Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Kenali Sistem Informasi Akademik (SIA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta

2022-10-02

Daftar isi

    Saat ini, semua industri berlomba-lomba untuk melakukan sebuah inovasi dalam sistem informasi yang dapat membantu dan menunjang pekerjaan yang dilakukan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Sebagai salah satu industri yang paling krusial, perkembangan dan inovasi dalam dunia pendidikan harus selalu dilakukan setiap saat.

    Salah satu universitas yang membangun sebuah sistem informasi adalah Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang dikenal sebagai SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Bila kamu merupakan calon mahasiswa baru UMBY, maka harus paham akan istilah ini. Berikut penjelasan mengenai SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

    Apa itu SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta?

    Sistem Informasi Akademik (SIA) adalah sebuah aplikasi yang mengintegrasikan seluruh proses kegiatan akademik ke dalam sebuah sistem informasi yang didukung oleh teknologi terkini. SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta sendiri merupakan sebuah sistem informasi berbasis dan dikembangkan oleh Biro Information & Communication Technology (ITC) UMBY untuk memudahkan aktivitas akademik para mahasiswa. Ini adalah salah satu bentuk pengadopsian Teknologi Informasi (TI) perguruan tinggi yang dilakukan oleh UMBY.

    Lahirnya sistem informasi ini tidak lepas dari perkembangan era industri 4.0 yang sangat pesat. SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta dibangun menggunakan sistem bertingkat sesuai dengan tugas dan tanggung-jawab masing-masing bagian dalam perguruan tinggi. Hal ini merupakan suatu bukti bahwa UMBY selalu berupaya meningkatkan teknologi-teknologi informasi yang saat ini dikembangkan untuk menjawab tantangan yg ada. Dengan begitu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta dapat menjadi universitas yang smart sesuai dengan visinya “Menjadi Universitas Unggul, Mutu, dan Bermanfaat bertaraf Internasional pada tahun 2029".

    Baca juga: Mau Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Cek Dulu Cara Pendaftarannya Disini!

    Fungsi SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Setelah mengetahui definisinya, berikut akan dijelaskan mengenai beberapa fungsi SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

    1. Sebagai Pusat Informasi

    Fungsi SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang pertama yaitu sebagai pusat informasi. Digitalisasi pengelolaan data kampus dengan Sistem Informasi Akademik ini, akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam mengakses informasi akademik dimanapun dan kapanpun. Mahasiswa dapat melihat nilai, jadwal kuliah, dan juga informasi penting lainnya.

    2. Integrasi Data

    SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta terintegrasi dengan sistem basis data secara terpusat. Tujuannya yaitu untuk menghindari adanya duplikasi. Selain itu, dengan menggunakan integrasi data ini, kampus pun akan lebih up to date dengan segala informasi yang akan diberikan melalui SIA ini. Oleh karena itu, dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah melihat perkembangan kampus.

    3. Memudahkan Proses Pengelolaan Data Akademik & Non Akademik

    Fungsi SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta selanjutnya yaitu bisa sangat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar/dosen serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional.

    4. Meningkatkan Citra Kampus

    Fungsi SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang tak kalah penting adalah meningkatkan citra kampus. Disadari atau tidak, adanya sistem informasi akademik pada sebuah kampus akan memberikan kesan suatu kampus itu peduli, transparan, dan maju selangkah di bidang teknologi. Hal inilah yang sedang dibangun oleh UMBY

    Fitur-fitur SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkannya. Aplikasi ini sendiri memiliki berbagai macam fitur untuk memudahkan perkuliahan mahasiswa, antara lain:

    • Biodata mahasiswa
    • Informasi KRS
    • Informasi KHS
    • Jadwal perkuliahan
    • Jadwal ujian, baik UTS, UAS, maupun jadwal ujian susulan
    • Jadwal dosen
    • Status semester perkuliahan
    • dan masih banyak lagi

    Bagaimana Cara Menggunakan SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta?

    1. Pertama-tama, user harus mengetikan alamat website: https://sso.mercubuana.ac.id/ atau langsung ke halaman SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta di http://sia.mercubuana.ac.id/gate.php/login
    2. User akan diarahkan ke halaman username dan password seperti gambar di bawah

    1. Kemudian, user bisa memasukkan username dan password. Selanjutnya user akan diarahkan ke halaman utama sistem. Berikut tampilan halaman utama sistem setelah user mahasiswa berhasil login

    1. Di halaman ini, ditampilkan berbagai menu yang bisa diakses sesuai dengan kebutuhan user, seperti:
    • Detail Mahasiswa

    Menu Detail Mahasiswa merupakan menu yang terletak di pojok kiri atas dan digunakan untuk menampilkan informasi detail data mahasiswa, selain detail pada menu tersebut mahasiswa juga bisa melakukan beberapa tindakan, seperti mengedit biodata, KRS, lihat nilai KHS, dan beberapa aksi cepat lainnya.

    • Jadwal Dosen

    Pada jadwal dosen mahasiswa bisa melihat jadwal kegiatan dosen tersebut berdasarkan hari dan jam, dan mengajukan jadwal bimbingan ke dosen pembimbing

    • Kuesioner Kesesuaian Rapem
    • Kuesioner Proses Belajar Mengajar

    Untuk langkah-langkah penggunaannya secara lengkap bisa diakses di sini.

    SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta versi Mobile

    Pengembangan SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta selalu dilakukan agar terus dapat memberikan yang terbaik untuk para mahasiswanya. Sehingga pada Mei 2020, UMBY akhirnya meluncurkan SIA versi mobile yang langsung dapat diunduh oleh para mahasiswa di handphonenya masing-masing, baik penggunaan android maupun iOS.

    Dengan aplikasi ini, mahasiswa dapat mengetahui jadwal perkuliahan, jadwal ujian, status semester, pengumuman dari kampus hingga alarm notifikasi kepada mahasiswa sebagai pengingat jadwal kuliah yang secara otomatis akan muncul notifikasi setiap satu jam sebelum kuliah. Dengan begini, mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini akan seperti memiliki asisten pribadi yang mengingatkan jadwal kuliah. Menarik bukan?

    Adanya SIA Universitas Mercu Buana Yogyakarta versi mobile ini sangat membantu mahasiswa UMBY dalam melaksanakan kegiatan akademik, dan menunjukan perkembangan UMBY dalam Bidang Teknologi Informasi di Era Industri 4.0. Apalagi ketika pandemi menyerang, semua kegiatan harus dilakukan dengan online, maka adanya SIA mobile ini benar-benar bermanfaat bagi mahasiswanya.

    Ke depannya, tentu aplikasi ini akan masih dikembangkan lagi dengan tujuan meningkatkan dan semakin memberi kemudahan pelayanan akademik melalui pelayanan berbasis digital dan mobile.

    Bayar Biaya Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta Menggunakan Danacita

    UMBY dan Danacita saat ini telah menjalin kerjasama untuk memudahkan mahasiswa untuk menyediakan akses pendidikan yang terjangkau dan meningkatkan kapasitas diri mahasiswa. Danacita sendiri merupakan perusahaan platform teknologi yang menyediakan solusi pembiayaan pendidikan bagi pelajar, mahasiswa dan profesional untuk belajar di lembaga pendidikan tinggi serta sudah berizin OJK.

    Proses pengajuan pembiayaan pendidikan di Danacita sangat mudah, dan tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit. Bahkan, kamu tidak perlu melakukan pembayaran (DP) atau uang muka untuk mendapatkan pinjaman di platform ini. Selain itu, kamu bisa memilih tenor cicilan yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 6 bulan, 12, 18, hingga 24 bulan. Mudah bukan?

    Ajukan pembiayaan pendidikanmu sekarang di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!