Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Universitas Pembangunan Jaya: Info Selengkapnya

2023-06-29

Daftar isi

    Kuliah tidak hanya sebagai proses mengembangkan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    Namun, kuliah juga sebagai bekal yang harus kamu persiapkan sebelum benar-benar terjun di dunia kerja.

    Oleh karena itu sangat penting untuk memilih jurusan kuliah yang punya prospek kerja yang luas.

    Sebagai kampus yang didirikan melalui pengalaman panjang grup Jaya, Universitas Pembangunan Jaya menawarkan berbagai jurusan yang siap membekali kamu dengan pengalaman dan pengetahuan serta kemampuan yang dapat bersaing di industri.

    Tertarik untuk masuk kampus ini? Ada apa saja jurusan Universitas Pembangunan Jaya? Berikut penjelasan lengkapnya.

    Profil Universitas Pembangunan Jaya

    Sebelum membahas lebih lanjut tentang jurusan Universitas Pembangunan Jaya, yuk kenalan dulu dengan kampus yang satu ini!

    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Bintaro yang berdiri pada tahun 2011 dan didukung oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya.

    UPJ hadir untuk menciptakan sarjana yang mampu mengatasi segala bentuk tantangan dalam masyarakat dan giat berperan serta menyumbangkan pemikiran dan keterampilan di tengah masyarakat.

    Berbekal motto “Mendidik Manusia Jaya yang berintegritas, professional dan memiliki spirit entrepreneur” sistem pendidikan di UPJ mempersiapkan lulusannya yang utuh dengan softskills dan hardskills.

    Visi

    Menjadi universitas yang unggul dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan dan pelopor kesejahteraan.

    Misi

    • Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara profesional dan taat asas.
    • Menyelenggarakan pendidikan berkualitas.
    • Membangun budaya riset menuju tercapainya UPJ sebagai universitas riset.
    • Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna.
    • Membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup yang berperilaku luhur dan berdaya saing tinggi, melalui penerapan Nilai-Nilai Jaya dan pola ilmiah pokok UPJ.
    • Bersinergi melalui kerjasama nasional dan internasional mencapai keunggulan komparatif.

    Jurusan yang Ada Di UPJ

    Berikut daftar jurusan Universitas Pembangunan Jaya.

    1. Desain Komunikasi Visual

    Jurusan Universitas Pembangunan Jaya yang pertama yaitu Desain Komunikasi Visual UPJ. Jurusan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu merancang visual berdasarkan kreativitas, warna budaya lokal yang dapat beradaptasi dengan media baru sejalan dengan tuntutan industri global.

    Terdapat tiga peminatan di jurusan ini, yaitu Desain Grafis, Desain Periklanan dan Multimedia.

    Setelah lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan memiliki kemampuan literasi data, literasi teknologi dan SDM melalui perkuliahan yang memadukan teori dengan praktikum di studio maupun lapangan.

    2. Desain Produk

    Jurusan Desain Produk UPJ adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin belajar Designing Your Future Digital Lifestyle.

    Jurusan Universitas Pembangunan Jaya yang satu ini menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif serta menjadi seorang Creative Problem Solver, terutama di ranah Desain dan Gaya Hidup di Era Digital saat ini.

    Jurusan ini memiliki 5 (lima) jalur peminatan, yaitu:

    • Desain Produk Digital Lifestyle
    • Desain Produk Interior, Furniture dan Aksesoris Rumah
    • Desain Produk Perhiasan dan Aksesoris Fashion
    • Desain Produk Transportasi
    • Desain Produk Mainan

    3. Informatika

    Jurusan Informatika merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Desain UPJ yang berfokus pada perancangan dan pengembangan aplikasi pintar dengan tiga pilihan peminatan, yaitu Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent), Sistem Tertanam (Embedded System), serta Jaringan dan Keamanan Siber (Network and Cyber Security).

    Jurusan ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan individu dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri, baik di bidang perangkat lunak, perangkat keras dan manufaktur, maupun industri lainnya yang mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi.

    Baca juga: Mau Tau Biaya Kuliah di UPJ? Simak di Sini Yuk!

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    4. Sistem Informasi

    Jurusan Sistem Informasi Universitas UPJ merupakan jurusan yang memiliki warna khas, yaitu menjadikan Sistem Informasi dan teknologi informasi sebagai solusi bisnis dan urban lifestyle and urban development.

    Oleh karena itu, setiap lulusannya akan memiliki profil sebagai Analis dan Pengembang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi sebagai Solusi Bisnis dan Solusi Masyarakat Urban”.

    5. Teknik Sipil

    Jurusan Teknik Sipil UPJ merupakan jurusan yang akan membekali kamu berbagai kemampuan dan pengetahuan untuk menjadi pelaku di bidang perencanaan, perancangan, pelaksanaan infrastruktur serta pengelola infrastruktur.

    Selain itu, kamu juga akan dibekali kemampuan manajerial dan berinovasi, kemampuan menerapkan prinsip kewirausahaan, serta kemampuan melakukan penelitian khususnya di bidang infrastruktur perkotaan yang berwawasan lingkungan.

    Adapun peminatan pada jurusan Universitas Pembangunan Jaya yang satu ini adalah struktur dan sumber daya air serta manajemen dan infrastruktur.

    6. Arsitektur

    Jurusan arsitektur adalah jurusan Universitas Pembangunan Jaya yang membekali lulusannya agar mampu merancang dan menguasai ilmu arsitektur dengan menitikberatkan pada arsitektur hijau yang berkelanjutan.

    Di sini kamu memiliki kesempatan yang luas untuk mengasah keahlian agar mendapatkan hands-on experience dari teori-teori yang kamu dapatkan di perkuliahan untuk diterapkan atau dianalisis di lapangan.

    7. Akuntansi

    Jurusan Akuntansi UPJ memiliki tujuan untuk menciptakan Akuntan yang tidak hanya berperan dalam proses penyusunan dan analisa Laporan Keuangan saja, tetapi juga Akuntan yang paham akan penerapan Akuntansi Lingkungan (Sustainability Reporting) dan Financial Modelling terkait bidang akuntansi.

    Oleh karena itu, kompetensi lulusan jurusan meliputi 6 bidang peminatan yaitu:

    • Akuntansi dan Keuangan
    • Perpajakan
    • Audit
    • Akuntansi Manajemen Bisnis
    • Sistem Informasi Akuntansi
    • Akuntansi Sektor Publik

    8. Manajemen

    Jurusan Manajemen UPJ adalah jurusan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap lulusan sarjana yang mampu menjalankan fungsi pengelolaan pada berbagai bidang manajerial untuk menghasilkan kinerja yang berdaya saing tinggi bagi pencapaian sasaran dan tujuan organisasi.

    Jurusan Universitas Pembangunan Jaya ini akan mempersiapkan kamu dengan pembelajaran akademik yang dilengkapi dengan pembelajaran praktek melalui berbagai macam peminatan, seperti Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Keuangan.

    9. Ilmu Komunikasi

    Jurusan Ilmu Komunikasi UPJ merupakan jurusan yang mengembangkan kajian dan pembelajaran Komunikasi Lingkungan yang dapat diaplikasikan pada kehidupan dan pengembangan masyarakat kota besar.

    Dalam jurusan Universitas Pembangunan Jaya yang satu ini, terdapat dua mata kuliah minor yaitu Hubungan Masyarakat dan Jurnalisme Penyiaran.

    Setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan ini, kamu diharapkan dapat bekerja sebagai Praktisi Hubungan Masyarakat, Spesialis Media Sosial, Produser Konten, Pengelola Acara, Jurnalis Daring, Pelaksana Produksi Media, Spesialis Komunikasi Pemasaran, Peneliti Media.

    10. Psikologi

    Jurusan Psikologi UPJ merupakan jurusan yang berfokus pada Psikologi Perkotaan (Urban Psychology).

    Di sini, kamu tidak hanya belajar mengenai ilmu psikologi saja, tetapi juga wawasan ilmu pengetahuan di luar bidang studi yang dipelajarinya, khususnya terkait dengan urban development dan urban lifestyle.

    Setelah lulus, kamu diharapkan dapat bekerja sebagai tenaga kerja di bidang Sumber Daya Manusia, Konsultan di bidang Psikologi, Pengajar, Penulis, Konselor, Fasilitator Pengembangan Komunitas, Fasilitator dan Motivator dalam Program Pelatihan, Administrator Tes Psikologi, Asisten Peneliti, Asisten Psikolog dan Pelaku Usaha Mandiri.

    Biaya Kuliah Jurusan UPJ

    Setelah mengetahui jurusan Universitas Pembangunan Jaya, berikut rincian biaya SPP dan SKS jurusan yang ada di UPJ:

    Jurusan Biaya SPP SKS Kelas Semester 1 SKS Praktik Semester 1 Total
    Akuntansi Rp3.500.000 18 1 Rp8.710.000
    Manajemen Rp3.500.000 18 - Rp8.360.000
    Ilmu Komunikasi Rp3.750.000 20 - Rp9.150.000
    Psikologi Rp3.500.000 20 - Rp8.900.000
    Desain Komunikasi Visual Rp4.000.000 16 4 Rp9.720.000
    Desain Produk Rp3.500.000 17 - Rp8.090.000
    Informatika Rp3.500.000 18 1 Rp8.710.000
    Sistem Informasi Rp3.500.000 17 2 Rp8.810.000
    Teknik Sipil Rp4.000.000 18 2 Rp9.560.000
    Arsitektur Rp4.000.000 20 - Rp9.400.000

    Berkuliah Di UPJ Dengan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar jurusan Universitas Pembangunan Jaya. Ingin berkuliah di salah satu jurusan UPJ tapi terkendala biaya? Tidak usah khawatir.

    Danacita siap mewujudkan mimpi kamu melalui bantuan biaya pendidikan. Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pendanaan pendidikan.

    Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia, termasuk di UPJ.

    Dengan kehadiran Danacita, biaya kuliahmu akan jauh lebih mudah dan terjangkau karena bisa dibayar mulai 6 hingga 12 bulan. Proses pengajuannya cukup mudah dan secara online.

    Kamu bisa melakukan pengajuan secara online melalui website. Ditambah, pengajuannya tidak membutuhkan biaya down payment (DP) atau uang muka maupun uang administrasi awal.

    Kemudian untuk proses verifikasinya sendiri hanya membutuhkan waktu 2 hari kerja terhitung dari kelengkapan persyaratannya.

    Selain itu, Danacita juga dijamin aman karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!