Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mahasiswa UNWAHAS Wajib Bisa Menggunakan SIKADU! Kalau Lupa Cek Di Sini!

2022-08-31

unwahas-sikadu.png

Laman SIKADU UNWAHAS. Source: sikadu.unwahas.ac.id/

Kemajuan teknologi memudahkan siapapun untuk melakukan apapun. Salah satu manfaat teknologi yang sudah diterapkan di perguruan tinggi adalah akses data dan dokumen yang dilakukan secara online. Hal ini tentunya dapat memudahkan pengumpulan data menjadi lebih terintegrasi. Salah satunya adalah Sikadu UNWAHAS.

Apa itu Sikadu UNWAHAS

Problematika mahasiswa sebelum adanya teknologi adalah rumitnya mengakses data-data diri dan dokumen perkuliahan seperti, melihat dan menginput KRS, melihat KHS, dan berbagai sistem administrasi lainnya.

Mahasiswa terdahulu yang belum merasakan manfaat dari Sikadu UNWAHAS, untuk mengetahui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saja mereka perlu mengajukan dan menunggu terlebih dahulu di bagian administrasi kampus. Jika antrian begitu panjang, mereka perlu menunggu hingga berhari-hari. Sikadu UNWAHAS hadir untuk memudahkan itu semua dengan menyediakan data yang sudah terintegrasi dan bisa diakses secara online.

Apa fungsi Sikadu UNWAHAS

Kehadiran Sikadu UNWAHAS merupakan bentuk nyata kemajuan teknologi di bidang administrasi khususnya di perguruan tinggi. Sikadu UNWAHAS berfungsi sebagai tools atau alat dalam mengakses segala kebutuhan administrasi mahasiswa. Mulai dari melakukan penginputan KRS hingga memperoleh informasi terkait administrasi perkuliahan seperti melihat Kartu Hasil Studi (KHS) tiap semester dan melihat pra-transkrip nilai.

Bagaimana Cara Menggunakan Sikadu UNWAHAS

Untuk kamu para mahasiswa aktif di unwahas, tentu sudah tahu bagaimana cara menggunakan SIKADU, Namun bagi kamu para mahasiswa baru UNWAHAS inilah cara pakainya. Sikadu UNWAHAS didesain secara simpel sehingga setiap mahasiswa bisa mengaksesnya dengan mudah dan tidak rumit. Namun jika kamu masih bingung dalam mengaksesnya, berikut tata cara menggunakan Sikadu UNWAHAS.

  1. Log in
  • Mahasiswa mengakses halaman http://sikadu.unwahas.ac.id/sia untuk membuka Sikadu (sistem akademik).
  • Setelah halaman tersebut muncul, mahasiswa mengisi NIM dan Password di kolom yang telah tersedia.
  • Setelah login, secara otomatis mahasiswa akan masuk ke dalam sistem Sikadu untuk mahasiswa.
  • Pada halaman utama, tampilan yang akan didapat adalah foto dengan NIM dan Nama, kemudian terdapat menu-menu berupa informasi mahasiswa seperti, Edit Profil, Input KRS, Lihat KRS, Cetak Kartu, Pesan, Keuangan, Info Akademik, dan Keluar (Log out).
  1. Mahasiswa mengubah profil dan akun Sikadu.
  • Klik menu Edit Profil, selanjutnya terdapat 3 sub menu untuk edit profil seperti, Edit Profil Mahasiswa, Edit Account Sikadu, dan Edit Photo.
  • Pada sub menu Edit Profil Mahasiswa, lakukan hal-hal berikut
  • Masukkan NIM pada kotak NIM.
  • Masukkan Nama lengkap mahasiswa.
  • Masukkan Email. Pastikan email tersebut valid karena segala informasi yang berkaitan dengan Sikadu akan dikirim melalui email yang telah kamu daftarkan ke Sikadu.
  • Pilih Wali Dosen sesuai dengan pembagian wali dosen di awal masuk perkuliahan.
  • Pilih Beasiswa jika kamu memiliki beasiswa, pilih Tidak Ada Beasiswa jika kamu tidak memiliki beasiswa.
  • Keterangan Semester
  • Pilih Semester saat ini yang akan berlangsung.
  • Pilih Kelas sesuai dengan pembagian kelas di awal masuk perkuliahan.
  • Sesuaikan data lain seperti Alamat saat ini, baik Provinsi, Kota, dan Warga Negara.
  • Jika kamu telah selesai melengkapi data yang diminta, cek kembali data-data tersebut dengan teliti dan pastikan data tersebut sudah benar.
  • Jika sudah selesai klik tombol UPDATE PROFILE MAHASISWA
  1. Mahasiswa Menginput KRS

Sebelum memasuki semester baru, di akhir semester sebelumnya mahasiswa diharuskan melakukan pengisian KRS dengan syarat mahasiswa harus sudah melunasi pembayaran SPP dan sudah mengisi kuesioner untuk tiap-tiap mata kuliah. Jika dua hal tersebut belum dilakukan, maka penginputan KRS tidak dapat dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik menu Input KRS.
  • Sebelum memilih mata kuliah, perhatikan terlebih dahulu jadwal kuliah yang tersedia.
  • Selain itu, perhatikan juga jumlah peserta yang telah mengambil mata kuliah dan daya tampungnya.
  1. Mahasiswa Melihat KRS

Setelah mahasiswa selesai menginput KRS, maka untuk melihat mata kuliah apa saja yang telah diambil pada semester depan adalah dengan membuka menu Lihat KRS, dengan demikian kamu dapat mengetahui mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari.

  1. Mahasiswa Melihat KHS

Jika jadwal perkuliahan pada semester tersebut telah selesai dan dosen telah menginput nilai mahasiswa ke dalam Sikadu, maka nilai atau IP/IPK sudah bisa dilihat dengan membuka menu Lihat KHS.

Penjelasan Sikadu UNWAHAS

Sikadu UNWAHAS adalah sebuah aplikasi yang disediakan untuk memudahkan para mahasiswa dalam mengakses seluruh kebutuhan administrasi kampus. Di dalamnya, mahasiswa diharuskan untuk mengisi identitas diri yang sesuai dengan aslinya.

Selain untuk menginput data diri, Sikadu UNWAHAS juga berguna untuk menginput KRS atau memilih mata kuliah yang akan dan bisa diambil sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Dengan Sikadu, semua proses administrasi menjadi lebih mudah. Mahasiswa bisa melihat nilainya secara langsung tanpa repot-repot pergi ke kantor bagian administrasi kampus.

Bayar Kuliah di UNWAHAS Lebih Mudah dengan Danacita

Masalah bisa datang kapan saja. Tidak terkecuali ketika kamu membutuhkan biaya untuk membayar biaya kuliah. Danacita memberikan solusi bagi kamu yang memiliki kendala dalam pembayaran kuliah. Adapun mengapa kamu harus bayar kuliah menggunakan Danacita adalah sebagai berikut:

  • Keamanan transaksi: Danacita telah mengantongi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga telah tersertifikasi ISO 27001 sehingga keamanan data sangat terjamin.
  • Partner resmi Unversitas Wahid Hasyim dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke pihak kampus.
  • Proses pengajuan dilakukan 100% secara online, maksimal 2 hari kerja.
  • Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa ada biaya tambahan

Untuk lebih lengkapnya, Cek Di Sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

universitas wahid hasyim unwahas sikadu unwahas
Default Avatar

Written By

Esa Tauran