Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Ketahui Informasi Rahasia Teknik Informatika UBSI

2022-09-09

Daftar isi

    Kuliah di jurusan teknik komputer tentunya sangat cocok bagi kamu yang senang bermain komputer. Apalagi, perkembangan komputer juga semakin pesat dan telah digunakan oleh hampir semua bidang pekerjaan. Kini, semakin banyak universitas atau perguruan tinggi yang membuka program studi tersebut. Peminatnya pun semakin meningkat karena prospek kerja lulusannya dinilai cukup luas.

    Salah satu universitas yang memiliki jurusan teknik komputer adalah Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). UBSI merupakan salah satu universitas swasta Indonesia yang berdiri pada 3 Maret 1988. Universitas ini awalnya bernama Akademi Bina Sarana Informatika (BSI) yang kemudian secara resmi berubah menjadi menjadi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

    Simak lebih lengkap mengenai teknik informatika UBSI di bawah ini.

    Latar Belakang Teknik Informatika UBSI

    Teknik Informatika adalah suatu bidang studi yang melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan menggunakan prinsip dan proses logika. Lebih jelasnya lagi, jurusan teknik informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

    Melalui program studi teknik informatika UBSI dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan teknologi berbasis komputer guna menghadapi perkembangan dunia industri 4.0 yang semakin berkembang di masa depan. Program studi teknologi informasi UBSI sudah terakreditasi BAN-PT dengan akreditasi Baik. Jurusan teknologi informasi berada di fakultas teknik dan informatika.

    Apa yang dipelajari Teknik Informatika UBSI

    Saat kamu menempuh pendidikan teknik informatika UBSI, maka akan menempuh beberapa mata kuliah berikut:

    1. Jaringan Komputer

    Mata kuliah Jaringan Komputer bertujuan agar mahasiswa belajar mengenai definisi jaringan, perkembangan jaringan saat ini, kegunaan dan manfaat jaringan pada kehidupan sehari-hari. Mahasiswa diharapkan mampu membuat sebuah topologi jaringan berbasis Cisco dan mampu membuat jaringan bertopologi dengan menggunakan Subnetting.

    2. Pengantar Teknologi Informasi & Komunikasi

    Mata kuliah ini mempelajari tentang pengetahuan dasar dari teknologi informasi dan komunikasi. Menjelaskan problem dan solusi apa saja yang dapat diberikan oleh teknologi informasi dalam kehidupan sosial dan organisasi. Dalam perkuliahan juga akan diberikan penjelasan tentang jenis-jenis profesi di bidang TIK, dan contoh-contoh kasus dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi tersebut.

    3. Arsitektur Komputer

    Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam memahami konsep dasar cara kerja komputer dan dapat menjelaskan dengan tepat fungsi dari setiap komponen pembentuk komputer, memahami dengan tepat urutan untuk mengeksekusi suatu instruksi, memahami dengan benar organisasi dan fungsi setiap komponen pembentuk komputer

    4. Sistem Multimedia

    Mata kuliah ini berfokus pada penguasaan keahlian di bidang teknologi multimedia dan konten multimedia dalam sistem terdistribusi. Para mahasiswanya akan dibekali penguasaan dalam penggunaan perangkat multimedia, teknologi multimedia, keahlian tentang penguasaan teknologi multimedia interaktif baik yang bersifat stand alone ataupun berupa sistem terdistribusi, serta memiliki keahlian pembangunan aplikasi yang berbasiskan sistem terdistribusi baik yang berbasiskan jaringan kabel maupun nirkabel.

    5. Routing & Switching Essential

    Memberikan pengetahuan mengenai beberapa materi jaringan dalam skala jaringan small to medium. Mahasiswa diharapkan akan memahami bagaimana konsep kerja network dan bagaimana implementasi fungsi jaringan pada suatu perusahaan. Semua perintah konfigurasi diperkenalkan melalui contoh dan didukung dengan praktik di laboratorium.

    Fasilitas yang Diterima Teknik Informatika UBSI

    Sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar, jurusan teknik informatika UBSI menyediakan beberapa fasilitas di antaranya:

    • Gedung Kampus milik sendiri.
    • DLP Projector & Sound System di seluruh ruang teori.
    • Ruang teori (kelas) maupun laboratorium ber-AC.
    • Perpustakaan dan Sarana ATM bagi mahasiswa. ***
    • Laboratorium Komputer Linux.
    • Laboratorium Teknik (Elektronika & Jaringan Komputer).
    • Laboratorium Multimedia.
    • Laboratorium Computer Typing.
    • Laboratorium Desain Grafis.
    • Laboratorium Editing.
    • Laboratorium Bahasa.
    • Laboratorium Perkantoran.
    • Studio Fotografi.
    • Studio Radio.
    • Studio TV.
    • Program Beasiswa (bagi yang memenuhi kriteria).
    • Bursa Kerja & BSI Career Center (BCC).
    • BSI Entrepreneur Center (BEC).
    • Informasi Akademik melalui SMS dan Internet.

    Jenjang Karir Teknik Informatika UBSI

    Perkembangan teknologi informasi yang pesat membuka peluang karier lulusan teknik informatika lebih lebar. Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman.

    Berikut jenjang karir teknik informatika UBSI

    1. Game Developer

    Menjadi seorang game developer berarti nantinya kamu akan membuat rancangan dasar, mendesain level, termasuk juga mengaplikasikan sistem tertentu ke dalam game buatanmu tersebut. Human computer interaction dan computer graphic hanyalah dua diantara sekian bekal yang kamu peroleh dari Teknik Informatika untuk membuat dan mengembangkan game.

    Bagaimana dengan bekal yang lainnya? Kamu harus menguasai berbagai operation system (OS), terutama iOS dan Android. Yang tak kalah penting, kamu wajib terus updated dengan pesatnya perkembangan dunia game. Dengan begitu, kamu dapat membuat dan merancang game yang sesuai dengan tren pasar.

    2. Programmer

    Saat kamu memilih jurusan teknik informatika UBSI, kamu bisa menjadi seorang programmer lho. Tugasnya adalah membangun suatu program dalam berbagai platform mulai dari platform mobile, desktop, maupun web. Supaya bisa berprofesi sebagai programmer, skill coding atau menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat program harus mumpuni.

    3. Technopreneur

    Keahlian dibidang IT akan membuka kesempatan untuk dapat menjadi technopreneur. Kamu dapat membuat program sendiri yang kemudian dipasarkan untuk digunakan banyak orang. Selain itu, profesi ini juga sangat menjanjikan dan tidak harus terikat dengan perusahaan.

    4. System Analyst

    Pekerjaan seorang System Analyst adalah menganalisa dan merancang sebuah sistem untuk kebutuhan suatu perusahaan atau organisasi. Sistem yang dimaksud tentu saja berhubungan dengan jaringan komputer, hardware yang digunakan, database, system definition, dan software yang dibutuhkan.

    Kerjasama UBSI dan Danacita Dalam Pembiayaan Kuliah

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 90+ institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan.

    Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus mengajukan dan memanfaatkan program cicilan Danacita untuk biaya pendidikan dan pelatihan kamu dengan Danacita:

    1. Keamanan transaksi: Danacita telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan datamu terjamin
    2. Partner Resmi 90+ lembaga pendidikan dan pelatihan dengan pembayaran biaya pengajuan langsung ke pihak lembaga pendidikan atau pelatihan
    3. Pengajuan tanpa DP atau Jaminan
    4. Proses pengajuan mudah 100% online, maksimal 3 hari kerja
    5. Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa biaya apapun

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UBSI teknik informatika ubsi teknik informatika
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri