

    Jurusan di UNPAD ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam diagnosis, pencegahan, dan pengobatan penyakit pada hewan, serta mengajarkan cara menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan secara holistik.

    • Teknologi Pangan (Tingkat keketatan: 1:24)

    Teknologi Pangan adalah ilmu yang berkaitan dengan pengolahan, pengawetan, dan pengemasan bahan pangan agar dapat dijadikan produk pangan yang aman, sehat, dan bernilai gizi tinggi.

    • Teknik Elektro (Tingkat keketatan: 1:20)

    Program studi Teknik Elektro berfokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, sistem tenaga listrik, serta kendali dan otomasi.

    • Statistika (Tingkat keketatan: 1:18)

    Jurusan di UNPAD yang satu ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep statistika dan teknik-teknik analisis data yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti bisnis, ilmu sosial, kedokteran, dan lain sebagainya.

    • Teknologi Industri Pertanian (Tingkat keketatan: 1:18)

    Teknologi Industri Pertanian UNPAD fokus pada pengembangan teknologi untuk memperbaiki proses produksi, pengolahan, dan distribusi produk pertanian dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan keselamatan pangan.

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    • Geofisika (Tingkat keketatan: 1:15)

    Program studi ini membahas berbagai fenomena geologis dan geofisika yang terjadi di bumi, seperti gempa bumi, vulkanisme, dan pergerakan lempeng tektonik.

    • Kimia (Tingkat keketatan: 1:14)

    Jurusan Kimia menawarkan berbagai bidang studi, termasuk kimia analitik, kimia organik, kimia fisik, dan kimia anorganik.

    2. Jurusan Soshum UNPAD Paling Ketat di SNBP 2023

    Selain jurusan Saintek, Soshum UNPAD juga memiliki jurusan yang paling ketat, diantaranya:

    • Ilmu Komunikasi (Tingkat keketatan: 1:77)

    Jurusan di UNPAD ini memiliki kurikulum yang menyeluruh, mengajarkan teori-teori komunikasi serta praktik-praktik yang relevan dengan perkembangan zaman. Hal ini membuat lulusannya siap menghadapi berbagai tantangan dalam dunia kerja yang memerlukan kemampuan komunikasi yang baik.

    • Manajemen (Tingkat keketatan: 1:76)

    Jurusan Manajemen fokus pada pengembangan kemampuan manajerial dan kepemimpinan untuk mengelola sumber daya dalam organisasi.

    • Bisnis Digital (Tingkat keketatan: 1:52)

    Jurusan di UNPAD yang satu ini akan mempelajari berbagai aspek bisnis seperti pemasaran digital, e-commerce, big data, dan teknologi informasi.

    • Akuntansi (Tingkat keketatan: 1:50)

    Akuntansi UNPAD berfokus pada pengembangan kompetensi dan keterampilan di bidang akuntansi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional.

    • Ilmu Hubungan Internasional (Tingkat keketatan: 1:38)

    Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UNPAD menawarkan pendidikan yang luas dan mendalam tentang politik global, ekonomi internasional, hukum internasional, diplomasi, serta isu-isu keamanan dan lingkungan global.

    • Administrasi Publik (Tingkat keketatan: 1:36)

    Pada jurusan di UNPAD ini mahasiswa akan mempelajari teori dan praktik terkait pengambilan keputusan, perencanaan, evaluasi, serta implementasi kebijakan publik.

    • Administrasi Bisnis (Tingkat keketatan: 1:35)

    Jurusan ini menyediakan program studi yang mengajarkan tentang pengelolaan bisnis, manajemen, keuangan, pemasaran, serta keterampilan lain yang dibutuhkan untuk sukses di dunia bisnis.

    • Ilmu Politik (Tingkat keketatan: 1:34)

    Melalui program studi yang disediakan, mahasiswa akan dilatih untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam menganalisis isu-isu politik dan sosial yang kompleks, serta menjadi pemimpin dan pengambil keputusan yang kompeten.

    • Manajemen Komunikasi (Tingkat keketatan: 1:31)

    Jurusan di UNPAD ini akan mempelajari berbagai aspek manajemen, termasuk manajemen organisasi, sumber daya manusia, dan keuangan, serta teknik-teknik komunikasi seperti public relations, media massa, dan jurnalistik.

    • Hubungan Masyarakat (Tingkat keketatan: 1:28)

    Melalui kurikulum yang berbasis teori dan praktik, mahasiswa jurusan di UNPAD ini akan belajar mengembangkan strategi komunikasi, melakukan riset pasar dan opini, serta memahami media dan teknologi komunikasi yang berkembang pesat saat ini.

    • Sastra Inggris (Tingkat keketatan: 1:28)

    Jurusan Sastra Inggris UNPAD fokus pada pembelajaran bahasa Inggris serta sastra dan budaya yang terkait dengan bahasa tersebut.

    • Televisi dan Film (Tingkat keketatan: 1:27)

    Mahasiswa di program ini akan mempelajari teori dan praktek dalam pembuatan film, televisi, dan konten media lainnya.

    • Ilmu Pemerintahan (Tingkat keketatan: 1:26)

    Jurusan di UNPAD ini mempelajari tentang studi mengenai sistem pemerintahan, kebijakan publik, dan administrasi negara.

    • Ilmu Kesejahteraan Sosial (Tingkat keketatan: 1:25)

    Ilmu Kesejahteraan Sosial UNPAD mempelajari tentang upaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan kualitas hidup masyarakat, terutama dalam hal penanggulangan kemiskinan, pengentasan ketimpangan sosial, serta pemberdayaan masyarakat.

    • Antropologi (Tingkat keketatan: 1:23)

    Jurusan Antropologi di Universitas Padjadjaran (UNPAD) menawarkan pendidikan akademik dan praktis yang luas tentang antropologi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

    7 Jurusan di UNPAD dengan Daya Tampung Terbanyak

    Ada beberapa jurusan di UNPAD dengan daya tampung terbanyak yang tentunya sangat diminati oleh calon mahasiswa. Tentu hal ini bisa menjadi peluang buat kamu lolos.

    1. Ilmu Hukum

    Dalam program studi Ilmu Hukum UNPAD, mahasiswa akan mempelajari tentang hukum nasional dan internasional serta berbagai bidang keilmuan terkait, seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum administrasi negara, dan hukum bisnis.

    • Peminat 2022: 3667
    • Daya tampung 2023: 198

    2. Agroteknologi

    Mahasiswa Agroteknologi UNPAD dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan untuk mengembangkan sistem pertanian yang efisien, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

    • Peminat 2022: 1159
    • Daya tampung 2023: 176

    3. Ilmu Peternakan

    Ilmu Peternakan UNPAD mempelajari tentang pengembangan dan pemanfaatan sumber daya hewan secara berkelanjutan.

    • Peminat 2022: 886
    • Daya tampung 2023: 155

    4. Pendidikan Dokter

    Selama studi, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah ilmu kedokteran dasar dan klinis, serta melakukan praktikum di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

    • Peminat 2022: 3544
    • Daya tampung 2023: 115

    5. Perikanan

    Mahasiswa di jurusan UNPAD ini akan mempelajari tentang biologi ikan, ekologi perairan, teknologi produksi perikanan, manajemen sumberdaya perikanan, serta isu-isu terkini dalam bidang perikanan dan kelautan.

    • Peminat 2022: 359
    • Daya tampung 2023: 88

    6. Ilmu Keperawatan

    Kurikulum Ilmu Keperawatan di UNPAD terdiri dari mata kuliah teori dan praktik klinis yang meliputi berbagai aspek kesehatan seperti ilmu biomedis, psikososial, dan manajemen keperawatan.

    • Peminat 2022: 2101
    • Daya tampung 2023: 88

    7. Psikologi

    Mahasiswa Psikologi di UNPAD akan belajar tentang teori-teori psikologi dan juga mempraktekkan keterampilan-keterampilan dalam bidang psikologi seperti wawancara, observasi, dan pengukuran psikologis.

    • Peminat 2022: 3309
    • Daya tampung 2023: 84

    9 Jurusan di UNPAD dengan Sedikit Peminat

    Untuk memperbesar peluang diterima di kampus UNPAD, informasi jurusan sepi peminat dapat dijadikan referensi dalam menentukan pilihan. Penasaran? Berikut ini 9 jurusan UNPAD sepi peminat.

    1. Fisika

    Mahasiswa di program studi ini akan mempelajari konsep dasar fisika, eksperimen, dan penggunaan alat dan teknik untuk menyelesaikan masalah fisika.

    • Peminat 2022: 182
    • Daya Tampung 2023: 36

    2. Geofisika

    Jurusan Geofisika UNPAD akan mempelajari tentang geologi, geofisika, matematika, fisika, dan komputer serta penggunaannya dalam memahami bumi.

    • Peminat 2022: 193
    • Daya Tampung 2023: 27

    3. Perikanan PSDKU Pangandaran

    Jurusan Perikanan PSDKU Pangandaran Unpad merupakan program studi di Universitas Padjajaran yang berfokus pada ilmu perikanan, termasuk budidaya ikan, pengolahan hasil perikanan, konservasi sumber daya perikanan, dan manajemen perikanan.

    • Peminat 2022: 77
    • Daya Tampung 2023: 28

    4. Keperawatan PSDKU Pangandaran

    Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam asuhan keperawatan, manajemen kesehatan, dan pengembangan ilmu keperawatan yang terintegrasi dengan ilmu-ilmu lain seperti biologi, kedokteran, dan psikologi.

    • Peminat 2022: 299
    • Daya Tampung 2023: 22

    5. Sastra Sunda

    Jurusan di UNPAD ini mempelajari karya sastra dalam bahasa Sunda, baik itu puisi, prosa, atau drama, serta perkembangan bahasa dan budaya Sunda secara umum.

    • Peminat 2022: 207
    • Daya Tampung 2023: 36

    6. Sastra Rusia

    Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari karya-karya sastra klasik dan kontemporer Rusia, serta mengembangkan kemampuan berbahasa Rusia secara lisan dan tulisan.

    • Peminat 2022: 161
    • Daya Tampung 2023: 23

    7. Sastra Jerman

    Jurusan Sastra Jerman di Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah program studi yang mempelajari bahasa, sastra, dan budaya Jerman.

    • Peminat 2022: 198
    • Daya Tampung 2023: 23

    8. Administrasi Bisnis PSDKU Pangandaran

    Program studi ini akan mempelajari berbagai aspek terkait bisnis, seperti pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan manajemen operasional.

    • Peminat 2022: 156
    • Daya Tampung 2023: 16

    9. Ilmu Komunikasi PSDKU Pangandaran

    Fokus program studi ini adalah pada penerapan praktis ilmu komunikasi dalam bidang media dan industri kreatif, serta penelitian dan pengembangan dalam bidang komunikasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

    • Peminat 2022: 190
    • Daya Tampung 2023: 22

    Berkuliah di Jurusan Pilihan UNPAD dengan Bayar Pakai Danacita

    Itu dia penjelasan mengenai jurusan di UNPAD. Jika kamu ingin berkuliah di UNPAD namun mengalami kendala terkait biaya, dapat menggunakan layanan pembiayaan pendidikan terjangkau yang disediakan oleh Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk meningkatkan akses pendidikan bagi pelajar di seluruh Indonesia. Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK serta bersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data.

    Selain itu, Danacita telah menjalin kerja sama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia, sehingga layanan yang disediakan sangatlah aman dan terpercaya.

    Dengan menggunakan layanan Danacita, kamu dapat membayar biaya kuliah secara bertahap dalam jangka waktu 6 hingga 24 bulan, sehingga dapat lebih ringan bagimu.

    Proses pembayaran juga sangat cepat dan mudah dilakukan secara online, dengan waktu maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar uang muka, jaminan, atau biaya lainnya.

    Untuk informasi selengkapnya kamu bisa kunjungi website Danacita atau jika ingin mengajukan langsung bisa di aplikasi Danacita.

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan unpad unpad jurusan di unpad
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri