Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Ilmu Keolahragaan: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-19

jurusan-ilmu-keolahragaan

Apakah kamu suka berolahraga atau tertarik dengan bidang kesehatan jasmani? Jurusan Ilmu Keolahragaan cocok buat kamu nih. Di jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari berbagai cabang olahraga serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kebugaran dan kesehatan jasmani.

Selain itu, jurusan Ilmu Keolahragaan juga akan belajar bagaimana melatih fisik, psikomotorik, kognitif, afektif, juga sosial secara bersamaan. Ada pula pembelajaran yang terkait dengan gizi, anatomi, fisiologi, kinesiologi, dan lainnya. Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, yuk simak penjelasan lengkap mengenai jurusan Ilmu Keolahragaan mulai dari mata kuliah hingga rekomendasi kampusnya di bawah ini.

Apa Itu Jurusan Ilmu Keolahragaan?

Jurusan Ilmu Keolahragaan adalah jurusan yang mempelajari olahraga kesehatan sehingga mahasiswa di jurusan ini mempelajari keahlian khusus di bidang jasmani, terapi rehabilitasi fisik, aktivitas jasmani, dan juga manajemen olahraga.

Meskipun dilihat dari nama jurusannya hanya mengedepankan kata “olahraga”. Aktualnya, mahasiswa jurusan ilmu keolahragaan mempelajari lebih banyak materi, tidak hanya tentang kegiatan olahraga saja. Misalnya mempelajari ilmu kedokteran dasar seperti anatomi, fisiologi, fisioterapi olahraga, biokimia, dan mata kuliah di bidang kesehatan lainnya.

Selain belajar teori dan praktiknya, dalam jurusan Ilmu Keolahragaan juga akan diajarkan tentang aturan dalam setiap permainan olahraga, hingga mencakup ilmu kesehatan juga, tidak lupa dengan ilmu pendidikannya, karena memang dalam jurusan ini dasarnya tetap ilmu pendidikan, kamu juga akan belajar tentang kemampuan komunikasi, sosial, mengedukasi, persuasi, bekerja dengan tim, dan pemahaman ilmu kesehatan juga.

Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Ilmu Keolahragaan

Masuk ke jurusan Ilmu Keolahragaan memberi kesempatan bagi kamu untuk lebih banyak praktek di lapangan. Bukan untuk melakukan pembedahan dan memasang selang infus sebagaimana jurusan di bidang kesehatan, melainkan untuk praktek olahraga jenis tertentu.

Bagi kamu yang memang sejak lama menyukai kegiatan olahraga dan berprestasi di bidang ini, dijamin akan menikmati masa perkuliahan. Sebab, dibanding teori, mata kuliah praktek lebih banyak.

Berikut mata kuliah yang biasanya diajarkan di jurusan Ilmu Keolahragaan:

  1. Kimia
  2. Biologi
  3. Atletik dasar
  4. Fisika
  5. Biokimia
  6. Filsafat olahraga
  7. Matematika
  8. Renang dasar
  9. Kesehatan mental
  10. Antropologi
  11. Message
  12. Histologi
  13. Psikologi olahraga
  14. Sistem energi
  15. Fisiologi umum
  16. Ilmu gizi olahraga
  17. Fisioterapi olahraga
  18. Doping
  19. Kesehatan olahraga
  20. Olahraga lansia
  21. Manajemen kebugaran
  22. Analisis mekanika cabor
  23. Olahraga dan lingkungan hidup

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Keolahragaan

Alasan pertama kenapa jurusan Ilmu Keolahragaan tepat dan menarik untuk diambil adalah karena prospek karir atau kerjanya yang bagus. Jadi, setelah lulus kamu bisa menekuni banyak pilihan profesi dengan gaji yang memang menarik bahkan cenderung tinggi.

Mulai dari menjadi atlet, guru olahraga, instruktur olahraga, dan menjadi PNS maupun pegawai di Kementerian Pemuda dan Olahraga sehingga peluang kerjanya luas, dan jika berprestasi kesempatan untuk sukses setelah lulus terbuka lebih lebar.

Selain memiliki prospek pekerjaan yang luas dan beragam, lulusan dari jurusan Ilmu Keolahragaan juga memiliki pekerjaan yang menyenangkan. Sebab umumnya akan lebih banyak terjun langsung di lapangan dan berhubungan dengan kegiatan olahraga.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keolahragaan

Pilihan profesi bagi lulusan jurusan Ilmu Keolahragaan mulai dari konsultan olahraga, atlet, pelatih olahraga, ahli medis olahraga, instruktur senam, personal trainer, dan sebagainya.

Profesi lain yang bisa digeluti misalnya menjadi jurnalis olahraga dan dosen. Namun, jika ingin menjadi dosen harus melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 terlebih dahulu. Bukan hanya itu, lulusan jurusan Ilmu Keolahragaan juga punya peluang untuk meniti karir di lembaga pemerintahan.

Kampus dengan Jurusan Ilmu Keolahragaan Terbaik

Kamu yang memiliki keinginan untuk masuk ke jurusan Ilmu Keolahragaan, tentu ingin masuk ke kampus terbaik agar bisa memperoleh pendidikan dengan kualitas yang unggul. Berikut adalah beberapa kampus terbaik menyediakan program studi S1 Pendidikan Olahraga yang telah bekerja sama dengan Danacita.

1. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

Jurusan Ilmu Keolahragaan UMBY adalah salah satu fakultas yang banyak diminati. Dengan dukungan fasilitas modern berstandar nasional, jurusan ini yakin mampu mewujudkan prestasi olahraga nasional melalui olahraga pendidikan dan olahraga kesehatan.

Informasi selengkapnya di sini.

Baca juga: Ingin Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Simak Profil Lengkapnya di Sini!

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Jurusan Ilmu Keolahragaan UNNES adalah sebelumnya bernama Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di bawah naungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang telah dimulai dengan berdirinya berbagai lembaga pendidikan guru Pendidikan Jasmani di atas jenjang SMA. Sama dengan IKIP yang lain kemudian sesuai keputusan Presiden berubah nama menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES). UNNES memiliki fakultas olahraga yaitu, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan terdapat 4 jurusan diantaranya, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO), Ilmu Keolahragaan (IKOR), dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM).

Informasi selengkapnya di sini.

Baca juga: ELena dan Sitedi UNNES: Panduan Penggunaannya

Berkuliah di Jurusan Ilmu Keolahragaan dengan Danacita

Sekarang kamu bisa mengambil jurusan Ilmu Keolahragaan dengan mudah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau Universitas Negeri Semarang bersama Danacita.

Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pendidikan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau Universitas Negeri Semarang.

Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!