Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Zakat dan Wakaf: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-27

Daftar isi

    Dalam memilih jurusan dan kampus untuk melanjutkan kuliah memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan karena pilihan ini akan memiliki dampak yang besar dalam kehidupan.

    Jika kamu masih bingung untuk memilih jurusan dan kamu ingin masuk di jurusan yang berhubungan dengan Islam, salah satu jurusan yang bisa dipilih adalah jurusan zakat dan wakaf. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang jurusan manajemen zakat dan wakaf ini.

    Untuk itu, jika kamu termasuk salah satunya, langsung simak artikel di bawah ini yang akan mengulas tentang jurusan zakat dan wakaf mulai dari informasi umum hingga prospek kerjanya.

    Apa itu Jurusan Zakat dan Wakaf?

    Sebelum melanjutkan studi ke jurusan tersebut, tentu kamu juga harus mengetahui apa itu jurusan zakat dan wakaf secara garis besar. Jurusan zakat dan wakaf adalah sebuah program studi yang fokus pada materi tentang zakat dan wakaf dalam Islam yang merupakan salah satu aspek penting dalam agama Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim.

    Jurusan ini mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar zakat dan wakaf, serta mengajarkan bagaimana cara mengelola dana zakat dan wakaf secara efektif dan sesuai dengan syariah Islam.

    Jurusan zakat dan wakaf juga membahas tentang aspek sosial dan ekonomi dari zakat dan wakaf, serta mempelajari tentang peran zakat dan wakaf dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi.

    Sebagai mahasiswa jurusan zakat dan wakaf, nantinya akan dibekali dengan pengetahuan tentang cara mengelola dana zakat dan wakaf secara efektif dan efisien, serta memahami bagaimana menyalurkan dana tersebut kepada yang membutuhkan.

    Lulusan jurusan zakat dan wakaf diharapkan mampu menjadi pemimpin dan pengelola program-program zakat dan wakaf yang bermanfaat bagi masyarakat.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Zakat dan Wakaf

    Jurusan zakat dan wakaf juga mempersiapkan setiap mahasiswanya untuk menjadi praktisi lembaga zakat dan wakaf, konsultan zakat dan wakaf, sociopreneur. Nah, inilah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari jika melanjutkan studi ke jurusan zakat dan wakaf:

    • Ilmu Zakat

    Mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar zakat, hukum-hukum zakat, sistem pemungutan zakat, dan penerapan zakat di masyarakat

    • Ilmu Wakaf

    Mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar wakaf, hukum-hukum wakaf, cara membuat akad wakaf, dan penerapan wakaf dalam masyarakat

    • Manajemen Zakat dan Wakaf

    Mempelajari tentang teori dan praktik manajemen zakat dan wakaf, termasuk strategi pengelolaan dana zakat dan wakaf, sistem pengawasan, dan pelaporan

    • Sosiologi Zakat dan Wakaf

    Mempelajari tentang peranan zakat dan wakaf dalam masyarakat, termasuk bagaimana zakat dan wakaf mempengaruhi struktur sosial, nilai-nilai, dan kebiasaan masyarakat

    • Sejarah Zakat dan Wakaf

    Mempelajari tentang sejarah zakat dan wakaf, termasuk bagaimana zakat dan wakaf berkembang di berbagai negara dan periode sejarah

    Alasan Memilih Jurusan Zakat dan Wakaf

    Salah satu alasan yang tepat untuk melanjutkan studi ke jurusan zakat dan wakaf karena memiliki passion terhadap kegiatan sosial dan kemanusiaan.

    • Pengetahuan yang luas tentang zakat dan wakaf

    Jurusan zakat dan wakaf menyediakan pengetahuan yang luas tentang zakat dan wakaf, seperti prinsip-prinsip zakat, nisab zakat, perhitungan zakat, pembagian zakat, serta aspek-aspek hukum dari wakaf. Ini akan membantu kamu untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana mengelola dan menyalurkan zakat dan wakaf secara tepat.

    • Peluang kerja yang luas

    Mahasiswa yang lulus dari jurusan zakat dan wakaf memiliki peluang kerja yang luas, baik di lembaga-lembaga zakat dan wakaf maupun di perusahaan-perusahaan yang memiliki departemen sosial kemasyarakatan. Selain itu, kamu juga dapat menjadi konsultan zakat atau wakaf bagi individu atau organisasi yang membutuhkan bantuan dalam mengelola dan menyalurkan zakat dan wakaf.

    • Dapat membantu kemajuan sosial masyarakat

    Dengan memilih jurusan zakat dan wakaf, kamu dapat memberikan sumbangsih positif bagi masyarakat dengan membantu mengelola dan menyalurkan zakat dan wakaf secara tepat dan bermanfaat. Ini dapat membantu meningkatkan kemajuan sosial masyarakat, terutama bagi kelompok yang membutuhkan bantuan

    Prospek Kerja Jurusan Zakat dan Wakaf

    Prospek kerja jurusan zakat dan wakaf terbilang cukup bagus, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang tersebut.

    Salah satu bidang yang dapat dijadikan pilihan adalah sebagai pengelola zakat dan wakaf di lembaga-lembaga keagamaan atau lembaga-lembaga sosial keagamaan.

    Sebagai pelaku bisnis yang memahami prinsip-prinsip zakat dan wakaf, lulusan jurusan zakat dan wakaf juga dapat memanfaatkan ilmu yang telah didapat untuk membangun usaha atau bisnis yang sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut.

    Berikut beberapa bidang pekerjaan y\ang bisa kamu eksplorasi sebagai lulusan dari jurusan zakat dan wakaf.

    • Praktisi lembaga zakat dan wakaf

    bertanggung jawab untuk memastikan bahwa dana zakat dan wakaf yang diterima dikelola dengan bijaksana dan disalurkan kepada yang membutuhkan sesuai dengan prinsip-prinsip zakat dan wakaf

    • Peneliti muda zakat dan wakaf

    Membantu dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas program zakat dan wakaf di masyarakat, serta dapat membantu dalam pengembangan inovasi-inovasi baru dalam bidang tersebut

    • Sociopreneur

    Memanfaatkan zakat dan wakaf untuk mengembangkan bisnis atau usaha sosial yang bermanfaat bagi masyarakat

    Rekomendasi Kampus Terbaik dengan Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf

    Setelah mengetahui informasi hingga prospek kerja jurusan zakat dan wakaf di atas, kamu semakin yakin untuk melanjutkan studi ke jurusan tersebut? Nah, kali ini Danacita akan memberikan rekomendasi kampus terbaik dengan jurusan manajemen zakat dan wakaf untuk kamu.

    UIN Raden Mas Said merupakan kampus yang menawarkan jurusan zakat dan wakaf, kampus ini sudah terakreditasi B melalui Surat Keputusan SK BAN-PT No. 3334/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019 yang berlaku sejak 03 September 2019 sampai dengan 03 September 2024.

    Memiliki visi yang menjadikan program studi yang religius, unggul, profesional, berdaya saing, modern dan mandiri dalam pengembangan ilmu zakat dan wakaf pada tahun 2034.

    UIN RMS memiliki fasilitas yang memadai dan dosen-dosen pengajar yang berpengalaman pada bidangnya. Menarik kan?

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Organisasi dan Komunitas yang Bisa Diikuti di UIN Raden Mas Said Surakarta

    Berkuliah di Jurusan Zakat dan Wakaf dengan Danacita

    Tertarik berkuliah di UIN RMS Jurusan Zakat dan Wakaf? Jika kamu ingin cepat merealisasikan mimpimu, yuk! Segera daftarkan diri untuk melanjutkan studi dengan membayar pakai Danacita. Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan UIN RMS untuk membantu kamu untuk meringankan biaya perkuliahan.

    Dengan memanfaatkan Danacita, kamu bisa membayar biaya kuliah dengan cara berangsur-angsur mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Selain dengan UIN RMS, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja. Kamu tidak perlu dibebani DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Danacita pun sudah resmi berizin OJK dan bersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data privasi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi karena Danacita sudah pasti aman dan terjamin.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!