Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Manajemen Pajak: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-11-29

jurusan-manajemen-pajak

Daftar isi

    Menentukan jurusan kuliah adalah satu diantara keputusan penting dalam hidup. Sebab, itu akan membantumu lebih termotivasi dalam menjalani proses perkuliahan seperti mengerjakan tugas, menyelesaikan skripsi, juga kesenangan dalam belajar yang akan membawamu pada berbagai prestasi menuju prospek karir terbaik kedepannya. Jika masih bingung dan suka dengan dunia perpajakan, kamu bisa memilih jurusan Manajemen Pajak.

    Umumnya, jurusan Manajemen Pajak akan mempelajari ilmu penatausahaan dan pelayanan terhadap kewajiban-kewajiban dan hak-hak wajib pajak, baik penatausahaan dan pelayanan di kantor fiskus maupun di kantor wajib pajak .

    Nah, jika kamu tertarik memilih jurusan Manajemen Pajak, yuk simak informasi lengkapnya mulai dari mata kuliah hingga rekomendasi kampus terbaiknya di bawah ini!

    Apa Itu Jurusan Manajemen Pajak?

    Jurusan Manajemen Pajak adalah bidang keilmuan yang mempelajari kegiatan perusahaan yang berkecimpung dalam ilmu ekonomi dan bisnis mengenai tata kelola pajak. Jurusan perpajakan ini akan menyiapkan para ahli pajak yang profesional. Di sini kamu tak hanya belajar pajak saja, namun juga akan belajar seputar kewajiban dan hak wajib pajak orang pribadi maupun sebuah lembaga. Intinya kamu akan belajar juga bagaimana proses pengaplikasian pajak tersebut.

    Selain itu, mahasiswa jurusan Manajemen Pajak juga dibekali beberapa keterampilan khusus, antara lain:

    • Membuat laporan keuangan komersial berdasar pada standar dan peraturan akuntansi yang sudah ditetapkan.
    • Membuat Surat Pernyataan (SPT) dan Surat Setoran Pajak (SSP) Pajak Pendapatan (PPh) sesuai ketentuan perundangan yang berjalan.
    • Membuat laporan keuangan fiskal berdasar pada undang-undang perpajakan dan ketentuan-peraturan ringkas yang lain.
    • Melakukan dan mengaplikasikan etika bisnis dan profesi perpajakan.
    • Membuat Surat Pernyataan (SPT) dan Surat Setoran Pajak (SSP) Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) sesuai ketentuan perundangan yang berjalan.
    • Menjalankan dan manfaatkan software, program pengolah angka, program pengolahan data, program presentasi, dan program perpajakan.
    • Memilih sistem dan melakukan proses audit perpajakan sesuai standar kontrol yang berlaku.
    • Mengaplikasikan pendayagunaan manajemen perpajakan pada perusahaan.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Manajemen Pajak

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapat saat memilih jurusan Manajemen Pajak, diantaranya:

    • Akuntansi perpajakan
    • Kebijakan umum perpajakan
    • Etika administrasi
    • Perencanaan pajak
    • Penilaian
    • Pajak penghasilan orang pribadi
    • Pajak penghasilan badan
    • Pajak bumi
    • Hukum bisnis
    • Perpajakan internasional
    • Kepabeanan dan cukai

    Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pajak

    Jika masih ada yang bingung untuk menentukan jurusan perkuliahan dan ragu apakah sebaiknya masuk atau tidak, ada berbagai alasan yang bisa menjadi pertimbangan mengapa sebaiknya memilih jurusan Manajemen Pajak.

    Berbagai alasan untuk memilih jurusan perpajakan ini dilihat dari berbagai sisi, mulai dari proses pendidikannya, prospek kerja setelah lulus, hingga jenjang karir.

    1. Peluang Kerja di Semua Industri

    Jurusan Manajemen Perpajakan memiliki peluang kerja yang luas, sebab segala macam industri yang ada berurusan dengan pajak. Sebagai contoh, pemerintah membutuhkan para ahli pajak dalam mengelola sumber penerimaan negara tersebut.

    Selain itu, perusahaan juga memerlukannya untuk mengatur pajak yang dibayarkan ke negara. Seseorang yang menjabat posisi tersebut perlu menghitung besaran pajak, pajak penghasilan pegawai, atau menyusun laporan pajak.

    2. Bisa Memiliki Usaha Sendiri

    Bagi kamu yang ingin mendirikan usaha sendiri, maka bisa membuka kantor konsultan pajak secara mandiri. Ada banyak perusahaan atau instansi lain yang membutuhkan jasa konsultan pajak karena mengurusnya bukan hal yang mudah

    3. Jenjang Karir yang Tinggi

    Selain dapat memilih pekerjaan yang beragam, jenjang karir seseorang yang lulus dari jurusan perpajakan juga tinggi. Sehingga dapat naik jabatan dengan mudah di tempatnya bekerja. contohnya seseorang yang sudah bekerja sebagai akuntan pajak nantinya bisa naik jabatan menjadi seorang manajer perpajakan, bahkan menjadi direktur perpajakan.

    Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pajak

    Nah, setelah mengetahui alasan masuk jurusan Manajemen Pajak, pastinya kamu juga penasaran bukan seperti apa peluang kerja yang akan kamu hadapi setelah lulus? Untuk hal ini kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa jabatan atau posisi spesifik yang hanya cocok diisi oleh lulusan jurusan Manajemen Perpajakan.

    • Pegawai Negeri Sipil
    • Pegawai Bank
    • Dosen
    • Akuntan
    • Ahli Pajak
    • Staf Administrasi Keuangan

    Kampus dengan Jurusan Manajemen Pajak Terbaik

    Kamu bingung memilih kampus dengan jurusan Manajemen Pajak terbaik? Universitas Bina Sarana Informatika atau UBSI jenjang D3 bisa menjadi pilihan yang tepat. Kampus ini menerapkan untuk melakukan proses manajemen perpajakan dengan baik, sedikitnya ada 3 syarat yang perlu disanggupi. Diantaranya, pertama tidak melanggar peraturan yang berlaku, kedua harus rasional atau tidak mengada-ada, dan terakhir harus didukung dengan bukti-bukti valid.

    Saat memilih jurusan Manajemen Pajak di UBSI, kamu akan diajarkan beberapa mata kuliah sesuai dengan industri kerja yang dibutuhkan, seperti:

    1. Dasar-dasar Perpajakan
    2. Ketentuan Umum Tata Cara Pajak
    3. PPh Orang Pribadi
    4. Aplikasi Komputer Perpajakan (E-SPT)
    5. PPh Badan
    6. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
    7. Analisis Laporan Keuangan
    8. Akuntansi Perpajakan
    9. Audit Pajak
    10. Manajemen Keuangan

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Mau Kuliah di UBSI? Yuk pelajari Jurusan di UBSI

    Berkuliah di Jurusan Manajemen Pajak dengan Danacita

    Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai jurusan Manajemen Pajak yang harus kamu tahu. Jika kamu punya kendala terkait biaya pendidikan, maka segera gunakan Danacita sebagai solusi biaya pendidikan yang telah bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Danacita tercatat telah memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 120 mitra pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan

    Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.

    • Persyaratan mudah

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    • Proses pengajuan mudah berbasis online

    Kamu bisa mulai melakukan pengajuan di mana pun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.

    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu dia keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan Danacita. Tunggu apa lagi? Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UBSI manajemen pajak ubsi manajemen pajak jurusan manajemen pajak
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri