Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD): Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-11-24

Jurusan-pendidikan-guru-sekolah-dasar-PGSD

Daftar isi

    Bagi kamu yang ingin turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pendidikan bisa mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) ketika melanjutkan ke perguruan tinggi nanti.

    Jurusan PGSD mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD, mulai dari akademik hingga karakternya.

    Jurusan ini tidak hanya belajar hal yang bersifat akademis, tetapi juga belajar hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak.

    Lulusan jurusan PGSD memang diharapkan menjadi guru SD profesional, tetapi tidak menutup kemungkinan menjalani profesi lain. Kamu tertarik untuk memilih lulusan ini?

    Nah, kali ini Danacita akan membahas tentang jurusan PGSD, mulai dari mata kuliah hingga rekomendasi kampusnya. Yuk, simak!

    Apa itu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)?

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau jurusan PGSD adalah bidang ilmu yang memberi bekal tentang bagaimana caranya jadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Kamu akan mempelajari berbagai materi pelajaran.

    Jadi tak heran kalau mahasiswa jurusan PGSD punya wawasan yang luas? Karena kamu mempelajari banyak bidang, mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, juga PPKn.

    Selain pemahaman akademis, kamu juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.

    Nantinya kamu akan bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Setelah menjadi guru, kamu akan memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

    Selain diajarkan materi teknis tentang pelajaran SD, di jurusan PGSD juga akan diajarkan tentang kepribadian.

    Mengingat guru SD merupakan pembentuk kepribadian mendasar seorang anak. Tak hanya itu saja, seorang Guru SD juga akan menjadi seorang pemberi pondasi ilmu dan kepribadian anak-anak yang nantinya akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

    Mahasiswa jurusan PGSD akan melakukan berbagai kegiatan untuk membentuk karakter. Mulai dari kegiatan kepramukaan, sampai kegiatan perkuliahan yang mengharuskan mahasiswa berlatih berbicara di depan orang banyak, termasuk berlatih manajemen banyak orang didalam satu ruangan.

    Selain itu, di jurusan PGSD juga secara tidak langsung akan mendidik mahasiswanya mulai dari cara berpakaian, cara bicara, hingga cara bergaul dalam masyarakat maupun sesama teman.

    Contoh mata kuliah atau yang akan dipelajari oleh mahasiswa Jurusan PGSD adalah:

    1. Psikologi Pendidikan
    2. Psikologi Umum dan Perkembangan
    3. Pengembangan Seni untuk Anak
    4. Teori Belajar
    5. Filsafat Pendidikan
    6. Dasar Manajemen Pendidikan
    7. Bimbingan di SD
    8. Bahasa Indonesia
    9. Konsep Dasar IPS
    10. Konsep Dasar PPK
    11. Konsep Dasar IPA
    12. Ilmu Alam Dasar
    13. Apresiasi Sastra
    14. Pendidikan Seni Rupa

    Di jurusan PGSD, tidak akan hanya belajar ilmu-ilmu teori, namun juga akan mendapatkan ilmu keterampilan yang sangat banyak.

    Bayangkan saja, kamu akan diajarkan gimana bermain piano, melukis, membuat kerajinan, menari, sampai kegiatan-kegiatan seperti Palang Merah Remaja dan Pramuka.

    Maka setelah lulus dari jurusan PGSD akan melahirkan lulusan yang serba bisa. Sebab semua bidang keilmuan yang dipelajari dari dosen akan diajarkan kembali ke anak didik.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

    Agar lebih yakin lagi memilih jurusan PGSD, kamu harus tahu alasan memilih jurusan ini. Berikut penjelasannya:

    1. Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

    Setiap guru pasti akan menjadi sosok yang memberi manfaat yang banyak untuk sesama terutama bagi anak didiknya.

    Dengan menjadi guru kamu bisa berbagi pengetahuan dengan anak didik, selain itu juga akan menjadi sosok yang membantu siswa dalam menemukan mimpi-mimpinya.

    2. Peluang Kerja Lebih Besar

    Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan PGSD karena ingin memiliki karir sebagai PNS. Mereka bisa menggantikan guru-guru SD yang sudah pensiun.

    Gaji jutaan dengan berbagai tunjangan membuat PGSD diminati besar para lulusan SMA/SMK/sederajat.

    Tentunya dengan alasan itulah, kamu harus cobain masuk jurusan PGSD.

    3. Materi Kuliah Lebih Dinamis

    Mata kuliah jurusan PGSD bisa dikatakan lebih dinamis dibandingkan jurusan lain. Kamu tidak dituntut menguasai banyak rumus sulit seperti Fisika atau Matematika tingkat tinggi namun lebih menekankan anak bisa memahami dengan baik.

    Namun, Kamu tetap harus memaksimalkan pengetahuan dan wawasan agar menjadi guru profesional.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

    Lulusan jurusan PGSD memiliki prospek kerja yang luas terutama di bidang pendidikan dasar.

    Lulusan jurusan PGSD punya bekal ilmu yang bermacam-macam sehingga bisa diterapkan dalam berbagai jenis pekerjaan.

    Prospek kerja untuk jurusan PGSD adalah:

    1. Guru SD

    Prospek kerja utama lulusan jurusan PGSD adalah menjadi guru di tingkat SD. Peluang kerja di profesi ini sangatlah luas karena pendidikan dasar merupakan hal wajib dan sekolahnya tersebar di mana saja.

    Jenis sekolahnya pun bermacam-macam baik itu SD Negeri, SD swasta, atau bahkan sekolah di luar negeri.

    2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

    Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu prospek kerja lulusan jurusan PGSD selanjutnya.

    Banyaknya sekolah negeri maupun kedinasan di sektor pendidikan membuat lulusan PGSD dibutuhkan mengisi posisi tersebut.

    Lulusan jurusan PGSD dapat diangkat menjadi PNS sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah negeri yang dikelola pemerintah.

    Selain itu, lulusan jurusan PGSD juga dapat diangkat untuk mengisi jabatan-jabatan formal di sektor pendidikan, seperti dinas pendidikan dan kebudayaan, kementerian agama, dan masih banyak lagi.

    3. Peneliti

    Lulusan jurusan PGSD juga bisa memilih untuk bekerja sebagai peneliti. Pekerjaan ini akan menuntut kamu untuk melakukan riset di bidang akademik.

    Hasil dari penelitian yang dilakukan kemudian akan digunakan untuk mengembangkan dunia pendidikan terutama di tingkat Sekolah Dasar.

    4. Penulis Buku Parenting

    Berikutnya, prospek kerja jurusan PGSD adalah menjadi seorang penulis buku parenting maupun pendidikan anak.

    Seorang lulusan jurusan PGSD tetap dapat membagikan ilmu yang dimiliki walaupun tak berkecimpung di dunia pendidikan secara langsung. Salah satu caranya adalah dengan menulis buku-buku parenting anak atau pendidikan anak.

    Berbekal ilmu yang dimiliki, seorang lulusan jurusan PGSD dapat mengolahnya menjadi sebuah tulisan kreatif yang dapat membantu banyak orang melalui sebuah buku.

    5. Konsultan Pendidikan Dasar

    Prospek kerja lulusan jurusan PGSD yang lainnya yaitu menjadi konsultan di tingkat pendidikan dasar.

    Seorang konsultan akan memberikan perencanaan pendidikan baik untuk orang tua, siswa, atau lembaga kependidikan. Sebagai lulusan jurusan PGSD, kamu tentunya memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai konsultan pendidikan.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Terbaik

    Buat kamu yang ingin melanjutkan studi di jurusan PGSD, berikut adalah rekomendasi universitas yang memiliki jurusan ini. Yuk simak!

    1. Universitas President

    Universitas President merupakan salah satu kampus swasta yang memiliki banyak jurusan favorit para pelajar di Indonesia.

    Kampus swasta ini bisa kamu pertimbangkan banget karena kurikulumnya menggunakan sistem internasional. Jurusan PGSD adalah salah satu yang banyak diminati.

    Di President University, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini sudah meraih akreditasi C dari BAN-PT.

    Mahasiswa akan belajar bagaimana menjadi guru sekolah dasar yang memiliki pemahaman yang baik tentang panggilan (profesi) mereka sebagai guru dalam hal sikap, perilaku, dan memiliki karakter yang dapat direplikasi oleh siswa mereka.

    Selain itu, mahasiswa akan belajar untuk dapat mengenali karakteristik siswa mereka di sekolah dasar fisik, moral, sosial, budaya, emosional, dan intelektual.

    Menariknya, jurusan PGSD ini mengadopsi kurikulum pendidikan guru dari Australia yang awalnya berasal dari Inggris. Dengan demikian, diharapkan lulusannya nanti memiliki kualitas mengajar secara internasional yang juga bisa mengajar di luar negeri.

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    2. Universitas Negeri Semarang

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD adalah salah satu jurusan favorit di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang.

    Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya pendaftar dan juga kuota yang dibuka untuk jurusan tersebut.

    Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menaungi enam jurusan berjenjang S1. Fakultas ini telah melahirkan banyak Sarjana Pendidikan, bahkan sejak UNNES masih berstatus sebagai IKIP Semarang. Jadi, kualitas pendidikannya tak perlu diragukan lagi.

    Jurusan yang ada di ilmu pendidikan, yaitu:

    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Pendidikan Guru PAUD
    • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    • Teknologi Pendidikan
    • Bimbingan dan Konseling
    • Psikologi

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan Danacita

    Nah bagi kamu yang ingin berkuliah mengambil jurusan PGSD di Universitas President atau Universitas Negeri Semarang, tetapi memiliki kendala dengan biaya, tak perlu khawatir lagi karena Danacita siap membantu untuk mewujudkan mimpi pendidikanmu.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional yang sudah berizin dan diawasi OJK.

    Danacita dan Universitas President atau Universitas Negeri Semarang resmi bekerjasama untuk mempermudah mahasiswa dalam membiayai studi mereka. Selain dengan kedua kampus ini, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya.

    Dengan program ini, kamu bisa mengajukan pembiayaan kuliahmu dengan pembayaran metode cicilan mulai 6 hingga 12 bulan dan pengajuannya tidak dibebani biaya DP maupun biaya administrasi.

    Selain itu, pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Jika kamu tertarik, langsung klik link di sini untuk mulai mengajukan pembiayaan pendidikanmu.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) UNNES President University
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri