Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-16

jurusan-pendidikan-bahasa-inggris

Daftar isi

    Memilih jurusan di era sekarang akan terasa lebih sulit dibandingkan dahulu, karena saat ini sudah banyak jurusan segala bidang sehingga membuat calon mahasiswa merasa bingung menentukan jurusan. Namun, untuk calon mahasiswa yang tertarik dengan bahasa asing, maka ada jurusan yang sepertinya akan cocok, yakni jurusan pendidikan bahasa Inggris.

    Kini, penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari tentu menjadi hal yang sudah biasa. Terlebih lagi, bahasa Inggris sangat diperlukan agar bisa berkomunikasi antar negara. Melihat pentingnya peran bahasa Inggris yang menjadi skill wajib di zaman sekarang ini tidak mengherankan jika jurusan pendidikan bahasa Inggris banyak peminatnya.

    Namun, sebelum memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris, tentu kamu bertanya seperti apa mata kuliah ini yang nantinya akan dipelajari dan apakah harus pintar berbahasa Inggris dulu sebelum masuk ke jurusan pendidikan bahasa Inggris?

    Apa Itu Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

    Program studi atau jurusan pendidikan bahasa Inggris adalah salah satu jurusan yang ada di dalam suatu universitas yang di mana hampir semua mata kuliahnya berisi tentang keguruan bahasa Inggris. Oleh karena itu, program studi ini sangat pas bagi kalian yang memiliki cita-cita sebagai guru.

    Dalam jurusan pendidikan bahasa Inggris, biasanya mahasiswa akan mempelajari berbagai

    macam bentuk tense. Misalnya, simple past tense (membicarakan masa lalu), simple present tense (membicarakan masa sekarang), dan simple future tense (membicarakan masa depan). Semua tense tersebut merupakan pelajaran dasar yang biasa kita temukan saat menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP).

    Selain itu, bentuk-bentuk kalimat lainnya, seperti expressing intention. Tidak hanya membuat kalimat saja, tetapi juga ada cara membaca bahasa Inggris yang efektif agar lebih mudah dalam mengucapkan setiap kata dan kalimat bahasa Inggris. Bahasa Inggris akan mudah digunakan, apabila dipraktikkan setiap hari.

    Nah, di dalam jurusan pendidikan bahasa Inggris, biasanya akan ada beberapa mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Inggris.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

    Agar kamu semakin memiliki gambaran tentang jurusan pendidikan bahasa Inggris, berikut ini adalah mata kuliah yang biasanya dipelajari:

    1. Speaking of Everyday Communication
    2. Literal Reading
    3. Basic English Grammar
    4. Literal Listening
    5. Speaking for Group Activities
    6. Interpretive and Effective Reading
    7. Intermediate English Grammar
    8. Interpretive Listening
    9. ICT Language Learning and Presentation
    10. Psikologi Pendidikan
    11. Advanced Listening
    12. Paragraph Writing
    13. Speaking for Formal Setting
    14. Critical Reading
    15. Essay Writing
    16. Sociolinguistics
    17. Teaching English to Young Learners
    18. English Phonetics and Phonology
    19. Business English
    20. Principles of Language Learnings
    21. Basic Poetry
    22. Language Learning Assessment
    23. English Morphology and Syntax
    24. Education Management
    25. Semantics and Pragmatics
    26. English Curriculum and Instructional Plan
    27. Micro Teaching
    28. Instructional Material and Development

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

    Salah satu alasan memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris adalah prospek kerja yang luas. Hal ini dikarenakan mulai dari SD, SMP, SMA dan di perkuliahan membutuhkan bahasa Inggris dalam kurikulumnya sehingga peluang karir sebagai tenaga pendidik Bahasa Inggris lumayan besar. Kamu juga dapat bekerja di berbagai perusahaan swasta seperti bandara udara, stasiun kereta api, hingga pelabuhan adalah beberapa contoh perusahaan yang bergerak di perhubungan yang dapat kamu masuki.

    Selain itu, kamu juga bisa membuka lembaga kursus belajar bahasa inggris, menjadi freelance jasa translator freelance, menjadi local guide (pemandu wisata), serta memudahkanmu yang ingin melanjutkan studi beasiswa dengan salah satu kompetensi utamanya bahasa Inggris. Dengan bahasa Inggris, kamu dapat berkomunikasi dengan siapa saja. Artinya, keterampilan berbahasa inggris dapat memberikan peluang karir tak hanya di Indonesia, tapi juga di kancah Internasional.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

    Seperti yang dijelaskan di atas, lulusan jurusan pendidikan bahasa Inggris tidak selalu harus mengajar. Berikut prospek kerja jurusan pendidikan bahasa Inggris yang bisa kamu eksplor:

    1. Jurnalis

    Berkarir di media ataupun jurnalisme bukan hal yang tidak mungkin bagi lulusan jurusan pendidikan bahasa Inggris. Karena di jurusan ini, kamu tidak hanya belajar tentang mengajarkan bahasa Inggris ke orang lain. Kamu juga bakal belajar untuk menulis dengan baik dan benar menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

    Selain itu, kemampuan berpikir kritis atau critical thinking dan kemampuan analisis kamu pun akan dilatih di jurusan ini dengan menganalisis kebutuhan pembelajaran siswa. Ilmu dan skill seperti ini sangat dibutuhkan apabila kamu ingin berkarir di bidang ini.

    Dengan begitu, kamu dapat mengetahui inti dari sebuah masalah dan menyampaikannya secara objektif ke publik. Di bidang ini, kamu bisa berkarier sebagai reporter, jurnalis, penulis berita, hingga content writer.

    2. Diplomat

    Kemampuan bahasa Inggris aktif yang baik dapat menunjang kamu untuk menjadi seorang diplomat, lho. Diplomat menjadi salah satu prospek kerja lulusan jurusan ini yang peluangnya sangat besar. Seorang diplomat bertugas untuk mewakili negara untuk melakukan diplomasi. Selain kemampuan bahasa Inggris yang baik, seorang diplomat harus mampu melakukan negosiasi yang baik.

    3. Ahli Bahasa

    Pendidikan Bahasa Inggris identik dengan linguistik atau kebahasaan. Pada mata kuliah linguistik, mahasiswa akan mempelajari mulai dari morfem, fonem, pembentukan kata, kalimat, hingga wacana. Hal ini tentu dapat menjadi bekal lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris menjadi seorang ahli bahasa.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Terbaik

    Jika kamu sudah yakin dan mulai tertarik memilih jurusan ini, berikut rekomendasi kampus dengan jurusan pendidikan bahasa Inggris terbaik:

    1. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat nasional maupun internasional. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Strata 1 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi tersebut dinilai menjadi sebuah pembuktian pendidikan terstruktur sekaligus usaha peningkatan kualitas belajar mengajar di jurusan pendidikan bahasa Inggris UMBY.

    Terlebih, jurusan pendidikan bahasa inggris UMBY mempersiapkan lulusan yang siap kerja di bidang pengajaran bahasa Inggris semua level belajar.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Ingin Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Simak Profil Lengkapnya di Sini!

    2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Jurusan pendidikan bahasa Inggris UNNES telah berdiri sejak 1998. Kini, Program Studi Sastra Inggris merupakan bagian dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di bawah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Jurusan pendidikan bahasa Inggris UNNES memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dan Doktor lulusan dalam dan luar negeri.

    Prodi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. Selain itu, jurusan pendidikan bahasa Inggris UNNES selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran bahasa Inggris terkini. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa dan juga memiliki beragam kegiatan ekstra kurikuler yang memberi peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi guru bahasa Inggris yang profesional dan menjadi praktisi bahasa Inggris di berbagai institusi.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin mengambil jurusan pendidikan bahasa Inggris di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) atau Universitas Negeri Semarang (UNNES). Saat ini, Danacita dan UMBY maupun UNNES telah bekerja sama untuk mempermudah kamu menggapai cita-cita.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Selain dengan UMBY dan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!