Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

8 Kerja Part Time yang Cocok dan Bisa Dilakukan Untuk Mahasiswa

2022-03-29

Daftar isi

    Berbeda dengan semasa menjadi siswa sekolah, kamu akan memiliki jadwal yang lebih senggang saat menjadi mahasiswa. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu senggang saat menjadi mahasiswa adalah dengan melakukan kerja part time. Bukan hanya bisa memiliki jadwal yang lebih produktif, tapi dengan kerja part time kamu juga bisa mendapat pengalaman kerja, uang pemasukan tambahan, dan bisa membangun networking.

    Kamu tidak perlu khawatir karena beban kerja part time tidak seberat magang atau karyawan tetap, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas akademikmu. Bila kamu tertarik untuk melakukan kerja part time untuk mahasiswa, berikut ini rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi.

    Guru Les atau Tutor

    Tidak sedikit mahasiswa yang memiliki pekerjaan sampingan atau kerja part time sebagai seorang guru les atau tutor. Kamu bisa mencoba pilihan ini dan menjadi tutor di suatu tempat bimbel atau privat. Tak perlu memiliki nilai akademik yang sempurna, bila kamu punya pemahaman pelajaran yang bagus, tidak ada salahnya menjadi guru les atau tutor. Apalagi jika jurusanmu di bidang pendidikan, kerja part time ini akan sangat cocok dan relevan untuk dicoba.

    Selain menjadi tutor pelajaran, kalau kamu punya skill lain seperti memainkan alat musik atau menggambar juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kerja part time kamu. Ada juga lowongan yang mencari guru les atau tutor di luar pelajaran akademik. Selain menambah uang jajan, kamu juga bisa terus melakukan hobimu dan berbagi ilmu dengan orang lain.

    Baca juga: 3 Cara Mudah Cari Uang Tambahan Untuk Mahasiswa dan Sahabat Danacita

    Translator

    Bagi kamu mahasiswa yang punya kemampuan di berbagai bahasa asing, kerja part time menjadi translator bisa cocok untukmu. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan skill bahasa yang kamu punya sebagai sumber penghasilan. Di masa sekarang, banyak lowongan yang membutuhkan jasa translator. Selain menambah penghasilan sebagai, kamu juga bisa terus melatih kemampuan bahasa asingmu dan menambah pengalaman semasa menjadi mahasiswa.

    Barista

    Source: Pexels.com/Michael Burrows

    Sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti sering mengerjakan tugas di Cafe. Cafe kini sudah mulai banyak dan menjamur di berbagai tempat dan biasanya membuka lowongan, seperti barista. Kamu yang ingin mencoba bekerja di suasana cafe bisa kerja part time sebagai barista di cafe. Carilah lowongan barista di situs-situs part time atau media sosial seperti lokerbaristaindonesia di instagram. Menjadi barista sangat cocok untukmu yang suka kopi, sehingga bukan hanya kerja part time dan menerima upah, melainkan kamu bisa belajar mengenai kopi hingg belajar untuk menjadi pengusaha cafe.

    Desain Grafis

    Sebagai seorang mahasiswa, kamu punya kemampuan design atau editing yang bagus bahkan kuliah di jurusan design? Bisa sekali coba cari kerja part time menjadi desainer. Di awal-awal mungkin kamu bisa membuka jasa design untuk CV, logo, kartu nama, undangan dan yang lainnya pada teman-temanmu. Tidak ada salahnya untuk mempromosikan jasa design-mu ke grup chat atau ke media sosial, supaya semakin banyak temanmu yang tau dan meminta bantuan jasamu. Kerja part time sebagai seorang desain grafis, kamu bisa memiliki deadline yang lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kemampuan pengerjaan dan kebutuhan konsumen. Salah satu media sosial yang suka memberi rekomendasi lowongan kerja part time ini adalah paruhwaktu.co.

    Fotografer

    Source: Pexels.com/Sam Lion

    Jika kamu sebagai mahasiswa yang tertarik atau memiliki hobi di dunia fotografi, carilah lowongan kerja part time sebagai fotografer. Di zaman sekarang, foto sudah menjadi suatu kebutuhan untuk bisa mengabadikan momen atau untuk upload ke media sosial. Kamu bisa memulainya dengan mencoba upload hasil fotomu ke media sosial dan anggap saja itu sebagai platform untuk menunjukkan portfolio-mu. Akun geometrymedia di instagram merupakan salah satu platform yang suka memberi rekomendasi lowongan kerja part time sebagai seorang Fotografer

    Bisa dicek juga: 6 Rekomendasi Kegiatan Untuk Mahasiswa di Waktu Luang yang Ingin Lebih Produktif

    Content Writer

    Untuk kamu yang pandai atau suka menulis, cobalah untuk mencari kerja part time sebagai content writer. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan content writer untuk berbagai konten yang mereka hasilkan, seperti untuk blog atau media sosial. Walaupun masih mahasiswa, kamu bisa coba bergabung di awal dengan suatu agensi penulisan untuk bisa mendapat kerja part time menulis. Kelebihan kerja part time sebagai content writer adalah kamu bisa bekerja di mana saja dan kapan saja asalkan kamu punya laptop dan internet.

    Sales Person

    Lowongan pekerjaan lain yang juga banyak dibutuhkan perusahaan adalah sebagai sales. Ada perusahaan yang membuka lowongan sales full time atau part time. Kerja part time sebagai sales mungkin cocok untuk kamu yang tertarik di bidang komunikasi dan suka bertemu orang baru. Sebagai seorang mahasiswa, selain bisa menambah uang saku , kamu bisa terus melatih skill komunikasimu dan menambah relasi. Kamu bisa coba cari lowongan kerja part time sebagai Sales Person di akun instagram parttimeindonesia.

    Tour Guide

    Kalau kamu punya kemampuan bahasa asing tapi tidak tertarik untuk kerja part time sebagai translator, pilihan lain yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi tour guide. Sebagai mahasiswa, bukan hanya kemampuan bahasa dan komunikasimu saja yang akan semakin bagus, tapi kamu juga bisa sambil jalan-jalan ke berbagai tempat. Dengan kerja part time sebagai tour guide, kamu bisa bekerja sambil refreshing sekaligus.

    Itulah beberapa rekomendasi kerja part time yang bisa dicoba dan cocok bagi kamu sebagai mahasiswa. Jika kamu memang tertarik untuk mencoba kerja part time, tetapi harus diingat untuk selalu bisa mengatur waktu agar pekerjaan yang ada tidak mengganggu kuliahmu ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri