Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Manfaat Financial LIteration dan Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa

2023-10-03

Manfaat

Daftar isi

    Tak bisa dipungkiri jika dunia perkuliahan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Setiap bulannya kamu pasti akan mengeluarkan sejumlah uang untuk keperluan kuliah, mulai dari membeli buku, praktikum, hingga pengeluaran harian seperti makan dan yang lainnya. Belum lagi jika ada biaya tak terduga yang harus kamu keluarkan.

    Persoalan ini menjadi salah satu yang dihadapi banyak mahasiswa. Masih banyak mahasiswa yang menghadapi kesulitan dalam mengelola uang dan belum memiliki mindset yang tepat untuk mengatur keuangan mereka. Hal ini mencakup bagaimana mengalokasikan pendapatan, mengontrol pengeluaran, dan membangun kebiasaan tabungan yang baik.

    Beberapa mahasiswa mungkin belum memiliki pengalaman dalam mengelola keuangan pribadi, dan ini tentu dapat berdampak pada kondisi keuangan di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk kamu memperoleh edukasi finansial sedini mungkin, agar membantu kamu memahami cara mengatur keuangan dengan bijak dan merencanakan masa depan finansial yang lebih stabil.

    Lalu bagaimana caranya agar kamu memiliki edukasi finansial yang baik? Salah satunya adalah dengan membaca buku yang membahas tentang financial management.

    Pentingnya Memahami Financial Management untuk Mahasiswa

    Sebelum membahas lebih jauh tentang rekomendasi buku mengenai financial management untuk mahasiswa, ada baiknya kamu mengetahui pentingnya memahami financial management untuk mahasiswa. Berikut beberapa alasannya:

    1. Membantu Kamu Memahami Nilai Uang

    Alasan pertama kenapa kamu harus belajar financial management adalah agar kamu memahami 'nilai' dari sebuah uang. Mahasiswa yang memahami nilai uang sejak dini akan belajar menggunakan uang sebaik mungkin dan membuat keputusan finansial yang baik di masa mendatang.

    2. Membantu Kamu Mengelola Pengeluaran Secara Efektif

    Memahami financial management akan membantu kamu mengelola pengeluaran dengan bijak. Dengan begini, kamu akan terhindar dari pemborosan dan mengalokasikan dana dengan baik untuk kebutuhan sehari-hari, pendidikan, dan keperluan mendatang.

    3. Menghindari Hutang Berlebihan

    Salah satu risiko yang sering dihadapi mahasiswa ketika terdesak masalah uang adalah berhutang. Akumulasi hutang yang tidak terkendali, terutama pada kartu kredit dan pinjaman mahasiswa akan berdampak buruk kedepannya. Dengan memahami financial management akan membantu kamu mencegah jebakan ini dengan membatasi penggunaan hutang dan mengembangkan rencana pembayaran yang masuk akal.

    4. Memberikan Pemahaman Mengenai Investasi

    Memahami financial management juga membuka pintu untuk untuk kamu memahami dunia investasi. Jika kamu dapat belajar tentang investasi sedini mungkin seperti risiko serta manfaatnya. ini akan berpotensi menjadi pendapatan pasif kamu.

    5. Mengajarkan Kamu Menabung untuk Persiapan Masa Depan

    Memahami konsep dasar financial management seperti pengeluaran, pendapatan, tabungan, dan investasi memberikan pondasi yang kuat untuk pengelolaan keuangan sepanjang hidup untuk kamu. Dengan begini kamu jadi lebih cenderung merencanakan tabungan masa depan dengan lebih baik. Ini mencakup merencanakan tujuan finansial, seperti membeli rumah, pendidikan lanjutan, atau pensiun.

    10 Rekomendasi Buku Mengenai Financial Management untuk Mahasiswa

    1. Rich Dad Poor Dad (Robert Kiyosaki)

    Rekomendasi buku tentang financial management adalah Rich Dad Poor Dad. Buku yang ditulis oleh Robert T Kiyosaki dan Sharon Letcher ini menceritakan bagaimmana pengalaman masa mudanya dalam memperoleh pendidikan finansial dari dua ayah yang berbeda.

    Lewat buku ini, penulis mengajak kamu pentingnya memahami bahwa pendidikan keuangan penting ditanamkan sedini mungkin. Pendidikan finansial yang dimaksud itu cara mengembangkan bisnis dan investasi aset maupun dan properti. Tujuannya agar kamu bisa mencapai kebebasan finansial lewat investasi.

    2. Make Your Kid A Money Genius (Beth Kobliner)

    Selanjutnya ada buku berjudul Make Your Kid A Money Genius karya Beth Kobliner. Buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin belajar finansial dasar dan cara mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya keuangan.

    Lewat buku ini, kamu bisa mengelola keuangan secara mandiri dan mempelajari metode untuk mengantisipasi kondisi finansial yang buruk. Buku ini sangat menarik karena ditulis menggunakan bahasa yang sederhana dan mengalir. Sehingga kamu akan menikmati setiap pengalaman yang tertulis di dalamnya.

    3. The Total Money Makeover (Dave Ramsey)

    The Total Money Makeover merupakan buku yang ditulis oleh konsultan sekaligus praktisi keuangan, Dave Ramsey. Buku ini menceritakan tentang kisah finansialnya selama 20 tahun. Buku ini menyajikan sebuah rencana sederhana dan lugas terkait finansial. Termasuk merancang pos simpanan untuk keperluan mendesak, dana pensiun, dan mengenali mitos tentang keuangan yang justru berbahaya. Berbekal pengalaman Dave Ramsey, kamu bisa mendapatkan pengetahuan finansial yang lebih luas dan mendalam lewat buku ini.

    4. Your Money or Your Life (Vicki Robin dan Joseph R. Dominguez)

    Selanjutnya ada buku karangan Vicki Robin dan Joseph R. Dominguez berjudul Your Money or Your Life. Buku ini membahas tentang dasar pengelolaan uang secara umum, seperti menabung, investasi, dan bagaimana mengatur keuangan.

    Yang menarik, karena buku ini ditulis oleh dua orang, sehingga kamu akan mendapatkan perspektif yang berbeda. Dengan membaca buku ini, kamu akan mempelajari cara memperbanyak tabungan, menentukan prioritas dan gaya hidup yang ingin dijalani, dan masih banyak lagi.

    5. 50 Financial Wisdom (Eko P. Pratama)

    Buku 50 Financial Wisdom merupakan buku yang memuat 50 tulisan yang sudah pernah diterbitkan di Harian Kontan di rubrik Financial Wisdom. Buku ini ditulis oleh Eko P. Pratomo ini terdiri dalam beberapa seri. Buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mendalami finansial manajemen maupun pebisnis dan investor pemula. Buku ini membahas tentang permasalahan keuangan pribadi dan keluarga serta menawarkan solusi-solusinya.

    6. Financially Fearless (Alexa Von Tobel)

    Untuk kamu yang masih bingung cara membuat anggaran sesuai keinginan, buku Financially Fearless karya Alexa Von Tobel bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Lewat buku ini kamu akan belajar memahami pentingnya memiliki tujuan keuangan dan mempelajari cara membuat pos keuangan. Setelah membaca buku ini, kamu akan lebih mudah merencanakan keuangan sesuai prioritas, keinginan, dan gaya hidup serta belajar menggabungkan rencana keuangan ke gadget kamu secara digital.

    7. Personal Finance for Dummies (Eric Tyson)

    Rekomendasi selanjutnya adalah buku yang ditulis Eric Tyson berjudul Personal Finance for Dummies. Meski judul bukunya terkesang 'ngejek', tetapi buku ini berisikan panduan yang mencakup sejumlah kategori seputar financial management. Mulai dari investasi, asuransi, penghematan uang, dan penganggaran.

    Menariknya, di buku ini terdapat bagian yang memuat panduan agar kamu siap menghadapi perubahan. Dengan membaca buku ini, kamu akan menemukan prioritas finansial dan memahami cara menggunakan seluruh fasilitas keuangan dengan tepat.

    8. The Psychology of Money (Morgan Housel)

    The Psychology of Money karya Morgan Housel adalah rekomendasi buku financial management berikutnya. Sedikit berbeda dengan buku lainnya, buku ini tidak akan menceramahi kamu tentang tips mengelola keuangan, melainkan penjabaran bagaimana mengelola keuangan dimulai dari kebiasaan.

    Buku ini berisikan 19 cerita tentang perilaku orang-orang dalam mengelola finansial mereka. Lewat buku ini, kamu bisa mendapatkan pencerahan dan langkah-langkah yang tepat untuk mengatur keuangan selama kuliah.

    9. Financial Freedom (Grant Sabatier)

    Melihat judul bukunya saja pasti sudah menggugah selera untuk membaca isi bukunya. Financial Freedom karya Grant Sabatier merupakan buku yang berisi tahapan dan bagaimana kamu bisa menghasilkan uang dalam waktu yang lebih singkat, sehingga masih memiliki waktu untuk melakukan hal yang kamu suka. Lewat buku ini, penulis mencoba menjelaskan bahwa jika kebebasan finansial bukan hanya tentang mengikuti saran, tapi bagaimana kamu mempraktekkan dan mewujudkannya.

    10. The Financial Diet (Chelsea Fagan dan Lauren Ver Hage)

    Rekomendasi terakhir tetapi tak kalah penting adalah buku berjudul The Financial Diet karya Chelsea Fagan dan Lauren Ver Hage. Buku ini sangat cocok untuk pemula. Sebab ini merupakan buku financial management untuk orang-orang yang masih bingung bagaimana mengelola keuangan pribadinya, bingung bagaimana memulai, dan apa yang harus dilakukan pada keuangannya. Buku ini akan memberimu alat untuk membuat anggaran, memahami investasi, dan mengelola kredit dengan benar.

    Itu dia rekomendasi buku financial management untuk kamu sebagai mahasiswa. Perlu kamu ingat jika membaca buku adalah cara yang baik untuk mempelajari hal-hal baru, termasuk mengelola keuangan dengan baik.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    tips mahasiswa money literation rekomendasi buku money management
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran