Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Luar Biasa: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-01

jurusan-pendidikan-luar-biasa

Daftar isi

    Salah satu jurusan yang berkaitan dengan pendidikan adalah jurusan pendidikan luar biasa. Program studi ini akan memberimu perspektif baru tentang dunia anak berkebutuhan khusus yang dipandang sebelah mata padahal sama-sama punya hak merasakan pendidikan sekolah. Jurusan satu ini memang tidak sepopuler dengan jurusan lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa peluang atau prospek kerja jurusan pendidikan luar biasa ini cukup luar biasa seperti namanya.

    Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pemenuhan hak dan kewajiban yang sama bagi penyandang disabilitas, profesi guru jurusan pendidikan luar biasa tidak lagi dipandang sebelah mata, yang terjadi adalah sebaliknya. Banyak lembaga pendidikan yang membutuhkan kehadiran guru luar biasa ini.

    Jika kamu salah satu orang yang tertarik mengambil jurusan pendidikan luar biasa, yuk simak artikel di bawah ini!

    Apa Itu Jurusan Pendidikan Luar Biasa

    Jurusan pendidikan luar biasa adalah jurusan yang membekali mahasiswanya memiliki kemampuan dan keahlian menangani dan mendidik anak dengan kebutuhan khusus (ABK). Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya menyusun program pembelajaran, tetapi juga diajarkan komunikasi, karakteristik, perspektif, dan psikologi anak dengan kebutuhan khusus.

    Seorang mahasiswa jurusan pendidikan luar biasa membutuhkan keterampilan, seperti ketelitian, ketekunan, berkomunikasi, interpersonal, berwawasan luas, senang menganalisis, dan senang memecahkan masalah. Maka dari itu, jangan heran jika mata kuliah pendidikan luar biasa terdiri dari bermacam-macam jenis. Mulai dari empati, simpati, hingga kemanusiaan akan diajarkan di program studi satu ini. Selain itu, mahasiswa juga akan diajari cara membuat program belajar yang sesuai dan juga diajari cara berkomunikasi dengan anak-anak ini.

    Lulusan jurusan pendidikan luar biasa juga tidak hanya dapat mengajar di sekolah anak-anak berkebutuhan khusus saja, namun juga bisa mengajar di sekolah inklusi. Bagi yang belum tahu, sekolah inklusi adalah sekolah yang terdiri dari siswa reguler, namun mereka menerima anak-anak berkebutuhan khusus di sana.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Luar Biasa

    Jika kamu nantinya kuliah di jurusan pendidikan luar biasa, di semester-semester awal kamu akan mempelajari mata kuliah dasar seperti Ortopedagogik, Psikologi Pendidikan, Psikologi ABK, Strategi Pembelajaran, Teori Pembelajaran dan Tumbuh Kembang ABK.

    Sedangkan di semester-semester berikutnya kamu akan belajar mengenai berbagai macam keterampilan seperti cara mengidentifikasi ABK, cara memberikan intervensi terhadap ABK, dan pembelajaran olahraga adaptif. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana kurikulum dalam sistem pendidikan khusus, orientasi mobilitas, sistem komunikasi, dan masih banyak lagi. Pembelajaran akan semakin menyenangkan dengan adanya laboratorium yang menyediakan berbagai macam alat-alat yang terkait dengan kebutuhan pengajaran serta terapi.

    Secara umum, berikut rincian mata kuliah yang ditemui di jurusan pendidikan luar biasa:

    • Pendidikan anak tunanetra
    • Pendidikan anak tunagrahita
    • Pendidikan anak tunarungu
    • Pendidikan anak tunadaksa
    • Pendidikan anak berkebutuhan khusus lainnya seperti autisme
    • Kesulitan belajar

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Luar Biasa

    Ada beberapa alasan yang membuat kamu harus memilih jurusan pendidikan luar biasa, antara lain:

    1. Persaingan yang Tidak Ketat

    Peminat dari jurusan ini belum banyak, sehingga jika kamu ingin mengambil jurusan pendidikan luar biasa di kampus ternama, akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk diterima.

    2. Mengasah Otak dan Hati

    Dengan mengambil jurusan ini, kamu tidak hanya belajar tentang pendidikan bagi ABK, akan tetapi kamu juga mengasah rasa simpati, empati, dan kepekaan hati terhadap mereka. Kamu tidak hanya membuka peluang karir semata, kamu juga akan belajar bagaimana menjadi seorang manusia dengan rasa kemanusiaan yang tinggi. Jadi, kamu tak hanya mengasah otak di jurusan ini, melainkan juga mengasah hati nurani kamu. Ini juga termasuk dalam alasan memilih jurusan pendidikan luar biasa selanjutnya.

    3. Prospek Kerja Bagus

    Alasan memilih jurusan pendidikan luar biasa lainnya yaitu prospek kerja yang bagus. Ketika memilih jurusan untuk berkuliah, prospek kerja tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus, setelah lulus nanti, kamu dapat menjadi guru di SLB atau Sekolah Luar Biasa. Selain itu pendidikan anak luar biasa saat ini memperoleh perhatian lebih dari pemerintah.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Luar Biasa

    Perlu diketahui, bahwa jumlah guru yang memiliki keahlian mendidik ABK saat ini masih sangat sedikit, jadi guru ABK di luar sana sangat dibutuhkan sehingga berpeluang besar untuk bisa langsung bekerja setelah lulus. Kamu bisa menjadi guru, baik di Sekolah Luar Biasa (SLB) ataupun Sekolah Inklusi (sekolah reguler yang menerima siswa berkebutuhan khusus).

    Selain di sekolah, lulusan jurusan pendidikan luar biasa juga dibutuhkan sebagai terapis informal maupun guru privat bagi anak-anak berkebutuhan khusus atau buat kamu yang nantinya berencana menjadi dosen, jangan khawatir, karena saat ini sudah ada beberapa universitas yang membuka program S2 dengan program studi PLB. Peluang untuk diterima sebagai pegawai negeri sipil juga lebih besar. Kamu tidak perlu bersaing dengan banyak orang untuk bisa lulus.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Luar Biasa Terbaik

    Jika kamu ingin mengambil jurusan pendidikan luar biasa namun bingung memilih kampus yang terbaik, Universitas Islam Nusantara (UNINUS) menjadi pilihan yang tepat. Di UNINUS, jurusan pendidikan luar biasa masuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). FKIP UNINUS telah berpengalaman menyelenggarakan program sarjana selama 34 tahun, sejak 1982. Misi dari fakultas ini salah satunya adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang mandiri dan unggul sesuai dengan nilai-nilai Islam dan tuntutan lingkungan di sekitarnya.

    Informasi lengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak 7 Alasan Kuliah di UNINUS Terupdate

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Luar Biasa dengan Danacita

    Itulah informasi lengkap mengenai jurusan pendidikan luar biasa. Bila kamu adalah calon maba atau mahasiswa aktif jurusan pendidikan luar biasa di Universitas Islam Nusantara dirasa cukup memberatkan, maka bisa menggunakan Danacita sebagai opsi pembayarannya.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional yang sudah berizin dan diawasi OJK. Danacita dan Universitas Islam Nusantara resmi bekerjasama untuk mempermudah mahasiswa UNINUS dalam membiayai studi mereka.

    Dengan program ini, kamu bisa mengajukan pembiayaan kuliahmu cukup satu kali pengajuan, lalu biaya kuliahmu bisa dicicil. Masa cicilan bisa kamu pilih mulai dari 6 hingga 24 bulan dan pengajuannya tidak dibebani biaya DP maupun biaya administrasi. Selain itu, pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!