Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-02

jurusan-komunikasi-dan-penyiaran-islam

Daftar isi

    Untuk pelajar yang masih ada di sekolah menengah atas, mungkin ada beberapa diantara kamu yang masih bingung untuk mengambil jurusan apa. Tertarik bekerja di perusahaan media? Atau berdakwah melalui media? Pasti bisa!

    Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir bahwa bila tertarik dengan bidang komunikasi dapat langsung memilih jurusan komunikasi saja. Padahal, sebenarnya ada alternatif jurusan lain lho bila kamu takut bersaing dengan banyak calon mahasiswa baru. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jawabannya.

    Kalau kamu ada rasa penasaran dengan jurusan ini, wajib menyimak artikel ini. Dalam artikel ini akan dibahas mulai dari apa itu Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam? Kenapa harus Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam? Apa saja prospek kerjanya? Simak baik-baik penjelasan berikut ini!

    Apa itu jurusan komunikasi dan penyiaran islam

    Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, sudah pasti kamu harus mengetahui penjelasan jurusan ini terlebih dahulu. Pada dasarnya, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah penyelenggaraan pendidikan yang bergerak di bidang media komunikasi dan penyiaran. Namun, dalam Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam atau kerap disingkat KPI telah terintegrasi dengan media komunikasi dan penyiaran dakwah.

    Pada intinya, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurusan yang mempelajari seputar komunikasi dan penyiaran, termasuk jurnalistik sesuai dengan perspektif Islam yang umumnya digunakan untuk berdakwah.

    Matkul dan perkuliahan jurusan komunikasi dan penyiaran islam

    Pada jurusan komunikasi, umumnya mereka berkonsentrasi pada public relations. Sedangkan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurusan yang berkonsentrasi pada dua bidang, yakni jurnalistik dan penyiaran.

    Beberapa mata kuliah yang nantinua akan kamu pelajari selama menjalani kuliah dalam konsentrasi jurnalistik, contohnya seperti, Jurnalistik Cetak, Jurnalistik Online, Jurnalistik Investigatif, Hukum dan Etika Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, Reportase, dan lain-lain.

    Sedangkan mata kuliah yang akan kamu pelajari selama menjalani kuliah dalam konsentrasi penyiaran seperti, Hukum dan Etika Penyiaran, Jurnalistik Penyiaran, Reportase radio/TV, Newscasting, Editing Siaran Radio/TV, Sinematografi, dan lain sebagainya.

    Alasan memilih jurusan komunikasi dan penyiaran islam

    Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurusan yang sejalan dengan perintah agama seperti berdakwah. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, proses berdakwah menjadi lebih mudah. Ini bisa menjadi alasan pertama untuk kamu memilih jurusan komunikasi dan penyiaran islam.

    Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa penting untuk pilih Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam seperti, membantu proses dakwah menjadi lebih mudah dan memiliki cakupan yang luas, banyaknya perusahaan media, serta prospek kerjanya yang cukup luas.

    Prospek kerja jurusan komunikasi dan penyiaran islam

    Prospek kerja Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah salah satu yang paling dicari. Apalagi di zaman modern sekarang, perusahaan media terus berkembang pesat sehingga muncul berbagai macam perusahaan media baru.

    Perusahaan media tersebut juga tidak hanya terbatas pada media televisi saja. Lebih daripada itu, ada banyak perusahaan media yang berbasis radio maupun online yang saat ini bermunculan. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga komunikasi dan penyiaran juga makin dibutuhkan.

    Beberapa prospek kerja Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah sebagai berikut:

    • Wartawan atau Reporter
    • Editor
    • Jurnalis
    • Penyiar
    • Presenter
    • Public Speaker
    • Penulis Artikel
    • Kru Broadcasting
    • Serta masih banyak lainnya.

    Kampus dengan jurusan komunikasi dan penyiaran islam terbaik

    Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurusan yang terbatas pada kampus keagamaan Islam saja. Setelah paham mengetahui informasi seputar jurusan ini, tentu kamu juga harus teliti dalam memilih kampus. Pilihlah kampus yang memiliki fasilitas dan kurikulum terbaik, supaya kamu bisa mendapat pengajaran yang maksimal dan berkualitas. Beberapa kampus rekomendasinya antara lain:

    Universitas Islam Bandung

    Universitas Islam Bandung atau UNISBA merupakan salah satu perguruan tinggi Islam yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurusan dengan predikat B sesuai dengan BAN-PT No. 139/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015, tahun 2015.

    Program studi KPI bertujuan untuk menciptakan program studi yang terkemuka di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam serta melahirkan sarjana yang memiliki kemampuan keilmuan Komunikasi dan Penyiaran Islam, kepribadian, keterampilan, dan peneliti di bidangnya.

    Info lebih lengkap di sini.

    Baca juga: Mulai Dari Biaya Kuliah Hingga Sejarah, Simak Fakta-Fakta Terbaru UNISBA Bandung di Sini

    Universitas Islam Nusantara

    Universitas Islam Nusantara atau UNINUS merupakan salah satu perguruan tinggi yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. UNINUS juga menyelenggarakan pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang telah terakreditasi B mulai tahun 2020 sampai tahun 2025.

    Info lengkapnya di sini.

    Baca juga: Ingin Kuliah di Universitas Islam Nusantara? Cek Di sini Biaya Terbarunya!

    Berkuliah di jurusan komunikasi dan penyiaran islam dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap seputar Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam hingga rekomendasinya. Jika kamu ingin berkuliah di jurusan komunikasi dan penyiaran islam tapi merasa kesulitan membayar biaya pendidikan, segera gunakan Danacita sebagai solusi pembayaran yang telah bekerja sama dengan kampus rekomendasi tersebut.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang sudah memiliki lebih dari 130 institusi pendidikan. Kamu bisa mencicil biaya kuliahmu mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Lebih lanjut, kamu tidak perlu khawatir karena Danacita sudah berizin dan diawasi OJK jadi sudah pasti aman dan terjamin.

    Alasan lain untuk kamu memilih Danacita yaitu:

    • Diproses maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP atau uang jaminan
    • Proses pengajuan secara online
    • Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!