Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

6 Rekomendasi Kegiatan Untuk Mahasiswa di Waktu Luang yang Ingin Lebih Produktif

2022-03-09

Daftar isi

    Setiap orang mempunyai rutinitas dan kesibukan masing-masing di tiap harinya. Karena rutinitas dan jadwal yang padat tersebut, kita menanti-nanti kapan hari libur akan datang supaya bisa istirahat dari segala jenis aktivitas dan recharge diri. Bukan hanya hari libur, tapi untuk mendapat waktu luang juga dirasa sulit karena banyak hal yang harus dikerjakan. Untuk mahasiswa, pasti juga ada tuntutan di mana tugas selalu antre, tapi juga harus belajar untuk ujian.

    Kesibukan yang kita jalani tersebut, kemudian membuat diri sendiri menjadi merasa terbiasa untuk selalu melakukan sesuatu atau untuk terus menyibukkan diri. Saat waktu luang datang, kadang bisa saja rasa bosan atau bingung menghampiri karena tidak ada hal yang harus dikerjakan dan tidak tau harus melakukan apa karena saking jarangnya bisa merasa santai. Karena itu, banyak orang termasuk mahasiswa yang mencari kegiatan untuk mengisi waktu luang agar bisa terus produktif. Berikut rekomendasinya.

    Membaca Buku

    Mahasiswa pasti setuju pada anggapan bahwa buku pelajaran memang kurang menarik untuk dibaca bila dibandingkan dengan buku-buku lain, misalnya novel. Untuk mengisi waktu luang, kamu bisa membaca buku apapun yang kamu sukai bila ingin lebih produktif. Kamu bisa membaca buku di waktu yang sebentar seperti hitungan menit atau bisa sampai berjam-jam.

    Dengan membaca buku, kamu bukan hanya bisa mengisi waktu luang, tapi kamu juga bisa mendapat pengetahuan baru yang tidak kamu dapat selama berkuliah. Kamu juga bisa melatih diri supaya fokus dan konsentrasi kamu jadi lebih meningkat. Tidak lupa juga pastinya buku bisa menjadi hiburan untuk kamu yang merasa bosan.

    Kamu juga bisa baca: 5 Rekomendasi Self Reward yang Hemat Untuk Mahasiswa

    Coba Rutin Lakukan Workout

    Source: Pexels.com/Tirachard Kumtanom

    Selalu sibuk belajar di depan laptop pasti membuat badan kamu mudah merasa kaku dan pegal. Jika ada waktu luang, kamu bisa coba untuk mulai rutin workout supaya badan kamu akan terasa lebih baik. Jika kamu lebih suka untuk tiduran di kasur tidak apa-apa, tapi jika kamu mulai merasa bosan dan lesu, tidak ada salahnya untuk mulai workout.

    Selain bisa mengisi waktu luang, dengan workout kamu juga bisa tetap menjaga tubuh dan kesehatan kamu menjadi lebih bugar. Dengan sering bergerak, kamu juga bisa meningkatkan energi dalam diri dan bisa lebih nyenyak saat tidur di malam harinya.

    Mencoba Hobi Baru

    Mungkin kamu sebenarnya punya hobi yang biasa kamu lakukan di waktu luang sebelum kamu punya banyak kesibukan. Pada akhirnya hobi tersebut menjadi jarang kamu lakukan karena tidak sempat. Kamu bisa mulai mengisi waktu luangmu dengan melakukan kembali hobi yang sering kamu lakukan dulu atau coba melakukan hobi baru yang kamu sedang minati. Dengan tetap melakukan aktivitas dan melakukan hobi secara bersamaan, bisa membuat hidupmu menjadi lebih seimbang dan tidak melulu diisi dengan kegiatan yang wajib kamu lakukan.

    Merapikan Rumah

    Source: Freepik.com/Prostooleh

    Terkadang, dengan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan membuat kita jadi kurang memperhatikan lingkungan rumah. Memang, rasanya sulit dan malas untuk merapikan rumah di saat masih banyak tugas yang harus diselesaikan dan jika harus merapikan juga, pasti akan makin terasa melelahkan. Tapi di sisi lain, meskipun kamu bukan termasuk orang yang rajin bersih-bersih rumah, pasti ada saatnya kamu harus merapikannya.

    Kamu bisa coba untuk merapikan rumah saat ada waktu luang, tidak perlu seluruh rumah, mungkin bisa fokus ke beberapa ruangan saja, seperti kamarmu atau ruang tamu. Dengan merapikan rumah, kamu bisa akan merasa lebih nyaman dengan ruangan yang lebih tertata, bersih dan rapi.

    Mengikuti Volunteer

    Biasanya banyak kegiatan volunteer yang diselenggarakan dan ditujukan untuk mahasiswa. Mulai dari volunteer yang sifatnya membangun skill, sampai volunteer yang bersifat sosial. Kamu bisa coba mendaftar dan mengikuti volunteer seperti ini untuk mengisi waktu luangmu supaya lebih bermanfaat. Selain mengisi waktu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang bisa didapat baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

    Mengikuti Kursus atau Pelatihan Online

    Terkadang banyak mahasiswa yang merasa bahwa mereka selalu ingin mempelajari hal baru meskipun mereka masih sibuk berkuliah. Mahasiswa seperti ini selalu ingin terus meningkatkan kemampuan mereka bukan hanya di satu bidang saja, tapi di berbagai bidang. Jika kamu tipe mahasiswa yang seperti ini, mungkin dengan mengikuti kursus atau pelatihan online bisa menjadi jawaban kamu untuk mengisi waktu luang. Kamu bisa mulai mencari bidang apa yg kamu pelajari dan mencari kursus onlinenya untuk kamu ikuti.

    Jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus-kursus di berbagai macam bidang, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Pendidikan Hukum

    IGP Education adalah institusi pendidikan hukum yang berfokus pada pelatihan khusus di bidang hukum di Indonesia. IGP Education bertujuan untuk membantu para advokat muda supaya bisa menjadi advokat yang handal dan diakui masyarakat dengan tenaga pengajar yang sudah berpengalaman di bidangnya. Untuk info lebih lengkap, kamu bisa cek di sini ya.

    Data Science

    Algoritma adalah institusi pendidikan yang berfokus pada pelatihan di bidang data science di Indonesia yang sudah didukung dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri serta memiliki instruktur yang memiliki pengalaman di berbagai bidang. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini ya.

    UI/UX Design

    Dibimbing.id adalah platform pelatihan yang bertujuan untuk proses akselerasi karir dan skill yang ingin dikembangkan dan dibutuhkan di dunia kerja untuk pelajar, mahasiswa, fresh graduate, seorang profesional sampai entrepreneur. Mentor-mentornya juga merupakan para expert yang bekerja di berbagai perusahaan besar di Indonesia. Cek info lengkapnya di sini ya.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan pembiayaan pendidikan berupa cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, kita usaha supaya bisa terus produktif meskipun di waktu luang!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri