Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif, Apa Saja?

2023-06-30

Daftar isi

    Masih bingung memilih kampus untuk melanjutkan kuliah? Kamu bisa memilih Politeknik Negeri Media Kreatif sebagai alternatif.

    Kampus ini berfokus untuk mendidik dan melatih para generasi muda berbakat yang memiliki talenta inovatif, kreatif, dan terampil guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan sektor industri kreatif.

    Penasaran dengan kampus yang satu ini? Apa saja jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif dan berapa biaya kuliahnya? Simak selengkapnya pada artikel berikut!

    Tentang Politeknik Negeri Media Kreatif

    Sebelum membahas lebih jauh tentang jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif, kenalan dulu yuk dengan kampus yang satu ini!

    Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi vokasi pertama dan satu-satunya yang dirancang secara khusus untuk menyediakan berbagai program studi yang relevan dengan industri kreatif di Indonesia.

    Kampus ini lahir dari kebijakan revitalisasi Pusat Grafika Indonesia dan diresmikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 60 Tahun 2008 yang ditetapkan pada 8 Oktober 2008.

    Kehadiran Polimedia bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan mendukung perkembangan industri kreatif nasional.

    Selain itu, kampus ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi inovasi dalam perkembangan era baru masyarakat modern di Indonesia.

    Visi

    Menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi terkemuka dan unggul di bidang industri kreatif pada tahun 2030 di Asia Tenggara.

    Misi

    • Menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang industri kreatif guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan penerapannya;
    • Membangun dan mengembangkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, kompetitif, dan berakhlak mulia serta berwawasan kebangsaan;
    • Membentuk program-program Pendidikan Vokasi yang relevan dengan bidang industri kreatif yang berbasis kompetensi produksi dan kompetensi kewirausahaan;
    • Mengembangkan, menerapkan, dan menyebarluaskan teknologi di bidang industri kreatif yang berbasis pada kearifan lokal dan kebutuhan masyarakat serta dunia
    • usaha dan industri; dan
    • Menyelenggarakan dan mengembangkan tata kelola pendidikan yang efisien, akuntabel, transparan, dan berkeadilan.

    Jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif

    Saat ini, terdapat empat jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif. Berikut penjelasannya:

    1. Teknik Grafika

    Jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif yang pertama yaitu Teknik Grafika. Jurusan ini dikembangkan untuk menyiapkan SDM industri kreatif menjadi tenaga ahli yang profesional dan kompeten di bidang teknik grafika, kemasan, dan perawatan mesin percetakan.

    Selain itu, untuk menghadapi era industri 4.0, jurusan ini mengakomodasi perkembangan teknologi modern di industri grafika seperti 3D Printing and Consumer Product.

    Jurusan Teknik Grafika ini terdiri dari 3 prodi, yaitu:

    1. D3 Teknik Grafika

    Prodi ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang terampil di bidang teknologi cetak dan grafis secara konvensional dan digital yang dibutuhkan saat ini. Kurikulumnya berbasis industri dan pengajar dari kalangan praktisi.

    2. D3 Kemasan

    Prodi ini akan membekali kamui kemampuan dengan pembelajaran teaching factory langsung di industri teknologi pengemasan. Proses kuliahnya akan berbasis produksi sehingga kamu akan siap untuk terjun di dunia kerja. .

    3. D3 Pemeliharaan Mesin

    Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pemeliharaan mesin. Dalam proses perkuliahannya, prodi ini bekerja sama dengan industri khususnya pada bidang kegrafikaan.

    2. Desain

    Jurusan Desain Polimedia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif melalui karya desain konvensional dan digital. Jurusan ini berkembang selaras dengan zaman. Dalam artian teknologi kreatif saat ini tidak hanya berupa desain grafis dan mode saja.

    Kolaborasi keilmuan desain dengan teknologi informasi dibutuhkan untuk menghasilkan luaran yang memiliki nilai tambah dalam pengembangan ekonomi kreatif seperti animasi, rekayasa multimedia, dan teknologi permainan.

    Hal inilah yang ingin diwujudkan oleh jurusan Desain Polimedia melalui lima prodi, yaitu:

    1. D3 Desain Grafis

    Di prodi ini kamu akan dibekali dengan kemampuan desain manual dan digital untuk memenuhi kebutuhan industri. Perkuliahan dibimbing oleh para ahli dibidangnya menghasilkan lulusan yang kreatif dan kompeten.

    2. D4 Desain Mode

    Prodi ini hadir dengan tujuan untuk melahirkan insan kreatif di bidang animasi dengan gabungan kemampuan antara seni dan teknologi. Lulusannya dibekali dengan nilai estetika dan pemanfaatan teknologi menjadi karya terbaik.

    3. D4 Teknologi Rekayasa Multimedia

    Prodi ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya unggul dalam pengembangan dunia fesyen di Indonesia. Prodi ini diharapkan dapat mengembangkan nilai budaya dan kreatifitas dalam sebuah karya model yang siap di dunia kerja dan wirausaha kreatif. .

    4. D4 Teknologi Permainan

    Prodi ini menyajikan karya terbaik untuk era digital saat ini. Lulusannya diberikan kompetensi yang menjadikan platform digital semakin mudah dan menarik digunakan oleh publik.

    5. D4 Animasi

    Tujuan dari prodi ini adalah untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan pembuatan teknologi permainan untuk bidang pendidikan, pelatihan, hiburan, dan dalam pengembangan kecerdasan buatan.

    Baca juga: Siap Kerja? Ini Alasan Kuliah di Polimedia Terupdate

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. Penerbitan

    Jurusan Penerbitan adalah salah satu jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya unggul dalam pengembangan industri kreatif melalui pembelajaran berbasis team project yang mengedepankan kerja sama tim serta kolaborasi dengan pihak lain.

    Jurusan ini memiliki potensi besar menyambut era konvergensi media komunikasi ini melalui lima prodi yang diselenggarakan. Kelima prodi tersebut adalah:

    1. D3 Penerbitan

    Prodi ini akan membekali kamu dengan kemampuan menulis, menyunting, dan menata letak serta pemasaran dalam bidang penerbitan. Perkuliahannya dilaksanakan dengan berbasis proyek, sehingga menjadikan kamu sebagai SDM yang produktif.

    2. D3 Fotografi

    Prodi ini melakukan perkuliahan dengan produksi dan wirausaha, sehingga menghasilkan lulusan terbaik di bidang fotografi. Menariknya, prod ini bekerja sama dengan industri untuk mengakselerasi kemampuan yang unggul.

    3. D3 Periklanan

    Prodi ini menyiapkan lulusannya dengan pengalaman Project Based Learning yang dapat diterapkan pada industri periklanan saat ini. Di sini, kamu akan dibimbing oleh praktisi industri sehingga menciptakan lulusan ini memiliki softskill dan hardskill yang baik.

    4. D3 Penyiaran

    Prodi ini diharapkan memiliki lulusan yang menerapkan keilmuan komunikasi dalam bentuk audio dan visual. Selain itu juga memiliki kemampuan pengelolaan media konvensional dan digital baik bersifat rekaman atau live streaming. .

    5. D4 Produksi Film & TV

    Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan terbaik di bidang produksi film & TV. Oleh karena itu, prodi ini bekerja sama dengan industri untuk mengakselerasi kemampuan yang unggul lulusannya.

    4. Pariwisata

    Jurusan Pariwisata Polimedia hadir di tengah kesadaran bahwa ekonomi kreatif saling terkait dengan pariwisata.

    Untuk itu, jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif ini bertujuan untuk melahirkan insan pariwisata di bidang pengelolaan perhotelan dan seni kuliner untuk mendukung sektor unggulan pariwisata di Indonesia dengan menampilkan daya saing tinggi atas pariwisata di dunia Internasional.

    Jurusan ini terdiri dari dua prodi, yaitu:

    1. D3 Seni Kuliner

    Prodi ini tidak hanya membekali kamu bagaimana menyajikan makanan dan minuman yang bernutrisi, tetapi juga memberikan pengetahuan bagaimana tampilan terbaik pada setiap hidangan. Lulusan ini mengkolaborasikan citarasa nusantara dengan seni

    2. D4 Pengelolaan Perhotelan

    Pembelajaran Teaching Factory dan Project Based Learning yang diterapkan langsung di Industri, menjadikan lulusan pengelolaan perhotelan yang unggul dalam mendukung pariwisata Indonesia.

    Biaya Kuliah Di jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif

    Berikut rincian biaya kuliah di jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif selengkapnya:

    No. Jenjang Program Studi Biaya Kuliah Per Semester
    1. D4 Desain Mode Rp7.000.000
    2. D4 Teknologi Permainan Animasi Rp7.000.000
    3. D4 Teknologi Rekayasa Multimedia Rp7.000.000
    4. D4 Pengelolaan Perhotelan Rp7.000.000
    5. D4 Film dan TV Rp6.000.000
    6. D4 Teknik Grafika Rp6.000.000
    7. D3 Teknik Kemasan Rp6.000.000
    8. D3 Teknik Pemeliharaan Mesin Rp6.000.000
    9. D3 Desain Grafis Rp6.000.000
    10. D3 Penerbitan Rp6.000.000
    11. D3 Fotografi Rp6.000.000
    12. D3 Periklanan Rp6.000.000
    13. D3 Penyiaran Rp6.000.000
    14. D3 Seni Kuliner Rp8.000.000
    15. D3 Teknik Grafika (Medan) Rp4.500.000
    16. D3 Desain Grafis (Medan) Rp4.500.000
    17. D3 Multimedia (Medan) Rp4.500.000
    18. D3 Penerbitan (Medan) Rp4.500.000
    19. D3 Periklanan (Medan) Rp4.500.000
    20. D3 Teknik Grafika (Makassar) Rp4.500.000
    21. D3 Desain Grafis (Makassar) Rp4.500.000
    22. D3 Multimedia (Makassar) Rp4.500.000
    23. D3 Penerbitan (Makassar) Rp4.500.000
    24. D3 Periklanan (Makassar) Rp4.500.000

    Berkuliah Di Polimedia dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap seputar jurusan Politeknik Negeri Media Kreatif beserta biayanya. Kesempatan untuk kamu berkuliah Polimedia sangat terbuka lebar.

    Apalagi saat ini, Danacita dan Polimedia telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk bisa membayar studi kamu.

    Danacita sendiri merupakan perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pendanaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Polimedia adalah dengan memberikan solusi program pembiayaan pendidikan terjangkau untuk mahasiswa. Bagi mahasiswa yang mengajukan, bisa membayar biaya kuliah mulai 6 hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan ini sangatlah mudah. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Selain dengan Polimedia, Danacita juga sudah melakukan kerja sama resmi dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Lebih lanjut, prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!