Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Ingin Kuliah di Jurusan Manajemen Informatika? Berikut Prospek Kerjanya

2022-10-03

Daftar isi

    Perkembangan dunia digital yang begitu pesat saat ini ikut melahirkan skill digital dan teknologi yang dibutuhkan industri. Untuk memenuhi kebutuhan ini, banyak kampus yang akhirnya membuka jurusan-jurusan di bidang digital dan teknologi. Salah satunya adalah jurusan manajemen informatika atau Manajemen Informasi.

    Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang menantang karena berfokus pada pengintegrasian solusi teknologi informasi berbasis komputer dan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan perusahaan lain. Kenapa kamu harus masuk di jurusan ini? Dan bagaimana prospek kerja lulusan jurusan Manajemen Informatika? Simak jawabannya di artikel berikut.

    Apa itu Manajemen Informatika?

    Sederhananya, jurusan Manajemen Informatika atau manajemen informasi adalah jurusan yang mempelajari tentang penggunaan teknologi, khususnya berfokus pada pengumpulan dan pengelolaan informasi untuk keperluan pengembangan bisnis. Ini mencakup tentang bagaimana orang dan organisasi bekerja dengan informasi, biasanya informasi digital, serta data dan bagaimana itu dikumpulkan, diformat dan didistribusikan.

    Skill yang dibutuhkan pada jurusan ini adalah skill analisis yang didukung dengan skill merancang, mengembangkan, hingga mengelola teknologi informasi. Mempelajari manajemen informasi di universitas akan membantu kamu membangun pemahaman tentang konsep dan prinsip inti yang terkait dengan manajemen informasi.

    Baca juga: Mau jadi ahli manajemen informatika? Saatnya Bergabung Ke Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer

    Mengapa Harus Masuk Jurusan Manajemen Informatika?

    Jika kamu masih ragu, berikut ini adalah beberapa alasan untuk masuk ke jurusan manajemen informatika.

    1. Kebutuhan Industri Akan Lulusan Manajemen Informatika yang Semakin Meningkat

    Alasan pertama kamu harus masuk jurusan manajemen informatika yaitu karena kebutuhan industri yang semakin meningkat. Perkembangan dunia digital yang begitu pesat sejalan dengan kebutuhan sumber daya di bidang teknologi, termasuk manajemen informatika. Dengan digitalisasi informasi, ada permintaan yang meningkat untuk lulusan manajemen informasi dan keterampilan serta pengetahuan yang dapat mereka bawa ke bisnis.

    Informasi adalah kunci untuk bisnis apa pun dan sangat penting untuk menyimpan, memformat, dan mendistribusikannya dengan benar. Satu sisi dari peningkatan permintaan datang dari keinginan untuk membuat sistem manajemen informasi lebih efisien dan sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Sebagai lulusan Manajemen Informasi, kamu dapat membantu memastikan bahwa setiap data inti sebuah bisnis akan berjalan lancar dan aman.

    2. Pembelajaran yang Multidisiplin

    Selanjutnya, kamu harus masuk ke jurusan manajemen informatika karena pembelajaran yang multidisiplin. Mempelajari manajemen informasi berarti kamu akan mempelajari juga bidang studi menarik lainnya yang semakin diminati. Kamu akan bersentuhan dengan ilmu lain seperti desain yang berpusat pada pengguna atau biasa disebut UI/UX designer, big data yang merupakan bidang yang berfokus pada cara menangani kumpulan data yang biasanya terlalu besar atau rumit untuk metode dan perangkat lunak pemrosesan data tradisional hingga studi tentang programing dan yang lainnya.

    3. Dapat Mengembangkan Kemampuan yang Dapat Ditransfer

    Hal lain yang menjadi alasan kamu harus masuk ke jurusan Manajemen Informatika yaitu dapat mengembangkan kemampuan yang bisa ditransfer. Tak hanya mendapatkan pembelajaran multidisiplin saja, Manajemen informasi juga akan membantu kamu mengembangkan keterampilan yang diinginkan oleh semua industri di seluruh dunia. Beberapa keterampilan yang dapat ditransfer yang akan kamu pelajari antara lain penyelesaian masalah, organisasi, komunikasi, analitis, pengambilan keputusan pengolahan data, penulisan laporan, hingga kemampuan presentasi

    4. Dapat Bekerja Di Semua Industri

    Alasan terakhir untuk kamu masuk ke jurusan manajemen informatika yaitu dapat bekerja di semua industri. Lulus dengan gelar dalam manajemen informasi berarti kamu akan memiliki fleksibilitas untuk dapat mengejar karir di industri apa pun. Manajemen informasi diperlukan di semua bisnis, baik yang sudah besar dan maupun yang masih merintis, seperti start upl, sehingga kamu dapat menggabungkan pengetahuan dan keterampilan kamu untuk bekerja di industri manapun. Misalnya keuangan, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

    Prospek Kerjaan Lulusan Jurusan Manajemen Informatika

    Setelah mengetahui alasan kenapa kamu harus masuk ke jurusan ini, berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan jurusan manajemen informatika.

    1. Programmer

    Programmer merupakan salah satu prospek kerjaan yang paling umum untuk lulusan jurusan manajemen informatika. Profesi ini bertugas untuk membuat sistem perangkat lunak dari awal sampai sistem itu benar-benar berfungsi dan dapat digunakan untuk kepentingan bisnis.

    Sebagian besar programmer memiliki latar belakang komputasi dan pengkodean yang luas di berbagai bahasa dan platform pemrograman, termasuk Structured Query Language (SQL), Perl, Extensible Markup Language (XML), PHP, HTML, C, C++ dan Java.

    2. Sistem Analis

    Prospek kerja jurusan manajemen informatika selanjutnya yaitu sistem analis. Seorang Sistem Analis bertugas untuk membuat perencanaan, koordinasi, dan menganalisis sistem perangkat lunak yang sudah dibuat. Tak hanya di belakang layar, seorang Sistem Analis juga melakukan banyak interaksi dengan berbagai stakeholder, seperti klien, designer programmer yang kemudian disusun dokumentasi tentang software yang akan atau telah dibuat untuk memastikan kalau sistem software tersebut dapat bekerja secara maksimal.

    3. Software Engineer

    Selanjutnya, prospek kerja dari jurusan manajemen informatika yaitu menjadi software engineer. Tugas utama dari seorang Software Engineer adalah mengembangkan sistem informasi perangkat lunak yang sudah dirancang oleh seorang programmer untuk disesuaikan dengan kebutuhan suatu organisasi atau perusahaan sehingga peran software engineer akan dibutuhkan oleh perusahaan juga. Skill utama yang dibutuhkan oleh software engineer adalah kombinasi dari beberapa kemampuan teknis dan soft skill seperti bahasa pemrograman, ketelitian, kemampuan beradaptasi, dan lain sebagainya.

    4. IT Konsultan

    Prospek kerja jurusan manajemen informatika lain yang perlu diketahui adalah menjadi IT konsultan sendiri. Namun tentu menjadi seorang konsultan akan semakin baik jika kamu pernah bekerja langsung menangani suatu project. Agar pemahaman kamu sejalan dengan pengalaman praktik yang kamu dapatkan.

    5. Tenaga Pendidik

    Yang terakhir, prospek kerja jurusan manajemen informatika yaitu menjadi tenaga pendidik. Lulusan Manajemen Informatika tidak hanya bisa bekerja di industri teknologi saja. Kamu juga bisa berkarir sebagai tenaga pendidik, seperti dosen ataupun tutor pelatihan. Bertumbuhnya peminat jurusan manajemen informatika yang semakin tahun semakin banyak membuat tenaga pendidik untuk jurusan ini juga bertumbuh.

    Jika kamu ingin berprofesi sebagai dosen, maka kamu harus mengambil S2 terlebih dahulu. Namun ada profesi lain yang bisa kamu ambil meskipun kamu adalah lulusan S1, tetapi telah memiliki banyak pengalaman dan jam terbang di dunia IT, kamu bisa menjadi tutor di pelatihan-pelatihan IT.

    Rekomendasi Kampus dengan jurusan Manajemen Informatika

    Setelah memahami penjelasan, alasan dan prospek kerjanya, berikut ini ada beberapa rekomendasi kampus dengan jurusan manajemen informatika.

    1. Universitas Tarumanagara

    Kampus pertama yang bisa menjadi pilihan untuk berkuliah di jurusan manajemen informatika adalah Universitas Tarumanagara. Universitas Tarumanagara (UNTAR) merupakan salah satu universitas tertua, terbesar, dan terbaik di Indonesia, Terakreditasi A oleh BAN-PT dan memiliki 30 Program Studi terakreditasi nasional dan internasional, salah satunya Sistem Informasi.

    Program Studi Sarjana Sistem Informasi (UNTAR) terakreditasi A, dapat diselesaikan dalam 7 semester dan terdapat juga kelas sore yang memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk belajar secara komprehensif. Dengan menerapkan sistem Blended Learning, pembelajaran lintas Prodi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta tersedia program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja dan prestasi bidang akademik maupun non-akademik. Hal ini akan semakin menambah pengetahuan dan kemampuan kamu mengenai sistem informasi dan penerapannya ke dalam berbagai project.

    2. President University

    Kampus lainnya yang juga menawarkan jurusan manajemen informatika yaitu President University. Kampus ini merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang berstandar internasional bertempat di Kawasan Industri Jababeka, sebuah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. President University menawarkan lingkungan penelitian dan pembelajaran internasional yang kuat karena perkuliahannya dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

    Program Studi Sistem Informasi President University memiliki hubungan yang kuat dengan ilmu informasi, ilmu komputer, bisnis, dan teknologi serta dengan manajemen proyek. Di sini kamu akan mempelajari banyak hal mengenai topik-topik seperti: pemrograman, database, jaringan komputer, analisis proses bisnis, manajemen proyek sistem informasi, akuntansi, perencanaan sumber daya perusahaan, sistem perusahaan, analisis dan desain sistem informasi, pengujian dan implementasi, e-commerce , teknologi perangkat lunak e-bisnis, web, dan desain media interaktif.

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai jurusan manajemen informatika. Prospek kerjanya yang begitu luas dengan tawaran gaji yang besar membuat jurusan ini menjadi salah satu impian bagi banyak pelajar. Apakah kamu salah satunya?

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!