Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Tata Boga: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-20

Daftar isi

    Apakah kamu termasuk yang senang dengan dunia kuliner dan ingin mendalaminya? Jurusan pendidikan Tata Boga bisa menjadi rekomendasi pilihan jurusan yang cocok untuk kamu. Jurusan ini menjadi jurusan yang tepat buat belajar segalanya tentang cara mengolah dan menyajikan makanan dan minuman dari berbagai belahan dunia.

    Namun jika kamu juga bercita-cita untuk menjadi tenaga pendidik, maka jurusan Pendidikan Tata Boga bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan jurusan Tata Boga pada umumnya, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang kuliner, tapi juga belajar bagaimana menjadi tenaga pendidik di bidang boga.

    Seperti apa jurusan Pendidikan Tata Boga itu? Apa saja yang dipelajari, dan bagaimana prospek karirnya? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Pendidikan Tata Boga?

    Jurusan Pendidikan Tata Boga merupakan salah satu bidang studi yang mempelajari tentang bagaimana teknik untuk menyajikan makanan dengan memperhatikan beberapa faktor yaitu estetika atau keindahan, kualitas rasa masakan, serta nilai kebutuhan gizinya. Sama seperti jurusan pendidikan lainnya, jurusan pendidikan tata boga juga akan mengajarkan kamu bagaimana menjadi tenaga pendidik.

    Sebagai jurusan yang menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga pendidik di bidang boga, lulusan jurusan pendidikan tata boga akan dibekali pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengajar di Jurusan Tata Boga SMK maupun menjadi instruktur di kelas boga.

    Namun dengan pengetahuan boganya, lulusan jurusan pendidikan tata boga juga dapat berwirausaha dan menjadi entrepreneur di bidang kuliner maupun bekerja di industri kuliner sebagai chef ataupun koki.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Tata Boga?

    Tata boga sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari mengenai seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahannya, hingga cara menghidangkan makanan. Selain itu, kamu juga akan belajar berbagai aspek tata boga, baik tentang tekstur makanan, mutu pangan, maupun kandungan nilai gizi juga dipelajari.

    Dengan kata lain, ketika kuliah di jurusan Pendidikan Tata Boga, kamu akan banyak mendapatkan pengetahuan tentang seni untuk mengolah suatu makanan yang dimulai dari persiapan, tahap pengolahan hingga cara penyajiannya. Lebih luas lagi kamu akan belajar tentang perencanaan, pengelolaan, dan juga tata cara untuk melakukan evaluasi pada usaha kuliner.

    Tak hanya belajar tentang ilmu tata boganya saja, tetapi di sini kamu juga akan belajar tentang ilmu kependidikan. Termasuk bagaimana mengajarkan tata boga di dalam kelas, yang nantinya dapat menjadi bekal untuk kamu yang ingin menjadi guru tata boga

    Beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan kamu dapatkan di jurusan pendidikan tata boga antara lain kreativitas, kemampuan mengecap rasa, disiplin, kemampuan mengenali kandungan gizi pada makanan, memahami berbagai teknik masakan, belajar untuk menjadi tenaga pendidik, dan masih banyak lagi.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Pendidikan Tata Boga?

    1. Mempelajari Ilmu yang Luas

    Ilmu pengetahuan yang akan kamu dapatkan di jurusan ini bisa dibilang cukup luas. Selain mengulik tentang makanan dan pengolahannya, kamu juga akan belajar tentang ilmu gizi, seni, kesehatan, hingga manajemen perencanaan dan pengelolaan. Bahkan di jurusan pendidikan tata boga kamu juga akan mendapatkan ilmu manajemen kelas dan pedagogik.

    2. Mengasah Kreativitas dan Inovasi

    Untuk kamu yang berjiwa kreatif, jurusan ini sangat cocok untuk kamu. Sebab di jurusan pendidikan tata boga membutuhkan kreativitas tinggi dalam mengelola dan menyajikan masakan. Misalnya dalam hal seni menyajikan dan menghias makanan atau plating yang harus memperhatikan estetika serta membutuhkan daya imajinasi yang luas.

    Selain kreativitas, kamu juga akan dituntut untuk terus berinovasi, khususnya dalam pengembangan cita rasa masakan. Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan menemukan resep-resep baru yang disukai oleh banyak orang atau teknik-teknik memasak yang lebih efisien.

    3. Bidang Kuliner yang Terus Berkembang

    Akhir-akhir ini persepsi banyak orang pada bidang kuliner semakin positif. Tren kuliner yang juga semakin berkembang membuat orang-orang semakin tertarik pada bidang ini. Tak heran jika berbagai profesi di bidang ini semakin dikenal bahkan menjadi impian sebagian orang.

    4. Prospek Kerja yang Beragam

    Lulusan Jurusan Pendidikan Tata Boga tak perlu khawatir akan prospek karir setelah lulus. Sebab, ada banyak peluang kerja yang tersedia di luar sana untuk lulusan ini. Misalnya Kamu bisa juga menjadi tenaga ahli di bidang kuliner yang cukup diperhitungkan. Kamu bisa bekerja di perusahaan industri, hotel, kapal pesiar, restoran maupun pegawai pemerintah. Bahkan kamu bisa menjadi tenaga pendidik juga.

    Berbagai Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Tata Boga

    1. Chef atau Juru Masak

    Profesi satu ini bisa dibilang menjadi salah satu tujuan utama dari lulusan jurusan pendidikan tata boga. Kamu bisa memilih menjadi chef di restoran, cafe, katering, hotel bintang lima hingga di kapal pesiar. Chef juga sangat dibutuhkan di berbagai bidang kuliner di rumah sakit.

    Tugasnya sendiri adalah menyajikan menu masakan dengan keseimbangan gizi yang pas. Selain chef yang sifatnya korporasi, kamu juga dapat menjadi chef profesional dan privat. Misalnya saja memiliki acara televisi sendiri.

    2. Baker

    Selain chef, kamu juga bisa memilih untuk menjadi baker untuk cake shop dan bakery. Tidak jauh berbeda dengan chef, baker dapat bekerja di berbagai bidang mulai dari kapal pesiar, catering, hotel, cafe, hingga baker privat. Jika chef umumnya bertugas untuk menyiapkan makanan besar dan berat, bakery bertugas untuk menyajikan makanan ringan seperti roti dan kue kering.

    3. Food Stylist dan Food Content Creator

    Food stylist adalah orang yang pekerjaannya mengatur dan menata makanan agar terlihat lebih menarik secara visual sehingga akan lebih menggugah selera. Keahlian ini dibutuhkan dalam pembuatan konten kuliner, penerbitan majalah kuliner, dan sejenisnya.

    4. Guru atau Tenaga Pendidik

    Umumnya, kelas boga yang membutuhkan tenaga pendidik dari S1 jurusan Pendidikan Tata Boga adalah jurusan Tata Boga di SMK. Dengan kemampuan manajemen kelas dan kemampuan di bidang kuliner, kamu bisa menjadi guru tata boga. Ilmu yang akan kamu berikan kepada siswa akan membawa mereka menjadi chef yang luar biasa.

    5. Berwirausaha

    Jika kamu memiliki mimpi untuk memiliki usaha, terutama usaha kuliner, maka jurusan ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pengetahuan tentang bidang kuliner dan pengelolaannya dapat menjadi bekal untuk kamu yang ingin membuka usaha.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Pendidikan Tata Boga Terbaik

    Jika kamu ingin mewujudkan impian kamu untuk berkuliah di jurusan Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Semarang (UNNES) bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Jurusan Pendidikan Tata Boga adalah salah satu prodi yang berada di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang berdiri berdasarkan SK No 113/P/2014 dan telah telah terakreditasi B.

    Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan calon pendidik dalam bidang tata boga untuk sekolah menengah kejuruan kelompok pariwisata dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil dan peka terhadap kelestarian lingkungan, sosial-budaya.

    Dalam mendukung proses perkuliahan UNNES menyediakan beragam sarana dan prasarana seperti fasilitas laboratorium, ruang seminar, ruang rapat, ruang multimedia dan ruang baca jurusan dalam rangka menciptakan interaksi akademik antara sivitas akademika. Laboratorium dapat digunakan bersama dalam program penelitian.

    Sementara itu untuk lulusan S1 jurusan pendidikan tata boga ini diharapkan menjadi profesional di bidang Tata Boga dalam keilmuan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berfungsi dan berperan selain menjadi Guru di bidangnya, juga memiliki peluang bekerja di berbagai bidang.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Pendidikan Tata Boga Dengan Danacita

    Ingin melanjutkan kuliah di jurusan Pendidikan Tata Boga UNNES tapi terkendala biaya, kamu tidak perlu khawatir. Sebab saat ini, UNNES telah bekerjasama dengan Danacita untuk memberikan solusi pembiayaan bagi kamu yang ingin mengejar impian kamu belajar di bidang tata boga

    Danacita sendiri merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pinjaman pendidikan secara bertahap untuk siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi ataupun kursus informal. Platform ini hadir untuk membantu biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan kredit pendidikan, dan menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya syaratnya sangat mudah dan cepat. Kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UNNES jurusan pendidikan tata boga jurusan pendidikan tata boga unnes
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri