Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Ambil S2? Saatnya kamu Ambil Magister Bahasa Inggris

2022-09-12

s2-sastra-inggris.jpg

Source: pexels.com

Program magister ditujukan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi sarjana tetapi masih ingin terus mengembangkan keterampilan akademik. Program-program ini biasanya membutuhkan satu atau dua tahun studi penuh waktu lagi. Untuk lulus, kamu biasanya harus menyelesaikan tugas akhir yang menunjukkan kompetensi dengan materi pelajaran.

Banyak lulusan S1 yang memilih untuk langsung ingin melanjutkan ke jenjang magister setelah kuliahnya selesai. Namun tak sedikit yang kadang masih bingung apakah ingin melanjutkan jenjang S2 linear dengan pendidikan S1 atau tidak. Salah satu program magister yang bisa kamu pertimbangkan untuk diambil adalah Magister Bahasa Inggris.

Apa saja yang dipelajari di program magister Bahasa Inggris? Apa keuntungannya, dan bagaimana jenjang karirnya? Yuk simak artikel berikut.

Apa itu Magister Bahasa Inggris?

Program studi Magister Bahasa Inggris merupakan program gelar yang membahas secara lebih jauh tentang pemahaman bahasa Inggris dan dampaknya. Topik studi ini umumnya mencakup analisis mendalam tentang asal-usul dan etimologi bahasa serta dampaknya secara global.

Di jenjang magister ini, kamu akan banyak belajar dan meneliti tentang budaya Barat yang dominan yang telah mengadopsi bahasa Inggris dan pengaruhnya terhadap bisnis modern, politik, hukum, dan seni. Saat meneliti, kamu akan mengembangkan keterampilan berpikir analitis dan kritis, sebab di sinilah kamu akan diajarkan untuk mempertimbangkan sumber informasi dan mengevaluasi nuansa makna dan keasliannya. Sehingga kamu dapat menjadi penulis yang jauh lebih baik dan meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum saat mengembangkan teknik untuk menginformasikan dan membujuk audiens.

Apa Saja yang Dipelajari Magister Bahasa Inggris?

Kurikulum Magister Bahasa Inggris di universitas dirancang sesuai dengan jenjang kualifikasi dan standar Magister Bahasa Inggris agar tujuan program dapat tercapai, misi dapat terlaksana, dan visi dapat terwujud. Kurikulum yang disusun ini memuat mata kuliah atau modul pembelajaran untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas pengetahuan tentang bahasa Inggris dan untuk membangun wawasan.

Meski tiap universitas memiliki perbedaan dalam pelaksanaan pembelajarannya, namun semuanya memiliki tujuan yang sama yang diaplikasikan ke dalam berbagai mata kuliah yang diajarkan. Mata kuliah untuk jenjang Magister Bahasa Inggris umumnya dimulai dengan teori terkait pemahaman wawasan bahasa, teori linguistik, hingga metodologi penelitian dan statistika pada semester 1. Masuk ke semester 2 dan 3 kamu akan mulai belajar lebih dalam seputar materi tentang turunan linguistik seperti Morfosintaksis, Fonetik dan Fonologi, analisis wacana hingga metodologi penelitian bahasa inggris.

Dia akhir semester, sama seperti jenjang S1, kamu sudah mulai fokus untuk menyusun tugas akhir atau yang biasa disebut sebagai Tesis. Pembuatan tesis ini akan lebih kompleks dibanding pembuatan Skripsi ketika S1 dulu. Sebab Tesis ini merupakan pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, dan merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi untuk pengemebangkan keilmuan kedepannya.

Alasan dan Keuntungan Mengambil Magister Bahasa Inggris

1. Melengkapi Ilmu Sarjana

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jenjang magsiter merupakan pelengkap atau penyempurna ilmu yang didapatkan di jenjang sarjana. Pada dasarnya, prodi Bahasa Inggri memiliki basic skill yaitu reading, listening, writing dan, speaking. Selain itu prodi ini juga mempelajari ilmu-ilmu lainnya yang berhubungan dengan bahasa Inggris, seperti linguistik, sastra, syntas, pendidikan, dan yang lainnya.

Jenjang S2 membuat kamu lebih memahami materi yang kamu dalapatkan pada jenjang S1 dan melatih kamu untuk selalu berpikir kritis, serta mengajarkan kamu bagaimana menerapkan teori yang didapatkan ke dalam kehidupan yang lebih luas.

2. Sebagai Bekal Dalam Mendapatkan Karir Impian

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional atau Bahasa Global yang digunakan di seluruh dunia. Mengambil Magister Bahasa Inggris sama dengan kamu berinvestasi untuk masa depanmu.

Gelar master Bahasa Inggris merupakan versi akademik pendidikan dan pelatihan profesional, memungkinkan kamu untuk memasuki pasar tenaga kerja dengan alat yang dibutuhkan dan memungkinkan pekerja untuk meningkatkan pengetahuan di bidang Bahasa Inggris. Gelar master tidak boleh dilihat sebagai perpanjangan studi tetapi sebagai investasi dalam potensi Anda.

3. Bisa Memasuki Industri Mana Saja

Sebagai salah satu disiplin ilmu yang dibutuhkan dalam keseharian, Magister Bahasa Inggris memungkinkan kamu untuk bisa bekerja di industri manapun, terutama pada perusahaan multinasional. Kamu bisa menjadi penerjemah, atau sebagai public relation yang akan mewakili perusahaan dalam pertemuan internasional. Selain itu, kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar, interpreter, penulis, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan Peluang Diterima Kerja

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ketika kamu memiliki keahlian berbahasa inggris yang lancar, maka hal ini akan membuat kamu terlihat lebih unggul dibanding kandidat lainnya. Terlebih kamu memiliki gelar magister, Hal ini membuat perusahaan akan lebih memprioritaskan pelamar yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris, terutama di sektor yang public relation, dan sektor – sektor komunikasi ke masyarakat.

Selain itu kamu juga memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk diterima kerja di luar negeri dengan kemampuan bahasa Inggris dan gelar magister yang kamu miliki.

5. Berkesempatan Membuka Usaha

Selain bekerja terikat di satu perusahaan, jenjang magister S2 juga memungkinkan kamu untuk bisa membangun usaha sendiri, seperti tempat kursus. Kamu juga bisa mengambil project part time maupun freelance seperti penerjemah, tutor, pemandu wisata, dan lain sebagainya.

Jenjang Karir Magister Bahasa Inggris

Sudah menjadi rahasia umum jika kemampuan bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan komunikasi yang dibutuhkan di dunia bisnis. Sebagai bahasa internasional, memilih S2 Bahasa Inggris berarti kamu akan belajar sebuah bahasa yang paling sering dipakai oleh penduduk dunia. Sehingga memudahkan kamu untuk beradaptasi dengan perkembangan bisnis secara global

Setelah lulus dari magister Bahasa Inggris, kamu bisa memilih jenjang karir berikut:

1. Penerjemah

Profesi satu ini merupakan profesi yang paling umum digeluti oleh lulusan magister Bahasa Inggris. Seorang penerjemah bisa membantu di berbagai bidang dan industri. Terutama untuk bisnis multinasional, atau yang sering menjalin hubungan dengan perusahaan luar negeri. Tanggung jawabnya akan berupa menerjemahkan dokumen dan kebutuhan perusahaan lainnya.

2. Tenaga Pendidik

Pilihan karir seorang magister Bahasa Inggris di bidang pendidikan juga sangat terbuka lebar. Kamu bisa memilih untuk mengajar di sekolah negeri, swasta, di tempat kursus, atau menjadi part time/ freelance les private. Bukan hanya mengajar bahasa asing untuk orang Indonesia, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mendalami bahasa Indonesia. Beragam kan?

3. Staf Kedutaan Besar

Gelar magister, terutama magister Bahasa Inggris membuka kesempatan lebar untuk kamu bekerja sebagai seorang staf kedutaan besar. Ada banyak pilihan profesi di Kedutaan Besar yang bisa kamu pilih, mulai dari koordinator acara, sekretaris, hingga yang berhubungan dengan warga negara asing di Indonesia atau public relation.

4. Editor atau Penyunting Bahasa

Editor atau penyunting bahasa merupakan salah satu bidang pekerjaan yang banyak digeluti oleh lulusan Bahasa Inggris. Kebutuhan akan profesi satu ini semakin hari semakin bertambah seiring berkembangnya industri media, baik cetak maupun digital. Terlebih lagi, banyak naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang perlu diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Di perusahaan, seorang editor akan bertugas untuk membuat dan mengedit berbagai naskah korporasi, seperti press release hingga laporan.

5. Public Relation

Public Relation merupakan profesi yang sangat membutuhkan keahlian komunikasi dan bahasa. Sebab profes ini lah yang akan banyak berhubungan dan berkomunikasi dengan pihak luar. Lulusan magister bahasa Inggris memunngkinkan kamu untuk menjadi PR bagi perusahaan nasional yang memiliki mitra di luar negeri.

Sebenarnya, jenjang karir dan profesi dari lulusan magister Bahasa Inggris sangatlah luas, dan bisa ditempatkan industri manapun. Ini tergantung dengan minat dan kemampuan kamu. Jadi sudah siap untuk mengambil S2 Bahasa Inggris?

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

bahasa inggris sastra inggris magister sastra inggris
Default Avatar

Written By

Esa Tauran