Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Jurusan Teknik Sipil Adalah - Info & Prospek Kerjanya Lengkap

2021-08-12

Danacita

Daftar isi

    Untuk kamu yang merupakan jurusan IPA di sekolah menengah mungkin sudah tidak asing dengan Fakultas Teknik. Fakultas ini merupakan salah satu tempat yang paling banyak diincar oleh calon maba. Di sini, terdapat banyak jurusan yang bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, salah satunya yaitu jurusan teknik sipil.

    Mungkin sebagian kecil dari kamu masih belum paham betul mengenai jurusan teknik sipil. Jika kamu salah satunya, tidak ada salahnya untuk memahami jurusan yang satu ini karena mungkin saja jurusan teknik sipil sesuai dan cocok denganmu sehingga bisa menjadi pilihan studimu selanjutnya. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas selengkapnya mengenai jurusan teknik sipil, mulai dari pengertian hingga prospek kerjanya. Simak selengkapnya!

    Jurusan Teknik Sipil Adalah

    Untuk bisa paham betul apa itu jurusan teknik sipil, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dulu apa itu jurusan ini. Jurusan teknik sipil adalah suatu ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang perencanaan, perancangan, pembangunan, manufaktur, pengelolaan, konservasi, maupun renovasi berbagai bangunan maupun fasilitas serta memperhitungkan efisiensinya. Lebih lanjut, jurusan teknik sipil tidak hanya berfokus pada pembangunan di perkotaan saja, tapi juga di pedesaan.

    Jika kamu masuk ke jurusan teknik sipil, maka kamu perlu menguasai 3 ilmu mendasar, yaitu ilmu yang berkaitan desain untuk tujuan perancangan, ilmu yang berkaitan dengan konstruksi untuk tujuan proses pembangunannya, serta ilmu pemeliharaan lingkungan untuk tujuan melihat dampak dari pembangunan tersebut. Karena hal ini, di jurusan teknik sipil kamu nantinya juga akan mempelajari dasar-dasar dalam perancangan di bidang arsitektur.

    Lalu apa saja jenis bangunan yang akan menjadi tanggung jawab jurusan teknik sipil? Ternyata jenisnya ada banyak, mulai dari gedung-gedung, jalan raya, komplek perumahan, jembatan, bendungan, bandara, stasiun, dan berbagai infrastruktur lainnya.

    Jurusan Teknik sipil sebenarnya tersedia di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Di jurusan ini, kamu juga harus memperkuat pemahaman matematika dan juga fisika karena sangat dibutuhkan dalam ilmu teknik sipil. Nantinya, lulusan dari jurusan teknik sipil akan menjadi insinyur dan mendapatkan gelar Sarjana Teknik atau S.T.


    Baca juga: Pengalaman kuliah di teknik sipil UNTAR


    Materi Kuliah Jurusan Teknik Sipil

    Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, jurusan teknik sipil akan membahas tentang proses hingga dampak suatu pembangunan. Untuk membuat infrastruktur yang kuat dan layak dioperasikan, mahasiswa jurusan teknik sipil nantinya sudah pasti akan diajarkan mengenai unsur-unsur bangunan, seperti contohnya beton, baja, aspal, dan masih banyak lainnya.

    Du jurusan teknik sipil nantinya kamu akan mengevaluasi secara teknis rancangan dari arsitek sesuai dengan kaidah konstruksi dan menentukan bahan material yang akan digunakan. Lebih lanjut, jurusan teknik sipil juga akan sangat mempertimbangkan kemajuan teknologi transportasi, perubahan lingkungan seperti iklim, struktur tanah, dan bencana alam.

    Maeri kuliah jurusan teknik sipil itu sendiri terdiri dari kalkulus, rekayasa dan desain, menggambar teknik, rekayasa bahan konstruksi sipil, mekanika bahan, mekanika tanah, analisis struktur, struktur beton dan struktur baja. Selain itu, di jurusan ini dipelajari pula teknik pondasi, konstruksi jalan, rekayasa lingkungan, rekayasa lalu lintas, rekayasa hidrologi, serta irigasi dan drainase.

    Materi kuliah yang diajarkan ini bukan hanya sekadar teori di dalam kelas saja, tapi juga menuntut mahasiswa jurusan teknik sipil untuk praktik, membuat proyek, atau melakukan penelitian langsung di lapangan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa jurusan teknik sipil dapat mengetahui dan menerapkan langsung ilmu yang dipelajari sehingga nantinya bisa langsung siap bekerja setelah lulus.

    Jurusan teknik sipil juga memiliki sejumlah peminatan yang dipilih oleh mahasiswa untuk menentukan fokus saat perkuliahan. Peminatan itu diantaranya adalah struktur, geoteknik, transportasi, manajemen sumber daya air, manajemen konstruksi, dan lingkungan.


    Baca juga: Informasi terlengkap pernerimaan mahasiswa baru UNTAR 2022


    Alasan Harus Mengambil Jurusan Teknik Sipil

    Setelah mengetahui informasi tentang jurusan teknik sipil yang sudah dipaparkan sebelumnya, mungkin ada sebagian dari kamu yang masih belum yakin betul untuk mengambil jurusan ini. Kamu tidak perlu khawatir karena di bagian ini akan dibahas apa saja alasan untuk mengambil jurusan teknik sipil, yaitu:

    • Ilmu teknik sipil akan terus dibutuhkan karena berhubungan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang hidup manusia
    • Berkaitan dengan poin sebelumnya, maka peluang kerja untuk lulusan jurusan teknik sipil sangat luas. Kondisi Indonesia yang termasuk ke negara berkembang dan sedang giat-giatnya mengembangkan infrastruktur, maka sudah pasti ahli teknik sipil akan sangat dibutuhkan
    • Ahli teknik sipil juga dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terutama untuk pengembangan bangunan sampai membuat rekayasa bangunan
    • Lulusan jurusan teknik sipil juga bisa yang memiliki jiwa entrepreneur juga bisa membuka lapangan kerja di bidang konsultan perencana pembangunan, jasa konstruksi, ataupun jasa pengembang (developer)
    Register.jpg

    Klik banner di atas untuk Ajukan Sekarang di Danacita!

    Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil 2022

    Sarjana teknik sipil akan selalu dibutuhkan seiring dengan kebutuhan akan infrastruktur yang terus berkembang, terutama di Indonesia. Lulusan jurusan teknik sipil diharapkan dapat merencanakan, merancang, serta mengawasi konstruksi bangunan sesuai standar. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dengan banyaknya materi kuliah jurusan teknik sipil, maka dijamin jika kamu menjadi lulusan ini, kamu mampu bekerja di berbagai sektor, baik itu sektor nasional atau privat.

    Lulusan jurusan teknik sipil juga dapat bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang properti, konstruksi, dan produksi material bangunan, baik swasta maupun negeri. Untuk instansi pemerintah sendiri, beberapa yang menerima lulusan teknik sipil meliputi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN) hingga BUMN bidang konstruksi dan infrastruktur.

    Secara spesifik, lulusan jurusan teknik sipil dapat berprofesi sebagai seorang analis kontrol kualitas, drafter sipil, teknisi sipil hingga pengawas konstruksi dan bangunan.


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru President University 2022/2023


    Itulah informasi lengkap mengenai jurusan teknik sipil, mulai dari pengenalan hingga prospek kerjanya. Nah, gimana menurut kamu? Apa dengan membaca informasi di atas membuatmu tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan Teknik Sipil?

    Yuk, kunjungi rekomendasi jurusan lainnya dari Danacita yang bisa kamu pertimbangkan!

    Jika kamu benar-benar tertarik untuk berkuliah di jurusan teknik sipil tapi masih bingung karena kendala akan biaya, kini kamu tak perlu khawatir lagi karena Danacita siap membantu. Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau dengan misi membuka akses pendidikan tinggi untuk pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, tentunya biaya kuliahmu akan jadi lebih ringan karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Prosesnya juga mudah dan cepat secara online dengan 2 hari masa kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya. Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan baik itu formal maupun non formal di seluruh Indonesia, jadi sudah pasti aman dan terjamin.

    Jadi tunggu apalagi? Segera gapai mimpimu bersama Danacita! Kunjungi link berikut untuk info Danacita lebih lanjut.

    [SEO]

    ­čô×Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    teknik sipil
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo