Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Kegiatan Perkuliahan di UPJ: Seru, Menantang, Banyak Kegiatan Asik

2022-03-16

upj-ukm.jpg

Kegiatan Mahasiswa di UPJ

Daftar isi

    Dunia perkuliahan punya banyak sekali hal yang bisa dieksplor. Selain kegiatan akademik, kampus juga menawarkan banyak sekali kegiatan non akademik sebagai tempat menyalurkan bakat dan hobi kamu. Mulai dari organisasi himpunan mahasiswa di jurusan hingga unit kegiatan mahasiswa

    Universitas Pembangunan Jaya menjadi salah satu kampus yang menyediakan banyak kegiatan organisasi kemahasiswaan. Di artikel ini kita akan melihat organisasi kemahasiswaan apa saja yang ada di UPJ serta prestasi mahasiswa dan kampus UPJ yang pernah ditorehkan.

    Apa itu Universitas Pembangunan Jaya?

    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak 25 Februari 2011 dengan ijin operasional melalui Surat Keputusan Menteri Nomor 38/D/O/2011. Lokasi UPJ berada di Tangerang Selatan, Banten. Tepatnya di Jl. Cendrawasih Raya, Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

    UPJ hadir untuk menciptakan lulusan yang mampu mengatasi segala bentuk tantangan dalam masyarakat dan giat berperan serta menyumbangkan pemikiran dan keterampilannya ke lingkungan sekitar.

    Melalui motto “Mendidik Manusia Jaya Berintegritas, professional, dan memiliki spirit entrepreneur”, sistem pendidikan di UPJ mempersiapkan lulusan dengan softskill dan hardskill yang mumpuni, tidak hanya di bidang akademik saja tapi juga non-akademik.

    Meski baru berdiri selama lebih dari satu dekade, kualitas dari kampus UPJ ini tidak perlu diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan dengan akreditasi A yang didapatkan untuk perpustakaan dan akreditasi B untuk seluruh program studinya.

    Selain itu, UPJ juga pernah menduduki peringkat 92 dalam 100 Besar Pemeringkatan Perguruan Tinggi oleh Kemdikbud Ristek 2020, menjadikan UPJ sebagai universitas termuda yang berhasil masuk dalam peringkat 100 besar tersebut.


    Baca juga: Mau Tau Biaya Kuliah 2022/2023 di UPJ? Simak di Sini Yuk!


    Organisasi Kemahasiswaan UPJ

    Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah bagi kamu sebagai mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas kemahasiswaannya berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui berbagai kegiatan yang relevan.

    Tujuan organisasi kemahasiswaan di UPJ ini dibentuk agar kamu bisa mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat kamu dengan cara yang lebih luas dan bebas. Organisasi kemahasiswaan yang ada di UPJ antara lain:

    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang bersifat otonom di tingkat Universitas. UKM bertujuan untuk menjembatani kegiatan-kegiatan mahasiswa UPB dengan bidang minat, bakat dan penalaran mahasiswanya. UKM yang ada di UPB antara lain:

    UKM Bidang Olahraga

    Untuk kamu yang memiliki ketertarikan atau bakat dibidang olahraga tidak usah khawatir, karena UPJ mewadahi kamu dengan beberapa pilihan UKM olahraga. UPJ ikut menyediakan juga beragam fasilitas berupa lapangan hingga perlengkapan olahraga terkait. Seperti:

    • UKM Futsal
    • UKM Basket
    • UKM Rugby
    • UKM Bulutangkis
    • UKM Taekwondo
    • UKM MArtial Arts
    • UKM Panahan
    • UKM Pencak Silat

    UKM Bidang Seni

    Untuk kamu yang memiliki jiwa seni atau sekedar menyenangi hal-hal berbau seni dan ingin mempelajari serta meningkatkan kemampuan kamu lebih dalam, UPJ juga mewadahi bakat dan ketertarikan kamu di bidang seni melalui beberapa UKM seni. Mulai dari seni tarik suara, tari dan lain sebagainya.

    Sama halnya dengan UKM olahraga, UPJ juga menyediakan ruangan khusus beserta perlengkapan untuk UKM seni. Beberapa UKM seni yang ada di UPJ antara lain:

    • UKM Musik
    • UKM Paduan Suara
    • UKM Kesenian Tradisional
    • UKM Kebudayaan JEpang
    • UKM Tari Modern.

    UKM Bidang Penalaran

    Kamu bisa saja tidak memiliki bakat di bidang olahraga, atau tidak memiliki ketertarikan di bidang seni. Namun kamu lebih senang untuk membahas hal-hal ilmiah atau bahkan yang membutuhkan penalaran yang lebih dalam, UPJ juga menyediakan UKM untuk kamu.

    Terdapat dua UKM yang berada pada bidang penalaran ini, yaitu UKM Desain & Sains, serta Klub Bahasa Inggris.

    Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM)

    Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) merupakan sebuah badan legislatif dalam organisasi kemahasiswaan Universitas Pembangunan Jaya. BPM berfungsi mewakili mahasiswa dalam menyalurkan aspirasi dan suaranya. Sebagai legislatif, BPM mengawasi kebijakan dan program-program yang dilaksanakan oleh BEM. BPM menyelenggarakan musyawarah-musyawarah untuk mengatur penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh BPM ialah Musyawarah Besar, Pemilu, Raker dll.

    Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

    Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan organisasi mahasiswa tingkat kampus di Universitas Pembangunan Jaya yang berwenang dalam menjalankan fungsi ekesekutif dalam organisasi kemahasiswaan UPJ. BEM menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kekeluargaan antar mahasiswa, daya kritis, pengembangan minat dan bakat, serta kesejahteraan mahasiswa.


    Baca juga: Informasi terbaru PMB UPJ 2022


    Himpunan Mahasiswa (Hima)

    Himpunan Mahasiswa Program Studi atau yang lebih dikenal dengan nama HIMA merupakan sebuah wadah mahasiswa yang dibentuk dengan tujuan untuk menampung, mengkoordinasi dan membantu mewujudkan apresiasi kreatifitas dan skill mahasiswa program studi tertentu. Organisasi ini secara struktural berada dibawah koordinasi program studi dan fakultas.

    Prestasi Mahasiswa dan Kampus UPJ

    Sebagai salah satu kampus yang masuk dalam peringkat 100 Besar Pemeringkatan Perguruan Tinggi prestasi mahasiswa dibidang akademik maupun non akademik menjadi salah satu isu penting.

    UPJ sangat mendorong para mahasiswanya untuk dapat meraih prestasi tersebut. Dorongan tersebut diwujudkan dalam bentuk bimbingan, pembiayaan maupun pemberian izin (dispensasi) perkuliahan agar minat dan bakat kamu dapat tersalurkan dan terbina dengan baik.

    Sejak tahun 2014, UPJ telah menorehkan sejumlah prestasi, baik pada skala lokal/ regional, nasional, hingga internasional.

    Seperti baru-baru ini, tepatnya di bulan Februari UPJ berhasil meraih dua dari delapan penghargaan anugerah yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Banten dan Jawa Barat (LLDIKTI IV). Dua penghargaan tersebut adalah pengisian Simonev dan mahasiswa yang banyak melakukan kegiatan di luar kampus. Hanya ada 24 dari 450 kampus swasta di Jabar dan Banten yang mendapatkan penghargaan ini.

    Mahasiswa UPJ juga pernah meraih lima medali emas dan dua perak pada ajang multi-disiplin Internasional, yaitu The 2nd Asia International Conference of Art and Design (2nd AICAD) di Malaysia 2018 lalu.

    Dengan berbagai macam keunggulan dan fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa, kamu tidak perlu khawatir kegiatan perkuliahan kamu akan membosankan. Sebab kamu bisa memilih banyak kegiatan non-akademik yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

    Selain menambah kemampuan di bidang non-akademik, mengikuti organisasi dan kegiatan kampus UPJ lainnya juga akan berguna untuk menambah relasi kamu.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria