Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Kuliah di UBSI? Yuk pelajari Jurusan di UBSI

2022-09-09

universitas-bsi.png

Gedung Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Source: bsi.ac.id

Daftar isi

    Tentang Universitas Bina Sarana Informatika

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) merupakan salah satu universitas swasta Indonesia yang berdiri pada 3 Maret 1988. Universitas ini awalnya bernama Akademi Bina Sarana Informatika (BSI) yang kemudian secara resmi berubah menjadi menjadi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sesuai dengan Penyerahan Surat Keputusan Perubahan yang berlangsung di BSI Convention Center 16 September 2018 lalu. Saat ini UBSI memiliki 35 cabang kampus yang tersebar di 20 kota, Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Karawang, Cikampek, Cibitung, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Pontianak.

    Fakultas dan Jurusan UBSI

    1. Fakultas Teknik Informatika

    Fakultas Teknik Informatika UBSI merupakan sebuah fakultas yang menghadirkan jurusan-jurusan untuk menghasilkan profesional muda yang memiliki kompetensi unggul di bidang teknik dan informatika. Di sini kamu akan mendapatkan pengetahuan yang spesifik dan relevan terhadap perkembangan teknologi terkini.

    Jurusan yang ada di fakultas Teknik Informatika UBSI antara lain:

    • Sistem Informasi (S1)
    • Teknologi Informasi (S1)
    • Rekayasa Perangkat Lunak (S1)
    • Ilmu Komputer (S1)
    • Teknik Industri (S1)
    • Teknik Elektro (S1)
    • Sistem Informasi (D3)
    • Sistem Informasi Akuntansi (D3)
    • Teknologi Komputer (D3)

    2. Fakultas Komunikasi dan Bahasa

    Fakultas Komunikasi dan Bahasa merupakan fakultas yang dikembangkan untuk mewadahi kebutuhan profesional muda di bidang komunikasi dan bahasa. Seiring perkembangannya. UBSI juga ikut mengembangkan kurikulum yang ada di fakultas ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait peluang dan tantangan yang dihadapi di era digital kepada mahasiswa.

    Berikut jurusan yang ada di Fakultas Komunikasi dan Bahasa UBSI:

    • Ilmu Komunikasi (S1)
    • Sastra Inggris (S1)
    • Public Relations (D3)
    • Broadcasting (D3)
    • Advertising (D3)
    • Bahasa Inggris (D3)

    Baca juga: Yuk Intip Organisasi Kemahasiswaan Yang Seru di UBSI


    3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Kamu ingin belajar dunia bisnis dan bagaimana mengembangkannya di era digital teknologi saat ini? Fakultas Bisnis Ekonomi UBSI sangat cocok untuk kamu. Di sini kamu akan banyak mempelajari ilmu dan teori-teori ekonomi untuk diterapkan dalam praktik bisnis. Selain itu kamu juga akan mempelajari bagaimana merancang strategi bisnis dan mengambil keputusan bisnis.

    Adapun jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBSI antara lain:

    • Manajemen (S1)
    • Akuntansi (S1)
    • Administrasi Perkantoran (D3)
    • Akuntansi (D3)
    • Administrasi Bisnis (D3)
    • Manajemen Pajak (D3)
    • Perhotelan (D3)

    Fasilitas Kampus yang Ada di UBSI

    Sebagai salah satu kampus swasta terbaik dan berkualitas, UBSI selalu berusaha untuk menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan perkuliahan. Sebab kelengkapan fasilitas ini bisa menjadi salah satu indikator kesuksesan kampus.

    Di UBSI sendiri menyediakan sejumlah fasilitas yang lengkap, mulai dari fasilitas pendidikan, olahraga, hingga fasilitas umum lainnya. Berikut fasilitas yang ada di UBSI:

    • Ruang kelas dengan perlengkapan proyektor
    • Ruang praktikum
    • Laboratorium bahasa
    • Laboratorium komputer
    • Wisma
    • Aula
    • Mushalla
    • Lapangan olahraga
    • Dan fasilitas umum lainnya

    Jenjang Karir Jurusan UBSI

    Tidak bisa dipungkiri jika salah satu tujuan berkuliah adalah sebagai bekal untuk terjun di dunia kerja. Oleh karena itu,, sangat penting untuk memilih jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas. Jurusan-jurusan di UBSI termasuk jurusan yang sangat dibutuhkan di berbagai industri. Sehingga prospek kerja dan jenjang karir untuk jurusan di UBSI sangat terbuka lebar.

    1. Jenjang Karir Fakultas Teknik Informatika

    Seiring perkembangan teknologi dan dunia digital yang sangat pesat saat ini, jurusan-jurusan yang ada di lingkup teknik dan informatika merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja dan jenjang karir yang sangat luas.

    Untuk kamu yang ingin mengambil jurusan Sistem Informasi misalnya. Setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi Application Engineer, Data Scientist, Software Developer hingga konsultan. Atau untuk kamu yang mengambil jurusan Teknik Industri, kamu bisa berkarir sebagai Project Manager, Health and Safety Environment Engineer, dan Engineering Manager.

    2. Jenjang Karir Fakultas Komunikasi dan Bahasa

    Dari dulu hingga kini, ilmu bahasa dan komunikasi merupakan salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan kapanpun dan dimanapun. Apapun industrinya, para lulusan komunikasi dan bahasa akan selalu dibutuhkan.

    Misalnya untuk lulusan Public Relation yang memiliki prospek kerja dengan cakupan yang luas. Hingga saat ini, perusahaan ataupun organisasi akan membutuhkan tenaga Humas. Jurusan Sastra dan Bahasa Inggris juga merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja dan jenjang karir yang luas. Mulai dari translator, copywriter, pengajar, hingga editor.

    3. Jenjang Karir Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Sebagai fakultas yang memberikan pengetahuan terkait dunia ekonomi dan bisnis, para lulusan dari fakultas ini sangatlah dibutuhkan. Hal ini membuat prospek kerja dan jenjang karir jurusan di fakultas ini sangat terbuka lebar dan bisa berkarir di industri mana saja.

    Misalnya jurusan ekonomi yang secara umum dapat berkarir di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, sektor publik, aktuaria dan analisis data, dan masih banyak lagi.

    Alumni UBSI yang Sukses di Karirnya Masing-masing

    UBSI menyelenggarakan program pendidikan akademik dan vokasi yang mendukung ekonomi kreatif serta penelitian berkualitas yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, kreatif, inovatif, kompetitif dan berakhlak mulia memiliki kemampuan dalam mengembangkan, mengimplementasikan dan menyebarkan teknologi di bidang ekonomi kreatif. Hal ini tertuang dalam misi dan tujuan UBSI.

    Tak heran, jika banyak alumni UBSI yang sukses di karirnya masing-masing. Salah satunya adalah Puguh Warsito yang merupakan lulusan dari prodi Teknologi Komputer Universitas BSI. Saat ini ia sukses berkarir sebagai staf komunikasi Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

    Alumni lain yang juga sukses adalah Heri Heryadi yang merupakan alumni UBSI kampus Fatmawati angkatan 2016. Ia sukses berkarir di bidang Teknologi Informasi dan saat ini telah bekerja di bidang jaringan komputer pada PT Indonesia Comnet Plus (ICON+) yang merupakan entitas anak PT PLN (Persero).

    Kerjasama Resmi UBSI dan Danacita

    Danacita merupakan perusahaan finansial teknologi yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Sebagai komitmen untuk dapat memberikan kemudahan dalam proses pembiayaan pendidikan bagi calon mahasiswa dan mahasiswa aktif di UBSI, Danacita menjalin kerjasama dengan UBSI.

    Dengan terwujudnya kerjasama ini, sangat menguntungkan bagi calon mahasiswa maupun mahasiswa aktif UBSI yang terkendala biaya. Kamu dapat mengajukan program cicilan multi semester di Danacita dan dapat langsung membiayai pendidikannya sampai dengan 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan. Pastinya, program cicilan multi semester ini akan memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa dan mahasiswa aktif untuk meraih cita-cita masa depan bersama Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!