Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Hubungan Masyarakat: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-03

jurusan-hubungan-masyarakat

Daftar isi

    Jika membahas bidang komunikasi memang tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan bidang komunikasi itu sendiri sangat luas cakupannya dan memiliki banyak turunan. Jika kamu merasa memiliki passion di bidang ini dan ingin menjadikannya sebagai studi yang dipelajari di perkuliahan, kamu tidak hanya bisa masuk ke jurusan komunikasi lho! Kamu juga bisa masuk ke jurusan hubungan masyarakat.

    Belum pernah dengan atau belum paham betul mengenai jurusan hubungan masyarakat? Tidak apa-apa, karena di artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai jurusan hubungan masyarakat mulai dari pengertian, mata kuliah, prospek kerja, hingga rekomendasi kampusnya. Sudah semakin penasaran? Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

    Apa Itu Jurusan Hubungan Masyarakat?

    Untuk mengenal jurusan hubungan masyarakat, sudah pasti kamu harus tahu pengertian dari jurusan ini. Jurusan hubungan masyarakat adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk meningkatkan citra dan reputasi suatu organisasi di mata masyarakat luas. Jurusan ini juga dikenal dengan sebutan public relations.

    Jika kamu menjadi seorang mahasiswa jurusan hubungan masyarakat, maka kamu akan dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan, seperti cara berkomunikasi dengan baik, cara bernegosiasi, berpikir kreatif, pemasaran, dan lain sebagainya.

    Jurusan Hubungan Masyarakat adalah turunan dari Jurusan Ilmu Komunikasi. Dalam jurusan ini, kamu harus mampu membangun hubungan antara pihak perusahaan dengan pihak eksternal seperti, individu, investor, pemerintah, dan masyarakat luas.

    Lebih lanjut, mahasiswa jurusan hubungan masyarakat juga dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas. Hal ini diperlukan untuk mendukung proses komunikasi yang menjadi tanggung jawab jika sudah terjun di dunia kerja setelah menjadi lulusan dari jurusan ini.

    Matkul dan perkuliahan jurusan hubungan masyarakat

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jurusan hubungan masyarakat adalah jurusan yang tidak terlepas dari kegiatan komunikasi. Maka dari itu mata kuliah yang ditekankan adalah mata kuliah yang tentunya bisa menunjang kegiatan komunikasi itu sendiri.

    Beberapa mata kuliah dalam jurusan hubungan masyarakat seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Manajemen Humas, Lobi dan Negosiasi, Periklanan, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Fotografi Periklanan, Leadership dan Team Building, Dasar-dasar Desain Grafis, Penulisan Humas, Opini Publik, Hubungan Media, dan masih banyak lainnya.

    Alasan memilih jurusan hubungan masyarakat

    Masih ragu untuk memilih jurusan hubungan masyarakat? Di bagian ini akan dibahas mengenai alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ini sebagai tujuan studimu. Yang perlu kamu ketahui, jurusan hubungan masyarakat adalah jurusan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan maupun institusi pemerintahan. Selain itu, ada beberapa alasan lain, berikut pemaparannya.

    1. Melatih kemampuan komunikasi untuk meraih karier yang cemerlang.
    2. Melatih berbagai kemampuan seperti komunikasi, fotografi, videografi, desain grafis, dan sebagainya.
    3. Berpikir kritis dan kreatif pendukung pekerjaan.
    4. Banyak dibutuhkan dan dipercaya untuk memajukan perusahaan.
    5. Dibutuhkan di berbagai sektor, mulai dari, pendidikan, periklanan, pariwisata, teknologi, sampai ekonomi.

    Prospek kerja jurusan hubungan masyarakat

    Jika kamu bertanya jurusan apa yang memiliki prospek kerja paling luas, maka jurusan hubungan masyarakat adalah jawabannya. Jurusan hubungan masyarakat memiliki segudang profesi pekerjaan yang bisa kamu eksplor. Tak heran, jika jurusan yang satu ini sudah menjamur dan banyak tersedia di berbagai perguruan tinggi. Beberapa prospek pekerjaan jurusan hubungan masyarakat adalah sebagai berikut:

    • Public Relations
    • Event Organizer
    • Periklanan
    • Tim Kreatif Broadcasting
    • Pegawai Negeri Sipil
    • Media Televisi dan Radio
    • Dosen

    Kampus dengan jurusan hubungan masyarakat terbaik

    Sebelumnya sudah disinggung bahwa jurusan hubungan masyarakat adalah jurusan yang sudah menjamur di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Namun, kamu harus tetap memilih perguruan tinggi dengan jurusan hubungan masyarakat yang berkualitas. Berikut adalah rekomendasinya:

    Universitas Bina Sarana Informatika

    Universitas Bina Sarana Informatika atau UBSI merupakan perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki banyak cabang dan tersebar di seluruh Indonesia. UBSI menyelenggarakan pendidikan program studi Diploma (D3) Hubungan Masyarakat yang telah terakreditasi B sesuai dengan SK BAN-PT No.2126/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VII/2019.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Mau Kuliah di UBSI? Yuk pelajari Jurusan di UBSI

    LSPR Communications and Business Institute

    LSPR Communications and Business Institute merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta dan Bekasi. LSPR sebelumnya dikenal dengan nama London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. LSPR sebagai lembaga pendidikan memiliki predikat Unggul (A) yang telah terakreditasi oleh BAN-PT. Saat ini, LSPR memiliki dua Fakultas, yaitu Fakultas Bisnis dan Fakultas Komunikasi.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Cari Alasan Kuliah Di LSPR? Cek Disini Jawabannya

    Berkuliah di jurusan hubungan masyarakat dengan Danacita

    Gimana? Setelah baca informasi lengkap seputar jurusan hubungan masyarakat apa kamu mulai merasa tertarik? Jika iya, kamu bisa langsung daftar ke kampus yang sudah direkomendasikan sebelumnya. Tapi jika kamu merasa terkendala perihal biaya, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi karena Danacita sudah bekerjasama dengan kampus-kampus tersebut dalam memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 2018. Hingga sekarang, Danacita sudah memiliki partner kerja sama selain UBSI maupun LSPR, yaitu sebanyak lebih dari 130 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia baik itu formal maupun non formal.

    Kamu bisa membayar biaya kuliah di UBSI dan LSPR yang lebih terjangkau karena bisa dicicil mulai dari 6 hingga 24 bulan. Yang lebih penting, Danacita juga sudah memiliki izin dan diawasi langsung oleh OJK, jadi sudah pasti terjamin dan aman. Prosesnya yang cepat dan mudah secara online juga menjadi kelebihan dari Danacita. Nantinya, pengajuanmu akan diproses maksimal 2 hari kerja. Kamu juga tidak dibebani DP maupun uang jaminan dalam proses pengajuan pembiayaan pendidikan ke Danacita.

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!